• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Siapakah Mbah Priok? Pembongkaran Makam Mbah Priok Rusuh

aanrusdyie

IndoForum Senior D
No. Urut
65793
Sejak
6 Mar 2009
Pesan
4.828
Nilai reaksi
353
Poin
83
1322031620X285.jpg


Jakarta: Mbah Priok telah lama tiada. Namun, bukan berarti ia tak meninggalkan apa-apa. Sebuah kenangan berupa makam dijaga masyarakat yang mengagumi Mbah Priok. Tak sedikit pula yang masih datang untuk memanjatkan doa di makam tersebut.

Siapakah Mbah Priok?

Masyarakat mengenalnya sebagai Habib Hasan bin Muhammad Al-Haddad. Cerita yang disampaikan secara turun-temurun, lelaki kelahiran Palembang, Sumatra Selatan, itu berlayar ke Pulau Jawa untuk menyebarkan ajaran Islam. Habib yang lahir pada 1727 itu mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas keagamaan lantaran terus dikejar tentara Belanda.

Akhirnya, Habib meninggal dunia. Nama Tanjungpriok muncul lantaran warga menemukan priok nasi di samping jasad Habib. Kini, makin banyak orang yang dimakamkan dekat makam Mbah Priok sehingga kawasan tersebut menjadi pekuburan umum. Dan, tak sedikit pula warga yang berziarah ke makam Mbah Priok.

86115_santri_gunakan_senjata_tajam_cegah_penggusuran_makam_mbah_priok.jpg


Kisah Habib yang menyebarkan Islam di Jakarta Utara pada abad ke-18 itu sudah di ujung halaman. Jika proses pemugaran yang dilakukan pemerintah Kota Jakut atas instruksi Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berhasil, kemungkinan makam Mbah Priok akan berubah fungsi

makam_Mbah_Priok_Jack1.JPG


Menurut cerita, Mbah Priok adalah lelaki kelahiran Palembang, Sumsel, yang menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa. Ia dikejar Belanda hingga sampai ke Tanjungpriok.


Katanya, tanah pekuburan milik PT Pelabuhan Indonesia Dua itu akan diperluas menjadi jalan tol. Disebut-sebut juga, kanal dan peti kemas siap dirikan di tempat itu. Namun, ada yang menyatakan bahwa makam tersebut bakal dijadikan taman dan monumen seluas 100 meter persegi.

Bentrok

Setelah bentrok kurang lebih satu jam, massa penentang pembongkaran makam Mbah Priok, di Koja, Jakarta Utara, mulai terdesak. Petugas Satpol PP berhasil memaksa massa mereka masuk ke areal makam.

Satpol PP: Jasad Mbah Priok Tidak Ada di Makam Itu

Kepala Satpol PP Harianto Badjoeri menyatakan, jasad Al Arif Billah Hasan bin Muhammad Al Haddad atau biasa dikenal dengan nama Mbah Priok sebenarnya sudah tidak ada di kawasan makam Mbah Priok yang dipertahankan warga. Jasad Mbah Priok telah dipindahkan ke TPU Semper.

Meski begitu, menurut Harianto, pihak Pemerintah Kota Jakarta Utara tidak bermaksud menggusur makam. "Makam ini tidak akan digusur, tetapi dipugar, dipercantik," kata Harianto di lokasi terjadi bentrok di depan makam Mbah Priok, Koja, Jakarta Utara, Rabu (14/4/2010).

Bentrok01.jpg


Harianto menegaskan, eksekusi yang dilakukan Satpol PP bukan merupakan eksekusi makam Mbah Priok, melainkan eksekusi bagi bangunan liar disekitarnya. Bangunan yang didirikan tanpa izin dari pemilik tanah itu digunakan bagi para peziarah yang ingin mengunjungi makam meskipun jasad Mbah Priok tidak lagi ada di tempat itu.

Pemindahan jasad Mbah Priok didasarkan pada putusan pengadilan yang menyatakan bahwa lokasi makam Mbah Priok merupakan tanah milik PT Pelindo II.

Bentrokan antara warga dan Satpol PP saat eksekusi makam mengakibatkan jatuhnya korban luka-luka di kedua belah pihak. Para korban hingga Selasa siang telah dirawat di RSUD Koja, Jakarta Utara. Sementara proses eksekusi masih tetap berlangsung di kawasan lahan milik PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II tersebut.

Bentrok02.jpg
 
seharian ini saya emang nonton berita rame ini di Streaming....

rame bener../heh

semoga makamnya gak jadi di Gusur./heh
 
...
kecil2 bawa clurit.. [-(
 
kalu liat di berita...
pimpinan satpol PP nya tadi bilang makamnya ga di gusur, tapi akan di bangun jadi kyak museum dan malah di pelebar...

benarkah.../wah

jgn sampe di gusur semeter pun.../pif
 
Kalau memang mau dipugar atau dipercantik, mungkin caranya yang Tidak betul.

Dengan menggunakan Satpol PP yang datang beramai-ramai dan merobohkan pagar Makam. Jelas hal ini mengundang reaksi yang keras, mengingat cara² Satpol PP selama ini dalam melakukan penertiban PKL.
Kenapa tidak berbicara dengan ahli waris dulu? Caranya kok kampungan sekali.

Harianto menegaskan, eksekusi yang dilakukan Satpol PP bukan merupakan eksekusi makam Mbah Priok, melainkan eksekusi bagi bangunan liar disekitarnya. Bangunan yang didirikan tanpa izin dari pemilik tanah itu digunakan bagi para peziarah yang ingin mengunjungi makam meskipun jasad Mbah Priok tidak lagi ada di tempat itu.
Dan di berita yang seharian ini saya lihat, tidak ada pembicaraan soal tujuan untuk membongkar bangunan liar disekitarnya. Yang ada malah Pagar beton yang dirobohkan beramai-ramai.

Dan pemukulan terhadap anak² yang jelas² diperlihatkan media televesi bukanlah perilaku manusia. Masak anak kecil ditendang beramai-ramai dengan sepatu PDL yang keras. bahkan setelah terjatuh, masih diinjak-injak juga.

Dan hati² dengan pemberitaan yang kita baca, belum tentu semuanya benar. /ok
 
PRIOK BERDARAH...

sunggu menyedihkan sekali...

:(
 
Priok kembali berdarah ..terulang kembali kasus Priok berdarah tahun 80 an
 
ya ampun.. cuma kaya gini aja ricuh yah.. kapan Indo majunya kalo rakyat sama pemerintah ga pernah sependapat.. /wah
 
Pasti ada si MARKUS tuh,,, panggil KPK wat ngusut kasus tersebut
 
turut berduka atas korban2x yg berjatuhan kemarin :(
 
knp ya setiap ada mslh sedikit lgs yg muncul kekerasan? kan jadi org yg tidak tahu apa2 malah jadi korban. lbh byk ruginya daripada untungnya. bknnya kl ribut malah kedua pihak dirugikan ya? ckckck
 
ck ck ck.....
gu juga liat...bahkan ada anak2 yg cuma numpang lewat kena amukan satpol pp /swt/swt/swt
aje gile...maen hajar aja..... g liat2 /omg
 
Hapuskan SATPOL PP sang preman BERSERAGAM /swt
 
jd yang salah siapa??
warga, satpol pp, atw pemerintah??
:D
Kalo diliat siapa yang salah, semuanya salah bro. Baik warga, pemerintah ataupun satpol pp. Seharusnya gak perlu ada bentrokan kan bisa di bicarakan baik-baik. Kalo gue denger sih, cuma bagian luar makan mau dibuat lahan hijau. itupun arah keselatan dari makam /ok
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.