• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Taat dan Kasih terhadap orang tua didalam Tuhan

effie

IndoForum Staff Personnel
No. Urut
601
Sejak
17 Apr 2006
Pesan
8.576
Nilai reaksi
353
Poin
83
Efesus 6 : 1-3

1 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu didalam Tuhan, karena haruslah demikian
2 Hormatilah ayahmu dan ibumu - ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini.
3 supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Topik ini sengaja gw angkat buat kita sharekan di forum kita tercinta ini.
Karena gw tahu, bahwa member IF sebagian besar masih lajang dan belum berkeluarga.
Jadi benar-benar murni masih seorang anak yang harus belajar taat akan firman Tuhan ini, yaitu harus taat terhadap orang tua kita masing2, apapun keadaan mereka, seburuk apapun keadaan mereka, tapi oleh firman Tuhan dikatakan, kita harus tetap mengasihi mereka.
Karena Tuhan juga berjanji bagi mereka yang melakukannya, akan mendapat berkat yang luar biasa, yaitu kebahagiaan dan panjang umur di bumi.
Karena kelak suatu saat kalian pun akan menjadi orang tua juga yang mempunyai tanggung jawab yang lebih besar di hadapan Tuhan terhadap anak-anak kita.

Mari,.. bagi kalian yang mempunyai masalah tentang hubungan didalam keluarga yang mungkin kurang harmonis, yuuk kita share disini sama-sama
Siapa tahu ada saran-saran yang bermanfaat bagi kita dan bisa membawa berkat yang besar bagi kita sebagai anak di tengah2 rumah tangga orang tua kita,.....................
 
kadang sering dilema.. orang tua selalu mao yg terbaik bwat kita kek sekolah" dll tp terkadang kesan nya terlalu memaksa dan hanya di pandang dr segi pandang orang tua.. padahal kita jg punya keingin sendiri / jalan hidup yg ingin kita pilih.. tp kadang orang tua ngg mo ngerti.. makanya sering terjadi pemberontakan dr anak" ama orang tua nya.. padahal tugas kita untuk menghormati orang tua kita.. tp gmn dunk ?? kalo kasus nya kek gitu ?? menurut cc effie gmn ?? pa lagi kan cc effie udh punya anak /heh pasti lebih mengerti.. /ok/thx
 
@KirdRock
Memang benar dan sering kali terjadi orang tua kurang mendengar kata hati anak2nya yang sudah kunjung dewasa, apalagi jika orang tua kita belum di dalam Tuhan, kadang2 dia mengambil keputusan, hanya apa yang dianggap baik menurut mereka sendiri.
Memang susah juga mengambil langkah, disisi kita sebagai anak Tuhan harus taat dan menghormati orang tua.
Ya kita rasa itu butuh pergumulan anak itu sendiri di tengah2 keluarga, harus di bawa dalam doa dan sebagai anak Tuhan, harus mendoakan orang tua nya supaya Tuhan bisa mejadikan segala keputusan jadi yang terbaik.
Kerena belum tentu keputusan orang tua salah juga.
Oleh sebab itu ya di gumulkan dalam doa, memang kita sebagai anak Tuhan kekuatan dan senjatanya kan cuma doa :)
Lalu beri pengertian kepada ortu secara baik-baik tentang rencana2 kita.

Memang lebih mudah, kalau kita tinggal didalam keluarga yang sudah di dalam Tuhan, maksud nya orang tua juga tahu firman Tuhan, jadi mereka pun tidak akan semena-mena ambil keputusan sepihak.
Iya saya juga udah punya anak remaja....
Kita biasa ke gereja sama-sama, dan sering mengadakan persekutuan doa didalam keluarga di rumah. Jadi hal ini pasti akan lebih mudah, karena sekeluarga bisa mendengar firman Tuhan dan bisa melakukan firman Tuhan bareng2, tidak sepihak saja.
Biasanya kalau ada sesuatu yang kurang benar pada anak, memang dia berontak maunya menuruti kata hati nya, jika di tegur oleh ortu nya
Contoh ya,....
Anak saya suka bermain komputer sepanjang hari, sampai jarang sekali belajar.
Hal itu saya ingat kan tapi dengan cara halus dulu, ternyata dalam diri dia, tidak ada perubahan, anak itu tetap gemar bermain game terusss.
Sampai akhirnya suatu hari dia menerima rapor test semester, dan otomatis hasilnya jelek.
Setelah itu, saya katakan, sudah 1 semester kamu menuruti kata hati kamu, dan tidak mengindahkan nasihat orang tua, sekarang ini hasilnya sudah terlihat bahwa kamu nilai nya jelek dan kalau terus berlanjut pasti tidak naik kelas.
Maka mulai sekarang tata cara ortu kamu, yang berjalan.............
Karena sebagai ortu memang dapat tugas buat kasih didikan dan ajaran pada anak2nya sebagai titipan Tuhan.
Kamu tidak saya ijinkan main game, kecuali Sabtu dan Minggu saja, sampai saya bisa menilai kembali, bahwa kamu pantas dipercaya dan bisa memanage waktu sendiri antara bermain dan belajar.
Wah..... cemberut dia, tapi karena dia tahu firman Tuhan, maka anak saya mudah menempatkan diri, dia berusaha mentaati walau hal itu tidak enak buat dia.
Akhirnya, Puji Tuhan sampai saat ini anak saya bisa mengalami perubahan nilai yang signifikan.
Dan dia tidak ber sungut-sungut lagi sebab dia belajar memahami fungsi ortu didalam kehidupannya.
KidRock,
Saya tidak bilang hal itu mudah kamu jalankan, tapi seperti yang sudah kamu tanyakan diatas, memang harus di gumulkan dan pasti Tuhan akan menjawab doa pergumulan kamu.
Bila seorang anak sudah mencoba menurut firman Nya, pasti Tuhan akan jawab kok, walau mungkin melalui proses yang tidak simple.
Tapi dibalik itu ada hikmah yang akan menjadikan kita lebih kuat di dalam Tuhan.
Dan kamu juga bisa mengalami bahwa bila doa dinaikkan sungguh-sungguh akan besar kuasa Nya.
GBU :)
 
wah kalo nyokap gw kek cc effie enak kali yah /heh setidak nya kasih kesempatan bwat anak nya.. lah gw ngg di kasih /sob hehehe.. tp thx cc effie kalo soal gini emang rada ribet /wah emang musti di hadapi dgn kesabaran n banyak doa /sob .. /thx
 
klo ortu gw masi mayan la, ga strict2 amat..., tapi kadang2 kasihan liat ada temen yang orang tuanya kolot pisan...,
any idea ?
 
sekolot kolotnya ortu kita, mereka adLh yg tbaik yg TUHAN sediakan Loh....

:)
 
segimana pun ortu kita.. kita ttp harus respect ama mereka.. coz mereka adalah wakil TUHAN bagi kita di dlm dunia ini.. sebenarnya mungkin maksud mereka baik cm caranya aja yg rada jadul /heh yg ptg komukiasi yg baik n terbuka seh kalo menurut gw biar mereka jg ngerti n ngg jadul" amat.. /heh JBU ALL !!
 
iya lah kita harus menghormati ortu kita
karena kita ada karena ortu kita juga
dan yang pasti itu adalah perintah Tuhan
bahwa kita harus mengasihi dan menghormati ortu kita
karena beliau adalah wakil Tuhan di dunia ini.
 
Memang untuk permasalahn satu ini adalah sungguh berat jika dilakukan dengan kepala panas dan rasa ingin menang sendiri tanpa ada yang mengalah khususnya orang tua yang bertipe keras dan ingin anaknya 'harus' mengikuti keinginan mereka sedang orang tua sendiri hancur berantakan yang saya mau tanyakan disini bagaimana jika kita bersama-sama tinggal dalam satu rumah dengan orang tua tetapi tidak ada satu kata pun yang bisa membuat kita nyaman dan hampir setiap hari kita yang harus mengalah ?
 
hmm.. sptnya gw memiliki org tua yg cukup strict dlm hal mengejar kesuksesan.. intinya gw harus sukses deh gak usah bnyk maen n banyak kegiatan gereja, padahal ortu gw ud org kristen..

awalnya gw berontak bgt tp akhirnya gw sadar dan berusaha taat ama ortu gw. krn gw sadar setiap gw berontak, gw pun tanpa sadar menyakiti hati ortu gw...

ketika kita minta org lain berubah itu gak akan berhasil nanti hasilnya cm gontok2an..biarlah kita dulu yg berubah, nanti PASTI org itu akan berubah sendirinya...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.