Tanya donk sedikit tentang majas

Discussion in 'Forum Edukasi' started by hersonw, 8 Jun 2007.

  1. hersonw

    hersonw IndoForum Junior A

    No. Urut:
    656
    Joined:
    20 Apr 2006
    Messages:
    2.939
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    48
    Tolong donk para member IF yg tau, tulis dan jelaskan macam2 Majas beserta contohnya...

    Thx
  2. ngiler

    ngiler IndoForum Beginner E

    No. Urut:
    1583
    Joined:
    30 May 2006
    Messages:
    505
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    personifikasi
    Nyiur melambai - lambai di tepi pantai
    Hiperbola
    member IF sebanyak pasir di pantai

    Uda lupa mas...
    ya abis nga perlu lagi di universitas
  3. astral_twinz

    astral_twinz IndoForum Junior D

    No. Urut:
    2522
    Joined:
    24 Jun 2006
    Messages:
    1.931
    Likes Received:
    200
    Trophy Points:
    63
    Location:
    Lower Town Mugenjou
    1. Gaya bahasa perbandingan

    A. Majas Metafora
    Majas metafora adalah gabungan dua hal yang berbeda membentuk suatu pengertian yang baru. Contoh : raja siang, kambing hitam, dll.

    B. Majas Alegori
    Majas alegori adalah cerita yang digunakan sebagai lambang yang digunakan untuk pendidikan. Contoh : anjing dan kucing, kelinci dan kura-kura, dsb

    C. Majas Personifikasi
    Majas personifikasi adalah gaya bahasa yang membuat banda mati seolah-olah hidup memiliki sifat-sifat manusia. Contoh :
    - Kereta api tua itu meraung-raung di tengah kesunyian malam jumat pahing.
    - awan menari-nari di angkasa

    D. Majas Perumpamaan
    Majas perumpamaan adalah suatu perbandingan dua hal yang berbeda, namun dinyatakan sama. Contoh :
    - Bagaikan harimau pulang kelaparan
    - Seperti manyulam di kain lapuk

    E. Majas Antilesis
    Majas antilesis adalah gaya bahasa yang membandingkan dua hal yang berlawanan. Contoh :
    - Semua kebaikan ayahnya dibalas dengan keburukan yang menyakitkan.

    2. Gaya Bahasa Pertentangan

    A. Majas Hiperbola
    Majas hiperbola adalah suatu gaya bahasa yang bersifat melebih-lebihkan. Contoh :
    - Ibu itu terkejut setengah mati ketika mendengar anaknya tidak lulus ujian nasional.

    B. Majas Ironi
    Majas ironi adalah gaa bahasa yang bersifat menindir dengan halus. Contoh :
    - Pandai sekali kau baru datang ketika rapat mau selesai

    C. Majas Litotes
    Majas litotes adalah gaya bahasa yang mengungkapkan sesuatu yang baik menjadi bersifat negatif. Contoh :
    - Mampirlah ke gubuk saya! (padahal rumahnya besar dan mewah)
    1 person likes this.
  4. led_zeppelin

    led_zeppelin IndoForum Junior C

    No. Urut:
    12826
    Joined:
    17 Mar 2007
    Messages:
    2.112
    Likes Received:
    412
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    part time metal militia
    Location:
    di atm bca yang adem + ada kamera
    wow...
    lengkap...
    i can say nothing anymore...
    GRP buat atas saiah:)
  5. astral_twinz

    astral_twinz IndoForum Junior D

    No. Urut:
    2522
    Joined:
    24 Jun 2006
    Messages:
    1.931
    Likes Received:
    200
    Trophy Points:
    63
    Location:
    Lower Town Mugenjou
    hahaha itu aja cuman copas kok,,,hersonw aja yang malas nyari..
    khan di google semua ada...zzzzzzzzzzzzzz

    thx led :D
  6. PocariSweat

    PocariSweat IndoForum Junior E

    No. Urut:
    13194
    Joined:
    25 Mar 2007
    Messages:
    1.667
    Likes Received:
    407
    Trophy Points:
    83
    Location:
    antara jakbar bekasi
    masi ada majas yg laen setau gw tapi dah lupa....

    gw cuma inget contohnya...

    kalo yg bapak pergi ke kota dengan kijang --->majas apa yah??

    trus yg tono sudah tidak kelihatan lagi batang hidungnya --->majas apa??

    trus yg satu untuk semua...semua utk satu ---->itu majas apa yah??
    1 person likes this.
  7. PaintItBlack

    PaintItBlack IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    7312
    Joined:
    26 Sep 2006
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kalo yg bapak pergi ke kota dengan kijang-------> majas metonimia
    trus yg satu untuk semua--------->sinekdoke pars pro toto
    semua utk satu------>sinekdoke totem pro parte
  8. astral_twinz

    astral_twinz IndoForum Junior D

    No. Urut:
    2522
    Joined:
    24 Jun 2006
    Messages:
    1.931
    Likes Received:
    200
    Trophy Points:
    63
    Location:
    Lower Town Mugenjou
    dha ne dari WIKI..lengkap...toex contohnya dikira2 sendiri..paste bisalah :D

    Majas perbandingan

    1. Alegori: Menyatakan dengan cara lain, melalui kiasan atau penggambaran.
    2. Alusio: Pemakaian ungkapan yang tidak diselesaikan karena sudah dikenal.
    3. Simile: Pengungkapan dengan perbandingan eksplisit yang dinyatakan dengan kata depan dan pengubung, seperti layaknya, bagaikan, dll.
    4. Metafora: Pengungkapan berupa perbandingan analogis dengan menghilangkan kata seperti layaknya, bagaikan, dll.
    5. Antropomorfisme: Metafora yang menggunakan kata atau bentuk lain yang berhubungan dengan manusia untuk hal yang bukan manusia.
    6. Sinestesia: Metafora berupa ungkapan yang berhubungan dengan suatu indra untuk dikenakan pada indra lain.
    7. Antonomasia: Penggunaan sifat sebagai nama diri atau nama diri lain sebagai nama jenis.
    8. Aptronim: Pemberian nama yang cocok dengan sifat atau pekerjaan orang. 9. Metonimia: Pengungkapan berupa penggunaan nama untuk benda lain yang menjadi merek, ciri khas, atau atribut.
    10. Hipokorisme: Penggunaan nama timangan atau kata yang dipakai untuk menunjukkan hubungan karib.
    11. Litotes: Ungkapan berupa mengecilkan fakta dengan tujuan merendahkan diri.
    12. Hiperbola: Pengungkapan yang melebih-lebihkan kenyataan sehingga kenyataan tersebut menjadi tidak masuk akal.
    13. Personifikasi: Pengungkapan dengan menyampaikan benda mati atau tidak bernyawa sebagai manusia.
    14. Depersonifikasi: Pengungkapan dengan tidak menjadikan benda-benda mati atau tidak bernyawa.
    15. Pars pro toto: Pengungkapan sebagian dari objek untuk menunjukkan keseluruhan objek.
    16. Totum pro parte: Pengungkapan keseluruhan objek padahal yang dimaksud hanya sebagian.
    17. Eufimisme: Pengungkapan kata-kata yang dipandang tabu atau dirasa kasar dengan kata-kata lain yang lebih pantas atau dianggap halus.
    18. Disfemisme: Pengungkapan pernyataan tabu atau yang dirasa kurang pantas sebagaimana adanya.
    19. Fabel: Menyatakan perilaku binatang sebagai manusia yang dapat berpikir dan bertutur kata.
    20. Parabel: Ungkapan pelajaran atau nilai tetapi dikiaskan atau disamarkan dalam cerita.
    21. Perifrase: Ungkapan yang panjang sebagai pengganti ungkapan yang lebih pendek.
    22. Eponim: Menjadikan nama orang sebagai tempat atau pranata.
    23. Simbolik: Melukiskan sesuatu dengan menggunakan simbol atau lambang untuk menyatakan maksud.




    Majas sindiran

    1. Ironi: Sindiran dengan menyembunyikan fakta yang sebenarnya dan mengatakan kebalikan dari fakta tersebut.
    2. Sarkasme: Sindiran langsung dan kasar.
    3. Sinisme: Ungkapan yang bersifat mencemooh pikiran atau ide bahwa kebaikan terdapat pada manusia (lebih kasar dari ironi).
    4. Satire: Ungkapan yang menggunakan sarkasme, ironi, atau parodi, untuk mengecam atau menertawakan gagasan, kebiasaan, dll.
    5. Innuendo: Sindiran yang bersifat mengecilkan fakta sesungguhnya.




    Majas penegasan

    1. Apofasis: Penegasan dengan cara seolah-olah menyangkal yang ditegaskan.
    2. Pleonasme: Menambahkan keterangan pada pernyataan yang sudah jelas atau menambahkan keterangan yang sebenarnya tidak diperlukan.
    3. Repetisi: Perulangan kata, frase, dan klausa yang sama dalam suatu kalimat.
    4. Pararima: Pengulangan konsonan awal dan akhir dalam kata atau bagian kata yang berlainan.
    5. Aliterasi: Repetisi konsonan pada awal kata secara berurutan.
    6. Paralelisme: Pengungkapan dengan menggunakan kata, frase, atau klausa yang sejajar.
    7. Tautologi: Pengulangan kata dengan menggunakan sinonimnya.
    8. Sigmatisme: Pengulangan bunyi "s" untuk efek tertentu.
    9. Antanaklasis: Menggunakan perulangan kata yang sama, tetapi dengan makna yang berlainan.
    10. Klimaks: Pemaparan pikiran atau hal secara berturut-turut dari yang sederhana/kurang penting meningkat kepada hal yang kompleks/lebih penting.
    11. Antiklimaks: Pemaparan pikiran atau hal secara berturut-turut dari yang kompleks/lebih penting menurun kepada hal yang sederhana/kurang penting.
    12. Inversi: Menyebutkan terlebih dahulu predikat dalam suatu kalimat sebelum subjeknya.
    13. Retoris: Ungkapan pertanyaan yang jawabannya telah terkandung di dalam pertanyaan tersebut.
    14. Elipsis: Penghilangan satu atau beberapa unsur kalimat, yang dalam susunan normal unsur tersebut seharusnya ada.
    15. Koreksio: Ungkapan dengan menyebutkan hal-hal yang dianggap keliru atau kurang tepat, kemudian disebutkan maksud yang sesungguhnya.
    16. Polisindenton: Pengungkapan suatu kalimat atau wacana, dihubungkan dengan kata penghubung.
    17. Asindeton: Pengungkapan suatu kalimat atau wacana tanpa kata penghubung.
    18. Interupsi: Ungkapan berupa penyisipan keterangan tambahan di antara unsur-unsur kalimat.
    19. Ekskalamasio: Ungkapan dengan menggunakan kata-kata seru.
    20. Enumerasio: Ungkapan penegasan berupa penguraian bagian demi bagian suatu keseluruhan.
    21. Preterito: Ungkapan penegasan dengan cara menyembunyikan maksud yang sebenarnya.
    22. Alonim: Penggunaan varian dari nama untuk menegaskan.
    23. Kolokasi: Asosiasi tetap antara suatu kata dengan kata lain yang berdampingan dalam kalimat.
    24. Silepsis: Penggunaan satu kata yang mempunyai lebih dari satu makna dan yang berfungsi dalam lebih dari satu konstruksi sintaksis.
    25. Zeugma: Silepsi dengan menggunakan kata yang tidak logis dan tidak gramatis untuk konstruksi sintaksis yang kedua, sehingga menjadi kalimat yang rancu.



    Majas pertentangan

    1. Paradoks: Pengungkapan dengan menyatakan dua hal yang seolah-olah bertentangan, namun sebenarnya keduanya benar.
    2. Oksimoron: Paradoks dalam satu frase.
    3. Antitesis: Pengungkapan dengan menggunakan kata-kata yang berlawanan arti satu dengan yang lainnya.
    4. Kontradiksi interminus: Pernyataan yang bersifat menyangkal yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya.
    5. Anakronisme: Ungkapan yang mengandung ketidaksesuaian dengan antara peristiwa dengan waktunya.









    3 people like this.
  9. Terlahir_Tampan

    Terlahir_Tampan IndoForum Beginner E

    No. Urut:
    12346
    Joined:
    5 Mar 2007
    Messages:
    440
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Occupation:
    ngga ada
    Location:
    Tampan City
    ^
    ^
    buanyak banget
    pusing dee@-)@-)
    1 person likes this.
  10. h3r2y

    h3r2y IndoForum Mod In Training Staff Member

    No. Urut:
    12904
    Joined:
    20 Mar 2007
    Messages:
    2.529
    Likes Received:
    99
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    留学生
    Location:
    广州
    Nah, itu baru lengkap !
    Kalo gtu, gw inget ama contekan gw pas sma, hiks.... hiks....
    masa lalu yang suram --!
  11. astral_twinz

    astral_twinz IndoForum Junior D

    No. Urut:
    2522
    Joined:
    24 Jun 2006
    Messages:
    1.931
    Likes Received:
    200
    Trophy Points:
    63
    Location:
    Lower Town Mugenjou
    =))=)) ketahuan dhe yang pada nyontek...emank susah kok majas,banyak bgt
    jadi kadang2 suka ketuker2 :((
  12. CalvinLimuel

    CalvinLimuel IndoForum Banned

    No. Urut:
    8902
    Joined:
    24 Nov 2006
    Messages:
    3.375
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Occupation:
    Student
    Location:
    In this world beyond Reality
    eh yang dari wikipedia itu gak semuanya bener...
    ada berberapa yang ngaco... tapi emang iya berhubungan... jadi saya yang mau ngedit juga bingung akhirnya gak jadi edit :)

    Kita kelompokin gaya anak SMP aja ya...

    Perbandingan
    1. Simile/Perumpamaan
    2. Metafora
    3. Personifikasi
    4. Alegori
    5. Antitesis

    Pertentangan
    1. Hiperbola
    2. Litotes
    3. Ironi
    4. Paradoks
    5. Klimaks
    6. Aniklimaks

    Pertautan
    1. Metonimia
    2. Sinedoke Pars pro Toto
    3. Sinedoke Totem pro Parto
    4. Alusio
    5. Eufisme
  13. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    udh lengkap banget tuh pelajaran jaman gue SMU tuh /heh /heh
    1 person likes this.
  14. chesster

    chesster IndoForum Junior A

    No. Urut:
    9428
    Joined:
    11 Dec 2006
    Messages:
    3.191
    Likes Received:
    428
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    ngelamun
    Location:
    Home
    astral bahasa indonesia nya dapet berapa di rapor?? 10 yah.... gila jago amat...
  15. Fusionist

    Fusionist IndoForum Senior D

    No. Urut:
    109
    Joined:
    26 Mar 2006
    Messages:
    4.373
    Likes Received:
    969
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Downloader & Uploader
    Location:
    究極のx64ウィンドウズビスタ
    ^
    ^
    kan dy dah bilang copas dari WIKI om /heh
  16. astral_twinz

    astral_twinz IndoForum Junior D

    No. Urut:
    2522
    Joined:
    24 Jun 2006
    Messages:
    1.931
    Likes Received:
    200
    Trophy Points:
    63
    Location:
    Lower Town Mugenjou

    khan aQ blg copas dari WIKI..
    klo njelasin satu2 mah capek nulis-nya ( padahal gak hapal =))=)))
  17. chesster

    chesster IndoForum Junior A

    No. Urut:
    9428
    Joined:
    11 Dec 2006
    Messages:
    3.191
    Likes Received:
    428
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    ngelamun
    Location:
    Home
    sudah ku duga... /heh
  18. astral_twinz

    astral_twinz IndoForum Junior D

    No. Urut:
    2522
    Joined:
    24 Jun 2006
    Messages:
    1.931
    Likes Received:
    200
    Trophy Points:
    63
    Location:
    Lower Town Mugenjou
    yang penting khan PR-nya kelar =))=))
  19. chesster

    chesster IndoForum Junior A

    No. Urut:
    9428
    Joined:
    11 Dec 2006
    Messages:
    3.191
    Likes Received:
    428
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    ngelamun
    Location:
    Home
    dah lama kali itu...

    pasti dah selesai la...
  20. astral_twinz

    astral_twinz IndoForum Junior D

    No. Urut:
    2522
    Joined:
    24 Jun 2006
    Messages:
    1.931
    Likes Received:
    200
    Trophy Points:
    63
    Location:
    Lower Town Mugenjou
    wokokoko balas-nya jg sehari setelahnya kok

    ayo2 sapa punya pe-er lagi,,kyahaaaha gaya dhe
    MOD close aja d ne thread

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG