• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tradisi menuntut Ilmu (renungkanlah wahai sahabat)

SalmanAlFarisi2

IndoForum Beginner E
No. Urut
31419
Sejak
23 Jan 2008
Pesan
429
Nilai reaksi
10
Poin
18
Mari sejenak kita renungkan sebuah kisah, kisah sederhana yang akan menusuk dan mempertanyakan kesungguhan kita dalam membela izzah Islam.

suatu hari di era perang salib, seorang Ulama besar berkunjung ke masjid al-Aqsha. Setelah ulama tersebut memasuki pekarangan majid, wajahnya menyiratkan sebuah kekecewaan, saat itu juga sang ulama berkata "KEMANA PERGINYA PARA PEMUDA MUSLIM?, Kenapa halaqah di masjid ini hanya 300 halaqah?


zaman macam apa ini? 300 halaqah dalam sebuah masjid masih kurang!!!

coba kita hitung jumlah halaqah di lingkungan kita, atau disekolah kita, syukur-syukur ada satu atau dua halaqah, namun kebanyakan pasti akan mengatakan "tidak ada halaqah di masjid daeras sini. jangankan halaqah, untuk shalat berjama'ah saja kadang-kadang tidak terselenggara, gara-gara hanya ada imam tanpa ma'mum"

sedangkan pada zaman itu 300 halaqah, 300 adalah jumlah yang luar biasa banyak, bahkan halaqah-halaqah di Islamic center diseluruh dunia saja tidak ada yang bisa mencapai angka ini. namun menurut ulama tersebut 300 itu angka yang sedikit untuk sebuah masjid.

mungkin jika ulama besar tersebut tahu tentang apa yang terjadi di mesjid kita, bukan hanya kekecewaan yang muncul, mungkin mereka bisa jadi akan bangkit dari kubur dan menangis. (ini kondisi ekstrimnya)

inilah tradisi menuntut ilmu kaum muslim yang telah dibangun berabad-abad, namun hilang dalam sekejap bagaikan sebuah ukirn indah yang kemudian di semen, hingga hilanglah ukiran tersebut. inilah salah satu PENYEBAB HANCURNYA PERADABAN BESAR UMMAT ISLAM.

para pemudanya sudah terbuai oleh fantasi dunia, oleh empuknya kasur hedonisme.
ditambah racun dari ramuan pluralisme, sekulerisme dan isme-isme bodoh lainnya

hingga mereka enggan memenuhi amanah yang diperintahkan oleh Allah SWT :
“BACALAH dengan nama Tuhanmu yang menciptakan sekian makhluk. Ia menciptakan manusia dari sebuku darah beku. Bacalah dan Tuhanmu yang Maha Pemurah; yang mengajar manusia melalui pena dan tulisan. Ia mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya,” (al-Alaq: 1 hingga 5).

perintah yang paling pertama Allah SWT perintahkan kepada Rasulullah SAW sebelum perintah lannya. sebuah perintah sederhana, namun begitu mudah pula meninggalkannya.

apa kata para ilmuan Islam seperti ibnu Sina, Al-Biruni, Al-Battani, Ibnu Haitham, Al-Kindi, Al-Khawarizmi, Ibnu Batuta, Al-Jazari dan Ibnu Rushd, jika saja mereka tahu kondisi ummat Islam saat ini?

lupakah kita akan sebuah kisah tantang seorang ulama yang sampai akhir hayatnya, masih sja dia mencatat ilmu yang dia dengarkan, padahal maut sudah didepan mata.

lupakah kalian kepada ibnu haitham telah menemukan alat optik, al-khawarizmi menemukan angka nol, piri reis (ilmuan turki) menciptakan peta terlengkap pada zamannya,

lupakah kita tentang seorang maestro kedokteran bernama Ibnu Sina, seorang filsuf yang juga dokter dan menjadi bapak kedokteran dunia. yang telah membuat buku tentang standar kedokteran di abad ke-10 dan kini bukunya Bukunya menjadi acuan bagi banyak dokter hingga abad ke-17

lupakah kita tentang kehebatan astronom terkenal yang bernama Al-Tusi Ia membuktikan kebenaran teori Copernicus yang menyatakan matahari sebagai pusat tata surya bahkan sebelum ZCopernicus menemukan teori tersebut.

tentang Abu Jafar Muhammad yang menjadi seorang pakar matematika dan hasil karyanya luar biasa termasyhur dan menjadi dasar perhitungan di era modern, yaitu aljabar dan algoritma

tentang Ibnu al-Haytham yang dikenal dengan karyanya mengenai cahaya dan bayangan. Karya Al-Haytam inilah yang membantu Newton merumuskan teori optiknya yang terkenal.

sahabat, tidakkah engkau malu? atau dunia telah mengubur habis ras malu yang ada pada dirimu?

”Dan janganlah engkau berpijak (bertindak) tidak atas berdasarkan ilmu. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan & hati, semuanya itu ada pertanggung-jawabannya.”(QS. al-Isra’: 36)

Atau dunia terlalu membuat kita sibuk, sehingga tak ada waktu lagi untuk sekedar merenungi ayat-ayat Allah SWT yang menyatakan pentingnya ilmu

”Allah meninggikan orang-orang yg beriman di antara kalian dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat.” (Al-Mujadalah: 11)

bisa jadi Jatuhnya peradaban Islam buka karena serangan, musuh-mush Islam, namun karena kelalaian diri kita sendiri.

mana kesungguhan kita dalam membela izzah Islam?
dimana keimanan kita, saat perintah Allah yang pertama saja tidak kita laksanakan dengan kesungguhan.

berbahagialah saudara-saudaraku yang saat ini masih terus berjuang menuntut ilmu ntuk meninggikan Islam, maka jamji Allah telah pasti untuk mereka

”Allah meninggikan orang-orang yg beriman di antara kalian dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat.” (Al-Mujadalah: 11)
 
Bukan sekedar Info...yang terpenting adalah kita antum2 semua bisa merenungi danbisa menjadi pribadi yang lebih baik.....

semoga kita bisa merenungi penyebab hancurnya Islam disegala bidang ialah karena para pemudanya...siaoa pemuda Islm itu???....pemuda2 Islam itu adalah kita!!!....kita adalah tonggak berdirinya kembalikejayaan Islam!!!....tonggak berdirinya kembali kikhalifahan Islam!!!...kitalah pejuang2 Islam!!!...tapi sampai saat ini belum ada yang bisa kita lakukan untuk memajukan Islam...untuk membangun Islam.....

KEMANA PERGINYA PEMUDA-PEMUDA ISLAM!!!

KEMANA PERGINYA SINGA-SINGA ISLAM!!!

APAKAH MEREKA SUDAH MATI DILAHAP NIKMATNYA DUNIA????

PADAHAL DAHULU MEREKA ADALAH SINGA-SINGA YANG SIAP MELINDNGI DAN MENJAGA AGAMA INI...

KEMANA MEREKA???

KEMANA PARA PENERUS RISALAH ISLAM!!!

KEMANAKAH PARA PEMUDA ISLAM!!!

PADAHAL MEREKALAH HARAPAN ISLAM....MEREKA HARAPAN NABI MUHAMMAD...MEREKA HARAPAN PARA PEJUANG2 ISLAM TERDAHULU!!!


ingatlah wahai sahabtku...hidup kita bukanlah sekedar menjalankan shalat 5 waktu...bukan sekedar berpuasa ramadhan...bukanlah sekedar menjalankan ibadah2 wajib maupun sunnah....

inilah tugas kita

”Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: ”Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: ”Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?”. Tuhan berfirman: ”Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”
(Al-Baqarah:30)


”Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi”
(Fathir: 39)

tugas kita adalah menjadi khalifah dimuka bumi...untuk menegakkan kalimatullah dimuka bumi...untuk menyebarkan risalah Islam... Ya inilah tugas kita...

Namun kita pasti bertanya kenapa harus manusia yang menjadi khalifah...apa yang membuat kita dipilih menjadi khalifah???PADAHAL..

Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh,(QS. 33:72)
::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::
Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Ahzab 72
Sesungguhnya Allah telah menawarkan tugas-tugas keagamaan kepada langit, bumi dan gunung-gunung; dan karena ketiganya tidak mempunyai kesediaan dan persiapan untuk menerima amanat yang berat itu maka semuanya enggan untuk memikul amanat yang disodorkan Allah kepada mereka dan mereka khawatir mengkhianatinya. Kemudian amanat itu untuk melaksanakan tugas-tugas keagamaan itu disodorkan kepada manusia dan manusia menerimanya dengan akibat bahwa barangsiapa yang memenuhi itu akan diberi pahala dan dimasukkan ke dalam surga dan sebaliknya barangsiapa yang mengkhianatinya akan disiksa dan di masukkan ke dalam api neraka. Manusia walaupun bentuk badannya kecil dibandingkan dengan ketiga makhluk yang lain (langit, bumi dan gunung-gunung), berani menerima amanat tersebut karena persiapan dan kesediaan ada padanya. Hanya oleh karena manusia itu di dalam tubuhnya terdapat godob dan syahwat sering-sering mengelabui matanya dan menutup pandangan hatinya, maka disifati oleh Allah Taala dengan amat zalim dan amat bodoh karena kurang memikirkan akibat-akibat dari penerimaan amanat itu.

http://ccc.1asphost.com/assalamtafsir/Alquran_Tafsir.asp?SuratKe=33&start=61




lantas kenapa manyusia yang harus jadi khalifah, bukannya malaikat??? padahal malaikat adalah makhluk yang senantiasa patuh pada Allah SWT...tapi kenapa kita yang dipilih untuk menjadi khalifah???

jawabannya adalah:
Dan Dia telah mengajarkan Nabi Adam, akan segala nama benda-benda dan gunanya, kemudian ditunjukkannya kepada malaikat lalu Dia berfirman: Terangkanlah kepadaKu nama benda-benda ini semuanya jika kamu golongan yang benar.(Al-Baqarah:31)

Malaikat itu menjawab: Maha suci Engkau (Ya Allah)! Kami tidak mempunyai pengetahuan selain dari apa yang Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkau jualah Yang Maha Mengetahui, lagi Maha Bijaksana.
(Al-Baqarah:32)

Allah berfirman: Wahai Adam! Terangkanlah nama benda-benda ini semua kepada mereka. Maka setelah Nabi Adam menerangkan nama benda-benda itu kepada mereka, Allah berfirman: Bukankah Aku telah katakan kepada kamu, bahawasanya Aku mengetahui segala rahsia langit dan bumi dan Aku mengetahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembunyikan?.
(Al-Baqarah:33)

Dan (ingatlah) ketika kami berfirman kepada malaikat: Tunduklah (beri hormat) kepada Nabi Adam. Lalu mereka sekaliannya tunduk memberi hormat melainkan Iblis; dia enggan dan takbur dan menjadilah dia dari golongan yang kafir.(Al-Baqarah:34)

dari kisah diatas apakh teman2 sudah menemukan kenapa kita dijadikan khalifah, bukannya malaikat???kenapa kita lebih mulia dari malaikat maupun makhluk lainnya???
inilah kelebihan kita(manusia)...inilah yang membuat kita lebih mulia dari makhluk lainnya...bahkan dari malaikat makhluk yang tida memiliki dosa sekalipun.....bahkan malaikat dan iblis diperintahkan untuk tunduk kepada manusia (memberi hormat).... karena kita memiliki Akal...dan Akal adalah kelebihan kita...kita diberikan akal sehingga kita lebih mulia dari malaikat dan makhluk lainnya...Allah SWT mengamanahkan kepada kita untuk menjadi khalifah dimuka bumi karena kita memiliki "akal"

namun kita tidak menggunakan akal kita...padahal "akal"lah yang membuat kita lebih istimewa dari semua makhluk lainnya....

inilah tugas kita menggunakan akal kita...dengan menuntut ilmu...memperbanyak pengetahuan...memperdalam ilmu kita...dan menyebarka risalah Islam dengan Ilmu dan akal yang kita miliki....

namu sampai saat ini...hanya segelintir pemuda Islam yang mau menggunakan kecerdasan yang mereka miliki...hanya sedikit yang mau menjalankan amanah dari Allah SWT...tahukah kailan teman2 kalian telah mengingkari amanah dari ALlah...kalian telah melanggar janji kalian pada Allah...kalian tidak mensyukuri nikmat akal dan kecerdasan yang Allah berikan kepada kalian...padahal kita adalah ummat terbaik....

Kamu adalah ummat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang munkar dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, diantara mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang fasiq.” (QS. Ali Imran (3) : 110)

kita dalah ummat yang hebat...karena hanya kita yang mau memegang amanah itu...karena kita memiliki akal dan pikiran...dan kita harus mensyukuri akal yang diberikankepada kita...dengan menuntut Ilmu...memperbanyak pengetahuan dan kembali membangun peradaban Islam dengan Ilmu yang kita miliki...rebut kembali Ilmu yang telah diwariskan oleh ilmuwan2 Islam....yang telah dirampas oleh Ilmuwan2 barat...

JADILAH KALIAN SEPERTI ibnu Sina, Al-Biruni, Al-Battani, Ibnu Haitham, Al-Kindi, Al-Khawarizmi, Ibnu Batuta, Al-Jazari, Ibnu Rushd, Abu Jafar Muhammad, Al-Tusi, Ibnu al-Haytham DAN ILMUWAN MUSLIM LAINNYA
JANGAN KA SIA2KAN PENGORBANA MEREKA....
JANGAN KAU SIA2KAN PERJUANGAN MEREKA.....
JANGAN KAU SIA2KAN SETIAP TETES KERINGAT MEREKA....
JANGAN KAU SIA2KAN APA YAN TELAH MEREKA DAPATKAN....



WAHAI PEMUDA ISLAM...BANGKITLAH!!!

BANGUN KEMBALI PERADABAN ISLAM YANG TELAH HILANG!!!

LANJUTKAN PERJUANGAN YANG TELAH DIMULAI ROSULULLAH DAN PARA SAHABAT!!!



hanya ini yang bisa ane sampaikan...semoga bisa bermanfaat bagi kita semua...
 
Kalo Aq Masih dalam proses belajar boz.....................
InsyaAllah nanti setelah ilmu ane bisa ane aplikasikan dalam kehidupan dunia, ane akan berusaha untuk membangkitkan islam lagi..............
 
nice post bro.....

eh gmn pertanyaan aku? dah nemu blum dalilnya?
 
Demi Allah!!!da'wah dan menuntut ilmu adalah amanah yang diberikan kepada kita....dan kelak akan dimintai pertanggungjawaban....
SIAPA LAGI YANG AKAN MEMAJUKAN ISLAM, JIKA BUKAN PEMUDA ISLAMNYA???
SIAPA LAGI YANG AKAN MEMBELA ISLAM, JIKA BUKAN PEMUDA ISLAMNYA???
DAN SIAPAKAH PEMUDA ISLAM IYTU???
KITA???
TAPI MENGAPA TIDAK ADA SATUPUN YANG TELAH KITA SUMBANGKAN UNTUK ISLAM???
KEMANA KITA KETIKA NABI MUHAMMAD DILECEHKAN???
KEMANA KITA KETIKA SAUDARA2 KITA DI AFGHANISTAN...PALESTINA...KOSOVO...IRAK...CHECHNYA..DIBANTAI???
APAKAH KITA PERNAH PUNYA NIAT UNTUK BERJIHAD MEMBANTU MEREKA??? MUNGKIN BERNIAT SAJA KITA BELUM PERNAH....
APAKAH KITA PERNAH MENGRIMKAN DO'A DENGAN KHUSYU KEPADA MEREKA???
SIAPA LAGI KALAU BUKAN KITA YANG AKAN MEMBELA ISLAM!!!


kk ikan n' untuk yang lainnya....
UNTUK APA MENUNGGU!!!
UNTUK APA MENUNGGU ILMU BERTAMBAH????
MENGAPA YIDAK SEKARANG SAJA DENGAN ILMU YANG KITA MILIKI????
APAKAH KALIAN PIKIR MUSUH2 ALLAH AKAN BERHENTI MENYERANG ISLAM UNTUK MENUNGGU ILMU KALIAN BERTAMBAH???
APAKAH KALIAN PIKIR MUSUH2 ALLAH MENUNGGU KALIAN????
TIDAK!!!
MEREKA AKAN TERUS MENYERANG ISLAM DAN MENJATUHKAN ISLAM...

SEKARANG SAATNYA!!!
BUKAN BESOK ATAU NANTI!!!
SIAPA YANG MENJAMIN KITA AKAN HIDUP BESOK???
SIAPA YANG MENJAMIN KITA MASIH BERNAFAS ESOK HARI???
APAKAH ENGKAU YAKIN BESOK MASIH HIDUP???
TIDAK ADA SAHABATKU....
KEMATIAN AKAN DATANG KAPAN SAJA!!!
DEMI ALLAH SEKARANGLAH SAATNYA KITA BANGKIT!!!


kita terlalu sombong jika mengatakan..."besok"..."nanti"...
padahal kita tisdak tahu kanapan Allah akan memanggil kita....
tapi kita masih saja mengucapkan "nanti saya akan memajukan Islam", "nanti jika ada kesempatan saya akan membela Islam"
padahal tidak ada yang menjamin kita, apakah esok nanti kita masih hidup....

JANGAN MENUNGGU WAHAI SAHABATKU!!!
DIAKHIRAT KELAK AKAN DIPERTANGGUNGJAWABKAN SEGALA YANG TELAH KITA LAKUKAN....

DIHARI PERHITUNGAN KALIAN AKAN DITANYAI :
APA YANG KALIAN LAKUKAN DENGAN MASA MUDA KALIAN???

APA KITA DAPAT MENJAWAB DENGAN LANCAR ATAU MENJAWAB DENGAN TERBATA2...karena waktu muda kita tidak menjalankan amanah yang diberikan oleh Allah kepaa kita....

BANGKITLAH SAUDARAKU!!!
KEBANGKITAN ISLAM ADA DITANGAN KITA!!!
KEBANGKITAN ISLAM ADA DIDEPAN MATA KITA!!!
TIDAK ADA WAKTU LAGI UNTUK MENUNGGU!!!
INILAH SAATNYA UNTUK KITA MAJU!!!
INILAH SAATNYA ISLAM MAJU!!!


ALLAHUAKBAR!!!
ALLAHUAKBAR!!!
ALLAHUAKBAR!!!
 
wiw
1 halaqo= 10 musrif 1 murabbi :((
jauh de ma aq
aq 1 murabbi 1 musrif :(
susah bgt emg dakwah



akhirna bs balik lg ke IF :D
 
dimesjid sekolah ane aja biasanya cuman ada 2 halaqah, 1 halaqah 5 musrif dan 1 murobbi....dan anak2nya juga males2an....walaupun ada juga yang semangat......

dan dimesjid kita kebanyakan halaqah ilmu agama...dan membahas da'wah....

sedangkan halaqah ilmu lainnya...seperti matematika...astronomi...kedokteran... dan lainnya mungkin kurang bahkantidak ada.....sedangkan pada zaman tabi'in, dan seterusnya, hampir semua bidang keilmuan ada....
 
disekolah q malah gk ada
sekarang yg kasi halaqo malah organisasi dakwah dari luar,
itupun masi rada "seret" d mata skolah n materi cmn sekitar pembangunan akhlaq dan aqidah + HT (khusus klompok q aj)

dulu pernah ada kejadian yg dianggep itu LDR (lembaga dakwah remaja) xtreme/radikal
pdhal y biasa aja n masih sesuai ajaran islam

*ralat bkn 10 musrif 1 murabbi tp 1 musrif 10 murabbi / mat'u


yg jdi masalah skrng
aq skrng tahap jd murabbi
n cari musrif d skola targetnya adik kelas
cmn y gt dapetna susah bgt :((
yg paling bikin nangis aq kliatan lom pantes jd murabbi (bnyk planggaran)


yah bwt yang laen, aq pesen aj
dakwah dmn aja kapan pun
amar ma'ruf nahi mungkar ITU WAJIB sebagai muslim
jangan tunggu besok
tiada yang tau kapan kita berakhir dan dengan keadaan sperti apa.

*makin sekarat neh kompi susah gk bs kumpul tmn" IF
 
inilah yanyangan bagi kita...para pengemban dakwah Islam....

siapa lagi yang akan menyampaikan Risalah Islam jika bukan kita para generasi muda Islam...

aku juga mau berterimakasih sama murobbi ane... udah mau capek demi sampainya risalah Islam....

untuk seluruh pejuang dakwah....
ALLAHUAKBAR!!! yang semangat!!!
 
^ makanya, jangan suka bolos Liqo lagi, ya, Dik... :P

Subhanallah..., jadi termotivasi u/ jadi lebih baik lagi... :D

Cita2 dari dulu emang jadi ilmuwan, tapi malah jadi masuk Desain... :D

Tapi, saya yakin, mo bidangnya apapun, pasti bisa memajukan Islam... :)

Smangat...!!! :x
 
^ makanya, jangan suka bolos Liqo lagi, ya, Dik... :P

Subhanallah..., jadi termotivasi u/ jadi lebih baik lagi... :D

Cita2 dari dulu emang jadi ilmuwan, tapi malah jadi masuk Desain... :D

Tapi, saya yakin, mo bidangnya apapun, pasti bisa memajukan Islam... :)

Smangat...!!! :x

berdakwah dimanapun dan kapanpun kak.....

melalui desain banyak yang kk bisa lakukan untuk berdakwah dan memajukan Islam.....

maaf OOT nih...
@All
tolong do'ain ane ya supaya lulus UAN dan diberi kemudahan oleh ALLAH SWT.
 
Ya Allah, maafkan hambamu ini yang telah lalai dari semua perintah-Mu, yang sesungguhnya itu telah kuketahui.

Nice Post.. (Harus diperbanyak nih Thread maca gini)
Thanks Before...

palestina
 
assalamualaikum

sedikit banyak saya mengerti akan kondisi generasi saat ini(saya juga generasi itu)
prihatin dan sedih bercmpur, manakala melihat para barisan pewaris panji2 ini hanya memikirkan kehidupan abadi(tak ingat mati), kebudayaan yang dianut kebudayaan populer(asal ngetop asal ikut) tanpa diimbangi dengan fikiran yang jelas, sehingga batas - batas agama buram- suram- dan kabur, hendaknya kondisi ini tidak hanya kita diskusikan namun juga kita perbaiki dengan perbuatan

hal yang paling mudah dari sekian cara adalah membuat generasi ini mengerti akan kondisi dan posisi nya saat ini, yaitu kita mulai dari membaca, sepele tapi disepelekan.

kiranya saran diatas dapat diterapkan

wassalam
 
terharu gue baca ini
bener merasa tertohok
merasa belum berguna sama sekali
jangankan buat agama tercinta
membawa diri sendiri untuk selalu di jalan yg benar aja belum bisa
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.