• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tips hindari bau mulut saat berpuasa

erfiz

IndoForum Newbie F
No. Urut
50320
Sejak
15 Agt 2008
Pesan
4
Nilai reaksi
1
Poin
3
Pada dasarnya bau mulut ini tak hanya hadir pada saat anda berpuasa pada hari-hari biasa bau mulut juga menyerang. FAKTOR BAU MULUT bau mulut ini dapat terjadi kerena dua hal,pertama yang datangnya dfari dalam mulut dan kedua yang datangnya dari luar mulut.Dari dalammulut terjadi karena kebersihan di dalam rongga mulut yang kurang terjaga dan juga bisa krena mengalami suatu penyakit tertentu,seperti gigi yang rusak,amandeladanaya faktor tersebut membuat bakteri berkembang dengan baik di dalam mulut.Dokter gigi pun mengatakan kurangnya kebersihan dalam mulut menjadi hal yang paling utama,karena bakteri yang bersarang dalam mulut dapat mengendap bersama sisa-sisa makanan. Sementara dari luar dapat terjadi karena dehidrasi,adnya penyakit dari dalam tubuh seperti diabetes,usus buntu,sinusitis,dllAdanya penyakit dalm tubuh membuat air ludash berkurang produksinya dan hal itu membuat bakteri berkembang dengan baik "saat puasa mulut akan berhenti proses selama lebih dari dua jam.Hal ini tentu meningkatkan jumlah bakteri dalam mulut karena tidak ada zat(makanan)yang menggelontor/mematikan bakteri tersebut. MENCEGAH BAU MULUT Rasanya tentu tak nyaman jika nada memiliki problem seputar bau mulut. Untuk itu perhatikan tips berikut untuk mencegah bau mulut: 1.Cari terlebih dahulu hal-hal yang dapat menyebabkan bau mulut denagnmengetahui sumbernya terlebih dahulu anda dapat melakukan penanganan yang tepat 2.Bersihakan mulut dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari 3.Gunakanj obat kumur / antiseptik sehabis sahur hal ini mempu menjaga kesegaran mulut dan nafas selama delapan jam kedepan 4.Hindari makan makanan berbau menyengat ketika sahur karena dpat memicu terjadinya bau tak sedap dalam mulut 5.Gunakan siakt gigi yang teksturnay halus dan rapat sehingga sisa-sia makanan yang tertinggal di dalam mulut dibersihkan dengan sempurna
INFO LEBIH LENGKAP BISA KLIK http://erfizboy.blogspot.com
 
Aduh mak

Dirapikan sedikit donk bro TS

Biar enak dibaca

/thx Anyway
 
:-j kata rasulullah, bau mulut orang berpuasa itu lebih wangi daripada wangi bunga kesturi dihadapan Allah SWT..

ga usa diilang2in deh^^v
 
Heu Kalo Bau Gak Gosok Gigi Gimana Tuh Om FBR ?
 
artikel dibawah ini menjelaskan bau mulut (halitosis) scr umum:

Halitosis

Halitosis adalah bau napas tak sedap yang berasal dari dalam mulut. Bau ini disebabkan oleh faktor luar maupun dalam. Faktor luar itu antara lain adanya sisa makanan di dalam mulut. Sedangkan faktor dari dalam yang menyebabkan halitosis dapat berupa karies gigi, radang kronis pada saluran pernapasan, dan gangguan pencernaan. Celah-celah tonsil yang terinfeksi dapat terisi oleh sisa-sisa makanan dan lendir hingga menyebarkan bau tak sedap.

Menurut Manajer Produk PT Pfizer Indonesia, Gevi Mauludina, banyak orang yang tak menyadari bahwa bau mulut tak sekadar berasal dari makanan. Pada dasarnya bau mulut bisa muncul karena adanya bakteri atau kuman yang berperan penting dalam halitosis ini.

Di dalam mulut, lanjutnya, ada lebih dari 400 juta lebih kuman yang mengeluarkan gas belerang. Kuman ini ada yang bermanfaat dan ada yang tidak. Kuman itu lebih banyak hidup di dalam dan di antara celah-celah kecil di permukaan lidah. ''Untuk napas yang segar dan bersih, kuman penyebab bau mulut ini harus diatasi.''

Soal makanan yang berpengaruh terhadap bau mulut, Gevi menjelaskan bahwa makanan berbau tajam dapat diserap aliran darah dan dibawa ke paru-paru. Udara di paru-paru dikeluarkan dan bau mulut dapat berlanjut sampai tubuh kita mengeluarkan makanan tersebut dari pencernaan.

Sementara itu, bakteri memproses sisa makanan tersebut yang tertinggal di mulut, gigi, dan lidah. Sesudah memproses sisa makanan itu, bakteri akan memproduksi volatile sulfur compounds (VSC) penyebab bau.

Penyebab bau mulut lainnyA adalah buruknya kebersihan mulut, penyakit gusi, diet tak teratur, mulut kering (xerostomia), konsumsi alkohol, makanan berbau tajam, rokok, penyakit sinus dan infeksi pernapasan, lapar, dan usia.

Untuk mengurangi bau mulut atau halitosis ini, Hippocrates (1550 SM) menyarankan berkumur cairan rempah dan anggur. Pengobatan lain adalah mengunyah tembakau (Irak), biji lada atau peppercorns (The Talmud), dan parsley (Italia). Penduduk Mediterania mengunyah karet pohon Pistacia Lentiscus beberapa ribu tahun lalu untuk penyegar napas. Di daerah Timur Tengah menggunakan alat dari kayu (siwak) untuk membersihkan gigi.

Di zaman moderen, untuk kebersihan gigi menggunakan sikat gigi dan pasta yang mengandung zat pembersih dan penyegar. Di samping itu, ada pula permen karet untuk menyegar mulut dan juga obat kumur. Saat ini, ditemukan teknologi pembunuh kuman di lidah penghasil VSC berupa lembaran tipis yang dapat dimakan.

Sebenarnya, air liur dapat membersihkan mulut dan menghilangkan bakteri. Namun, kadar air liur seseorang berbeda-beda. Bila mulut kering, maka bisa mengeluarkan bau mulut. Selain itu, perubahan hormon pada masa haid dan ovulasi juga dapat menyebabkan halitosis. Untuk mengatasi halitosis, kebersihan mulut perlu dijaga dan secara rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi

------------------------------------------------------------------------

Penyebab & Solusi Bau Mulut, tp ga terbatas utk saat puasa aja

Bau Mulut dan Solusinya

Anda merasa rendah diri karena bau mulut membuat teman dan kerabat menjaga jarak saat berkomunikasi dengan Anda? Oh, Anda tak sendiri. Ada sekitar 90 juta warga Amerika yang menderita gangguan bau mulut kronis. Kenali penyebab utama bau mulut dan temukan solusinya. Kami memberikannya untuk Anda!

1.Mulut yang tidak bersih

"Sekitar 90% bau mulut berasal dari mulut itu sendiri, entah itu dari makanan atau bakteri yang hidup normal di sana," ujar Dr. Richard H. Price, jurubicara American Dental Association. "Bau mulut itu seperti halnya bau badan , adalah hasil dari mikroba yang tinggal di tubuh dan menghasilkan produk sampingan." Di mulut, bakteri yang dimaksud berinteraksi dengan partikel makanan, darah, jaringan dan lain-lain menciptakan senyawa belerang yang volatil (berbau tajam). Jika mulut tak dibersihkan dengan benar, maka bakteri akan berkembang. Solusi: Jagalah selalu kebersihan mulut. Permen karet, mint dan pencuci mulut merupakan alat bantu agar bau mulut tersamar, namun sifatnya tidak mengobati. Cara agar bau mulut tidak sering mampir adalah dengan menyikat gigi secara benar, termasuk menyikat lidah, dua kali
sehari. Agar bau napas harum, menyikat lidah mutlak dilakukan. "Anda boleh saja menyikat gigi dan melakukan flossing secara teratur, namun tanpa membersihkan lidah hasilnya tidak akan optimal," ujar Price. Penyikat lidah sudah tersedia di toko-toko. Kata Price, dengan menyikat lidah membantu orang dengan masalah bau mulut. Cobalah.

2. Keseimbangan mulut

Kondisi tertentu pada mulut dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri menjadi-jadi, tentu juga bau yang menyertainya, seperti sakit pada gusi dan mulut kering. Penyakit pada gusi banyak ragamnya, seperti gusi berdarah, yang menciptakan elemen tambahan bagi bakteri untuk berkembangbiak dengan cepat. Namun faktor paling sering yang menyebabkan bau mulut adalah kondisi mulut yang kering (misalnya saat Anda berpuasa). Saliva membantu membersihkan bakteri di mulut, sementara mulut yang kering menjadi lahan empuk bagi bakteri untuk berkembangbiak. Solusi: Usahakan mulut selalu dalam kondisi lembab. Cara terbaik agar menjaga saliva tetap cukup adalah banyak minum air atau cairan. Jika Anda tinggal di negeri empat musim, untuk menjaga mulut tetap lembab di musim dingin, gunakan humidifier.

3. Makanan tajam

Makanan berbumbu tajam kerap dituding menjadi penyebab bau mulut, seperti bawang merah, bawang putih, serta alkohol juga tembakau. Makanan tersebut berpotensi membuat bau mulut kian parah."Minyak tumbuhan diserap dan produk sampingan masuk ke pembuluh darah jadi Anda akan mengeluarkan bau tak sedap melalui paru-paru tiga hingga empat jam kemudian," ujar Jeannie Moloo, seorang pakar diet dan juga juru bicara American Dietetic Association. Solusi: Perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Hindari makanan yang berbumbu tajam dan mengundang bau mulut (bawang merah, bawang putih, alkohol, kopi,
dll). Moloo juga mengutip sebuah riset mengenai makanan tertentu yang dapat mengurangi bau mulut: Dua cangkir teh per hari mencegah pertumbuhan bakteri yang bertanggungjawab pada masalah bau mulut. Polifenol, sebuah kimia di teh, diduga mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Anda juga bisa mencoba mengunyah parsley (daun kemangi) yang dapat melawan bau mulut yang disebabkan makanan tertentu dan bakteri. Bahkan, buah kranberi konon dapat mengurangi bau tajam dan membuat bakteri tidak mudah menempel pada gigi, sehingga plak tidak mudah terbentuk. Sementara Price menyatakan mengunyah permen karet dengan kandungan gula rendah yang mengandung xylotol akan membunuh bakteri dan megurangi timbunan plak pada gigi.

4. Tidak cukup karbohidrat

Anda memang terlihat luar biasa setelah empat pekan melakukan diet Atkins, tapi bagaimana dengan kencan bersama pacar atau orang yang tengah Anda incar? Kok tampaknya sulit diraih padahal bentuk badan sudah oke? Diet tinggi protein rendah karbohidrat yang Anda jalankan menyebabkan tubuh membakar cadangan lemak sebagai energi, hal inilah yang menuntun pada kondisi yang disebut ketosis. "Dengan terbakarnya lemak, keton terbentuk di tubuh dan sebagian dikeluarkan melalui napas," ujar Moloo. "Sayangnya keton tidak berbau sedap, makanya muncul masalah bau mulut," imbuhnya Solusi: Meski sedang diet ketat, jangan lupakan karbohidrat. Satu-satunya menghindari terjadi ketosis pada tubuh adalah dengan konsumsi karbohidrat. Cobalah mengonsumsi buah dan sayur juga kacang-kacangan, kalau Anda menghindari nasi atau donut

5. Penyakit

Kadang-kadang, bau mulut merupakan pertanda penyakit yang lebih serius. Penyakit sistemik tertentu ditandai dengan bau mulut adalah dibetes dan GERD (gastro esophageal reflux disease). Diabetes dapat menyebabkan ketosis dan menghasilkan bau mulut. Sementara GERD adalah kondisi berbaliknya aliran asam lambung kekerongkongan. Penyakit lain yang ditandai dengan bau mulut (namuntidak umum) adalah sakit ginjal, dimana toksin diekskresikan melalui paru-paru, menyebabkan bau mulut. Solusi: Temui dokter. Jika menggosok lidah dan konsumsi karbohidrat tidak juga menghilangkan bau mulut, kunjungi dokter
untuk memeriksakan kondisi Anda. Diabetes, GERD atau penyakit lain membutuhkan diagnosis dan penanganan khusus.

-----------------------------------------------------------------------

Jurus Ampuh Basmi Bau Mulut


SEMUA orang pasti setuju bahwa nafas tak sedap adalah hal yang sering membuat jengkel, memalukan dan merusak suasana saat berkomunikasi dengan orang lain. Saat ini, tidak kurang dari 90 juta orang mengidap kelainan bau mulut kronis atau juga dikenal dengan istilah halitosis.

Jika Anda mengalami problem yang satu ini, berikut adalah tip-tip mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya :

1. Jangan biarkan lidah Anda seperti karpet kotor

Bau mulut seringkali menyerang ketika orang tidak menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Aroma tak sedap biasanya timbul akibat pembusukan remah atau sisa-sisa makanan yang terjebak dalam gigi Anda. Itulah sebabnya mengapa menyikat gigi dan flossing secara teratur sangat penting bagi kesehatan gigi dan mulut.

Tapi ada yang tak boleh dilupakan adalah menyikat lidah untuk membersihkan bakteri. Lidah adalah organ yang secara mikroskopik seperti halnya sebuah karpet. Ada jutaan filamen dalam lidah yang dapat membuat partikel, bakteri dan sisa-sisa makanan terjebak. Dengan membersihkan lidah secara teratut menggunakan sikat, sendok atau pembersih khusus lidah, bakteri penyebab nafas busuk dalam mulut akan berkurang.

Menggunakan penyegar mulut atau mouthwash juga bukan ide yang buruk, tetapi langkah ini hanya bersifat sementara. Memilih penyegar mulut sepertinya lebih praktis sebelum Anda makan malam dengan sang kekasih. Tetapi upaya ini hanyalah menyamarkan aroma bau mulut saja, tanpa mengatasi masalah Anda yang sebenarnya.

2. Selalu kunyah permen karet.

Percaya atau tidak, saliva atau air liur adalah senjata paling ampuh untuk membasmi nafas tak sedap. Itulah sebabnya ketika mulut Anda kering, yang seringkali disebabkan konsumsi obat atau penyakit, akan menyebabkan masalah bau mulut.

Selain dapat membersihkan mulut dari partikel makanan dan bakteri, air ludah juga dapat mengikis aroma nafas tak sedap. Jika Anda bertanya kenapa mulut selalu bau ketika bangun tidur, hal ini terjadi karena produksi alir liur menurun ketika tidur, sehingga membuat partikel dan aroma tak sedap bertahan dan melekat dalam mulut.|

Itulah sebabnya permen karet tanpa gula sangat berfaedah, karena dengan mengunyahnya akan merangsang produksi air liur. Pilihlah permen karet dengan pemanis xylitol karena pemanis ini tidak hanya dapat meningkatkan produksi air liur ,tetapi bekerja mencegah pertumbuhab bakteri dalam mulut

3. Gunakan kayu manis.

Sebuah riset terbaru penggunaan permen karet di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengatasi masalah bau mulut. Tidak seperti bahan lainnya, kayu manis tidak hanya menyamarkan aroma yang tak sedap. Rempah alami ini juga mengandung zat yang tampaknya dapat menurunkan konsentrasi bakteri di dalam mulut. Oleh karena itu, hindarilah permen karet yang mengandung gula karena justru akan merusak gigi, tetapi pilihlah permen karet tanpa gula dengan aroma kayu manis.

4. Minum air lebih banyak.

Para ahli mengindikasikan, semakin tua usia seseorang akan semakin rentan mengalami dehidrasi. Anda mungkin tidak pernah sadar jika Anda kehausan dan tubuh memerlukan lebih banyak cairan. Maka dari itu, biasakanlah minum secara teratur karena meminum air akan menekan pertumbuhan bakteri dalam mulut. Selain itu, minum air secara teratur juga membuat Anda lebih segar dan sehat.

5. Atasi penyebab lainnya.

Meski kebanyakan bau mulut dapat diatasi dengan langkah mudah dan pola hidup yang higienis, ada kalanya bau mulut juga disebabkan masalah gigi atau penyakit lain yang sangat jarang. Datanglah ke dokter gigi jika bau busuk dalam mulut Anda menetap dan tak kunjung hilang.

Dokter akan memeriksa kemungkinan terjadinya gigi berlubang, gigi busuk, atau bahkan masalah gusi yang menyebabkan mulut menjadi tak sedap. Bila bau mulut Anda penyebabnya tidak jelas, ini dapat menjadi sinyal atau pertanda adanya problem kesehatan yang lebih serius.

Kasus yang jarang ini, bisa jadi merupakan indikasi adanya infeksi, gagal ginjal atau liver. Oleh sebab itu, Anda harus memeriksakan ke dokter ahli jika dokter gigi tidak dapat menemukan secara pasti penyebab bau mulut Anda.

6. Gunakan water pick.

Anda tidak bisa membersihkan dengan sempurna seluruh mulut dengan hanya mengandalkan sikat gigi. Menggunakan sejenis alat penyemprot khusus gigi yang disebut water pick, Anda bsia memberihkan semua bagian mulut, gusi dan sela-sela di antara gigi Anda. Jika sisa-sisa makanan menempel di antara gigi dan sikat tak bisa mencapainya, makanan itu akan membusuk dan baru akan tersapu bila Anda melakukan flossing. Dengan alat ini, Anda tak perlu menunggu hingga makanan membusuk.

------------------------------------------------------------------


Informasi diatas tentang:
1. Informasi umum tentang bau mulut (halitosis)
2. Penyebab dan Solusi
3. Solusi lain

semoga isa membantu dan ini dapat diterapkan ga terbatas pada saat puasa aja >__<. tp mgk ga semuanya isa dilakukan saat puasa

smoga brguna :)
 
Jangan sering-sering buka mulut
 
Kebersihan sebagian dari iman...

-----------------------------------------------------
Ada cara baru memasarkan produk Anda secara online!
100% gratis pasang iklan semaunya, sebanyak-banyaknya!
bazar.co.id :semua iklan dan promosi/marketing kumpul disini!
Lebih Puas - Lebih Efektif - Lebih Lengkap - Lebih Interaktif
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.