• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Nyi Roro Kidul

akirarazx

IndoForum Newbie B
No. Urut
8884
Sejak
24 Nov 2006
Pesan
242
Nilai reaksi
5
Poin
18
pgn nnya nih...sbnrnya nyi roro kidul da pa ga sih...katanya da ya di daerah mn gt di laut..tp ga tau deh...dmna gt..

tp kl kita pk baju ijo gt ke tempat disn yang da tmpt wisatnya gt ntr qt bs jd skt ya atau pa gt...coz warna kesukaan kidul tuh ijo gt???

pliz donk...asal usl nyi roro kidul tuh pa???
 
untuk ngejawab pertanyaan lo tadi, lu pergi aja ke pantai laut selatan(t4 nyi roro kidul)
hee hee
 
Tentu saja ada. Dia adalah jelmaan setan yang berpangkat jendral yang berkuasa di seluruh Indonesia. Ya berkuasa atas setannya... :P
 
mana bisa itu toh juga bukan dongeng. Saya gak ngada2 kok... itu sih kata-kata dari P.D.T. (Pekerja dalam Tuhan bukan Pendeta) Daud Tony, yang mantan dukun itu... masa gak tau...
Tapi nama sebenarnya itu bukan nyi roro kidul kan biar orang percaya aja... disesatkan...
 
nyi roro kidul itu bukannya ada ceritanya yah... kalo gw gk salah inget dulu nama aslinya dewi kadita. kalo nggak salah dulu dia tu anaknya prabu siliwangi trus gk tau kenapa dia kena sihir hitam <klo gk salah>, akhirnya si dewi kadita + nyokapnya diusir dari istana trus mereka pergi ke selatan. Pokoknya ujung2nya si dewi kadita lompat ke laut *Eng* *Ing* *Eng* Dewi kadita Berubah menjadiiii
Nyi Roro Kidullllll.

tapi kalo versi nyokap gw beda lagi. klo versi nyokap gw. versi nyokap gw lebih kayak versi romantis =(. gw rada lupa tapi yang jelas si nyi roro kidul itu dulu kekasihnya antara sultan demak, raja majapahit, ato sultan mataram. gw gk inget. nah si nyi roro kidul ini gk tau kenapa pokoknya untuk membuktikan cintanya dia akhirnya lompat ke laut selatan. nah disitu akhirnya si raja sedih n menyesal. tapi ternyata si nyi roro kidul berubah jadi makhluk spiritual. disitu si raja akhirnya memutuskan untuk menikahi si nyi roro kidul. dan si raja bersumpah tidak akan berpisah lagi =).

konon katanya sultan terakhir yang diramalkan yaitu sultan hb ke 9 itu reinkarnasi dari raja tsb.
 
ini sedikit tambahan yang gw dapet dari hasil googling /heh


Kerajaan Pajajaran terletak di Jawa Barat (1333 M - 1630 M), yg akhirnya digulingkan oleh Kerajaan Islam Mataram dari Jawa Tengah.

Raja terbesar Pajajaran adl Prabu Siliwangi. Sbg sorg Raja, sah2 aja dong poligami dan punya harem (kalo zaman sekarang pasti dihujat). Nah, salah satu selirnya melahirkan anak perempuan yg super cantik bernama Dewi Kadita. Saking cantiknya tu anak (ibunya juga cuantikkk), selir-selir yg laen pada jealous. Akhirnya para selir yg merasa di-istri-tirikan oleh sang Prabu menggalang aksi solidaritas, dan menelurkan sebuah solusi yg sampe sekarang pun dipake oleh para wanita (setidaknya dlm sinetron Indonesia)

Para selir itu menghubungi seorang dukun berijazah. Dengan segala mantera dan ramuan-ramuannya akhirnya bodi Dewi Kadita dan Ibunya dipenuhi segala macam penyakit kulit. Mulai dari panu sampe herpes. Pokoknya kanker kulit stadium lanjut lahh.

Prabu Siliwangi yg semula luar biasa cinta akhirnya berbalik jijik dan benci kpd mereka berdua dan mengusir ibu dan anak itu keluar dari istana (Pls deh, emang ga ada dukun ilmu putih zaman dulu?). Bahkan sempat2nya ibu dan anak itu dilabeli pembawa sial bagi kerajaan.

Akhirnya, dengan hati yg hancur, ibu dan anak ini pergi berkelana. Mulanya mereka mencoba berlindung di desa-desa. Tapi karena badan mereka yg bau dan busuk, mereka ga diterima dimanapun. "Pergi kalian! Kalian menodai kesucian desa ini! Pergi!! Dasar pembawa penyakit" Caci maki dan sumpah serapah selalu menyertai perjalanan mereka ==> Hidayah bangettttt :D

Sudah jatuh, ditimpa tangga... Ibu dan anak ini pun memilih tinggal di dalam hutan. Namun apa mau dikata, stress fisik maupun mental membuat sang ibu meninggal dunia. Dewi Kandita yg terjatuh dalam jurang kesedihan yg teramat mendalam hanya bisa menangis dan berjalan sejauh kakinya bisa membawa, tanpa arah dan tujuan. Pada suatu saat, sampailah dia di Pantai Selatan (pantainya samudera Hindia).

Kecapekan, Dewi Kandita duduk di sebongkah batu yg berbentuk kompor (jangan bayangin kompor GAS! Itu lho, kompor zaman doeloe yg masi make kayu sbg BBM) dan jatuh tertidur *Gubrak*.
Dalam mimpinya, dia mendapat wangsit bahwa kalau ingin sembuh, dia harus loncat ke dalam laut. (dont try this at home)

Saat terbangun, tanpa ngulet, tanpa cuci muka dan gosok gigi, Dewi Kandita langsung nyebur ke dalam laut. *Hiaaaattt.... Jebyuuurrrr*
Voila! Penyakit kulit akibat santet yg dideritanya selama ini langsung lenyap tak berbekas. Kulitnya yg berlobang-lobang, penuh bisul, koreng, kudis dan kurap sekarang menjadi mulus, putih segar merona (Bayangin aja deh iklan Lux)
Badannya yg semula bau busuk kayak isi tong sampah pasar ikan sekarang menjadi segar mewangi. Lebih wangi daripada bau Splash Cologne. Hmmmm... *CoolFace ngapus iler*

Tapi seperti hukum yg berlaku dalam ekonomi. Untuk mendapatkan suatu barang, anda harus menukarkan dengan sesuatu yg memiliki nilai setara. Dewi Kandita tak lagi berwujud manusia. Sekarang dia telah berubah menjadi mahkluk halus. Lelembut getooo.

Terpesona oleh kecantikannya yg sekarang udah bertambah puluhan kali lipat, akhirnya seluruh mahluk yg ada di laut Selatan mendirikan RKFC (Roro Kidul fans Club). RKFC dengan segera berkembang begitu besarnya. Dewi Kandita mjd yg memegang posisi pimpinan pun diberi gelar: Kanjeng Gusti Nyi Roro Kidul.

Ada kelanjutannya nih. Rupanya Nyi Roro Kidul ini mendendam kepada ayahnya. Dalam jumpa pers yg digelarnya, Nyi Roro Kidul mengumumkan bahwa ia akan menjadi istri raja-raja Mataram (yg notabene adl rival nomer satunya Pajajaran). Dan posisi ini terus dilakoninya selama ratusan tahun, sampai sekarang.

Dikatakan juga, bhw sungai Bengawan Solo, yg berujung dari Gunung Merapi di Jawa Tengah dan berakhir di Samudera India, adl jalan tol pribadi yg dipakai Nyi Roro Kidul utk memasuki Jawa.
Dikatakan juga, bhw kebencian Nyi Roro Kidul juga membuatnya menjadi Dominatrix. Pemuda manapun (yg ganteng dong) yg nekat jalan-jalan di pantai selatan memakai baju hijau pupus akan diculiknya. Cara nyuliknya agak2 ekstrim juga sih. Para pemuda itu akan lenyap 'dijemput' dengan ombak (kadang mayatnya balik juga). Para pemuda itu akan dijadikan pengawal kerajaannya atau kalo beruntung, jadi penghuni haremnya. Hmmm.... Anak KG ada yg pengen?? :)

Oh ya, kalo ngeliat dari sisi sains, ini bisa jadi merupakan penjelasan Jawa Kuno akan adanya efek vakum dari lembah-lembah bawah laut yg berjejer di pantai selatan Jawa, dimana kedalaman dasar laut bisa mencapai lebih dari 200 meter (Siapa yg pernah ke jawa naik kapal laut pasti ngerasain seremnya ombak pantai selatan di waktu malam, termasuk gw)

Kalo ngeliat dari sisi psikologis, Nyi Roro Kidul bisa jadi mrp pengejawantahan dari balas dendam seorang wanita yg ditolak pria karena jelek. Begitu sang wanita memperoleh kekuasaan dan kecantikan (plus kelakuan yg agak2 psycho), dia akan mengambil pria manapun yg diinginkannya, baik dengan cara halus maupun kasar.
 
Nah nah coba aja kalo lu ingin tau kebenaran nyi roro kidul itu, dateng aja ke pantai selatan, nah terus lu tanya sama org daerah setempat hal hal apa saja yang bisa bikin ntu nyi roro kidul ngamuk,, trus lu lakuin dahh !! atau lu tereak tereak kek, kalo lu hari itu juga mati di tempat berarti bener bener ada !! tapi paling paling lu di hajar sama org org daearh setempat dulu, lu di anggap mengganggu ketenangan nyi roro kidul :D
 
suatu legenda yang telah menjadi sebuah kepercayaan yang sangat akut sehingga menyebabkan adanya sistem kepercayaan itu sndiri,,inilah nyi Roro kidul itu!
 
bgmana KK crnya jadi member RKFC (roro kidul fans club)
syaratnya apa aj???? ;))
 
em.... ada yang lebih akurat lagi gak?

 
KANJENG RATU KIDUL vs NYI RORO KIDUL

Pada tahun 1999 bulan Agustus di semua Koran nasional yang bertempatan di Jakarta memuat mengenai pemusnahan benda-benda pusaka dari Pengusaha Laut Selatan dan pengusiran terhadap Penguasa Laut Selatan oleh sejumlah pakar yang mengaku memiliki kemampuan dan dan ahli dalam metafisik serta sejumlah pakar ulama serta rohaniwan. Diantar mereka menyebut Penguasa Laut Selatan adalah Nyi Roro Kidul.

Saya kemudian lalu bertemu dengan seorang Kadang yang telah menuliskan Surat kepada Koran tersebut untuk dibuat di Suara Pembaca, katanya tujuannya adalah untuk menetralisir opini selama ini berkembang: kira-kira ini kutipan isinya yang masih saya simpan;

Salam damai dan sejahtera
Saya sangat berterima kasih kalau surat ini dapat diterbitkan. Saya ini menjelaskan atau menjernihkan soal siapa Penguasa Laut Selatan. Selam ini masyarakat telah keliru, karena menganggap Peguasa Laut Selatan adalah Nyi Roro Kidul dan karena perbuatannya maka Penguasa Laut Selatan menjadi sangat menakutkan bagi masyarakat tertentu.

Melalui surat ini ingin saya menegaskan bahwa Penguasa Laut selata, ”sekali-kali” bukan Nyi Roro Kidul yang selama ini di kenal oleh masyarakat, tapi menlainkan ”Kanjeng Raru Kidul”. Dialah yang sebenarnya Penguasa Laut Selatan yang selama ini dimaksud, bukanlah Nyi Roro Kidul. Status dari Kanjeng Ratu Kidul adalah merupakan Raja/Penguasa di laut selatan, sedangkan Nyi Roro idul adalah Patih Nya.

Dan selam ini bencana dan mara bahaya adalah ulah dari kenakalan Nyi roro Kidul, tapi selama ini dianggap Penguasa Laut Selatan yang bikin ulah (seolah-olah seorang pembantu menyalahgunakan nama tuannya)-(atau anak bikin ulah bapak yang namanya tercoreng. Red). Maka Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Roro Kidul adalah dua pribadi yang berbeda. Jadi tanpa mengurangi rasa hormat kepada para guru, dukun, paranormal, atau apapun sebutannya, yang mengatakan Penguasa Laut Selatan adalah Nyi Roro Kidul, agar direnungkan kembali karena suatu kekeliruan (saya menjamin).

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, suatu saat saya akan menjelaskan mengapa Kanjeng Ratu Kidul seolah-olah membiarkan patihnya berbuat demikian dan asal usul serta misi dari Penguasa Laut Selatan.

Salam Untuk Para Kadang Sinarawedi.

Bandung, 31 Agustus 1999

Tulisan ini saya angkat kembali karena belakangan di Metro TV, saya melihat bahwa pendapat yang salah (sama) masih terjadi.

Suatu kebodohan dan kekonyolan.
 
klo kt gua jg k'snokn cpek jauh2 cma nany gituan,spa j penguasa nya so ga pa2
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.