• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Spesies Baru, Tikus Sepanjang Hampir Satu Meter

genocide the jackals

IndoForum Activist A
No. Urut
37421
Sejak
24 Mar 2008
Pesan
20.048
Nilai reaksi
328
Poin
83
084806p.jpg


BEIJING, KOMPAS.com — Beberapa ilmuwan dan pembuat film telah menemukan spesies baru tikus raksasa jauh di pedalaman hutan Papua Niugini, bersama dengan hewan lain yang selama ini tak pernah disaksikan.

Tikus berbulu tebal itu adalah pemakan sayuran. Tubuhnya sangat besar, dengan panjang 82 sentimeter dan berat 1,5 kilogram. Ukurannya membuat hewan tersebut termasuk spesies tikus yang paling besar dari yang pernah diketahui di seluruh dunia.

Hewan tersebut ditemukan tim ekspedisi yang membuat film untuk program BBC, Lost Land of the Volcano. Namun, tikus besar tersebut hanyalah satu dari puluhan hewan baru yang ditemukan di bawah gunung berapi Bosavi. Tim itu juga menemukan sejumlah laba-laba asing dan 20 spesies serangga.

"Yang menjadi pusat perhatian meliputi bunglon, satu katak bertaring, dan satu jenis ikan yang disebut ’Henamo Grunter’. Diberi nama demikian karena makhluk tersebut mengeluarkan suara mendengkur dari kantung udara saat berenang," kata Steve Greenwood, produser serial Lost Land of the Volcano. Adapun katak bertaring adalah satu-satunya dari 16 katak baru yang ditemukan.

Masuk ke pedalaman menuju tempat penemuan hewan-hewan tadi terbilang sulit. Tim tersebut menghabiskan waktu beberapa pekan untuk mendaki puncak setinggi 2.800 meter dengan bantuan pencari jejak lokal. Namun, begitu sampai di sana, sangat mudah untuk menemukan makhluk-makhluk tadi.
 
Hebat Indonesia, tikus ada yg hampir 1 meter, udah ga berani lagi aku...
 
lah ini mah dah lama bgt..
gw pernah nnt di discovery channel..:O
 
^
Iya nih,,takut saja kok pakai di samarin dengan kata laen..................................:)):)):))
 
wah kalau "tikus gede" ..di pemerintahan juga ada:D
 
yang hebat malah di kita ada TIKUS KANTOR haha haha ahaha haha =))=))
 
yang hebat malah di kita ada TIKUS KANTOR haha haha ahaha haha =))=))

Seperti kata Bang Iwan ya? /ho Kisah usang tikus2 kantor, yg suka berenang disungai yg kotor. /heh

eniwei... klo ketemu yg seukuran itu sih, gw kabur aja dah.... hampir 1 meter Brow. /wah
 
hmmm ngeri juga ngebayanginnya...
 
Ngeri /wah /wah tp gk mungkin ada kali yah klo di perumahan perumahan..
 
tikus kecil takut bukan main, tapi tikus gede bisa disuruh-suruh bantu kerjaan kita kali ya /heh
 
wah selain tikus, banyak juga hewan2x langka lainnya yg ditemukan disitu... mantab dah... :D
 
1 meter!!
besar nya gmn (diameternya).. jadi mirip anjing atau jadi mirip ular nih??
 
se benere sih nggak takut, tapi kalau ukuranya hampir satu meter, ya mengkeret juga nyalinya, itu sih terlalu gede, jangan2 sekali gigt, langsung rabies
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.