• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Vatikan Pelopori Gedung Ramah Lingkungan

L999

IndoForum Junior E
No. Urut
44983
Sejak
31 Mei 2008
Pesan
1.587
Nilai reaksi
38
Poin
48
gs8dHt3r47.jpg
Auditorium Paul VI bertenaga matahari

VATICAN CITY - Jika sebagian orang masih berteriak-teriak tentang bahaya global warming, pemimpin tertinggi Umat Katolik Paus Benedictus XVI beserta para uskup yang lainnya malah telah melakukan aksi nyata, dengan membangun gedung yang berbasis pada tenaga matahari.

Aksi kepedulian ini dilakukan dengan memasang sistem panel bertenaga matahari pada salah satu auditorium gedung di Kota Vatikan tersebut. Auditorium bernama Paul VI itu dekat dengan Basilika St Peter, yang biasa digunakan oleh Paus untuk melakukan pertemuan bersama para uskup.

Gedung yang termasuk paling modern di kota suci memiliki 2400 panel bertenaga matahari yang mampu mengeluarkan listrik hingga 300 megawat. Oleh pihak pengelola, gedung ini diklaim bisa menghemat 80 ton setahun, serta mampu mengurangi 225 ton karbondioksida.

"Gedung dengan panel matahari ini semoga mampu menghemat energi, dan memberikan keuntungan bagi Vatikan," ungkap salah satu uskup, seperti yang dilansir AFP, Kamis (27/11/2008).

Hal ini tentu saja sejalan dengan visi dan misi dari sang Paus sendiri yang menginginkan Kota Vatikan tersebut, menjadi pusat agama Katolik yang 'hijau', dengan penerapan teknologi ramah lingkungannya.

Setelah ini sukses, Vatikan akan terus melanjutkan program ini dengan menerapkan teknologi yang sama pada kawasan yang disebut 'industri zone'. Rencananya, Vatikan akan menciptakan energi yang dapat diperbaharui lainnya, sehingga pada tahun 2020 nanti bumi akan mempunyai cadangan energi sampai 20 persen.
 
keren tuh, udah ngehemat 80 ton, plus ngurangin 225 ton.
semua gedung di indo kalau di bikin kek gitu bakan hemat banyak,
ga usah bayar listrik ,30mw gede jg...
 
keren tuh, udah ngehemat 80 ton, plus ngurangin 225 ton.
semua gedung di indo kalau di bikin kek gitu bakan hemat banyak,
ga usah bayar listrik ,30mw gede jg...

wah klo d indo mah kykny msh lama...
itu aj bru ad d vatikan....
 
mesti ditiru ini,
kalo bisa setiap gedung begini, tp kyknya susah
soalnya rata2 gedung kan keatas ga melebar, jadi panel buat menyerap cahaya mataharinya sangat2 minimal
 
Di indo kapan ya? Ayo para master arstitek indonesia..... tunjukan kemampuan kallian... /no1
 
lu blg di indo kapan ?
kek nya bakal lama tuh om...mungkin gak bakal terwujud..
tanah di indo juga makin sempit kek nya../hmm
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.