Bhatara Dalem patut dipuja dengan sepenuh hati, penuh rasa tulus iklas. Dalam setiap pemujaannya, Ida Bhatara Dalem dapat dihadirkan (utpeti puja), distanakan (stiti puja) dan dikembalikan (pralina puja). Persembahan bhakti yang utama kehadapan Ida Bhatara Dalem menyebabkan orang mendapatkan kemuliaan lahir dan batin, dan pada akhirnya akan mencapai surga loka atau siwa loka.
Arti Kata Surga Loka atau Siwa Loka : Surga Loka artinya kebahagiaan lahir batin pada tempat yang langgeng atau abadi, Siwa Loka artinya Istana atau Stana Dewa Siwa sebagai manifestasi dari Tuhan, Surga Loka atau Siwa Loka artinya mendapat kebahagiaan lahir batin pada tempat yang langgeng atau abadi disisi Tuhan.
Dalam hubungannya dengan sembah bhakti (pemujaan) kehadapan beliau, sebaiknya diketahui nama atau julukan beliau. Karena kemahakuasaan beliau sebagai pencipta, pemelihara dan pelebur, beliau disebut dengan banyak nama, sesuai dengan fungsi dan tempat beliau berstana.
Ketika beliau yaitu Ida Bhatara Dalem berstana di Pura Puseh, maka
Sanghyang Triyodasa Sakti nama beliau.
Ketika berstana di Pura Desa, maka Sanghyang
Tri Upasedhana sebutan beliau.
Di Pura Bale Agung, beliau dipuja sebagai
Sanghyang Bhagawati.
Di perempatan jalan raya beliau dipuja sebagai
Sanghyang Catur Bhuwana.
Ketika beliau berstana di pertigaan jalan raya disebut dengan
Sanghyang Sapu Jagat.
Ida Bhatara Dalem ketika berstana di kuburan atau setra agung beliau dipuja dengan nama
Bethara Dhurga.
Ketika kemudian beliau berstana di tunon atau pemuwunan (tempat pembakaran mayat), maka beliau dipuja sebagai
Sanghyang Bherawi.
Ketika beliau dipuja di Pura Pengulun Setra, maka beliau dinamakan
Sanghyang Mrajapati.
Di laut, Ida Bhatara Dalem dipuja dengan sebutan
Sangyang Mutering Bhuwana.
Pergi dari laut kemudian menuju langit, beliau dapat dipuja dengan sebutan
Bhuwana Taskarapati. Taskara adalah surya atau matahari, sedangkan pati adalah Wulan atau bulan.
Kemudian ketika beliau berstana di Gunung Agung dinamakan beliau
Sanghyang Giri Putri. Giri adalah gunung, putri adalah putra atau anak, yakni putra dari Bhatara Guru yang berstana di Sanggar Penataran, Panti Parahyangan semuanya, dan berkuasa pada seluruh parahyangan.
Pergi dari Gunung Agung kemudian berstana beliau di Gunung Lebah, maka sebutan beliau adalah
Dewi Danu.
Ketika beliau berstana di Panca Tirtha atau pancuran air, maka beliau bernama
Sanghyang Gayatri.
Dari pancuran, kemudian menuju ke jurang atau aliran sungai, maka beliau kemudian dipuja dengan sebutan
Betari Gangga.
Bhatara Dalem ketika berstana disawah sebagai pengayom para petani dan semua yang ada disawah, maka beliau dipuja dengan sebutan sebagai
Dewi Uma.
Di jineng atau lumbung padi beliau dipuja dengan sebutan
Betari Sri.
Kemudian didalam bejana atau tempat beras (pulu), Ida Bhatara Dalem dipuja dengan
Sanghyang Pawitra Saraswati.
Didalam periuk tempat nasi atau makanan, maka beliau disebut
Sanghyang Tri Merta.
Kemudian di Sanggar Kemimitan (Kemulan) yaitu tempat suci keluarga, Ida Bhatara Dalem dipuja sebagai
Sanghyang Aku Catur Bhoga. Aku berwujud laki, perempuan, dan banci. Menjadilah aku manusia seorang, bernama
Aku Sanghyang Tuduh atau
Sanghyang Tunggal, di Sanggar perhyangan stana beliau. Disebut pula beliau dengan
Sanghyang Atma. Pada Kemulan Kanan adalah ayah yakni
Sang Pratma (Paratma). Pada Kemulan Kiri adalah Ibu,
Sang Siwatma. Pada Kemulan Tengah adalah dirinya atau raganya yakni roh suci yang menjadi ibu dan ayah, nantinya kembali pulang ke Dalem menjadi
Sanghyang Tunggal.
Ida Bahtara Dalem adalah
Sanghyang Paramawisesa, karena semua rasa baik, rasa sakit, rasa sehat, rasa lapar dan sebagainya adalah beliau sumbernya. Beliau adalah asal dari kehidupan, beliau memelihara alam semesta ini, dan beliau adalah penguasa kematian, dalam air, cahaya, udara dan akasa, tidak ada yang dapat melebihi beliau. Sehingga beliau disebut dengan
Sanghyang Pamutering Jagat.
Ida Bhatara Dalem adalah Bhatara Guru atau Dewa Siwa itu sendiri sebagai sebutan Ida Sanghyang Widhi dengan segala manifestasi beliau. Dengan segala kemahakuasaan yang mencakup masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Sebagai pemuja atau penyembah yang taat akan menyebut beliau dengan banyak nama sesuai dengan fungsi dan juga dimana beliau dipuja. Demikian disebutkan dalam Tutur Gong Besi.
Sumber:
http://www.parissweethome.com/bali/cultural_my.php?id=18