• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Sulit Mengingat Kata, Gejala Penurunan Memori

steven yan

IndoForum Junior D
No. Urut
208832
Sejak
2 Jan 2013
Pesan
1.870
Nilai reaksi
23
Poin
38
ti2vK.jpg

Tak mampu mengingat kata awal dari daftar kata merupakan tanda awal penurunan fungsi mental dan memori. Hal ini menurut penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Clinical Neuropsychology bulan Maret 2013.

Secara umum, seperti dikutip dari Live Science, orang dewasa mampu mengingat kata di awal daftar kata-kata yang sebagai kata-kata utama. Kata awal memang cenderung diingat lebih baik daripada yang berada di tengah daftar.

Efek ini disebabkan oleh fakta bahwa orang mengingat kata awal menandakan kekuatan memori yang lebih, dibandingkan pada mereka yang mengingat kata-kata di bagian tengah. Penelitian melibatkan 200 orang yang berusia antara 60 hingga 91 tahun.

Mereka diperdengarkan 15 kata sebanyak lima kali dan diminta mengingatnya. Dua puluh menit kemudian, mereka kembali ditanyakan kata-kata tersebut. Hasilnya, orang yang kesulitan mengingat empat kata pertama dari 15 kata, hasil tes kognisinya yang dilakukan empat tahun kemudian, cenderung lebih buruk.

Para responden penelitian tak memiliki riwayat gangguan psikis ataupun dementia. Penelitian mengungkap, kerusakan pada bagian otak yang disebut hippocampus terkait dengan ketidakmampuan mengingat kata pertama. Hippocampus ini merupakan area otak yang berfungsi dalam pembentukan memori.
 
duh bahaya nih... belakangan ini gw sering gampang banget lupa...
 
hehehe, makin tua makin sulit mengingat
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.