• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Titip Rindu Pada Ayah..

Samantha

IndoForum Senior B
No. Urut
43737
Sejak
17 Mei 2008
Pesan
6.450
Nilai reaksi
157
Poin
63
Aku masih ingat..
waktu kecil, aku diantar ke sekolah (TK) sama Papaku..
Papaku sayaaangg banget sama aku..
Kalo aku dimarahin Mama (biasanya aku dipukul kalo nakal), Papaku selalu melindungi aku.. membela aku..
Inget satu moment.. waktu pulang sekolah.. kami berhenti di pinggir jalan.. ada pesawat lewat.. tujuh kali berturut-turut. Papa dengan sabar nemenin aku liat..

Trus lagi, waktu aku jadi korban digigit temenku...
Ada temenku tuh kelaparan, jadinya dia liat pipiku kan putih kayak bakpao. Dikira bakpao, jadinya digigit.. Papaku yang antar ke dokter dan olesin obat..

Sampe suatu ketika..
Aku heran.. kenapa barang-barang milik aku dan mama diangkut pake mobil bak terbuka, juga ada yang diangkut becak.. dibawa pergi. Aku belum ngerti..
Trus aku dan Mama tinggal pisah rumah. Papa tetep di rukonya, aku dan mama pindah ke rumah mama sebelum menikah. Rumah itu ditinggali sama tante dan adikku yang masih bayi.
Sekolahku.. juga terputus.. (berhenti di pertengahan TK nol besar)

Lebih aneh..
Suatu hari, aku dan Mama dibawa Pak De ku ke Banyuwangi. Tinggal di sana beberapa hari..

Akhirnya aku tau..
Papa dan Mamaku berpisah..
Papaku masih ingin ketemu aku, tapi gak dibolehin sama Mamaku. Jadinya yaa "sembunyi" di kota lain.. sampai Mamaku akhirnya menikah dengan seorang pedagang emas yang kaya raya, tapi udah punya istri dan anak. Mamaku jadi istri ke dua. Papa baru itu.. awalnya memperlakukan aku ya sebagai anak.. karena waktu itu aku belum ngerti apa-apa.. yaa seneng aja saat aku dikasih ini itu.. uang, mainan, boneka, baju, dan diajak jalan-jalan sampe ke Bali. Papa Baru datengnya setiap hari Jumat dan Minggu..

Papaku pun.. menikah juga dan punya keluarga baru.

Trus, Mamaku buka usaha baru, toko perhiasan, yang lokasinya, bersebrangan jalan dengan rukonya Papaku.
Dan aku semakin gede, semakin ingin ketemu Papaku..
Kira-kira pas kelas dua SD, aku kan ikut Mamaku di tokonya, sekitar jam tujuh, aku main sama tukang becak, trus aku liat istri Papaku itu melambaikan tangan sama aku. Nyuruh aku ke tokonya. Tapi aku takut. Mamaku gak kasih izin, dan gak bilang apa alasannya. Aku ingin banget ke ruko Papaku itu.. trus aku bilang ke Mama. Mamaku langsung marah besar. Kalimat yang paling aku ingat adalah.. "Kamu boleh ketemu Papa.. tapi pulang harus bawa uang.. minimal 15 juta rupiah!" Katanya, karena Papa gak pernah menafkahi. Gimana mau menafkahi.. wong, Mamaku benci banget sama Papaku..

Tahun-tahun berlalu.. aku semakin dewasa, dan rindu sama Papaku... Papaku dan istrinya punya tiga anak, yang mirip sama aku :) aku seneng punya adik lagi. Tapi, Mama tetep gak ngasih izin sama aku untuk ketemu dengan mereka. Kondisi ekonomi mereka berbeda jauh dari aku, Mama, dan keluarga baru kami. Jadi, aku kalo inget sama kalimat 15 juta rupiah itu, aku jadi gak tega untuk minta izin lagi sama Mama biar bisa ketemu Papa..

Aku lulus SD.. dan aku tetep gak ketemu Papaku (udah 10 tahun). Aku dikirim sekolah di pesantren... (gara-gara Papa tiriku!!!!) Semakin gak bisa ketemu Papaku..

Tiba waktunya Adikku dikhitan..
Banyak orang di sekitar Mamaku, menasihati, gimana kalo Papaku dan keluarganya diundang. Hapus rasa benci itu. Kan gak ada gunanya.

Aku seneng banget.. akhirnya bisa ketemu Papaku.. dan sejak itu, hubungan Mama dan Papa membaik.. ada sedikit keinginan, mereka bisa kembali rujuk. Tapi kemungkinannya sangat kecil. Karena berbeda keyakinan (Papaku kristen, Mamaku islam), selain itu, masing-masing udah punya keluarga. Gak papa, asal aku bisa ketemu Papaku dengan leluasa.. :) Bahagiaaa banget..

Hanya aja.. semua kebahagiaan itu.. berlangsung gak lama.. Aku akhirnya jarang banget ketemu Papaku.. karena aku di pesantren.. dan pas SMA balik ke Jember, aku sibuk sekolah.. Banyak kegiatan yang aku ikuti.. Gak ada waktu nyantai.. bahkan hari Minggu dibuat istirahat..
Trus aku dapat kabar, ruko toko Papaku dibeli sama pemerintah, untuk dirobohkan dan dibuat pelebaran jalan. Usaha Papaku pun pindah... dan, karena lokasinya udah gak sestrategis dulu.. jadinya, toko papaku mulai sepi, dan.. papaku bangkrut... :(
Aku gak sempat ketemu Papaku untuk terakhir kali.. pas aku dapat kabar, Papaku ke Surabaya, ikut saudara.. tapi istri dan anak-anaknya memang tetep di Jember. cuman, katanya mereka tinggal sama keluarga Papaku (nenek dan kakekku). Aku gak berani ke sana.. soalnya, mereka memperlakukanku dengan aneh. Kalo pas bulan puasa.. aku malah ditawarin minum dan makan.. Kalo di hari biasa.. aku sungkan..

Trus kabar silih berganti.. ada yang bilang Papaku udah di Jember, ada yang bilang masih di Surabaya.. tapi gak ada yang benar-benar jelas. Sejak tahun 2006, aku gak pernah lagi ketemu dia... terakhir ketemu, pas nenekku meninggal (Mei 2006). Kalo orang cina di Jember sini, pas ada yang meninggal, mereka dateng terus selama seminggu, begadang jagain peti mati.. Jadi, Papaku dateng terus.. itulah terakhir aku ketemu Papaku..

Jujur.. aku iri sama temen-temenku yang Papa dan Mamanya lengkap dan satu rumah sama mereka. Aku juga ingin bercanda dan melakukan banyak hal sama Papaku.. Aku ingin berbagi suka dan duka.. Ingin kenalin pacarku.. Ingin ungkapin keinginan, Ingin dimanja.. Gimana sih rasanya punya Papa yang completely selalu bersama-sama kita?
Aku kangen banget sama Papaku..
Aku gak tau, kejelasannya, Papaku ada di mana..
Padahal, kalo aku nikah nanti, aku pengen Papaku ada.. dan menyaksikannya..
Aku pengen kenalin pacar aku.. minta Papaku kasih penilaian tentangnya..
Ya ampun, pengen banget.. :(


Papa... aku kangen :(
 
Saya jadi inget lagunya Ebiet G. Ade - Titip Rindu Buat Ayah :(
 
aku lagi kumpulin informasi untuk nyari papaku
 
@TS
sabar ya sis,
semua akan indah pada waktunya.

bersyukurlah karena sis masih bisa bertemu dengan Ayah saat khitanan adik,
dan saya sangat senang kalau sis Saman masih bisa berpikir positif dengan tidak membenci Ayah.
:-bd

Tetap ceria, semangat dan kuat menatap hari depan ya. :D
 
Kalo boleh tau papa sista Samantha pernah di Surabaya bagian mana ? saya anak Sidoarjo, barang kali bisa bantu :)

aku gak tau, mas..
tp katanya Papa ikut sodara yang punya usaha toko pecah belah. anyway, pecah belah iki apa sih? -_-a

@TS
sabar ya sis,
semua akan indah pada waktunya.

bersyukurlah karena sis masih bisa bertemu dengan Ayah saat khitanan adik,
dan saya sangat senang kalau sis Saman masih bisa berpikir positif dengan tidak membenci Ayah.
:-bd

Tetap ceria, semangat dan kuat menatap hari depan ya. :D

aku gak pernah benci Papaku :(
 
aku gak tau, mas..
tp katanya Papa ikut sodara yang punya usaha toko pecah belah. anyway, pecah belah iki apa sih? -_-a

dulu pernah denger istilah pecah belah (waktu SD) tapi sekarang udah lupa haha :D
kalo ga salah sih barang mentah.. (belum jadi produk)
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.