• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

International News Today

Emas Perpanjang Kenaikan Di Tengah Datarnya Dollar

26 Oktober 2011​

harga-emas-meningkat.jpg

Harga emas meneruskan kenaikannya malam tadi karena para pedagang fokus pada pertemuan Uni Eropa hari ini, dari pertemuan tersebut diharapkan dapat memberikan solusi yang nyata bagi krisis utang zona Eropa.

Emas untuk pengiriman Desember yang merupakan kontrak paling aktif diperdagangkan, naik $48.90 menjadi $1,701.20 per ounce. Pada hari Senin, emas naik 1% di tengah optimisme atas solusi untuk zona Eropa.

Kepemilikan SPDR Gold Trust yang merupakan terbesar di dunia bergeser ke 1,233.56 Ton dari 1,227.51 Ton. Sementara itu Dollar AS sedikit berubah terhadap Euro dan Sterling, terhadap Yen pergerakan Dollar AS sedikit lebih tinggi dan merayap turun melawan Swiss Franc.

Dalam berita ekonomi zona Eropa, kepercayaan konsumen Jerman akan meningkat pada bulan November menurut sebuah survei yang dilakukan oleh riset pasar GfK Group. Indeks sentimen konsumen naik tak terduga menjadi 5,3% untuk bulan November dari 5,2% pada bulan Oktober.

Di tempat lain, harga perak dan platinum bergerak lebih tinggi dalam transaksi tadi malam.

Dari AS, S&P/Case Shiller akan merilis indeks harga rumah pada bulan Agustus. Para ekonom mengharapkan hasil survei menunjukkan penurunan 3,6% per tahun dalam indeks harga komposit pada 20 kota untuk bulan Agustus.

Kemudian, Conference Board akan merilis laporan kepercayaan konsumen untuk bulan Oktober. Laporan ini diharapkan dapat menunjukkan bahwa indeks kepercayaan konsumen meningkat menjadi 46 pada Oktober. Saat ini harga emas masih stabil di $1,707.20 per ounce.

 
Inflasi Australia Naik Lebih Lanjut

26 Oktober 2011​

inflasi-australia.jpg

Inflasi di Australia naik sedikit pada kuartal ke-3 (Q3) tahun 2011, biro statistik Australia melaporkan pada hari Rabu bahwa Indeks Harga Konsumen (CPI) pada Q3 yang disesuaikan secara musiman meningkat 0,4% dari kuartal sebelumnya. Dari sisi yang belum disesuaikan, CPI pada Q3 naik 0,6%.

Dari periode tahunan pada Q3, inflasi secara musiman sebesar 3,5%, baik yang sudah disesuaikan dan belum disesuaikan. Data-data tersebut cocok dengan perkiraan para ekonom pada umumnya.

Reserve Bank of Australia (RBA) mengatakan, CPI rata-rata naik 0,3% pada Q3 dibandingkan dengan Q2, dan naik 2,6% dibandingkan dengan Q3 2010. CPI dipotong menjadi 0,3% pada Q2 dan naik 2,3% per tahun.

 
+6,9% Pada Inflasi Harga Impor Jerman

26 Oktober 2011​

inflasi-jerman.jpg

Inflasi harga impor di Jerman mempercepat lajunya pada bulan September, seperti yang diharapkan oleh para ekonom. Kantor statistik mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Rabu.

Inflasi harga impor datang di 6,9% per tahun naik dari 6,6% pada bulan Agustus, hasil tersebut sejalan dengan ekspektasi para ekonom. Secara bulanan, indeks bergerak ke 0,6% yang merupakan penurunan dari 0,7% pada bulan sebelumnya.

Indeks harga impor yang tidak termasuk minyak mentah dan produk minyak mineral sebesar 3,6% dari tingkat pada tahun sebelumnya. Pada perbandingan bulanan, angka tersebut masih tetap datar pada bulan September.

Pada saat yang sama, harga ekspor naik 2,9% per tahun yang lebih lambat dari kenaikan 3,2% pada bulan Agustus. Dari Agustus hingga September, indeks harga ekspor tidak berubah.

 
Mengapa Emas Rally Lebih Dari 3% ?

26 Oktober 2011​

harga-emas.jpg

Selasa kemarin, emas melonjak lebih dari 3%. Melihat 3 hari terakhir sebelum emas benar-benar melonjak tajam, berita utama Kamis lalu mengenai utang Eropa yang semakin menyedihkan, namun emas pada saat itu jatuh lebih dari 2%.

Sama seperti Yunani yang telah menjadi kambing hitam untuk membantu menjelaskan terpuruknya pasar saham, dan krisis utang eropa memainkan peran yang sama untuk menjelaskan pergerakan emas.

Faktanya adalah, kita tidak selalu tahu mengapa pasar emas benar-benar naik atau turun pada suatu hari nanti. Sebuah hal penting yang jarang mendapat perhatian yang layak adalah advisory sentiment.

Mark Hulbert dari Wall Street Journal telah meneliti dan menunjukkan bahwa tren pergerakan emas yang seharusnya naik ternyata menurun, dan sebaliknya. Namun kebanyakan orang tidak pernah melihat suatu berita yang berjudul “Emas naik hari ini karena terlalu lama mengalami penurunan”.

Sepertinya judul tersebut berlaku pada Selasa kemarin. Coba perhatikan akhir-akhir ini, rekomendasi pada market emas kebanyakan dalam jangka pendek semua, seperti yang telah dicatat oleh Hulbert Financial Digest (seperti yang telah diukur oleh Gold Newsletter Sentiment Index atau HGNSI).

Pada minggu lalu HGNSI mengukur jumlah presentasi turun ke level terendah dalam 2 tahun terakhir yang berada di -13%

Terakhir kali HGNSI mengukur dengan hasil yang terendah pada Maret 2009, ketika emas batangan diperdagangkan di bawah $1,400-an. Dari sudut pandang yang berbeda, kenaikan pada hari Selasa kemarin bukanlah suatu kejutan. Dan mungkin, dari sudut pandang yang berbeda tersebut akan mengantisipasi peningkatan emas lebih lanjut.

Meskipun harga emas telah melompat pada hari Selasa, HGNSI mungkin masih mempertahankan di titik rendahnya seperti pada Jumat lalu sebesar -6,3%. Jadi jangan heran kalau emas terus melanjutkan tren, akan tetapi jangan menyalahkan Yunani jika itu benar-benar terjadi.

 
yah begitu lha kalau dah di perdagangkan dengan surat emas pun akan sama seperti oil, yang di perdagangkan dengan surat light sweet oil. zzzzzzzzz

harganya naik turun suka2 yang punya surat utangnya. zzzz
 
Saham Asia Melonjak Di Tengah Masalah Krisis Eropa

28 November 2011​

saham-asia1.jpg

Saham Asia melonjak pada hari Senin, karena para investor bereaksi terhadap laporan dari beberapa perkembangan positif pada krisis utang Eropa. Nikkei Stock Average (Jepang) naik 1,4% menjadi 8313, sedangkan Kospi (Korea Selatan) naik 1,6% ke 235.85.

Eropa telah menjadi sumber utama ketidakpastian pada market. Pada akhir pekan, muncul laporan bahwa Dana Moneter Internasional (IMF) dapat memberikan dukungan keuangan bagi Italia, yang melihat lonjakan pada hasil obligasi pada hari Jumat kemarin.

Pekan ini adalah pekan yang paling penting bagi penerbitan obligasi Eropa, dengan Belgia, Italia, Spanyol dan Perancis yang diharapkan akan mengeluarkan sampai €19,5 Miliar ($26 Miliar) dalam nominal obligasi, menurut perkiraan dari RBC Capital Markets.

 
Eropa Sepakat Untuk Memanfaatkan Dana Penyelamatan

28 November 2011​

zona-eropa.jpg

Pejabat Eropa telah sepakat tentang bagaimana memanfaatkan dana penyelamatan utama, sedangkan Jerman dan Perancis masih mencari cara untuk memperdalam integrasi fiskal di zona Eropa.

Menteri keuangan dari zona Eropa dijadwalkan akan bertemu pada hari Selasa, dan diharapkan dapat menyetujui aturan untuk meminjam Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF), serta pedoman untuk intervensi pasar obligasi di zona Eropa, menurut laporan Reuters Minggu kemarin.

Sementara itu, Dana Moneter Internasional (IMF) membantah laporan La Stampa di Italia, bahwa IMF akan menawarkan bantuan hingga €600 Miliar ke Italia. Para analis telah mengutip laporan itu sebagai wujud untuk membantu kenaikan pada saham Asia di perdagangan Senin ini.

Namun, juru bicara IMF mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Tidak ada diskusi dengan pihak berwenang dari Italia mengenai program pembiayaan dari IMF.”

Adapun langkah-langkah panjang, para pejabat Perancis dan Jerman membahas integrasi yang lebih dalam pada keuangan antar anggota, Reuters mengatakan dalam sebuah laporan secara terpisah.

Karena kesulitan dalam mengamandemen perjanjian internasional Uni Eropa. Usaha untuk memfokuskan pada pengamanan kesepakatan yang akan melibatkan negara-negara Uni Eropa hanya mereka yang menggunakan mata uang Euro.

“Tujuannya adalah agar negara-negara anggota dapat membuat mata uang besama Stability Union, dan berkonsentrasi pada itu,” kata Reuters yang mengutip dari menteri keuangan Jerman – Wolfgang Schaeuble yang mengatakan dalam sebuah wawancara televisi pada hari Minggu kemarin.

Kekhawatiran mengenai Eropa sendiri telah meningkat pada hari Jumat, setelah Standard & Poor (S&P) menurunkan peringkat sovereign credit Belgia dengan alasan pemerintah di sana kesulitan dalam memerangi utang.

 
Penjualan Rumah Baru AS Menunukkan Peningkatan Sederhana​
28 November 2011​

penjualan-rumah-AS.jpg

Penjualan rumah baru di AS melihat sedikit peningkatan di bulan Oktober, meskipun pertumbuhan itu sebagian besar hasil dari revisi data yang menunjukkan bahwa tingkat penjualan pada September lebih lemah dari perkiraan awal.

Menurut data yang dirilis oleh departemen perdagangan pada hari Senin, penjualan baru rumah untuk keluarga datang pada tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman sebesar 307,000 pada bulan Oktober.

Sementara itu, tingkat pada bulan Oktober sebesar 1,3% di atas tingkat pada bulan September yang sebesar 303,000 setelah direvisi ke bawah. Selanjutnya, angka bulan September direvisi ke bawah dari tingkat 313,000 pada awal laporan.

Harga penjualan rumah baru rata-rata sedikit menurun pada bulan Oktober, menurun 0,5% menjadi $212,300 dari $213,000 pada bulan September yang direvisi ke bawah. Laporan ini juga menunjukkan bahwa estimasi rumah baru yang dijual pada bulan itu tidak berubah pada 162,000.

Penjualan rumah baru di selatan yang merupakan pasar perumahan terbesar untuk rumah baru turun 9,5%, departemen perdagangan mengatakan. Namun, penurunan di selatan diimbangi oleh pertumbuhan yang kuat di wilayah barat tengah dan barat, dimana penjualan meningkat sebesar 22,2% dan 14,9%.

 
Penjualan Retail Jepang Meningkat 1,9% Pada Oktober​
29 November 2011​

penjualan-retail-jepang.jpg

Penjualan retail di Jepang naik 1,9% per tahun pada bulan Oktober yang datang pada ¥11,009 Triliun, kementerian ekonomi, perdagangan dan industri mengatakan pada hari Selasa.

Hal itu meniup perkiraan kenaikan yang lebih sederhana sebesar 0,7% per tahun yang mengikuti kontraksi 1,1% setelah direvisi naik pada bulan September. Pada basis bulanan, penjualan retail menambahkan 1,4% secara musiman yang disesuaikan.

Penjualan dari pengecer besar turun 1,4% per tahun ke ¥1,606 Triliun, hilang dari perkiraan penurunan sebesar 1,2% yang mengikuti penurunan 3,6% pada bulan sebelumnya.

Penjualan grosir menambahkan 0,5% per tahun ke ¥30,531 Triliun setelah mengumpulkan 0,8% pada bulan sebelumnya, data menunjukkan. Penjualan komersial melonjak 0,9% per tahun menjadi ¥41,540 Triliun setelah naik hanya 0,3% pada bulan September.

Departemen dalam negeri dan komunikasi pada hari Selasa mengatakan, bahwa pengeluaran rata-rata rumah tangga secara bulanan di Jepang turun 0,4% per tahun pada bulan Oktober yang berdiri di ¥285,605.

Sementara itu, pendapatan bulanan rata-rata per rumah tangga berdiri di ¥479,749, turun 2,8% per tahun. Pengeluaran konsumsi rata-rata sebesar ¥314,275 yang turun 1,8% per tahun.

Departemen dalam negeri dan komunikasi juga mengatakan, bahwa tingkat pengangguran di Jepang datang di 4,5% secara musiman yang disesuaikan pada bulan Oktober. Jumlah orang yang dipekerjakan pada bulan Oktober sebesar 62,64 Juta, turun 220,000 atau 0,3% per tahun.

Jumlah penganggur sendiri pada bulan Oktober sebanyak 2,88 Juta, turun dari 460,000 atau 13,8% per tahun, dan tingkat partisipasi sendiri berada di 59,4%.

 
Uni Eropa Dan AS Perkuat Komitmen Bersama​
29 November 2011​

eropa-dan-as.jpg

Para pemimpin Uni Eropa dan Amerika Serikat pada hari Senin kemarin, menegaskan kembali komitmen mereka untuk bekerja sama agar dapat menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan menjamin stabilitas keuangan.

Para pemimpin juga berjanji untuk mengambil tindakan yang mengatasi masalah pertumbuhan jangka pendek, serta kerentanan fiskal dan keuangan, memperkuat pondasi jangka panjang dan menyeimbangkan pertumbuhan.

“Kami sepakat tentang pentingnya bekerja sama dengan negara-negara berkembang untuk mendorong kebijakan dan mendukung pertumbuhan global yang berkelanjutan, dan seimbang. Kita ingat komitmen kami untuk melaksanakan hasil KTT G20 di Cannes.” kata para ke-2 pemimpin dalam pernyataan secara bersamaan.

Ke-2 pemimpin dari Uni Eropa dan AS mengatakan, bahwa ada kebutuhan untuk mengintensifkan upaya agar dapat mewujudkan potensi kerjasama ekonomi transatlatik yang belum dimanfaatkan, dengan tujuan agar dapat menghasilkan peluang baru pada pekerjaan dan pertumbuhan hubungan perdagangan antara Uni Eropa dan AS.

Ke-2 pemimpin tersebut mengatakan bahwa investasi juga harus dibuat lebih kuat. Dalam sebuah konferensi pers bersama dengan Presiden AS – Barack Obama dan Presiden Komisi Eropa – Jose Manuel Barroso mengatakan, meskipun Eropa melalui masa yang sulit, pemerintah di sini akan mengambil langkah-langkah kuat serta bertekat untuk bergerak maju.

“Kami punya saham pada keberhasilan mereka, dan kami akan terus bekerja keras untuk mencoba menyelesaikan masalah ini dalam waktu dekat,” kata Obama di Gedung Putih setelah KTT.

Barroso mengatakan bahwa Komisi Eropa telah memperkuat tata kelola ekonomi Uni Eropa dan zona Eropa, dengan aturan yang jauh lebih kuat untuk memastikan kebijakan anggaran yang sehat, dan mengatasi ketidakseimbangan. Aturan-aturan baru ini akan berlaku hanya dalam waktu beberapa minggu, katanya.

 
Produksi Industri Jepang Meningkat 2,4%​
30 November 2011​

produksi-industri-jepang.jpg

Produksi industri di Jepang menambahkan 2,4% secara musiman yang disesuaikan pada bulan Oktober, yang menunjukkan bahwa Jepang kemungkinan akan pulih dari bencana gempa bumi dan tsunami pada 11 Maret lalu. Data dari kementerian ekonomi, perdagangan dan industri yang dirilis pada hari Rabu.

Angka tersebut jauh di atass perkirakan akan kenaikan 1,1% yang menyusul penurunan 3,3% pada bulan September. pada dasar tahunan, produksi mengumpulkan 0,4% setelah merosot 3,3% pada bulan sebelumnya.

Kementerian menilai produksi industri di Jepang masih terlihat datar-datar saja. Industri yang memberikan kontribusi pada peningkatan merupakan peralatan transportasi, mesin umum dan bahan kimia.

Komoditas yang memberikan kontribusi penurunan yaitu dari mobil, transmisi dan suku cadang. Menurut survei dari perkiraan produksi, produksi diharapkan untuk memudahkan 0,1% pada bulan November dan peningkatan 2,7% pada bulan Desember.

Industri berkontribusi terhadap penurunan di bulan November nanti meliputi peralatan komunikasi elektronik, besi dan baja. Industri yang berkontribusi pada peningkatan Desember nanti meliputi peralatan komunikasi elektronik, komponen elektronik dan mesin listrik.

Pengiriman di bulan oktober meningkat 0,6% per bulan, membalikkan kerugian di bulan sebelumnya, pengiriman itu juga menambahkan 0,1% per tahun. Industri yang memberikan kontribusi peningkatan merupakan mesin, peralatan transportasi umum, besi dan baja.

Persediaan pada bulan Oktober sendiri naik 0,8% per bulan dan melompat 6,9% per tahun. Industri yang berkontribusi terhadap gerakan tersebut komponen elektronik, peralatan komunikasi dan produk kertas.

Sementara itu, rasio persediaan pada bulan oktober turun 1,1% per bulan yang membalikkan keuntungan pada bulan sebelumnya. PMI sektor manufaktur yang disurvei oleh Nomura / JMMA datang dengan angka 49,1 pada November, turun dari 50,6 pada bulan Oktober.

 
Federal Reserve Bergabung Dengan Bank Sentral Utama Lainnya​
30 November 2011​

federal-reserve.jpg

Federal Reserve (Fed) AS bergabung dengan bank sentral utama lainnya dalam upaya untuk meningkatkan likuiditas ke sistem keuangan global, seperti yang yang telah diumumkan pada Rabu pagi ini (waktu AS setempat).

Bank Kanada atau Bank of Canada (BOC), Bank Inggris atau Bank of England (BOE), Bank Jepang atau Bank of Japan (BOJ), Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB), dan Bank Swiss atau Swiss National Bank (SNB) juga berpartisipasi dalam program ini.

“Tujuan dari tindakan ini untuk memperingan ketegangan di market keuangan, dan dengan demikian akan mengurangi ketegangan tersebut pada pasokan kredit untuk rumah tangga, bisnis dan membantu kegiatan ekonomi,” menurut pernyataan di website Fed.

Bank-bank sentral telah sepakat untuk menurunkan harga pada pengaturan yang ada pada likuiditas Dollar AS dengan menukar 50 basis poin, sehingga tingkat baru akan menjadi indeks Overnight Index Swap (OIS) Dollar AS dengan menambahkan 50 basis poin mulai 5 Desember.

Otorisasi dari pengaturan swap yang telah diperpanjang untuk 1 Februari 2013. Selain itu, BOE, BOJ, ECB dan SNB akan terus menawarkan tender selama 3 bulan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Sebagai langkah kontingensi, bank-bank sentral juga telah sepakat untuk menetapkan pengaturan pertukaran likuiditas bilateral temporer sehingga likuiditas yang dapat diberikan di setiap yurisdiksi dalam mata uang mereka jika kondisi pasar semakin memburuk.

Sebelumnya, Standard & Poor (S&P) menurunkan peringkat kredit pada sejumlah besar lembaga keuangan global, terutama di Eropa dan AS yang menyusul perbaikan kriteria peringkat.

 
Harga Emas Melonjak Tinggi Di Tengah Intervensi Bank Sentral​
30 November 2011​

harga-emas3.jpg

Harga emas melonjak tinggi pada Rabu pagi (waktu AS setempat), menyusul berita bahwa Federal Reserve (Fed) memotong biaya dana darurat untuk bank-bank Eropa. Harga emas naik $25,75 menjadi $1,741 per ounce di tengah upaya yang terkoordinasi antar bank-bank sentral dunia.

Fed berhubungan dengan Bank Sentral Eropa (ECB), Bank Inggris (BOE), Bank Jepang (BOJ), Bank Kanada (BOC), dan Bank Swiss (SNB) untuk meningkatkan likuiditas serta ketakutan bahwa krisis utang akan mengulang sejarah pada tahun 2008.

Saham berjangka S&P 500 naik 34,30 menjadi 1230.80 dan harga minyak kembali di atas $100 sampai $101,32 per barel. Pada Selasa kemarin, harga emas hanya maju sederhana yang memperoleh 0,2% menjadi $1,717.45 per ounce di tengah melemahnya Dollar AS.

 
Dow Jones Melesat Tinggi Dengan Bantuan Federal Reserve​
1 Desember 2011​

saham-as.jpg

Saham AS – Dow Jones Industrial Average (DJIA) mencapai tingkat tertinggi dalam 2 ½ tahun terakhir, karena Federal Reserve dan 5 bank sentral lainnya bergerak untuk membantu bank-bank yang dilanda krisis utang Eropa.

“Semua orang telah beranggapan bahwa akan kembali ke tahun 2008 dan 2009, hal ini memberikan para investor kepercayaan diri yang lebih mengenai skenario itu. Saya tidak bisa mengatakan itu akan segera berlalu, akan tetapi setidaknya skenario itu tertunda untuk beberapa waktu ke depan,” kata David Hefty – CEO di Hefty Wealth Partners.

Bank-bank sentral mengirim pesan bahwa mereka telah mengindentifikasi masalah dan mereka akan bekerja sama, katanya. Koordinasi tersebut dapat mencegah pengulangan krisis keuangan pada tahun 2008-2009.

Menindaklanjuti peningkatan 9,5% pada bulan Oktober dengan kenaikan 0,8% pada bulan November, indeks DJIA naik 490.05 poin atau 4,2% menjadi 12,045.68. Hal itu merupakan pencapaian pertama di atas 12,000 dalam 2 minggu terakhir dan merupakan lompatan tertinggi sejak 23 Maret 2009.

 
Saham Asia Bergabung Dengan Rally Global​
1 Desember 2011​

saham-asia.jpg

Saham Asia pada Kamis pagi ini bergabung dengan rally global secara serentak pada Rabu malam tadi, melonjak awal karena para investor menyambut koordinasi dari 5 bank sentral yang berusaha untuk membantu bank-bank Eropa yang mengalami krisis utang, serta pelonggaran moneter di Cina.

Nikkei Stock Average (Jepang) naik 2,4% ke 8671, sedangkan Kospi (Korea Selatan) naik 3,4% ke 251.59 dan index S&P / ASX 200 (Australia) sendiri melonjak 2,4% ke 4,222.50.

 
Pertumbuhan Penjualan Retail Hong Kong Melebihi Perkiraan​
1 Desember 2011​

penjualan-retail-hong-kong.jpg

Penjualan retail Hong Kong meningkatkan kecepatan yang sedikit lambat pada bulan Oktober, namun melampaui ekspektasi para ekonom menurut data yang dirilis oleh departemen sensus dan statistik yang menunjukkan pada hari Kamis.

Volume penjualan retail meningkat 15% pada basis tahunan di bulan oktober, setelah tumbuh 15,1% pada bulan Oktober. Para ekonom memperkirakan pertumbuhan penjualan sebesar 13,5%.

Penjualan eceran produk pakaian dan sepatu naik 14,2%, sedangkan penjualan bahan bakar naik 0,9%. Sementara itu, penjualan minuman, makanan, tembakau dan alkohol menurun 4% dari tahun-ke-tahun pada bulan Oktober.

Dalam 3 bulan yang berakhir pada Oktober, volume penjualan retail Hong Kong meningkat menjadi 1,2% secara musiman yang disesuaikan dari periode Mei-Juli. Dalam periode Januari-Oktober, penjualan meningkat 18,8% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Dalam hal nilai, penjualan retail barang canggih naik 23,1% dari tahun-ke-tahun pada Oktober, setelah naik 24% pada bulan September. Para ekonom sendiri sedang mencari peningkatan 20,5%.

 
Klaim Pengangguran AS Naik Tak Terduga Di Atas 400,000​
1 Desember 2011​

klaim-pengangguran-AS.jpg

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran di AS naik tak terduga pada pekan akhir November ini, menurut angka yang dirilis pada hari Kamis oleh departemen tenaga kerja. Klaim baru untuk pengangguran sendiri datang di 402,000 untuk pekan yang berakhir tanggal 26 November.

Meningkat 6,000 dari pekan sebelumnya yang telah direvisi menjadi 396,000. Selain itu, angka yang direvisi untuk pekan yang berakhir sampai 19 November menunjukkan klaim agak lebih tinggi daripada 393,000 pada laporan awal.

Pada klaim pengangguran sendiri menunjukkan peningkatan sederhana dan memberikan kejutan yang tidak menyenangkan, para ekonom sendiri mengharapkan klaim pengangguran turun menjadi sekitar 391,000.

Angka yang dirilis untuk pekan yang berakhir pada 26 November menandai pertama kalinya dalam sebulan terakhir, bahwa klaim pengangguran yang lebih tinggi dari 400,000.

Namun, Jennifer Lee – ekonom senior di BMO Capital Markets mengatakan, “hasil yang mengecewakan di klaim awal tidak mengubah cerita optimis untuk laporan pekerjaan AS pada hari Jumat.”

 
Bank Inggris Desak Bank Lokal Untuk Tingkatkan Modal​
2 Desember 2011​

bank-inggris.jpg

Bank Inggris atau Bank of England (BOE) mendesak bank-bank yang ada di Inggris untuk meningkatkan modal mereka ke tingkat lebih lanjut, mengingat resiko dari krisis utang Eropa yang semakin memburuk dan perlambatan ekonomi global.

Komite kebijakan Keuangan (FPC) telah merekomendasikan bahwa jika penghasilan tidak cukup untuk membangun tingkat modal lebih lanjut, Bank Inggris harus membatasi distribusi dan memberikan pertimbangan yang serius untuk meningkatkan modal eksternal dalam beberapa bulan mendatang.

Hal itu harus dilakukan, mengingat lingkungan yang saat ini sedang mengancam ekonomi Inggris, Bank Inggris mengatakan dalam laporan stabilitas keuangan terbaru pada Kamis kemarin.

“Resiko utang dan perbankan yang berasal dari Kawasan Eropa tetap menjadi ancaman paling signifikan dan cepat bagi stabilitas keuangan Inggris,” kata laporan itu.

Para FPC juga mendesak Otoritas Jasa Keuangan (FSA) untuk mendorong bank-bank yang ada di Inggris, agar dapat meningkatkan ketahanan neraca mereka tanpa harus memperburuk kerapuhan pasar atau mengurangi pinjaman ke ekonomi riil.

Berbicara pada konferensi pers, Gubernur Bank Inggris – Mervyn King mengatakan, “Erosi kepercayaan, harga aset yang lebih rendah dan kondisi kredit yang makin ketat dapat merusak prospek kegiatan ekonomi, serta akan mempengaruhi kemampuan perusahaan, rumah tangga dan pemerintah untuk membayar utang mereka.”

Menurut King, langkah-langkah seperti meningkatkan likuiditas kepada bank atau penguasa hanya menawarkan bantuan jangka pendek karena penyebab krisis utang Eropa yang masih belum terselesaikan.

“Krisis di kawasan Eropa merupakan salah satu solvabilitas dan bukan likuiditas,” kata King. Hanya pemerintah yang terlibat langsung bisa menemukan jalan keluar dari krisis, tambahnya.

 
inponya bagus banget.....:-bd
di update terus ya om....:D

cek koelkas...! \m/
 
ane sering baca treads ini....:))
bagus banget...;)
prediksi ekonomi tahun depan gimana nih om...:D
bagusnya investasi ke bidang apa....?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.