• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

pembatalan pernikahan

angelnonie2

IndoForum Newbie E
No. Urut
14941
Sejak
1 Mei 2007
Pesan
49
Nilai reaksi
1
Poin
8
guyz.....mo nanya niy. kan seperti yang kita semua ketahui kalo di Katolik kan ga ada tuh yang namanya "perceraian". tapi kalo ga salah gue pernah denger kalo bisa diajukan pembatalan pernikahan.

please kalo temen2 ada yang tahu tentang hal ini, tolong kasih tahu dungs....penting niy.

well....it's not about me but my brother.....

help me soon as possible ya guyz......

thank's
 
Wah,g katolik tp ga pnh dgr yg ginian..
Ad yg mw ngasih info?
 
@angelnonie
Pembatalan pernikahan bisa dilakukan jika masi dalam proses pertunangan atau belum menerima sakramen pernikahan.

tapi klo sudah menerima sakramen berartikan pernikahan terjadi sehingga pembatalan pernikahan = perceraian dan itu harus dilaporkan kepada uskup setempat dan mengirimkan surat melalui paroki setempat ke Vatikan untuk pengesahan pembatalan pernikahan tersebut. Dalam hal ini terjadi perceraian.

Dan ketika perceraian telah terjadi secara negara dengan mencabutan surat2 di catatan sipil, maka bagi yang beragama katholik dan telah melakukan perceraian tidak boleh menerima sakramen kudus (komuni) sampai surat dari Vatikan telah di sahkan di paroki setempat.

Dan setelah perceraian ini jika suatu saat nanti ingin menikah kembali dengan orang yang berbeda maka pernikahan tersebut tidak bisa dilakukan dengan penerimaan sakramen pernikahan kembali karena sakramen pernikahan dalam gereja katolik hanya sekali dalam seumur hidup.
Jadi pernikahan berikutnya tersebut hanya bisa dilakukan dengan pemberkatan biasa saja di tempat resepsi atau di tempat yg di inginkan ( misalnya di rumah) pemberkatan ini semacam misa biasa saja klo menurut aku.

Namun jika pernikahan tersebut masi bisa di selamatkan, alangkah l;ebih baiknya jika pernikahan ini dipertahankan karena akan sangat menyakitkan diri sendiri yg mengalami, dua belah pihak keluarga dan akan berefek buruk jika telah memiliki anak karena beban psikologis yg di tanggung anak sangat besar walau dari luarnya tidak nampak...


ini sedikit info yg aku tau... semoga berguna.... /no1
 
@angelnonie
Namun jika pernikahan tersebut masi bisa di selamatkan, alangkah l;ebih baiknya jika pernikahan ini dipertahankan karena akan sangat menyakitkan diri sendiri yg mengalami, dua belah pihak keluarga dan akan berefek buruk jika telah memiliki anak karena beban psikologis yg di tanggung anak sangat besar walau dari luarnya tidak nampak... /no1

masalahnya kita sekeluarga tu kasihan melihat abang gue ini. niy, sepenggal cerita abang gue ya guyz.....

awalnya kk ipar gue tu baek banget ma keluarga gue. dia and kk nya dia kan satu kantor. bokap gue respect banget ama mereka berdua coz bokap gue anggep mereka masih muda tapi dah berhasil dalam pekerjaan. pinter, rajin, sampe bisa beli mobil sendiri. pokoke bokap gue setuju abis ma kk ipar gue ini.

kalo untuk gue sendiri siy sebenernya ga terlalu setuju coz gue rasa ada sifat2 yang gue ga suka. tapi tau lah kalo manusia ga ada yang sempurna. lagi pula yang jalanin kan abang gue, so silahkan aja. singkat kata, nikah deh mereka.

tau ga guyz......tadinya kk ipar and abang gue tuh ngotot abis minta gue yang jadi lektris. gue yang awalnya ga mau akhirnya mau, demi abang gue. tapi waktu di gereja niy, pas tiba waktunya gue naik untuk bacaan, tau2 kk ceweknya kk ipar gue yang naik. untung gue belum sempet berdiri, kalo ga kan malu juga gue. pokoke kalo diceritain detailnya, bisa emosi niy gue. apalagi waktu di gedung, keluarga gue tuh ga dianggep sama sekali. jadi kita di gedung tu ngampar giut, ga ada tempat untuk keluarga mempelai cowok.

waktu berlalu niy, ceritanya kk ipar gue buka usaha advertising niy. di back up ama abang gue. tapi ternyata kk ipar gue ini managemen nya ngawur. jadi tiap ada pemasukan, ga jelas tuh uang kemana. yang gue tau secara umum siy tiap ada uang pasti langsung shopping. yang ada, tagihan kantorn ya ga kebayar. numpuk deh utang, yang ketiban pulung abang gue. udah gitu kk ipar gue ini sering utang tanpa sepengetahuan abang gue. tau2 ada orang dateng nagih.

pada akhirnya, yang pusing bokap gue juga. dia ngerasa salah and nyesel juga karena dulu begitu ngebangga2in mantunya itu. and yang ngeselin lagi, kk ipar gue ini selalu jelek2in keluarga gue. masa kalo anaknya dibawa ama keluarganya boleh tapi kalo yang bawa keluarga suaminya, ga boleh!!!! bayangkan!!!! ( jadi emosi niy gue ).

gue juga kalo ngeliat anak2nya kasian banget. kayaknya ada depresi tersendiri gitu. kayak ada traumanya gitu. gue sayang banegt ama keponakan2 gue. tapi gimana lagi......

nah, kemaren ini gue baru tau kalo abang gue tu pernah ngomong gini ama temennya " kalo bukan karena anak, gue udah tinggalin si gata ".....

gitu prendz....... gue bingung niy........

masih banyak lagi dah tentang kk ipar gue itu tapi kan ga mungkin gue ceritain disini. btw, sorry niy kalo udah emosi.......
 
OOooouw.....
:( :(Turut prihatin dah atas masalah yang menimpa kk kamu. Kuat2 aja doa yach... Sori ga bisa bantu soalnya gw masih asing banget dengan masalah2 ginian. Gw bantu doa aja smoga TUhan Yesus kasih yang terbaik bwat keluarga kamu. Ameeen....
 
turut prihatin denger ceritanya..

sekedar saran aja sih.. udah coba ke marriage counselor blom? kayaknya di setiap paroki ada tuh Married Counselor. Kalo kakak ipar dan abang elu ngerasa ada yang gak beres dengan perkawinan mereka, mungkin elu bisa saranin mereka ke MC terdekat.

Gw doain juga semoga masalah itu bisa dilewati tanpa harus ada perceraian..
 
duh ceritanya seru juga ya. tapi jika udah ga bisa di selesaikan tanpa perpisahan ya tinggal cerai ja. kan kita punya negara yang mengaturnya dalam UU perkawinan. tapi coba dulu untuk sekali lagi selesaikan dengan baik-baik cos selalu ada kemudahan di setiap kesulitan, kasian ma anak-anaknya. untuk urusan ma paroki ya tuhan lebih tau dari pada manusia jadi serahin ja semuanya ma tuhan. "berbeda dan bersama dalam kebebasan"
 
wah..turut prihatin...
sebaiknya doa terus..minta pada Tuhan agar si istri bersikap lebih baik...meninggalkan hal buruknya..sebab yang bisa menyelesaikan masalah adalah Tuhan..maka rajin2 lah berdoa.karena berdoa adalah komunikasi dengan Tuhan/no1 dibantu dengan mengajak si istri untuk berdoa bersama sekeluarga
 
wa pusing amat ga usuh dipikirin yang begituan, itu sich masalah kecil, batalin aja tu pernikahan alias cerai aja. itu hak lu.
 
Seru sekali cerita nya... lumayan menyedihkan tetapi hal ini ternyata banyak terjadi di masyarakat.

Aku ga tau sampe dimana cerita ini berlanjut... tapi yang pasti biarkan doa kita bisa mensupport keluarga ini sehingga istri nya disadarkan tentang kenyataan yang ada bahwa apa yang selama ini diperbuat nya salah..

mengenai pembatalan pernikahan itu hanya bisa apabila setelah menikah, diketahui bahwa ada halangan-halangan pernikahan yang menjadikan sakramen pernikahan itu sendiri menjadi tidak sah. contoh nya kalau diketahui salah seorang dari pasutri tersebut sudah pernah menikah atau masih berkeluarga.

jadi tidak asal membatalkan pernikahan tetapi juga perlu berkonsultasi dengan PAstor Paroki setempat...

salam damai,
 
Ralat sedikit

Didalam gereja Katolik TIDAK ADA "perceraian", akan tetapi "pembatalan perkawinan" atau anulisasi atau annulment
Perceraian= perkawinan sah lalu diputuskan.
Pembatalan (Anulisasi atau annulment)= perkawinan tidak sah, dan pengesahannya terjadi karena ada kelalaian, lalu setelah dipastikan tidak sah dinyatakan tidak pernah ada (dan dianggap pada masa lalu dianggap sah demi kepastian).
Jadi pada suatu anulisasi prinsipnya perkawinan tidak pernah ada.

Untuk mendapatkan anulisasi juga bukan hal yang mudah, prosesnya sangat panjang, dan dilakukan dengan kondisi atau prasyarat prasyarat tertentu sebagaimana diatur dalam Hukum Kanonik Gereja.

Gereja hanya bisa "declare the nullity of a marriage, i.e that the
marriage never existed (CCC 1629) because on of its essential
preconditions was missing (see CCC 1625-32)."
Gereja juga mengijinkan "physical seperation" bila terjadi/dengan kondisi:
1. desertion,
2. adultery,
3. imminent danger of grave physical harm to spouse or children,
4. imminent danger or grave spiritual harm to spouse or children.

Dalam periode "separation" Gereja mengendaki pasangan untuk saling mengoreksi diri, bertobat dan pada intinya akan mengantarkan mereka kembali pada rekonsiliasi (penjelasan lanjut bisa dilihat di CCC 1649).


Tribunal/Pengadilan bagian Perkawinan Gerejalah yg dapat menentukan apakah perkawinan adalah sah atau tidak apakah terdapat unsur2, keraguan, paksaan, kelicikan sejak awal atau tidak dan setelah mendapatkan info dari kedua pihak, mempelajari dan menyelidiknya baru untuk selanjutnya Gereja membubarkan perkawinan dan bukan cerai, melainkan menghapus perkawinan (anulisasi) sepertinya perkawinan tidak pernah terjadi, dan setelah itu kedua belah pihak bebas untuk kawin lagi dengan baik karena dimata gereja mereka belum pernah kawin.

Semoga penjelasan ini bisa diterima.

:x

Seru sekali cerita nya... lumayan menyedihkan tetapi hal ini ternyata banyak terjadi di masyarakat.
Aku ga tau sampe dimana cerita ini berlanjut... tapi yang pasti biarkan doa kita bisa mensupport keluarga ini sehingga istri nya disadarkan tentang kenyataan yang ada bahwa apa yang selama ini diperbuat nya salah..
mengenai pembatalan pernikahan itu hanya bisa apabila setelah menikah, diketahui bahwa ada halangan-halangan pernikahan yang menjadikan sakramen pernikahan itu sendiri menjadi tidak sah. contoh nya kalau diketahui salah seorang dari pasutri tersebut sudah pernah menikah atau masih berkeluarga.
jadi tidak asal membatalkan pernikahan tetapi juga perlu berkonsultasi dengan PAstor Paroki setempat...
salam damai,

Benar Andri,
dan rasanya kalau sampai ada kejadian serupa, kok agak aneh ya, bukan kenapa kenapa sih, kan sebelum mereka menerima Sakramen Pernikahan mereka ikut kursus perkawinan yang mencakup semua details hidup berkeluarga dan antisipasi penanganan masalahnya.
Lagian dalam sakramen Pernikahan, Romo pasti menanyakan, ada tidaknya keberatn dari pihak2 tertentu atas pernikahan itu. :(

well, masalah keuangan memang sensitif...
dari till death do us apart bisa jadi till debt do us apart :D
 
@novembra

Saya ralat sedikit yah,cuman saya join kan saja kok posts nya.. /gg

Nah kembali ke masalah
Dalam lingkungan gereja gw,mmg belum pernah ada kasus seperti ini
Yg bisa gw tangkap dari cerita TS kita adalah Si Kakak Ipar tu seolah memanfaatkan abang TS,benar begitu/?

Yg mau gw tanyakan dulu,seandainya dilakukan perceraian,apakah sdh dipertimbangkan baik2?
Gereja tidak menerima perkawinan kedua loh..
Dan usul gw sebaiknya di konsultasi ke yang lebih tahu (spt pastor,romo atau keluarga)
Kan ini masalah keluarga,sebaiknya sih diselesaikan secara kekeluargaan..
 
@novembra
Saya ralat sedikit yah,cuman saya join kan saja kok posts nya.. /gg
Nah kembali ke masalah
Dalam lingkungan gereja gw,mmg belum pernah ada kasus seperti ini
Yg bisa gw tangkap dari cerita TS kita adalah Si Kakak Ipar tu seolah memanfaatkan abang TS,benar begitu/?
Yg mau gw tanyakan dulu,seandainya dilakukan perceraian,apakah sdh dipertimbangkan baik2?
Gereja tidak menerima perkawinan kedua loh..
Dan usul gw sebaiknya di konsultasi ke yang lebih tahu (spt pastor,romo atau keluarga)
Kan ini masalah keluarga,sebaiknya sih diselesaikan secara kekeluargaan..

;;)
thanks Volt
seandainya keduanya bersikeras untuk cerai.. duh sayang sekali ya...
aku malah mikirnya ke anak anaknya.. mereka mesti jadi korban... mudah mudahan saja tidak sampai terjadi... aku berdoa untuk itu
kurasa keduabelah pihak masih perlu untuk meninjau kembali dan memepertimbangkan kembali juga mencari solusinya bersama, bukan dengan saling menyalahkan

memang sebaiknya dikonsultasikan dengan Romo paroki, atau kalau ingin menghubungi Kerasulan Keluarga di Keuskupan Jakarta lebih bagus lagi
seandainya ada yang punya permasalahan keluarga, bisa Pm saya, saya bisa mengenalkan dengan Romo MSF yang ahlinya, kebetulan beliau sempat mengambil doctoratnya di Roma untuk permasalaha keluarga dan hukum gereja.

:x
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.