Mungkin anda bingung dengan judul diatas...saya akan menjelaskan maksud yang ada diatas. Saya membeli handphone Nokia seri 6288 warna black, senilai Rp.2.205.000,- di Nokia sales and care di mall Kelapa Gading pada tanggal 1 July 2007, dengan no. imei 353226017105614. Awalnya saya memilih membeli produk Nokia karena saya percaya akan nama besar dan jaminan kwalitasnya, tetapi...
Pada awal pembelian (1/7/2007), handphone yang saya beli, berfungsi baik, tetapi ketika saya mematikan handphone tersebut, tidak dapat dinyalakan kembali.
Pada tanggal 2/7/2007 – saya kembali ke nokia sales and care untuk meminta kejelasan atas produk yang saya beli, saya menuntut pergantian baru, karena di bukti pembelian tertulis garansi ganti baru dalam kurun 1 x 24 jam. Tetapi bagian sales di Nokia tersebut menjelaskan bahwa produk yang saya beli kosong, sehingga tidak dapat di ganti yang baru, (anehnya setelah saya keluar, saya melihat ada costumer yang membeli handphone yang tipenya sama dengan saya (aneh???)), setelah pembicaraan yang berbelit, saya relakan meng-upgrade software handphone saya yang rusak, karena menurut penjelasan yang menjual, itu merupakan ketentuan dari Nokia, jika masih bermasalah, baru di ganti.
Setelah handphone yang saya beli di upgrade software-nya, handphone tersebut berfungsi seperti normalnya hingga...
Pada tanggal 4/8/2007 – handphone saya mengalami display acak, dan saya bawa ke Nokia care Graha Bimasakti di jl. Mampang Prapatan Raya No.151/Jak-Sel (untuk selanjutnya saya akan membilang Nokia care Mampang). Saya meninggalkan handphone saya pada cs. Iskandar. ( bukti NS15-RO/W030/04-08-07).
Pada tanggal 14/9/2007 - saya kembali untuk mengambil handphone saya tersebut, karena sudah selesai diperbaiki. Handphone saya sudah betul displaynya karena telah diganti lcd-nya, tetapi.... speaker untuk mendengar dibagian atas tidak berfungsi, dan casing-nya renggang, sehingga saya harus meninggalkan handphone saya kembali di Nokia Mampang. (teknisinya bernama Rendra ( bukti NS15-RO/W027/14-09-07).
Pada tanggal 26/09/2007 – saya kembali lagi untuk mengambil handphone saya, karena telah selesai di perbaiki, karena telah diganti kabel fleksibel-nya. Handphone tersebut berfungsi normal hingga...
Pada tanggal 18/11/2007 – handphone tersebut sering me-restart, sehingga saya bawa ke Nokia care di mall Taman Anggrek (saya sangat kecewa dengan Nokia care Mampang) Handphone tersebut saya upgrade software-nya, dan berfungsi normal hingga...
Pada tanggal 8/2/2008 – handphone tersebut mengalami lagi restart terus-menerus hingga tidak bisa dinyalakan kembali. Sehingga saya bawa kembali ke Nokia care di mall Taman Anggrek untuk meng-upgrade software dari handphone tersebut, tetapi cs. disana menyatakan bahwa handphone saya sudah mati total, dan saya direkomendasi untuk memasukan handphone saya di Nokia care Mampang, karena disana merupakan service center terbesar di Jakarta. ( Jika yang terbesar saja begitu, bagaimana yang lainnya???)
Pada tanggal 02/04/08 – saya membawa kembali handphone saya yang mati total tersebut, ke Nokia care Mampang untuk memperbaiki handphone saya, dan saya tinggal disana. (bukti NS15-RO/W027/02-04-2008)
Pada tanggal 10/4/2008 – saya dihubungi oleh Nokia dengan nomor telepon 08121195150, bhwa handphone tersebut mati total dan tidak dapat diperbaiki hingga harus dilempar ke Nokia care pusat.
Pada tanggal 16/04/2008 – saya dihubungi kembali oleh Nokia dengan nomor telepon 02179195007, bahwa handphone saya akan diganti mesin-nya, dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengganti mesin-nya.
Pada tanggal 18/04/2008 - saya dihubungi kembali oleh Nokia dengan nomor telepon 02179195007, bahwa handphone saya telah diganti mesin-nya dan dapat diambil di Nokia care Mampang.
Pada tanggal 21/04/2008 – saya kembali ke Nokia care Mampang untuk mengambil handphone saya tersebut. Tetapi untuk kesekian kalinya saya dikecewakan, terlebih lagi saya dibohongi. Ternyata handphone saya tersebut tidak dapat dinyalakan kembali (masih mati total), saya bingung karena saya dikonfirmasi sebelumnya, bahwa handphone saya tersebut sudah diganti mesinnya. Tetapi berdasarkan keterangan cs.Trish, handphone saya tidak diganti mesinya, hanya di-servis level-3. Karena saya terlalu sangat lelah dan kecewa, saya tidak dapat lagi marah, dan saya merelakan handphone saya ditinggal kembali untuk diperbaiki. (bukti NS15-RO/W047/21-04-2008) Berdasarkan keterangan cs.Trish, handphone saya tersebut akan di-followup untuk diganti mesinnya, jika tidak dapat di perbaiki lagi. Saya akan dikonfirmasi paling lama 2 minggu.
(Hingga 3 minggu kemudian...)
Sampai sekarang saya memasukkan pengalaman saya di sini, pada tanggal 14/05/2008, saya belum dihubungi oleh pihak Nokia Mampang mengenai kejelasan handphone saya. Dan dapat di asumsikan tidak akan pernah dihubungi, dan jika saya dihubungi pasti handphone tersebut akan rusak lagi dan tidak akan pernah benar. Saya adalah orang yang sangat sabar, tetapi setelah hampir setahun, saya terus bolak-bolik untuk mengurusi hal yang tak pernah selesai.
Pertanyaannya apakah garansi 1 tahun Nokia cuma isapan jempol belaka, atau Nokia Mampang hanya mengulur-ngulur waktu, agar handphone saya habis masa garansinya dan saya bisa dikenakan biaya, untuk memperbaiki produk Nokia yang cacat produksi tersebut. Bukannya saya sombong, tetapi lebih baik saya bayar berapapun biayanya daripada mengharapkan kebohongan atas janji garansi yang Nokia ciptakan...
Bagi anda pembaca yang membaca pengalaman saya ini, jika anda ingin membeli produk Nokia, (seperti yang saya bilang pada colega, teman, maupun keluarga saya) ‘ Apakah anda ingin membeli produk Nokia, setelah men-dengar pengalaman saya?’
Hahahaha...silahkan dan rasakan penderitaannya...
Ferry Surjono
Petojo Sabangan X / no. 12 G
Jak-Pus 10160
Contac : 0818-082-68347
e-mail : [email protected]
(Tulisan atas pengalaman ini fakta, tidak ada yang di lebih-lebihkan, bagi anda yang tidak percaya silahkan hubungi saya,dan saya siap memper-tanggung-jawab-kannya dengan bukti yang saya miliki).
Pada awal pembelian (1/7/2007), handphone yang saya beli, berfungsi baik, tetapi ketika saya mematikan handphone tersebut, tidak dapat dinyalakan kembali.
Pada tanggal 2/7/2007 – saya kembali ke nokia sales and care untuk meminta kejelasan atas produk yang saya beli, saya menuntut pergantian baru, karena di bukti pembelian tertulis garansi ganti baru dalam kurun 1 x 24 jam. Tetapi bagian sales di Nokia tersebut menjelaskan bahwa produk yang saya beli kosong, sehingga tidak dapat di ganti yang baru, (anehnya setelah saya keluar, saya melihat ada costumer yang membeli handphone yang tipenya sama dengan saya (aneh???)), setelah pembicaraan yang berbelit, saya relakan meng-upgrade software handphone saya yang rusak, karena menurut penjelasan yang menjual, itu merupakan ketentuan dari Nokia, jika masih bermasalah, baru di ganti.
Setelah handphone yang saya beli di upgrade software-nya, handphone tersebut berfungsi seperti normalnya hingga...
Pada tanggal 4/8/2007 – handphone saya mengalami display acak, dan saya bawa ke Nokia care Graha Bimasakti di jl. Mampang Prapatan Raya No.151/Jak-Sel (untuk selanjutnya saya akan membilang Nokia care Mampang). Saya meninggalkan handphone saya pada cs. Iskandar. ( bukti NS15-RO/W030/04-08-07).
Pada tanggal 14/9/2007 - saya kembali untuk mengambil handphone saya tersebut, karena sudah selesai diperbaiki. Handphone saya sudah betul displaynya karena telah diganti lcd-nya, tetapi.... speaker untuk mendengar dibagian atas tidak berfungsi, dan casing-nya renggang, sehingga saya harus meninggalkan handphone saya kembali di Nokia Mampang. (teknisinya bernama Rendra ( bukti NS15-RO/W027/14-09-07).
Pada tanggal 26/09/2007 – saya kembali lagi untuk mengambil handphone saya, karena telah selesai di perbaiki, karena telah diganti kabel fleksibel-nya. Handphone tersebut berfungsi normal hingga...
Pada tanggal 18/11/2007 – handphone tersebut sering me-restart, sehingga saya bawa ke Nokia care di mall Taman Anggrek (saya sangat kecewa dengan Nokia care Mampang) Handphone tersebut saya upgrade software-nya, dan berfungsi normal hingga...
Pada tanggal 8/2/2008 – handphone tersebut mengalami lagi restart terus-menerus hingga tidak bisa dinyalakan kembali. Sehingga saya bawa kembali ke Nokia care di mall Taman Anggrek untuk meng-upgrade software dari handphone tersebut, tetapi cs. disana menyatakan bahwa handphone saya sudah mati total, dan saya direkomendasi untuk memasukan handphone saya di Nokia care Mampang, karena disana merupakan service center terbesar di Jakarta. ( Jika yang terbesar saja begitu, bagaimana yang lainnya???)
Pada tanggal 02/04/08 – saya membawa kembali handphone saya yang mati total tersebut, ke Nokia care Mampang untuk memperbaiki handphone saya, dan saya tinggal disana. (bukti NS15-RO/W027/02-04-2008)
Pada tanggal 10/4/2008 – saya dihubungi oleh Nokia dengan nomor telepon 08121195150, bhwa handphone tersebut mati total dan tidak dapat diperbaiki hingga harus dilempar ke Nokia care pusat.
Pada tanggal 16/04/2008 – saya dihubungi kembali oleh Nokia dengan nomor telepon 02179195007, bahwa handphone saya akan diganti mesin-nya, dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengganti mesin-nya.
Pada tanggal 18/04/2008 - saya dihubungi kembali oleh Nokia dengan nomor telepon 02179195007, bahwa handphone saya telah diganti mesin-nya dan dapat diambil di Nokia care Mampang.
Pada tanggal 21/04/2008 – saya kembali ke Nokia care Mampang untuk mengambil handphone saya tersebut. Tetapi untuk kesekian kalinya saya dikecewakan, terlebih lagi saya dibohongi. Ternyata handphone saya tersebut tidak dapat dinyalakan kembali (masih mati total), saya bingung karena saya dikonfirmasi sebelumnya, bahwa handphone saya tersebut sudah diganti mesinnya. Tetapi berdasarkan keterangan cs.Trish, handphone saya tidak diganti mesinya, hanya di-servis level-3. Karena saya terlalu sangat lelah dan kecewa, saya tidak dapat lagi marah, dan saya merelakan handphone saya ditinggal kembali untuk diperbaiki. (bukti NS15-RO/W047/21-04-2008) Berdasarkan keterangan cs.Trish, handphone saya tersebut akan di-followup untuk diganti mesinnya, jika tidak dapat di perbaiki lagi. Saya akan dikonfirmasi paling lama 2 minggu.
(Hingga 3 minggu kemudian...)
Sampai sekarang saya memasukkan pengalaman saya di sini, pada tanggal 14/05/2008, saya belum dihubungi oleh pihak Nokia Mampang mengenai kejelasan handphone saya. Dan dapat di asumsikan tidak akan pernah dihubungi, dan jika saya dihubungi pasti handphone tersebut akan rusak lagi dan tidak akan pernah benar. Saya adalah orang yang sangat sabar, tetapi setelah hampir setahun, saya terus bolak-bolik untuk mengurusi hal yang tak pernah selesai.
Pertanyaannya apakah garansi 1 tahun Nokia cuma isapan jempol belaka, atau Nokia Mampang hanya mengulur-ngulur waktu, agar handphone saya habis masa garansinya dan saya bisa dikenakan biaya, untuk memperbaiki produk Nokia yang cacat produksi tersebut. Bukannya saya sombong, tetapi lebih baik saya bayar berapapun biayanya daripada mengharapkan kebohongan atas janji garansi yang Nokia ciptakan...
Bagi anda pembaca yang membaca pengalaman saya ini, jika anda ingin membeli produk Nokia, (seperti yang saya bilang pada colega, teman, maupun keluarga saya) ‘ Apakah anda ingin membeli produk Nokia, setelah men-dengar pengalaman saya?’
Hahahaha...silahkan dan rasakan penderitaannya...
Ferry Surjono
Petojo Sabangan X / no. 12 G
Jak-Pus 10160
Contac : 0818-082-68347
e-mail : [email protected]
(Tulisan atas pengalaman ini fakta, tidak ada yang di lebih-lebihkan, bagi anda yang tidak percaya silahkan hubungi saya,dan saya siap memper-tanggung-jawab-kannya dengan bukti yang saya miliki).