• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Teh panas picu kanker tenggorokan

Hulk2

IndoForum Beginner D
No. Urut
62832
Sejak
29 Jan 2009
Pesan
636
Nilai reaksi
147
Poin
43
64298_teh_herbal_thumb_300_225.jpg

Anda memiliki kebiasaan minum teh dalam keadaan panas? Sebaiknya hindari kebiasaan itu. Pasalnya, menurut ilmuwan Iran, minum teh dalam keadaan yang panas bisa memicu kanker tenggorokan.

Para ilmuwan menyarankan untuk menunggu hingga minuman dalam keadaan hangat. Sebelumnya sebuah studi menunjukkan adanya hubungan mengonsumsi rokok dan alkohol dengan kanker oesophagus (tenggorokan). Penelitian itu dipublikasikan dalam British Medical Journal. Studi tersebut juga menemukan bahwa alkohol dan rokok juga salah satu pemicu timbulnya tumor .

Minum teh dalam keadaan panas dengan temperatur lebih dari 70 derajat Celsius meningkatkan risiko hingga delapan kali lipat, kanker tenggorokan, jika dibandingkan minum teh di temperatur kurang dari dari 65 derajat.

Reza Malekzadeh dari Fakultas Ilmu kedokteran, Universitas Tehran, bersama tim penelitinya mempelajari kebiasaan minum teh 300 pasien kanker oesophagus dan 571 wanita dan pria sehat di provinsi Golestan Province bagian utara Iran.

Semua responden memiliki kebiasaan yang sama yaitu minum teh hitam secara regular lebih dari satu liter setiap hari. Menurut peneliti, angka kanker tenggorokan di Golestan merupakan tertinggi di dunia walaupun konsumsi alkohol dan rokoknya rendah.

Penelitian menunjukan seseorang yang minum teh kurang dari dari dua menit setelah diseduh air mendidih berisiko lima kali lebih besar dibandingkan dengan yang menunggu sekitar empat menit atau lebih.

Tidak begitu jelas, mengapa teh bisa menyebabkan kanker tenggorokan. Kemungkinan besar temperatur air yang sangat panas lah yang menyebabkan luka di lajur tenggorokan dan menyebabkan tumor atau kanker.

Tiap tahunnya, kanker oesophagus menyebabkan lebih dari 500.000 orang meninggal dunia. Penyakit kanker tersebut banyak terjadi di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.
 
emang kalo masih panas susah diminumnya..
thanks bos.
 
Hahaha, sapa suruh minum yg masih panas, bisa mati rasa lidah kalopanas2 diminum...
 
enakan yang panas2 donk hehehe...klo lagi kedinginan...tapi baru tau ni inpo teh panasnya...padahal ksukaan gw...kwkwk... makan biasa bareng teh panas klo ga hangat hehehe...<gratess si>...
 
lho? bukannya panas lebih baik ketimbang dingin??
tuh orang2 Jepang minum teh dalam keadaan panas lho...
 
^ tapi kalo kepanasan emang susah minumnya /heh
 
waduh gw baru tau tuh ......
padahal gw sering minum teh panas2 tuh.....

thaks info nya.../no1
 
panas bukan anget loh.. hehe
 
weist...
lucky me...
gw ga suka teh panas...
/gg
 
Thanks ya infonya,

lagian gue juga mikir,

emang ada gt ya orang yang mau mnm teh panas2 gt,

gue gak kepikiran kayak apa ya lidahnya, apa ga langsung melepuh,

untung gue kl mau minum teh,

ditiup-tiup dulu 12 kali,

hahahahaha. :)
 
"Tidak begitu jelas, mengapa teh bisa menyebabkan kanker tenggorokan. Kemungkinan besar temperatur air yang sangat panas lah yang menyebabkan luka di lajur tenggorokan dan menyebabkan tumor atau kanker."

lho, jadi bukan karena tehnya dong, tapi karena aernya??
 
tp emang nenek gw pernah bilang minum yg panas2(kuah juga termasuk) bisa bikin gimana gitu(lupa gw)
 
mungkin dari luka bakar ringan dulu di tenggorokan ya?
kalo begitu bukan hanya teh dong, tapi minuman atau masakan panas lainnya pun juga berpotensi ya?
 
ok besuk kalau mau minum ditest dulu, tunggu sampai dibawah 65 derajat baru diminum :D ( maklum suka minuman hangat )

ini berlaku minum teh panas saja, atau minuman jenis yang lain ???
 
wow baru tau saya... biasa kalo lagi dingin malem2 aku minum teh panas... maknyus banget....

ternyata eh ternyata...

thx banget om info na..
 
tengkyu infonya bos....
wah padahal sering minum teh panas nie
btw yang bikin kanker tehnya apa temperartur air panansnya ya?
lum jelas nie, masih dalam penelitian ya
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.