Tanda Binatang = 666

Discussion in 'Katholik' started by tyven, 13 Mar 2009.

  1. tyven

    tyven IndoForum Newbie D

    No. Urut:
    59878
    Joined:
    24 Dec 2008
    Messages:
    101
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Saudara/i ku, mohon maaf sebelumnya jika pelajaran yang akan saya sampaikan ini nampaknya keras, namun saya hanya ingin supaya kerohanian kita bertumbuh, tidak hanya makan bubur saja.

    Pelajaran ini adalah nubuatan dari Alkitab, silahkan anda komentari untuk kita diskusikan. Tidak ada maksud kami untuk memojokkan atau menjelekkan umat/individu penganut katolik, karena kami yakin masih banyak domba-domba Allah yang ada dikandang yang salah/tersesat termasuk di organisasi Katolik ini.
    =====================

    WAHYU
    13:1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.
    13:2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar.
    13:3 Maka tampaklah kepadaku satu dari kepala-kepalanya seperti kena luka yang membahayakan hidupnya, tetapi luka yang membahayakan hidupnya itu sembuh. Seluruh dunia heran, lalu mengikut binatang itu.
    13:4 Dan mereka menyembah naga itu, karena ia memberikan kekuasaan kepada binatang itu. Dan mereka menyembah binatang itu, sambil berkata: "Siapakah yang sama seperti binatang ini? Dan siapakah yang dapat berperang melawan dia?"
    13:5 Dan kepada binatang itu diberikan mulut, yang penuh kesombongan dan hujat; kepadanya diberikan juga kuasa untuk melakukannya empat puluh dua bulan lamanya.
    13:6 Lalu ia membuka mulutnya untuk menghujat Allah, menghujat nama-Nya dan kemah kediaman-Nya dan semua mereka yang diam di sorga.
    13:7 Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa.
    13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih.
    13:9 Barangsiapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!
    13:10 Barangsiapa ditentukan untuk ditawan, ia akan ditawan; barangsiapa ditentukan untuk dibunuh dengan pedang, ia harus dibunuh dengan pedang.
    13:11 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.
    13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.
    13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
    13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.
    13:15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.
    13:16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
    13:17 dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
    13:18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

    Sekarang kita lihat Daniel 7

    7:1 Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat penglihatan-penglihatan di tempat tidurnya. Lalu dituliskannya mimpi itu, dan inilah garis besarnya:
    7:2 Berkatalah Daniel, demikian: "Pada malam hari aku mendapat penglihatan, tampak keempat angin dari langit mengguncangkan laut besar,
    7:3 dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berbeda dengan yang lain.
    7:4 Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; aku terus melihatnya sampai sayapnya tercabut dan ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan hati manusia.
    7:5 Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak.
    7:6 Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagipula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan.
    7:7 Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh.
    7:8 Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong.
    7:9 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;
    7:10 suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapan-Nya; seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab.
    7:11 Aku terus melihatnya, karena perkataan sombong yang diucapkan tanduk itu; aku terus melihatnya, sampai binatang itu dibunuh, tubuhnya dibinasakan dan diserahkan ke dalam api yang membakar.
    7:12 Juga kekuasaan binatang-binatang yang lain dicabut, dan jangka hidup mereka ditentukan sampai pada waktu dan saatnya.
    7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.
    7:14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah.
    7:15 Maka aku, Daniel, terharu karena hal itu, dan penglihatan-penglihatan yang kulihat itu menggelisahkan aku.
    7:16 Lalu kudekati salah seorang dari mereka yang berdiri di sana dan kuminta penjelasan tentang semuanya itu. Maka berkatalah ia kepadaku dan diberitahukannyalah kepadaku maknanya:
    7:17 Binatang-binatang besar yang empat ekor itu ialah empat raja yang akan muncul dari dalam bumi;
    7:18 sesudah itu orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi akan menerima pemerintahan, dan mereka akan memegang pemerintahan itu sampai selama-lamanya, bahkan kekal selama-lamanya.
    7:19 Lalu aku ingin mendapat penjelasan tentang binatang yang keempat itu, yang berbeda dengan segala binatang yang lain, yang sangat menakutkan, dengan gigi besinya dan kuku tembaganya, yang melahap dan meremukkan dan menginjak-injak sisanya dengan kakinya;
    7:20 dan tentang kesepuluh tanduk yang ada pada kepalanya, dan tentang tanduk yang lain, yakni tanduk yang mempunyai mata dan yang mempunyai mulut yang menyombong, yang tumbuh sehingga patahlah tiga tanduk, dan yang lebih besar rupanya dari tanduk-tanduk yang lain.
    7:21 Dan aku melihat tanduk itu berperang melawan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka,
    7:22 sampai Yang Lanjut Usianya itu datang dan keadilan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi dan waktunya datang orang-orang kudus itu memegang pemerintahan.
    7:23 Maka demikianlah katanya: Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi, yang akan berbeda dengan segala kerajaan dan akan menelan seluruh bumi, menginjak-injaknya dan meremukkannya.
    7:24 Kesepuluh tanduk itu ialah kesepuluh raja yang muncul dari kerajaan itu. Sesudah mereka, akan muncul seorang raja; dia berbeda dengan raja-raja yang dahulu dan akan merendahkan tiga raja.
    7:25 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.
    7:26 Lalu Majelis Pengadilan akan duduk, dan kekuasaan akan dicabut dari padanya untuk dimusnahkan dan dihancurkan sampai lenyap.
    7:27 Maka pemerintahan, kekuasaan dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan di bawah semesta langit akan diberikan kepada orang-orang kudus, umat Yang Mahatinggi: pemerintahan mereka adalah pemerintahan yang kekal, dan segala kekuasaan akan mengabdi dan patuh kepada mereka.
    7:28 Sekianlah berita itu. Adapun aku, Daniel, pikiran-pikiranku sangat menggelisahkan aku, sehingga aku menjadi pucat; dan aku menyimpan hal itu dalam ingatanku."

    Sekarang kita lihat bagaimana buku Wahyu 13 dan Daniel 7 menubuatkan hal yang sama dengan menggunakan lambang binatang.

    Binatang = raja/kekuasaan yang memerintah, sipil maupun keagamaan (Lihat Dan 7:17)

    Laut = Orang/bangsa-bangksa, bahasa atau kaum (Lihat Wahyu 17:15)

    Daniel 7:1-9
    Singa = Babilon
    Beruang = Media Persia
    Macan Tutul = Media Persia
    Naga = Yunani & Roma

    Siapakah binatang yang keluar dari laut dan mendapat kuasa dari Naga itu dan bentuk binatang itu adalah gabungan dari Beruang + Macan Tutul _ Singa (Wahyu 13:2) ???

    Kuasa binatang itu menghujat Allah (Lihat Wahyu 13:5), Orang yang mengaku bisa memiliki kuasa untuk mengampuni dosa disebut melakukan penghujatan (Lukas 5:21 dan Yoh 10:33), Yesus yang adalah Allah disebut menghujat oleh bangsa Yahudi karena mengampuni dosa, namun Yesus memang memiliki kuasa untuk mengampuni dosa karena Dia adalah Allah, tapi jika ada manusia atau pemimpin gereja yang mengaku memiliki kuasa mengampuni dosa, dialah binatang itu.

    Kuasa binatang itu memerintah selama 42 bulan (Wahyu 13:5) atau satu masa dan dua masa dan setengah masa (Daniel 7:25)
    Satu masa, dua setengah masa sama dengan 1260 hari atau 42 bulan.

    Satu hari = satu tahun (Yehezkiel 4:6, Bilangan 14:34, Kej 29:27)

    Selama 1260 hari kuasa binatang ini yang telah merubah hukum Allah akan memerintah selama 1260 hari atau 1260 tahun literal.

    Pada tahun 538 , Roma kekafiran menyerahkan kuasa kepada roma kepausan baik kekuasaan sipil maupun kekuasaan keagamaan dan selama periode ini juga umat-umat Tuhan bersembunyi di padang belantara dan banyak mengalami kematian dengan cara dibakar hidup-hidup, digantung, dipenjara/disiksa hingga mati oleh gereja roma.

    Tepat 1260 tahun kemudian, pada tahun 1798, Berthier, jendral prancis atas perintah Napoleon menawan Paus, hal ini adalah luka parah bagi binatang/kepausan itu (Wahyu 13:3), namun luka itu sembuh dengan adanya pengembalian kedaulatan Paus oleh Mussolini pada tahun 1929 dan hingga sekarang binatang itu masih hidup dan banyak orang yang menyembah dan mengikutinya karena terheran-heran dengan kuasanya.

    Binatang itu berusaha merubah waktu dan hukum (Daniel 7:25). Kepausanlah yang merubah 10 hukum yang ditulis oleh Allah sendiri di gunung Sinai dan merubah waktu Tuhan (dari Sabat ke Minggu).

    Angka binatang itu adalah angka manusia yaitu 666 (Naga, Binatang, Nabi-Nabi Palsu), Angka 6 melambangkan kesalahan atau ketidaksempurnaan sementara angka 7 melambangkan kesempurnaan atau penyelesaian. Angka 6 rangkap tiga melambangkan trinitas besar kesalahan.

    Lihat Wahyu 17
    17:5 Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: "Babel besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi."

    Coba kita lihat apa yang tertulis di dahi Paus pada saat mengenakan pakaian kebesarannya.

    V = 5
    I = 1
    C = 100
    A = 0
    R = 0
    I = 1
    U = 5
    S = 0

    F = 0
    I = 1
    L = 50
    I = 1
    I = 1

    D = 500
    E = 0
    I = 1
    =====================
    Total angka dari jabatan itu "VICARIUS FILII DEI" yang artinya WAKIL PUTRA ALLAH adalah 666.

    Sekarang kita lihat di Wahyu 13:11 dikatakan bahwa ada binatang kedua yang keluar dari bumi dan menjalankan kuasa binatang pertama dan membuat semua orang menyembah binatang yang pertama itu.

    Siapakah binatang yang ke dua itu???? Binatang kedua ini akan menyuruh manusia untuk membuat patung binatang yang pertama dan menyembahnya sama seperti raja Nebukadnezar yang mendirikan sebuah patung dengan dimensi 60 dan 6 (Daniel 3:1) dan siapa yang tidak patuh akan dibunuh baik dengan mengeluarkan undang-undang hari minggu sampai kepada pemboikotan ekonomi.

    Petunjuk: Binatang Kedua akan bekerjasama dengan Binatang Pertama, anda sudah tahu binatang pertama, sekarang coba anda simak peta dunia saat ini untuk melihat siapa itu binatang yang kedua.

    Salam,
    Tyven.
  2. Catholic

    Catholic IndoForum Newbie B

    No. Urut:
    37882
    Joined:
    27 Mar 2008
    Messages:
    184
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Sejak kapan Paus bergelar vicarius filii dei? Gelar yang benar adalah Vicario di Gesu Cristo ("Vicar of Jesus Christ"), dan perhitungannya bukanlah 666. Mau bukti? Baca tulisan Jimmy Akin (yg merupakan apologist katolik) dibawah ini :

    http://jimmyakin.typepad.com/defensor_fidei/2006/03/218.html

    666218

    (Jimmy Akin)


    [​IMG]

    Papal_titlesY'know how B16 just dropped his title "Patriarch of the West"?

    The place that he dropped it from was the list of official titles he has in a book known as the Annuario Pontificio ("Papal Yearbook") that the Vatican publishes every year.

    If you want to look up the pope's official titles, this is the place to go.

    So how about the Seventh-Day Adventist (and others') claim that one of the pope's titles is Vicarius Filii Dei ("Vicar of the Son of God") and that this adds up to 666 in Latin?

    Well, t'aint so!

    For a start, we can quibble about whether they've done their Latin math right. When you put a smaller number to the left of a bigger number, it subtracts rather than adds. IV is 4 in Latin, not 6, and VICARIVS FILII DEI has a IV in it, which would pull the total down to 664. Also, if you let IL count as 49 instead of 51 then the number comes down to 662.

    But we don't need to go there, because if you look at the pope's official titles, Vicarius Filii Dei ain't one of 'em!

    Above is the page from the 2004 Annuario listing the pope's official titles. Because this edition is a couple of years old, it lists John Paul II as the reigning pope, and it still has Patriarca Dell'Occidente ("Patriarch of the West") listed as a title.

    BUT IT DOES NOT HAVE VICARIUS FILII DEI (or its Italian equivalent; this page in the Annuario is in Italian rather than Latin).

    The closest it comes is Vicario di Gesu Cristo ("Vicar of Jesus Christ"). In Latin, that would be Vicarius Jesu Christi. So what does Vicarius Jesu Christi add up to?

    Let's see. . . .

    VICARIVS IESV CHRISTI = VI (6) + C (100) + IV (4) + I (1) + V (5) + C (100) + I (1) + I (1) = 218

    So there you have it: The number of the pope's main, official title (the one in big bold print in the Annuario) is 218. (Unless you want to count IV as I + V, in which case it would be 220).

    Not so scary after all, huh?


    Lalu angka 666 itu menunjuk ke siapa? Menurut Catholic Encyclopedia, angka 666 menunjuk kepada kaisar Nero.

    CE : Apocalypse

    ...The ten horns are commonly explained as the vassal rulers under the supremacy of Rome. They are described as kings (basileis), here to be taken in a wider sense, that they are not real kings, but received power to rule with the beast. Their power, moreover, is but for one hour, signifying its short duration and instability (17:17). The Seer has marked the beast with the number 666. His purpose was that by this number people may know it. He that has understanding, let him count the number of the beast. For it is the number of a man: and his number is six hundred and sixty-six. A human number, i.e. intelligible by the common rules of investigation. We have here an instance of Jewish gematria. Its object is to conceal a name by substituting for it a cipher of equal numerical value to the letters composing it. For a long time interpreters tried to decipher the number 666 by means of the Greek alphabet, e.g. Irenæus, Against Heresies V.33. Their efforts have yielded no satisfactory result. Better success has been obtained by using the Hebrew alphabet. Many scholars have come to the conclusion that Nero is meant. For when the name "Nero Caesar" is spelled with Hebrew letters, it yields the cipher 666...

    Tambahan bacaan :

    Tentang kebohongan Seventh day Adventism di Kitab Nabi Daniel disini ada jawaban dari
    http://www.theotokos.co.za/adventism/3horns.html

    dan tentang Kitab Wahyu
    http://www.catholic.com/library/Hunting_the_Whore_of_Babylon.asp

    Sorry gk bs terjemahin, semoga ada wkt utk menjelaskan.

    PS
    Aku menemukan hal yg menarik. Ternyata, pendiri Seventh day Adventist, Ellen Gould White, ternyata juga berjumlah 666 menurut metode perhitungan yg ia kenakan pada paus :

    http://www.theotokos.co.za/adventism/bobsegw6.html

    5. Now since 666 is the number of 'its' name, let us find one that matches it.

    Ellen = L+L=100,

    Gould=U+L+D=555,

    White=a double 'U' = 2 'V's +1 =11.

    Total these three numbers, and we have, 100 + 555 + 11 = 666.
    So Ellen Gould White, the prophetess of Seventh Day Adventism, has a name that adds up to 666, and it is the number of a name and not of a title.

    ...

    For the doubters about the double 'U', I suggest you consult your dictionary for the origins of the letter 'W':
    'V'
    The Romans adopted the second form (comparing Phoenician and Greek) for both the 'U' and 'W' sounds, simplifying its shape to 'V'. As its name indicates, the letter 'W' is in origin a 'double U' (VV), often used in inscriptions from around the first century A.D. to represent the 'W' sound in Germanic or Celtic names. That is what my dictionary says ... why don't you look it up in your own ?
  3. tensaigandy

    tensaigandy IndoForum Junior B

    No. Urut:
    22494
    Joined:
    20 Sep 2007
    Messages:
    2.380
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    Occupation:
    plajar yg gak blajar
    Location:
    padang
    @atas

    wogh kk ,, kek nya paham bner deh :-?

    kek nya masok FA aja nie , ato gmn ???
  4. Catholic

    Catholic IndoForum Newbie B

    No. Urut:
    37882
    Joined:
    27 Mar 2008
    Messages:
    184
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Kepada moderator, tolong jangan dipindah ke FA. Aku dan juga yg lain akan usahakan agar diskusi tidak mengarah ke flame.
  5. manukdadali

    manukdadali IndoForum Beginner E

    No. Urut:
    39609
    Joined:
    9 Apr 2008
    Messages:
    496
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Mendukung Catholic,

    Mohon kepada moderator tidak di pindahkan ke FA, justru ini sangat diperlukan di forum Katolik, pemahaman pemaham keliru perlu di luruskan, sebenarnya sayapun sedang membuat jawaban tentang topik Kk Sekalian Minta Pendapat Nay Dunzz

    Kaitannya sama dgn topik ini, mohon tidak di pindahkan
  6. v0LtaGe

    v0LtaGe IndoForum Senior A

    No. Urut:
    15398
    Joined:
    10 May 2007
    Messages:
    7.851
    Likes Received:
    297
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    HiGh sChooL StudenTs
    Location:
    P'KanBaru - Riau
    Tidak akan saya pindahkan,ini murni berbau diskusi

    Tapi tolong dijaga supaya tetap dijalannya yah /no1
  7. Gravity Blessing

    Gravity Blessing IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    62780
    Joined:
    29 Jan 2009
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wah, bagus sekali jawaban dari Catholic.
  8. Catholic

    Catholic IndoForum Newbie B

    No. Urut:
    37882
    Joined:
    27 Mar 2008
    Messages:
    184
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Penjelasan singkat dalam bahasa Indonesia, bagi yg kurang mengerti Inggris.:)

    1. Gelar Paus adalah Vicarius Jesu Christi (Vicar of Jesus Christ), bukan Vicarius Filii Dei. Dan hasil perhitungannya adalah 218, bukan 666.

    2. Hal ini bisa dibuktikan dari gambar diatas (the page from the 2004 Annuario listing the pope's official titles).Pada gambar tersebut, tertulis Vicario di Gesu Cristo ("Vicar of Jesus Christ"). Dalam bahasa latin, that would be Vicarius Jesu Christi.

    3. Angka 666 menunjuk pada kaisar nero berdasarkan kesimpulan dari para scholar. Karena ketika nama "Nero Caesar" dieja dalam bahasa Ibrani, nama tersebut menghasilkan angka 666.

    4. Pendiri Seventh day Adventist, Ellen Gould White, ternyata berjumlah 666 setelah namanya dijumlahkan.

    5. Mengenai perhitungan tersebut, bisa dibaca post pertamaku diatas.

    Dengan demikian, terbukti bahwa apa yg dikatakan TS adalah tidak benar.

    PS
    Trims kepada mods Voltage atas kesediaannya utk tidak memindahkan topik tsb.
  9. tyven

    tyven IndoForum Newbie D

    No. Urut:
    59878
    Joined:
    24 Dec 2008
    Messages:
    101
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
    Saudaraku yang terkasih;

    1. Angka 666 adalah salah satu tanda binatang 1 yang disebutkan di Wahyu 13, masih ada tanda-tanda lainnya yang sudah melekat ke Gereja Katolik seperti;
    a. Masa berkuasanya yaitu 1260 tahun (538 - 1798) dan diperoleh dari Naga yaitu Kerajaan Roma Kekafiran dan memiliki kuasa sipil dan agama.
    b. Berperang melawan orang-orang kudus, dimana Gereja Katoliklah yang membunuh (membakar hidup-hidup/gantung), menyiksa & memenjarakan secara kejam para reformator gereja, apakah ada ajaran Yesus seperti itu.
    c. Menghujat dan Merubah hukum dan Waktu Tuhan, Gereja Katoliklah yang merubah waktu dan hukum Tuhan yaitu hari Sabat, semua sejarah menunjukkan bahwa gereja mula-mula tetap berbakti hari Sabat, namun Gereja Katoliklah yang pertama mengatakan memiliki kuasa untuk memindahkan berkat Sabat ke Minggu, Gereja katoliklah yang menghujat Allah dengan mengatakan bisa mengurangi hukuman dosa (sebagaian tulisan mengatakan kuasa mengampuni-tetzel) dengan uang padahal kuasa mengampuni dosa maupun mengenai imbalan/hukuman terhadap dosa hanya dimiliki oleh Allah (Luk 5:21).

    2. Sekarang kita lihat gelar VICARIUS FILII DEI, yang anda sebut tidak benar namun Vicario di Gesu Cristo ("Vicar of Jesus Christ").
    Coba kita lihat arti Vicar dari kamus Webster's II New Riverside Desk Dictionary artinya adalah;
    1. A parish priest in the Church of England.
    2. A cleric in the Episcopal Church in charge of a chapel.
    3. One who serves as a *substitute* for another.
    Jadi Vicar of Jesus Christ yang dalam bahasa Latinnya adalah VICARIUS CHRISTI berarti Orang yang menggantikan Yesus Kristus (ini jelas merupakan ANTI KRISTUS) karena Yesus tidak pernah menunjuk penggantinya dibumi ini dan memiliki kuasa untuk mewakili maupun menggantikanNya, namun mungkin Gereja Katolik akan berdalih bahwa Vicar diartikan sebagai Represent, namun coba kita lihat arti Represent
    1. portray; depict; describe.
    2. play the role of; impersonate.
    3. denote; symbolize; stand for.
    4. speak and act for; *be a substitute for*.
    5. set forth; assert.
    6. be composed of; consist in.
    Jadi jelaslah bahwa walaupun disebut bahwa Pope Represent Jesus Christ (Vicar of Jesus Christ), merujuk kepada definisi kata VICAR / REPRESENT bahwa POPE menggantikan Yesus (ini adalah identik dengan ANTI KRISTUS). Yang dijanjikan Yesus setelah kenaikannya bahwa dia akan mengutus ROH KUDUS bukan POPE.

    Apakah Gelar VICARIUS FILII DEI tidak ada hanya kebohongan saja, mari kita lihat berikut ini.
    VICARIUS FILII DEI artinya dalam bahasa Ingrris adalah "Vicar of the Son of God", yang artinya Pengganti Anak Tuhan (Anti Kristus).
    Kata Vicar of the Son of God ini sering digunakan oleh gereja katolik sendiri seperti di buku ;
    "The Temporal Power of the Vicar of Jesus Christ, by Henry Edward Manning, D.D. (appointed Archbishop of Westminster in 1865 and Cardinal in 1875), second edition with a preface, published in 1862 in London by Burns & Lambert, 17 &18 Portman Street" halaman 141, 231, 232.

    "From Crossing The Threshold of Hope, by Pope John Paul II:
    First Chapter: "The Pope": A Scandal and a Mystery (bold emphasis is mine):"
    halaman 3 dan 13, kutipannya sebagai berikut

    [pg. 3] The leader of the Catholic Church is defined by the faith as the Vicar of Jesus Christ (and is accepted as such by believers). The Pope is considered the man on earth who represents the Son of God, who "takes the place" of the Second Person of the omnipotent God of the Trinity.

    [pg. 13] The Pope is not the only one who holds this title. With regard to the Church entrusted to him, each bishop is Vicarius Christi.

    Pada halaman 3 dari buku Pope tersebut dikatakan bahwa "represents the Son of God" sinonim dari "Vicar of Jesus Christ", dan dari kamus kita tahu bahwa Vicar artinya Substitues for, or takes the place of another, dari tulisan tersebut jelaslah bahwa Pope sendiri mengakui bahwa gelarnya dalah Represent the Son of God dan dalam bahasa Latinnya adalah VICARIUS FILII DEI, dan jika dijumlahkan dengan bilangan romawi jumlahnya adalah 666.

    Kemudian kita lihat kutipan dari Donasi Constantine yang dikutip dalam kolom 342, sebagian yang ditunjukkan di bawah ini. Frase "vicarius filii dei" ditemukan di dekat bagian tengah ayat. (Perhatikan bahwa "u" digunakan di tempat yang "v".)
    [​IMG]

    Masih banyak bukti-bukti lainnya dari Gereja Katolik sendiri yang menguatkan bahwa POPE mengakui dirinya dengan gelar VICARIUS FILII DEI.

    3. Sekarang kita lihat apakah benar 666 merujuk kepada Kaisar Nero yang memerintah di Roma pada tahun 54 - 68 AD. Nama lengkap Nero adalah CAESAR NERO atau NERO CAESAR, namun gereja katolik menambah HURUF "N" di nama kaisar ini menjadi CAESAR NERON, kemudian menyalinnya menjadi abjad ARAMAIC yaitu NRWN QSR, dan jika dijumlah menjadi 666.

    Nun = 50
    Resh = 200
    Waw = 6
    Nun = 50

    Qoph = 100
    Samech = 60
    Resh = 200

    Tapi jika Nama Caesar Nero yang sebenarnya (TANPA PENAMBAHAN HURUF "N") maka jumlahnya hanya 616, jadi Wahyu 13 tidak merujuk ke Nero Caesar dan ciri-ciri lainnya seperti yang saya sebutkan diawal artikel ini tidak sesuai dengan Nero Caesar. Gereja Katolik sangat jelas mengada-ada dalam hal ini.

    4. Sekarang kita lihat ELLEN GOULD WHITE, dari artikel saudara Catholic, disebutkan bahwa huruf W = DUA HURUF "U". Namun dalam bahasa Latin huruf "V" digunakan untuk mewakili bunyi huruf W, V dan U, tidak ada referensi dalam bahasa Latin yang mengatakan bahwa DUA HURUF U bisa mewakili huruf W, jadi kalau kita buat sesuai aturan tersebut maka menjadi ELLEN GOVLD WHITE (U = V, W = V), dan jika ditambahkan maka menjadi 661, BUKAN 666.

    Kemudian jika dilihat dari ciri-ciri lainnya, juga tidak memenuhi Wahyu 13 dan Daniel 7, karena ELLEN GOULD WHITE tidak menerima kuasa sipil dan agama dari Naga (Roma), dan dia tidak berkuasa seperti PAUS (PEMIMPIN GEREJA), dan ELLEN G. WHITE bukanlah pemimpin gereja Advent, ELLEN G. WHITE tidak berkuasa selama 1260 Tahun, ELLEN G. WHITE tidak pernah membuat perintah untuk membunuh, membakar, menyiksa, memenjarakan para pengkritiknya seperti yang dilakukan oleh PAUS (GEREJA KATOLIK), ELLEN G. WHITE tetap menguduskan hari SABAT, dan tidak pernah menghujat Allah dengan menyatakan dirinya VICAR OF CHRIST (PENGGANTI KRISTUS).


    Kita lihat juga ayat lainnya yang sejalan dengan Wahyu 13 dan Daniel 7 mengenai nubuatan BINATANG PENYESAT itu di 2 Tesalonika 2:3

    2 Thess 2:3 Let no man deceive you by any means: for that day shall not come, except there come a falling away first, and that man of sin be revealed, the son of perdition;
    2 Thess 2:4 Who opposeth and exalteth himself above all that is called God, or that is worshipped; so that he as God sitteth in the temple of God, showing himself that he is God

    INDONESIA:
    2:3 Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,
    2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah


    Kita lihat bahwa penyesat/binatang itu disebut sebagai THE SON OF PERDITION, jadi jelaslah dia bukan WANITA tapi SON (LAKI-LAKI).

    ELLEN G. WHITE adalah WANITA sedangkan PAUS selalu LAKI-LAKI!!!!

    Kemudian di ayat 3, disebut meninggikan diri diatas segala sesuatu, coba lihat pemimpin gereja manakah yang dengan sombongnya mengatakan memiliki kuasa untuk merubah hukum & waktu ALLAH (Sabat, Pengampunan Dosa, dll.), dan menyebut dirinya VICAR OF CHRIST (PENGGANTI KRISTUS), juga staement-staement lainnya yang menganggap dirinya sama dengan ALLAH.

    Jadi jelaslah bahwa semua ciri-ciri yang disebutkan dalam Wahyu 13, Daniel 7, 2 Tesalonika 2:3-4, melekat pada GEREJA KATOLIK, bukan pada INDIVIDU.

    Sekarang lihatlah lebih jauh di Wahyu 13 itu mengenai binatang kedua yang bekerja sama dengan binatang pertama itu, artinya binatang pertama itu yang punya angka 666 itu masih berkuasa/hidup setelah hampir mati akibat lukanya (lihat penjelasan kami diawal), kalau itu anda sebut merujuk kepada Kaisar NERO CAESAR dan ELLEN G. WHITE, mereka sudah mati dan hanya INDIVIDU, padahal pelajaran itu merujuk kepada suatu kekuasan/kerajaan/organisasi yang memerintah baik sipil maupun keagamaan. Baik NERO & ELLEN G. WHITE tidak lagi memiliki kekuasaan/kerajaan yang memerintah baik sipil maupun keagamaan tetapi VICARIUS FILII DEI / VICAR OF JESUS CHRIST / VICARIO DI GESU CRISTO / REPRESENT THE SON OF GOD, hingga sekarang masih memerintah baik sipil maupun keagamaan, karena gelar itu bukan merujuk kepada individu tetapi kepada pemimpin Gereja Katolik.

    Semoga bisa lebih paham, dan jangan berlarut-larut di dalam penyesatan binatang tersebut, karena pelajaran ini adalah untuk semua orang yang mau mendengar dan mau melihat.

    Salam,
    Tyven Bong.
  10. manukdadali

    manukdadali IndoForum Beginner E

    No. Urut:
    39609
    Joined:
    9 Apr 2008
    Messages:
    496
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    :D:D

    Melekat kepada Gereja Katolik ?, yaaaahhh yg melekatkan kan orang Advent :D:D

    Ini pembahasan bisa jadi ngga fokus, buatlah tuduhan dgn topik satu per satu nanti di jawab ya. Tapi kalau soal hari sabatkan sudah di jawab, tapi yah teteeeep pingin bener sendiri aja, soal surat Indulgensi nya Tetzel juga sudah di bahas, tapi juga teteeeep mau bener sendiri aja, padahal semua bukti bukti sudah di sampaikan.

    Silahkan baca ini biar ngga sepihak

    Jadi menurut orang Advent bahwa kata VICAR / REPRESENT itu adalah MENGGANTIKAN ? REPRESENT = MENGGANTIKAN ?

    Dulu belajar bahasa inggris di mana ya ?

    Lihat yg di bolt seperti orang yg belum pernah baca kitab Suci aja deh, kalau pemikirannya sama dengan begitu ........

    Benci sih boleh benci cuma jangan jadi gelap mata gitu dong >:D<>:D<

    Tambahan : Donasi Constantine bukanlah dokumen resmi Gereja, jadi mo ditulis apapun juga dalam dokument itu ngga ngaruh bagi Gereja Katolik, selain sebagai pemuas dari orang Advent dgn cap angka 666 nya
  11. v0LtaGe

    v0LtaGe IndoForum Senior A

    No. Urut:
    15398
    Joined:
    10 May 2007
    Messages:
    7.851
    Likes Received:
    297
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    HiGh sChooL StudenTs
    Location:
    P'KanBaru - Riau
    La La La

    Kebetulan lewat

    Sekedar saran aja bro,kalimatnya ditata yg enak dan rapi dibaca aja yah,kalo mmg lg kesel pun mohon diatur seapik mungkin

    /thx
  12. Catholic

    Catholic IndoForum Newbie B

    No. Urut:
    37882
    Joined:
    27 Mar 2008
    Messages:
    184
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    1.Apa yg dilakukan oleh individu Katolik tidak bisa diatributkan kepada Gereja Katolik. Jadi meskipun ada romo yg membunuh umatnya, tidak bisa hal tersebut diatributkan kepada Gereja Katolik.

    2.Tolong berikan bukti dari dokumen resmi gereja sendiri yang mengajarkan untuk membunuh, menyiksa, etc. Ketidaksanggupan memberi bukti menunjukkan bahwa apa yg kamu katakan hanyalah sekedar omong kosong.

    3. http://socrates58.blogspot.com/2007/05/lutheran-josh-s-attempts-to-rationalize.html
    A History of the Protestant Reformation in England and Ireland (1826), by the non-Catholic social reformer William Cobbett (1763-1835).

    96. And yet, the calculating, cold-blooded and brazen BURNET has the audacity to say, that "such a man as Henry VIII. was necessary to bring about the Reformation!" He means, of course, that such measures as those of Henry were necessary; and, if they were necessary, what must be the nature and tendency of that "Reformation?"

    97. The work of blood was now begun, and it proceeded with steady pace. All who refused to take the oath of supremacy; that is to say, all who refused to become apostates, were considered and treated as traitors, and made to suffer death accompanied with every possible cruelty and indignity. As a specimen of the works of BURNET's necessary reformer, and to spare the reader repetition on the subject, let us take the treatment of JOHN HOUGHTON, Prior of the Charter-house in London, which was then a convent of Carthusian monks. This Prior, for having refused to take the oath, which, observe, he could not take without committing perjury, was hanged at TYBURN. He was scarcely suspended when the rope was cut, and he alive on the ground. His clothes were then stripped off; his bowels were ripped up; his heart and entrails were torn from his body and flung into a fire; his head was cut from his body; the body was divided into quarters and parboiled; the quarters were then subdivided and hung up in different parts of the city; and one arm was nailed to the wall over the entrance into the monastery!

    98. Such were the means, which BURNET says were necessary to introduce the Protestant religion into England. How different, alas! from the means by which the Catholic religion had been introduced by POPE GREGORY and Saint AUSTIN! These horrid butcheries were perpetrated, mind, under the primacy of Fox's great Martyr, CRANMER, and with the active agency of another ruffian, named THOMAS CROMWELL, whom we shall soon see sharing with CRANMER the work of plunder, and finally sharing, too, in his disgraceful end. ​



    A History of the Protestant Reformation in England and Ireland (1826), oleh reformator sosial non-Katolik William Cobbett (1763-1835).

    96. Dan lagi, si BURNET yang berdarah dingin dan tidak punya malu memiliki kelancangan untuk berkata, bahwa "orang seperti Henry VIII diperlukan untuk membawa Reformasi!" Maksudnya tentunya adalah, bahwa langkah-langkah yang diambil Henry merupakan langkah-langkah yang perlu; dan kalau langkah-langkah tersebut perlu, apa yang menjadi hakekat dan kecenderungan dari "Reformasi" tersebut?

    97. Karya berdarah sekarang telah dimulai. Dan karya itu dilakukan dengan tahapan yang stabil. Semua yang menolak untuk mengambil sumpah supremasi [ie. sumpah bahwa Raja Inggris punya supremasi dalam hal keagamaan di Inggris]; yaitu, semua yang menolak untuk menjadi murtad dianggap dan diperlakukan sebagai pengkhianat-pengkhianat. Dan mereka dibuat mati menderita dengan segala kekejian dan ketidakhormatan yang mungkin dilakukan. Sebagai contoh dari karya si reformator [ie. si Henry VIII] yang menurut BURNET diperlukan, dan supaya pembaca tidak dijenuhkan oleh pengulangan atas masalah ini, marilah kita lihat perlakuan terhadap JOHN HOUGHTON, Prior dari Charter-house di London, yang pada saat itu adalah sebuah rumah tarekat religius rahib-rahib Chartusian. Prior ini, karena menolak mengambil sumpah yang tidak bisa dia ambil karena hal itu berarti melakukan kebohongan, digantung di TYBURN. Dia belumlah tampak tergantung diam ketika tali gantungan dipotong, dan dia masih hidup ketika [terjatuh] ke tanah. Baju-bajunya kemudian ditanggalkan; isi perutnya dirobek; jantung dan ususnya dipisahkan dari tubuhnya dan dilemparkan kedalam api; kepalanya dipenggal dari tubuhnya; tubuh itu kemudian dibagi menjadi beberapa bagian dan dimasak setengah matang; bagian-bagian tubuhnya kemudian dipecah-pecah lagi dan digantung di tempat-tempat berbeda di dalam kota; satu lengan dipakukan di tembok atas pintu masuk rumah tarekat!

    98. Itulah cara-cara, yang kata BURNET diperlukan untuk memperkenalkan agama Protestant ke INggris. Bagaimana berbedanya semua itu dengan cara-cara yang dilakukan agama Katolik [ke Inggris] sebagaimana dilakukan oleh PAUS GREGORIUS dan Santo AUSTIN! Penjagalan yang mengerikan ini dilakukan, ingat, dibawah kekuasaan Martir agung-nya Fox, [yaitu] si CRANMER, dan dengan bantuan aktif oleh petualang lain bernama THOMAS CROMWELL, yang kita segera lihat [bagaimana dia] berbagi dengan CRANMER karya-karya perampokannya, dan [bagaimana dia] kemudian juga berbagi [dengan CRANMER] akhir hidup yang memalukan.


    Orang yg seperti itu disebut para kudus?

    1. Di topik tentang hari Sabat, kamu sama sekali tidak bisa mengcounter ayat2 yg aku berikan serta tulisan2 dari Bapa Gereja bahwa beribadah pada hari minggu merupakan sebuah tradisi yg dilaksanakan umat Gereja mula2.
    2. Coba kamu cari tahu dulu ajaran katolik tentang indulgensi dan sejarahnya di indoforum, baru berkomentar.
    3. Tolong selesaikan diskusi dahulu yg kita lakukan tentang hari sabat, karena sampai sekarang kamu tidak bs memberikan bukti dari ucapanmu.
    4. Pada kesempatan berikutnya, hal2 yg irelevan dengan topik utama tidak akan dibahas agar kita bisa fokus pada topik.


    Yesus sudah menunjuk Petrus, yg kemudian diteruskan oleh para penggantinya, utk memimpin gereja Katolik. Dan Yesus juga mengutus Roh Kudus utk melindungi gereja-Nya agar tidak dikuasai oleh alam maut.

    Yang kamu lakukan disini hanyalah mempertentangkan 2 hal yg tidak bertentangan. Untuk itu, diskusi lebih baik dilanjutkan di topik Apakah Paus tidak bisa berdosa?

    Tanggapan dari Patrick Madrid :

    6. Finally, Mr. Scheifler claims that the phrase "represents the Son of God," quoted from Pope John Paul II's Crossing the Threshold of Hope, if translated directly into Latin, comes out to Vicarius Filii Dei.

    Alas, if only Mr. Scheifler's Latin were as good as his imagination. In fact, the phrase, "Represents the Son of God," translated directly into Latin, yields "Filium Dei Repraesentat," not Vicarius Filii Dei. Oh well. It should suffice to point out that "represents" is a verb. "Vicar" is a noun. But let's not belabor the obvious.

    To sum up, the errors in both Mr. Scheifler's and Mr. Drisko's letters are based on three fundamentally flawed premises. The first is that the Latin form of Vicar of the Son of God is a title (not an actual title, of course, but a made-up one), and the Book of Revelation identifies the number of the Beast as a name, not a title (Rev. 13:17-18). So all this talk about titles is irrelevant anyway.

    Sayang sekali kamu tidak bisa menunjukkan bahwa gelar Vicarius Filii Dei pernah digunakan oleh dokumen resmi Gereja sebagai gelar Paus. Jadi apa yg kamu kutip dan tulis diatas tidak ada artinya


    Donation of Constantine, a famous forgery (anyone familiar with medieval Church history could have told them that). Obviously, a forged document is not an "official Catholic document," even though it may have been regarded by many as authentic….
    The fact that the Donation of Constantine was, at one time, wrongly assumed to be legitimate is irrelevant. What makes the Donation even more irrelevant to this issue is that even if it were not a forgery, it still wouldn't qualify as an official Catholic document. At best, it would have been an official state document, emanating from the Roman imperial government. That's because whoever forged it purported to be the Emperor Constantine, decreeing a series of land grants and various other temporal advantages to the bishop of Rome. So, unfortunately for Mr. Drisko and Mr. Scheifler's argument, the forged Donation of Constantine cannot qualify, on two counts: A) it's bogus and B) even if it weren't, it would only be a civil document(Source)


    Penjelasan singkat :

    Kutipan dari The Donation of Constantine yg dikutip tyven dlm bahasa Inggris :

    The Donation of Constantine is taken from: http://www.fordham.edu/halsall/source/donatconst.html

    ..as on earth he (Peter) is seen to have been constituted vicar of the Son of God, so the pontiffs, who are the representatives of that same chief of the apostles, should obtain from us and our empire the power of a supremacy greater than the earthly clemency of our imperial serenity is seen to have had conceded to it,-we choosing that same prince of the apostles, or his vicars, to be our constant intercessors with God…

    Dari kutipan diatas, terlihat bahwa Vicarius Filii Dei ( vicar of the son og god), ditujukan kepada rasul Petrus. Apakah sekarang orang SDA mau bilang kalau Petrus adalah antikristus?

    Argumen yg lebih lengkap bisa dilihat disini :

    http://www.shasta.com/sphaws/vicar.html

    Happy reading.

    PS
    Ternyata, donation of constantine adalah fake document :LOL:

    Tampaknya kamu sama sekali tidak membaca, dan bila membaca, berarti kamu tidak mengerti apa yg dimaksud oleh Catholic Encyclopedia. Angka 666 itu didapat ketika kata “Nero Caesar diucapkan dalam bahasa Ibrani. Dalam bahasa Latin (atau Yunani), yg didapat adalah 616. Dalam Catholic Encyclopedia yg ada di catholic.com, ada penjelasan yg lebih lengkap :

    http://oce.catholic.com/index.php?title=Apocalypse

    The ten horns are commonly explained as the vassal rulers under the supremacy of Rome. They are described as kings (basileis), here to be taken in a wider sense, that they are not real kings, but received power to rule with the beast. Their power, moreover, is but for one hour, signifying its short duration and instability (17:17). The Seer has marked the beast with the number 666. His purpose was that by this number people may know it. He that has understanding, let him count the number of the beast. For it is the number of a man: and his number is six hundred and sixty-six. A human number, i.e. intelligible by the common rules of investigation. We have here an instance of Jewish gematria. Its object is to conceal a name by substituting for it a cipher of equal numerical value to the letters composing it. For a long time interpreters tried to decipher the number 666 by means of the Greek alphabet, e.g. Irenæus, Against Heresies V.33. Their efforts have yielded no satisfactory result. Better success has been obtained by using the Hebrew alphabet. Many scholars have come to the conclusion that Nero is meant. For when the name "Nero Caesar" is spelled with Hebrew letters (NRVN QSR), it yields the cipher 666. N=50, R=200, V=6, N=50, Q=100, S=60, R=200; total, 666

    In Latin, U and V were the same letter. U was the cursive form, while V was more easy to grave on stones. It was used both as a consonant, similar to the English w, and as a vowel. The letter came from the Greek Upsilon. Upsilon may have the same origin as digamma, or the Greeks may have created it themselves.

    And W was derived from V in the Middle Ages to represent the sound of w in wine.

    Pembahasan mengenai arti kata Vicar of Christ

    Keberatan : Vicar of Christ = pengganti Kristus. Karena Paus adalah pengganti Kristus, maka Paus adalah antikristus

    Tanggapan atas keberatan : Mari kita lihat definisi Vicar of Christ yang benar menurut Catholic Encyclopedia : Vicar of Christ
    Vicar of Christ

    (Latin Vicarius Christi).

    A title of the pope implying his supreme and universal primacy, both of honour and of jurisdiction, over the Church of Christ. It is founded on the words of the Divine Shepherd to St. Peter: "Feed my lambs. . . . Feed my sheep" (John 21:16-17), by which He constituted the Prince of the Apostles guardian of His entire flock in His own place, thus making him His Vicar and fulfilling the promise made in Matthew 16:18-19.


    Vicar of Christ merupakan sebuah gelar yg menunjukkan supremasi dan primacy universal dan yurisdiksi Paus atas seluruh Gereja. Gelar ini didasarkan pada ayat Yoh 21 : 16-17, ketika itu Yesus berkata pada Petrus : “Gembalakanlah domba-dombaku… Gembalakanlah domba-domba-Ku.” Sudah jelas bahwa gelar tersebut tidak pernah dipahami bahwa Paus menggantikan posisi Yesus sebagai Tuhan, serta bahwa Paus tidak pernah menganggap dirinya sebagai Tuhan.

    Paus juga tidak pernah menghujat Allah, mengajarkan untuk membunuh, menyiksa, etc, sedangkan Ellen G White malah tidak patuh kepada Gereja Katolik yg didirikan Yesus diatas Petrus yg tidak akan dikuasai alam maut (Mat 16 : 18-20), malahan membuat suatu gereja baru, tidak tunduk pada kebiasaan jemaat mula2 yg beribadah pada hari Minggu.

    Kalau disuruh memilih, pilih Gereja yg didirikan Tuhan sendiri atau gereja buatan manusia ?

    Lihat penjelasan diatas

    Baca penjelasan yg telah diberikan dari awal hingga akhir.

    Dan tolong gunakan fasilitas quote, agar diskusi menjadi lebih terarah dan fokus. Kalau tidak mengerti, tanya.
  13. Gravity Blessing

    Gravity Blessing IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    62780
    Joined:
    29 Jan 2009
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    DI mana perhitungan masa ini dan dasar2 ALkitabnya? Bolehlah anda paparkan semua penafsiran2 Adventisme agar bisa kami tanggapi.

    Barangkali jika moderator setuju, dibuat treads tersendiri atau digabung saja di treads ini?

    Apa dasarnya bahwa para Reformator itu orang2 Kudus mengingat karena Reformatorlah Gereja Tuhan dipecah2kan sampai sekarang (30rb denominasi)?

    Dakwaan ini tidak valid, karena anda sudah tidak lagi menanggapi postingan berkenaan dengan hari Sabat:

    http://www.indoforum.org/showthread.php?p=1222740#post1222740

    Juga sudah tidak menanggapi postingan berkenaan dengan Silih:
    http://www.indoforum.org/showthread.php?p=1207057#post1207057

    Maka itu berarti tidak tebukti apa yang anda tuduhkan kepada Gereja Katolik itu sehingga kita boleh mengabaikan dakwaan tidak valid dan masih kosong ini.

    Jika tanggapan2 kami keliru, silahkan tunjukkan kekeliruannya di treads tersebut dan lanjutkan diskusi (dengan sehat tentunya).

    sungguh menarik bahwa anda menggunakan kamus definisi di sini, dengan definisi ini, sederhanya anda hendak mengatakan begini:

    1. "karena Paus menggantikan ("subtitute for") Yesus, maka Paus adalah AntiKrist"
    2. "Pengganti Yesus bukanlah Paus melainkan Roh Kudus"

    tanggapan
    Argumentasi anda bermasalah:

    1. Nonsequitor (Kesimpulan yang tidak mengikuti premis) pada Argumentasi pertama:

    Hanya karena Paus berfungsi menggantikan Yesus, tidak berarti paus itu menyetarakan dirinya dengan Yesus, karena Paus menggantikan Yesus tidak dalam arti penyetaraan Kodrat, hakikat, maupun substansi melainkan dalam arti penggembalaan (Yohanes 21:15-17) dan kuasa kunci (Mat 16:19). Seperti anda lihat pada ayat itu, kuasa Kunci adalah kuasa mengikat dan melepaskan.

    Jadi "subtitute" penggembalaan dan kuasa kunci dari Petrus (Paus) memang telah dimandatkan oleh Yesus sendiri. maka hal ini tidak menjadikan Paus sebagai antikrist melainkan sungguh2 wakil Kristus yang berbicara atas nama Kristus dan bukan atas nama dirinya sendiri.

    Ini juga diperkuat dengan kenyataan bahwa "Vicar" di kamus yang anda ajukan sendiri mendefiniskan dengan "subtitute for" bukan "subtitute of" atau "subtitute as" yang berarti bahwa "subtitute" di sana hanya berarti perwakilan dari pada yang di substitusi, bukan sebagai pengganti definitif dari yang disubtitusi seperti yang anda kira.

    Analogynya adalah ketika Wakil Presiden diberi mandat oleh presiden untuk berbicara menggantikan ("subtitute for") Presiden, Wapres tidak menyetarakan dirinya jabatannya dengan Presiden, tetapi sebagai wakil yang menggantikan Presiden berbicara. Dalam hal ini jabatannya tetap Wapres dan yang dibicarakannya berdasarkan mandat Presiden. Maka Wapres justru telah berbuat sepantasnya, yakni melaksanakan mandat Presiden untuk turut ambil bagian dalam peran Presiden yang posisinya di atas Wapres tersebut.

    Nah, demikian pula Paus tetap melaksanakan penggembaalaan dan kuasa Kuncinya dibawah mandat Yesus, bukan atas nama dirinya sendiri.

    2. Nonsequitor yang menyebabkan Autokritik pada tanggapan anda kedua

    Anda menyatakan bahwa karena Paus adalah Vicar, maka dia antikrist. itu berarti secara tdiak langsung andapun juga mengatakan abhwa Roh Kudus merupakan Antikrist.


    harus dilihat dulu bahwa penulis bukanlah orang yang otoratif dalam Gereja Katolik. Artinya apa yang dia sampaikan bisa saja salah. manusia bisa silap.

    Nah, sejauh tulisan di atas Justru tidak kita dapati Edward Manning menyebutkan "Vicarius Filli Dei" tetapi beliau menulis "Vicarius Christi" berkenaan dengan Paus. maka belum kita dapati benarnya dakwaan anda ini.

    sekarang kita lihat lebih lanjut dakwaan anda di bawahnya:

    1. Masalah kamus definisi sudah dibereskan di atas
    2. Harus dilihat dulu bahwa buku itu (yang notabene tidak otoratif dalam Gereja Katolik) ditulis aslinya dalam bahasa Inggris, maka itu berarti perhitungan 666 nya harus dari tulisan dalam bahasa Inggris. maka silahkan dihitung apakah bahasa Inggris "represents the Son of God" (BUkan bahasa latin "Vivarius Filli Dei") berjumlah 666

    BUkti yang anda ajukan sebenarnya bukan hanya donasi constantine, tetapi juga dari Tiara yang diguabnakn Paus.

    Dengan bukti ini, anda hendak dikatakan demikian:
    "Paus memang bergelar Vicarius Filli Dei"

    mengingat waktuku, dakwaan anda ini akan ku pelajari dulu, tetapi satu yang pasti, yaitu kalaupun "Vicarius Filli dei" sungguh2 pernah dialamatkan ke Paus Paus (namun tidak akan terjadi secara sah), maka memang hitungannya akan berjumlah 666 namun Dia tetaplah bukan bilangan yang dimaksud, sebab menurut kitab wahyu, bilangannya adalah bilangan seorang manusia. maka tidak mungkin dihitung dengan gelar sebab gelar itupun akan turun ke banyak orang (bukan seorang saja), maka yang paling tepat adalah bilangan nama manusia (bukan gelar). Maka bahkan Ellen G. White lebih tepat karena dia adalah satu orang saja, bukan Paus yang beberapa ratus orang.

    1. Kaisar Nero dalam dialek Ibrani sememangnya disebut "Kaisar Neron", sebutan "Kaisar Nero" adalah untuk dialek Latin, jadi kaisar Nero memang punya setidaknya 2 versi dialek dan inilah yang menyebabkan mengapa ada 2 versi kitab wahyu seperti yang saya jelaskan di bawah (saya paparkan beserta bukti di atas). Maka bukan Gereja katolik yang menambah2kan huruf "N". Tuduhan anda tidak ada dasarnya.

    2. Kitab wahyu yang kuno memang punya dua versi teks berkaitan dengan bilangan binatang ini. Teks yang satu bertulisakn 666 dan satunya bertuliskan 616. kebanyakan penafsir Katolik maupun Protestan zaman sekarang sepakat kalau 666 atau 616 sebenarnya merujuk kepada Kaisar Nero. Ini karena ada 2 spelling untuk Kaisar Nero:

    dialek Ibrani
    (Kaisar Neron)
    Q = 100
    S = 60
    R = 200

    N = 50
    R = 200
    W = 6
    N = 50
    --------
    666

    Dialek Latin
    (Kaisar Nero)
    Q = 100
    S = 60
    R = 200

    N = 50
    R = 200
    W = 6
    ----------
    6i6

    Dan 616 ini ada di di Teks Kitab Wahyu yang berdialeg latin:

    http://en.wikipedia.org/wiki/Number_of_the_Beast#616

    in May 2005, it was reported that scholars at Oxford University using advanced imaging techniques[13] had been able to read previously illegible portions of the earliest known record of the Book of Revelation(a 1,700 year old papyrus), from the Oxyrhynchus site, Papyrus 115 or P115, dating one century after Irenaeus. The fragment gives the Number of the Beast as 616 (chi, iota, stigma), rather than the majority text 666 (chi, xi, stigma).[1] The other early witness Codex Ephraemi Rescriptus (C) has it written in full: hexakosiai deka hex (lit. six hundred sixteen).[14]

    Significantly, P115 aligns with Codex Alexandrinus (A) and Codex Ephraemi Rescriptus (C) which are generally regarded as providing the best testimony to Revelation. Thus, P115 has superior testimony to that of P47 which aligns with Codex Sinaiticus and together form the second-best witness to the Book of Revelation. This has led some scholars to conclude that 616 is the original number of the beast.


    Jadi hanya kaisar Nero yang memenuhi perhitungan di atas (666 dan 616) serta bahwa dia adalah seorang manusia. Baik EGW maupun Paus tidak memenuhi perhitungan di atas.

    kitab wahyu adalah jenis sastra Apokalipstik (membuka yang terselubung), sastra jenis ini populer dikalangan orang2 Yahudi. adapun sastra ini ada terutama untuk menyembunyikan makna sebenarnya dari pihak luar---> penulis tahu makna sebenarnya namun menyelubungkannya dalam suatu kata. nah, jadi Yohanes tahu siapa itu 666, tetapi ia menyembunyikannya dalam angka 666 supaya orang yang dimaksud tidak menyadari bahwa dirinyalah yang dibicarakan.

    melihat latar belakangnya, memang umat kristen pada masa itu sedang ditindas oleh Kaisar Nero sehingga berbagai kata2 tentang kaisar Nero disembunyikan dalam bilangan 666. dengan kata lain, hanya diantara sesama Kristen sama2 tahu 666 itu Kaisar Nero.

    misalnya mereka akan berbicara, "si 666 akan bertingkah lagi nih." pendengar yang pro kaisar nero tidak akan tahu bahwa kaisar nerolah yang dimaksud dalam pembicaraan.

    Sekian dulu karena waktu saya terbatas, nanti akan saya lanjutkan jika sempat.

    Salam kasih
  14. Gravity Blessing

    Gravity Blessing IndoForum Newbie F

    No. Urut:
    62780
    Joined:
    29 Jan 2009
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    1. Berkenaan dengan donasi constantine Tiara yang digunakan Paus boleh dibaca penjelasan member Catholic dan juga link di bawah:

    http://catholicfaithdefender.wordpress.com/category/666/

    2. Mengenai Ellen G White = 666 sudah dijelaskan oleh Catholic bahwa menurut huruf latin (referensi sudah beliau kutip) sememangnya Ellen G. White itu berjumlah 666 karena 2 huruf "U" ternyata boleh merepresantasikan "w"

    3. Mengenai Tesalonika, sayang sekali ayat itu belum bisa anda gunakan, sebab anda belum menunjukkan dasar untuk menghubungkannya. harus ada dasar untuk menghubungkannya dengan Wahyu. Kita tidak bisa ambil sepotong ayat lalu dihubungkan dengan ayat lain tanpa ada dasar menghubungkannya. Namun di kitab wahyu jelas dikatakan bilangan seorang manusia,bukan beberapa manusia. seorang Ellen G. White lebih memenuhi kriteria ini ketimbang beberapa orang Paus.

    Memang Kitab wahyu versi inggris berkata "a man." namun harus kita teliti bahwa kata "man" bisa merujuk pada "pria" bisa juga pada "manusia." Nah, di kitab wahyu, "man" tidak merujuk pada gender "pria" melainkan pada substansi "manusia," buktinya adalah, dalam versi indonesia tidak disebut "bilangan seorang pria" melainkan "bilangan seorang manusia."

    why 13:18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

    salam kasih
  15. r3ck0rd

    r3ck0rd IndoForum Activist E

    No. Urut:
    35305
    Joined:
    6 Mar 2008
    Messages:
    10.527
    Likes Received:
    117
    Trophy Points:
    63
    Occupation:
    Student, Freelancer, Holy Bible learner, singer, p
    Location:
    beyond imagination :]
    weleh... numpang lewat aja nih... hehehe
    soal kaisar nero jadi nrwn qzr, mungkin itu dialek aramaik bisa ada tambahan nun.
    tapi btw, kok bisa ada perbedaan jadi ada 666 sama 616? Dan huruf iota sama khi itu kan beda bentuknya pulak.

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG