• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tunjukkan Cintamu Akan Batik !!!

thoyib

IndoForum Beginner D
No. Urut
62067
Sejak
21 Jan 2009
Pesan
570
Nilai reaksi
5
Poin
18
Bogor - Akhirnya dunia mengakui batik merupakan salah satu warisan umat manusia yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia. Pengakuan serta penghargaan itu akan disampaikan secara resmi oleh United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO).

"Pengakuannya pada 28 September nanti dan penghargaan resmi pada 2 Oktober di Abu Dhabi," kata Menko Kesra Aburizal Bakrie di Istana Bogor, Senin (7/9/2009).

Menurutnya, pengakuan UNESCO itu diberikan terutama karena penilaian terhadap keragaman motif batik yang penuh makna filosofi mendalam. Di samping itu pemerintah dan rakyat Indonesia juga dinilai telah melakukan berbagai langkah nyata untuk lindungi dan melestarikan warisan budaya itu secara turun menurun.

Atas perkembangan ini Presiden SBY menyambut baik kabar tersebut. Sebagai bentuk apresiasi baik terhadap batik dan penghargaan UNESCO itu, Presiden SBY meminta seluruh warga negara mengenakan batik pada 2 Oktober 2009.

"Orang lain bisa saja klaim batik, tapi dunia tahu kalau batik adalah milik Indonesia," tambah Menbudpar Jero Wacik pada kesempatan sama.

Lebih lanjut dikatakannya pemerintah terus memperjuangkan pengakuan atas karya budaya lain bangsa Indonesia. Sekarang ini yang tengah diperjuangkan adalah musik kulintang, naskah Negara Kertagama versi Majapahit dan epos La Galigo asal Bugis.
sumber : detik.com
 
Ok, nanti 2 Oktober mari kita rame-rame pakai batik semua :-bd
 
sebenarnya sejak batik diklaim oleh Malaysia, orang-orang Indonesia sudah mulai banyak yang menggunakan batik sebagai busana sehari-hari. baik untuk seragam kantor maupun dikenakan bebas....
dengan adanya klaim negara tetangga tsb, membuat Indonesia kembali bergairah pakai batik lagi juga :-bd
 
Sip sip sip.. :-bd

Tapi sayang...bagi gw kalo mau pake batik harus bener2 milih corak dan modelna...soalna sering g matching sama warna kulit gw :(
 
Tapi kita juga harus instrospeksi diri juga sih... /hmm

Masalahnya kita baru memakai atau menonjolkan kebudayaan kita setelah di"fotocopy" ama "orang lain"

Makanya kita sebagai orang Indonesia mesti bangga donk sama kebudayaan sendiri.

Ngapain takut kalo beda ama orang lain toh perbedaan itu indah /kis /no1
 
Sip sip sip.. :-bd

Tapi sayang...bagi gw kalo mau pake batik harus bener2 milih corak dan modelna...soalna sering g matching sama warna kulit gw :(
halah dasar cc bule ;))
tgl 2 oktober ya? minggu depan hari jumat dong...
sekolah nyuruh pake batik ga yah... hehehe
 
kata si TS besuk 2 Oktober mesti pakai batik, hayooo jadi ga nih rame2 pakai batik /ho
 
pengen sih, cuman ga boleh, bisa2x diSP atuh ... semangat batik aja deh.
 
hari ini sudah pakai batik nih...
kebetulan juga seragam kerja di tempat kita hari Jumat juga batik, TS nya pakai batik juga ga ya :-S
 
hehe tadi gw udah make batik.. di skolah jg make batik.. Happy Batik's Day! :D
 
Di kampus gw semua anak IBA make kemeja maupun kaos batik tuh................................../gg/gg/gg
 
ternyata kemarin banyak yang pakai batik juga loh....
semoga kita2 makin suka pakai batik dan membudayakan mengenakan kostum batik
serta bangga memakai batik /no1
 
Saya yg biasanya gak pernah pake batik pada hari jum'at (klo pegawai lain sih banyak yg pake) akhirnya paje batik juga kemaren tanggal 2. /gawi
Kebetulan ada oleh2 batik dari bos, batik pekalongan. jadi saya pake. ternyata bagus juga. Sebelumnya tu batik pernah dipake cuma waktu jaga TPS saat pemilihan presiden kemaren saja. /heh

Hidup Batik!!
 
di happy song juga batik jadi trendsetter katanya
 
makin banyak rasanya orang mengenakan batik. ada yang tahu ga perbedaan corak2 batik tsb ? katanya ada yang corak cocok dipakai buat orang tua, trus batik untuk acara resmi dan adat kerajaaan gitu ?
 
Sebelum 2 Oktober & sekarangpun saya rutin memakai Batik setiap hari Jum'at & Sabtu. /no1

Ayo kita pertahankan semua tradisi khas negara kita./no1
 
Greaaaaat!! Hari Jumat kantor gw semuaaaa mua mua....pake batik...

Minggunya....gereja gw juga pada pake batik... /gg
 
Yoi...

hari batik kmarin...ke kampus pake batik...

keren jg modelnya...terlihat gagah...
halah...
/wah
udah kyak maw hadir di pesta pernikahan...

bravo.../gawi

gak cuma warga indo aja yg pake batik lho...

jessica alba juga...


3985931443_589bf4591e_o.jpg

Bukan hal yang baru bila batik menjadi fashion dunia. Bahkan artis sekelas Hollywood juga memilih batik sebagai fashion. Sebut saja artis ngetop Jessica Alba.

Bintang Fantastic Four ini tampil cantik dengan balutan batik pada sebuah acara red carpet perusahaan mobil terkemuka. Jessica berpose memamerkan busana batik bermotif Parang Rusak khas Jogyakarta. Oleh Jessica, pakaian batik dikombinasikan dengan sepatu boots.

Parang Rusak adalah satu motif sakral yang hanya digunakan di lingkungan kraton. Motif ini juga bisa mengidentifikasi asal kraton pemakainya, apakah dari kraton Solo atau Yogya.

Menjadi kebanggaan bila hasil warisan bangsa dikenal di manca negara terlebih yang memakai adalah artis sekelas Hollywood.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.