• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Ilmuwan Temukan Spesies Langka di Lautan Celebes

666

IndoForum Junior B
No. Urut
19114
Sejak
19 Jul 2007
Pesan
2.522
Nilai reaksi
67
Poin
48
MANILA - Ilmuwan yang menjelajahi kedalaman lautan dalam pencarian spesies yang terisolasi selama jutaan tahun menemukan kehidupan lautan yang sebelumnya belum pernah ditemukan. Termasuk penangkapan seekor cacing warna oranye dan ubur-ubur hitam yang tidak biasa ditemukan. Pemimpin proyek Dr Larry Madin menyatakan bahwa Ilmuwan Amerika Serikat dan Filipina mengumpulkan sekitar 100 spesimen berbeda dalam Lautan Celebes selatan Filipina.

Madin yang sehari-harinya bekerja Woods Hole Oceanographic Institution, Massachusetts AS, menyatakan bahwa penemuan ini di sekitar lautan jantung dari segi tiga karang yang dibatasi oleh Filipina, Malaysia, dan Indonesia, sebuah wilayah yang dikenal oleh para ilmuwan memiliki derajat paling tinggi dalam keanekaragaman hayati.

Bagian terdalam dari Lautan Celebes adalah kedalaman 16.500 kaki. Namun tim peneliti hanya mampu menjelajahi kedalaman 9.100 kaki dengan menggunakan kamera yang dioperasikan dengan remote.

"Ini mungkin merupakan pusat dimana banyak spesies berkembang dan menyebar ke berbagai bagian lautan. Jadi itu kembali ke berbagai sumbernya dalam banyak cara," katanya.

Dikutip dari AFP dan AP, Ekspedisi yang melibatkan dua lusin ilmuwan dan sebuah tim dari National Geographic ini kembali ke Manila pada Selasa setelah menghabiskan sekitar dua Minggu di Lautan Celebes Tawi-Tawi, Filipina, provinsi kepulauan paling selatan sekitar 700 mil dari Manila.

Madin menyatakan bahwa spesimen-spesimen yang dikumpulkan termasuk beberapa yang memang spesies penemuan baru. Salah satunya, ketimun laut yang hampir benar-benar transparan yang mampu berenang dengan mengulurkan tubuhnya. Kemudian ubur-ubur yang ditemukan dekat dasar laut, serta ikan berwarna oranye. Tim ini telah mengumpulkan antara 50-100 spesies yang belum ditemukan, baik ikan maupun hewan invertebrata.

"Lautan ini merupakan wilayah laut paling kaya di dunia, dan lebih banyak lagi yang belum terjelajahi," katanya.


okezone.com
 
iya, okezone sering ga ngasih gambar /heh
 
googling aja banyak kok,
di klik ada situs beritanya
 
alien dari laut? tul. eksplorasi bawah laut sama pentingnya dengan eksplorasi luar angkasa. banyak yg ga kita tau tantang bawah laut yg dingin dan gelap.
mungkin ada spesies baru, spesies purba, peradaban yg hilang, misteri dasar laut tuh.
 
gue sih yakin itu asli kok bukan editan karena semakin dalam kedalaman laut maka semakin aneh pula bentuk bentuk tuh makhluk d dalamnya /no1
 
ih serem benerrrrr warnanya gitu /omg
 
kalo di dasar laut yg terdalam emang bentuknya kita belum pernah liat dan aneh2

yg ini bentuknya... kayak ufo aja... ato kayak musuhnya di ultraman.. :D
 
Haiiiyaaaahh...

Gambar yang bener mana niy...???

Ubur-ubur kek gitu mirip UFO ajah...

Jangan-jangan UFO itu ubur-ubur...???
 
yah namanya juga makhluk yah bermacam2,
lagipula jaman kan berubah, evolusi mungkin


mungkin bagi makhluk lain manusia itu bentuknya aneh /swt
 
namanya juga tuh d dalam lautan terdalam kan dia ga kena sinar atau apapun sehingga badannya dia menjadi aneh /no1
 
yah namanya juga makhluk yah bermacam2,
lagipula jaman kan berubah, evolusi mungkin


mungkin bagi makhluk lain manusia itu bentuknya aneh /swt


setuju aku .. dari sisi manusia sih aneh dan klo di sisi alam semesta kek nya normal tergantung situasi,keadaan pada saat itu :D
klo mikir aneh ya wajar karna ego kali , koreksi klo salah :D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.