• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Jual Service leptop & netbook dki jakarta. Perbaikan & perawatan

Tips cara mendiagnosa leptop/macbook nyala tapi tidak nampil

Sering kali custamer datang untuk service leptopnya yg sedang bermasalah, seperti mesin nyala normal tapi ngga ada tampilan di layar LCD nya yg ada hanya blank hitam atau putih. Biar bolak-balik di nyalain dan di biarkan sampe berjam2, tetep ngga ada perubahan. Nah dalam kesempatan ini, sy coba mengulas permasalahan kerusakan leptop seperti yg sy uraikan di atas.

Bila agan & sis mengalami permasalahan spt yg sy uraikan di atas, jgn panik dulu ya. Kl leptop agan & sis spt itu. Coba cek ramnya, kotor atau tidak, kl kotor bersihkan dgn menggunakan penghapus pencil di bagian yg warna kuning. Setelah itu, bersihkan dgn kuas atau sikat gigi ( tp jgn yg basah ya & kuas yg kotor bekas minyak, oli atau yg lainya ). Coba pasang lagi seperti biasa, dan nyalakan leptopnya spt biasa. Nampil ngga, kl msh ngga nampil. Cek dgnan menggunakan LCD lain, ada tampilan ngga, kl mash ngga nampil juga berarti chipset VGA nya yg bermasalah atau prosesornya yg bermasalah. Kl bisa bongkar & benerin sendiri yac di coba bongkar cesing leptopnya dan keluarkan montherboard dr cesing lalu cek tu VGA & prsesornya. Cb ganti prosesor dgn prosesor lain, lalu hubungkan manherboard dgn LCD ada tampilan ngga. Kl ngga cek lg. Kl ngga bisa juga jgn ambil resiko bwa ke tempat service atau beli mantherboard baru.

Oke selamat mencoba semoga bermanfaat ya.
 
Jika adaptor laptop yang berkedip ini tetap digunakan, hal ini akan sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan :
1. Baterai anda bisa mati
2. Salah satu komponen pada mainboard atau adaptor terbakar menyebabkan laptop mati total.
 
Tanda-tanda inferter rusak:
1. Biasanya lcd menjadi redup alias buram / tampilan gbr agak gelap
2. Kalau laptop kondisi hidup lcd digerakkan buka tutup gambar agak goyang / berubah.
3. Adanya panas yg tidak normal pada bagian inferter (dibawah Lcd Tertutup list casingnya)
 
Ada beberapa hal yang bisa bikin macbook & laptop mati mendadak.
Bau Asap, Kalau yang ini biasanya berhubungan dengan sumber listrik. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memeriksa sumber listrik macbook & laptop, apakah terhubung dengan arus listrik tersambung dengan adaptornya. Apabila iya, maka cepat-cepat cabut adaptornya. Lalu coba nyalakan macbook & laptop Anda dengan menggunakan baterai. Kalau menyala, masalah disebabkan oleh adaptor macbook & laptop. Barangkali adaptornya sudah dalam kondisi yang buruk. Bisa juga karena tegangan yang dikeluarkan adaptor melebihi batas kemampuan macbook & laptop sehingga menimbulkan konslet pada komponen macbook & laptop ( biasanya adaptor KW ).
 
met malam gan, monggo gan yang membutuhkan jasa perbaikan untuk macbook agan yg rusak
 
Batrey Drop atau soak
Baterai juga bisa menjadi penyebab macbook & laptop anda ngadat, hal ini sering terjadi & menjadi penyebab dalam urusan macbook & laptop yang ngadat. Jika Anda pakai baterai untuk macbook & laptop, cek suhu baterai Anda ketika macbook & laptop mendadak mati. Apa panasnya berlebihan? Jika baterai terpasang bersama dengan adaptor macbook & laptop, coba lepaskan salah satu. Jadi macbook & laptop hanya ditenagai oleh baterai atau listrik dari adaptor. Isi baterai sampai penuh lalu gunakanlah baterai tersebut untuk menyalakan macbook & laptop. Kalau baterai cepat habis dalam waktu 10 sampai 30 menit dari kondisi penuh, kemungkinan baterai macbook & laptop Anda sudah bocor. Siap-siap saja untuk beli baterai
 
Berdasarkan pengalaman dalam menangani kerusakan macbook & laptop milik custamer yang kami perbaiki. Penyebab Macbook & laptop tiba-tiba mati diantaranya :

1.Perangkat keras atau komponen elektronik yang berada didalam cash tidak pernah dibersihkan sehingga debu yang mengedap mengakibat Korosi, tersumbatnya headsink fan yang berfungsi untuk sirkulasi udara & mengakibatkan korosi.
2.Kipas processor/fan kuller yang berfungsi untuk mendinginkan Chipset VGA & Prosessor tidak berfungsi dengan baik karena disebabkan oleh debu yang menempel pada kipas.
3.Membuka aplikasi pada macbook & Laptop berlebihan sehingga beban yang diproses oleh sistem kewalahan.
4.Pemakaian terlalu lama & terus menerus
 
Cara mengatasi leptop tersambar petir



Mungkin ada di antara kita yang mengalami kejadian ini, bila saja kita mengalaminya sdh barang tentu kita akan menjadi was-was dan berasumsi yang aneh-aneh. Apalgi kalau leptop tersebut adalah leptop kesayangan kita. Tapi jangan bingung dulu, disi akan saya coba berikan beberapa langkah yang harus kita lakukan untk menyelamatkan leptop kita.

Ketika leptop tersambar petir, akan mendapatkan lonjakan arus listrik mendadak sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada rangkaian elektronic pada mobonya. Apalgi kalau port ethernet – nya masih tersambung, maka kemungkinan port ethernet tersebut sangatlah besar. Kalau hal ini terjadi, periksa dahulu apakah port masih dapat di perbaiki atau tidak tanpa harus menganti keseluruhan systeam yang ada. Anda dapat mempertimbangankan piranti yang anda gunakan untuk memeriksa port tersebut. Misalnya apakah dengan menggunakan PCMCIA Ethernet port, karena selain lebih praktis, anda juga tidak perlu membuang-buang waktu untuk memperbaikinya ke service centere atau tempat service yang ada. Berikut langkah-langkah yang harus kita ambil jika leptop tersambar petir :
1. Jangan langsung mencabut listrik yang tersambung pada perangkat anda, mengapa karena dapat mengakibatkan kerusakan pada Hard disk/hard drive, dan kemungkinan dapat merusak komponen yang lainya.

2. Shotdown komputer anda degn benar dapat memberi kesempatan pada perangkat anda untuk menyimpan setingan perangkat anda yang akan berguna untuk booting dan konfigurasi komputer. Selain itu dengan men shotdown dgn benar, akan mempersiapkan seluruh software dan hardware yang ada pada komputer Anda untuk dimatikan, sehingga tidak akan menimbulkan masalah jika nanti di nyalakan lagi. Masalah yang akan di timbulkan bila perangkat anda di matikan tanpa terlebih dahulu menshotdown adalah, hilangnya data penting untuk booting dan masalah yang terparah akan menimbulkan bad sector ataupun hdd matot tidak terditeksi oleh bios. Untuk booting anda bisa memperbaiki dengan merestore pada dos atau mengintal ulang ( inul ) windows atau OS lainya tanpa memformad HDD-nya. Langkah yang tepat untuk menshotdow leptop atau komputer sudah di ketahui oleh para pengguna perangkat yang satu ini, namun tidak ada salahnya berbagi ilmu pada yang membutuhkan ( itung-itung amal buat di akhirat nanti )
 
hari Minggu & libur, kami buka terus gan. jadi kalau mau service macbook & laptopnya pada hari Minggu atau hari libur. jangan bingung2 gan. datang aja langsung ketempat kami gan
 
Permasalahan umum yang sering dihadapi pemakai macbook & laptop adalah masalah panas. Bagaimanapun juga panas adalah musuh utama dari macbook & laptop, hampir 75 % kerusakan macbook & laptop disebabkan panas yang berlebihan. Apalagi di dalam casing macbook & laptop hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen hardwere macbook & laptop. Masalah yang sering muncul dibagian ini adalah tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink fan karena tertutup oleh debu DKK yang mengendap & kita biarkan saja tanpa pernah melakukan cleand up. Hal ini akhirnya menyebabkan panas yang seharusnya dikeluarkan, jadimasuk kembali ke dalam macbook & aptop. Akibatnya suhu di dalam macbook & laptop meningkat dari yang seharusanya diperbolehkan. Hal ini dapat menyebabkan over heating pada VGA chip, Procesor, dan komponen logigboard macbook & mainboard laptop yang lain.saran lebih baik nya si harus sering di bersihkan fancoller dan ganti termal pasta yg sudah mengering.
 
Ram yang kurang mendukung, misalnya mengalami korosi atau rusak. juga dapat mengakibatkan macbook agan saat di nyalakan ngga bisa bhoting OS atau malah blank hitam.
 
penyebab Macbook agan & sista cepat panas yaitu :
1. Termal paste yang mengering.
2. Headsink fan yang berfungsi untuk sirkulasi udara tersumbat oleh kotoran DKK.
3. fancoller yang sudah ngga persisi lagi berputarnya, bisa karena kotor atatu karena mulai aus.
solusi yang harus di lakukan :
1. ganti termal yang mengering dengan yang baru.
2. bersihkan headsink fan dari kotoran yang mengendap.
3. bersihkan fan dari kotoran, kalau mang dah rusak, gantilah dengan yang baru biar macbook & laptop agan & sista aman.
 
gunakanlah selalu part yang original untuk laptop & macbook agan. agar keamanan macbook & kenyamanan agan dalam menggunkan macbook & laptop agan ngga terganggu dengan berbagai masalah karena menggunkan part yang ngga original.
 
Ciri Kerusakan Motherboard / IC regulator Laptop

Dihidupkan agak sulit, batere tidak mau discharge, Mati Total. Indikator charger nyala, setelah dicarge lampu indikator pada charger mati (konslet). Jadi terjadi arus balik pada powernya. Kerusakan ini sering terjadi.
 
kabel Conector/fleksibel yang menghubungkan antara LCD & logicboar ( untuk macbook ) & mantherboard ( untuk laptop ) kedor atau juga rusak. dapat mengakibatkan macbook & laptop no display saat dinyalakan.
 
batrey macbook & laptop, jangan sampe kebanting atau di tindih denga benda berat. mengapa, karena akan mengurangi performa dari batrey itu sendiri, bisa terjadi hubungan pendek arus listrik, & juga bisa membahayakan chipset VGA anda.
 
Lemot saat bhoting OS
Waktu agan nyalain macbook agan & sis, kok loding & bhoting OS nya lama banget ya, bisa ampe 30 menit bahkan bisa ampe 1 jam. Hal ini bisa karena OS nya bermasalah atau hard drive nya yang bermasalah atau juga karena ram atau Logicnya. Coba bersihkan ramnya dengan menggunkan karet penghapus pencil, lalu pasang kembali, kalau ngga mau juga, coba cek dengan menggunakan hard Drive lain, normal nggak saat proses Loding & bhoting OS. Kalau dengan menggunkan Hard drive lain bisa normal, yang bermasalah bisa OS nya. Namun sebelumnya, coba hard drive agan test di unit macbook lain yang normal, kalau ngga mau juga, coba Instal ulang OS, kalau ngga mau juga, ganti Hard drive nya & install ulang OS. Kalau ngga mau juga, Bisa logicnya yang bermasalah.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.