• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Semut Mengasuh Bayi Kupu-Kupu

IEVANIESH

IndoForum Newbie A
No. Urut
27183
Sejak
2 Des 2007
Pesan
398
Nilai reaksi
15
Poin
18
Kalau anak bebek diasuh ayam atau anak kucing diasuh anjing beberapa kali kita dengar. Tapi kupu-kupu diasuh semut mungkin baru kali ini dilaporkan.

Kupu-kupu biru besar Alcon (Maculinea alcon) yang banyak hidup di daratan Eropa dan Asia Utara memiliki cara jitu agar peluang hidup calon keturunanya terjamin. Larvanya dititipkan kepada semut-semut liar yang akan menjadi pengasuhnya hingga dewasa.

Para peneliti di Denmark melaporkan, spesies kupu-kupu tersebut menurunkan larva yang lapisan terluar tubuhnya mengandung zat kimia yang juga dimiliki semut Myrmica rubra. Kupu-kupu tersebut akan meletakkan larva-larvanya di tangkai dan daun Gentian (Gentiana pneumonanthe), jenis tumbuhan semak berbunga biru.

Semut-semut Myrmica yang sering mengunjungi tumbuhan tersebut akan mengenali larva kupu-kupu sebagai kerabatnya dan mengangkutnya ke sarang koloninya. Larva kupu-kupu akan memperoleh asupan makanan yang sama dengan anak-anak semut sampai dewasa dan keluar meninggalkan ’orangtua asuhnya’ itu.

Temuan tersebut dilaporkan tim peneliti yang dipimpin David R. Nash dari Universitas Kopenhagen dalam jurnal Science edisi terbaru, Kamis (3/1). Mereka menambahkan, kupu-kupu Alcon yang tinggal di luar Eropa juga memanfaatkan spesies semut jenis lainnya untuk menitipkan larvanya.

Kompas
 
wew. . . . .
semutnya baeq ya???
xixixixixi... /heh

btw,
ga ada gambarnya ya kk??? /sob
 
Kalo hewan aja bisa kayak gitu, napa kita gak?tanya kenapa? /?

cc Jessica pingin diasuh akang gak...? /heh/heh/heh

picnya masih googling lom nemu
 
wew... /omg


hmm...
aq pengen tuh jd babysitter...
biz bayi-bayi khan luthu...
kyaaa... >_<


btw,
fotonya cepetan donk... /ok
pengen liad... /wah
 
wow kerukunan sesama makhluk hidup nih perlu d tiru ama manusia /gg /gg /gg /gg
 
lebih baik kalo anak diasuh sendiri ama ortunya ...
 
Hewan aja yang mikirnya pake Insting bisa kaya gitu

Masa manusia nga bisa ???
 
klo orang tuanya ga mau ngasuh ya udh orang lain aja yang nagsuh lebih baik daripada d bunuh ama orang tua sendiri /e4 /e4 /e4 /e4
 
/hmm
baru tau gw kalo ada kupu2 yang pinter begini..
Setau gw selain kupu2 ini ada juga hewan yg suka nitipin anaknya buat diasuh sama hewan lain.
Burung apa gitu namanya.. (lupa gw :D hehe)
Setiap dia mau bertelur, dia pergi ke sarang burung lain yg ukurannya lebih kecil daripada dia.
Terus telur asli burung lain itu dijatuhkan sama si burung yg "jahat" itu dan ditukar dengan telurnya sendiri.
Setelah telur si burung "jahat" itu menetas dan beranjak dewasa, anak si burung "jahat" itu terus mendapat asupan makanan dari "emak tiri"nya.
Padahal semakin lama ukuran anaknya jauh lebih gede daripada ukuran "emak tiri"nya. hehehe

Ada yg punya artikelnya gak??
Kalo ada tolong dipost doonk..
 
ya itulah hebatnya insting nya hewan... agar mereka bisa tetap hidup coba bedain sama manusia yang cuma bisa saling membunuh...
 
klo manusia mah g amenguntungkan langsung aja sikat /e4 /e4 /e4 /e4
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.