• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Sang Anak, Lebih Pintar di Bawah Bimbingan Ayah

magnum

IndoForum Activist C
No. Urut
1320
Sejak
27 Mei 2006
Pesan
14.143
Nilai reaksi
417
Poin
83
Sang Anak, Lebih Pintar di Bawah Bimbingan Ayah

Sebuah kesimpulan hasil penelitian terbaru di Amerika menunjukkan bahwa sang anak yang dibimbing hingga dewasa oleh ayahnya, kecerdasannya akan sedikit lebih tinggi, mereka akan memperoleh prestasi yang lebih baik di sekolah, dan lebih mudah berhasil di masyarakat.

Setelah ahli menelitinya berpendapat, bahwa ayah mempunyai karakter yang lebih keras dalam segi mendidik anak. Dalam hal membina watak atau mutu pada anak, dan mengembangkan bakat-bakat dalam segi apa saja, dalam benak ayah umumnya mempunyai rencana. Harus bagaimana, dan prasyarat apa saja yang diperlukan, adalah lebih jelas dan terarah, sedangkan ibu agak kurang dalam segi-segi terserbut. Mayoritas sang ibu mempunyai harapan yang agak tinggi terhadap anak, namun dalam pendidikan secara nyata, sang ibu acap kali menunjukkan rancangan yang semu.

Dilihat dari isi pendidikan, dalam penyampaian wawasan pengetahuan, dan dari segi wawasan pengetahuan umumnya pengetahuan sang ayah lebih luas dibanding ibu, lagi pula dalam sejarah, ilmu bumi, dan filsafat, sang ayah selalu lebih cakap dibanding ibu.

Oleh sebab itu, yang semakin banyak diceritakan sang ayah pada anak adalah kisah tentang sejarah, adat istiadat berbagai daerah, tokoh pahlawan dan lain sebagainya. Sebaliknya seorang ibu, biasanya hanya menceritakan kisah dongeng pada si anak, dan mengenai cerita yang berkaitan tentang sejarah, ilmu bumi dan filsafat agak kurang diceritakan, dan ini dalam membuka medan penglihatan maupun pengetahuan secara luas pada anak akan kurang baik.

Dalam membimbing kebiasaan hidup sehari-hari, ayah mendidik anak harus mandiri dan tegas, memiliki mental yang berani dan jiwa petualangan. Mereka (sang ayah) menyuruh si anak turut serta memperbaiki peralatan elektronik rumah yang simpel, dan menyuruh si anak agar berani belajar naik sepeda, membawa mereka mendaki gunung, lomba lari. Sedangkan ibu selalu hanya berpikir melindungi si anak, dan ketika si anak mengikuti beberapa program yang mengandung risiko serta suatu hal yang rumit, mereka (sang ibu) selalu merasa cemas atau khawatir si anak tidak hati-hati akan mengalami celaka, atau kelelahan.

Disimak dari pola pendidikan, umumnya ayah akan mendorong semangat si anak untuk berpikir dan mengerjakannya sendiri, sedangkan ibu lebih suka membantu si anak mengerjakan hal yang dapat mereka kerjakan sendiri. Tuntutan irasional yang dikemukakan ayah terhadap si anak, umumnya lebih keras dalam bersikap, sedangkan ibu acap kali lemah lembut. Apabila ayah membawa si anak berjalan-jalan, benda seprerti makanan kecil jarang dilihat, sebaliknya kalau sang ibu membawa si anak jalan-jalan, yang sering dilihat makanan itu.
 
lebih pintar dibawah bimbingan ayah, tp lebih memiliki kasih sayang di bawah bimbingan ibu
 
Pintar tanpa kasih sayang percuma,Kasih sayang tanpa kepintaran jg percumaa... yaaa dua²nya aja degh :D :D
 
Kasih sayang boleh, tp jngn tlalu blebihan..
 
soalnya kadang2 kan ibu biasanya galak.....yah harus bergantian atau bersamaan.....
 
waw gw selalu ma bokap gw, habis kl diajak ngomong nyambung sih trus ga paranoid,trus dibebasin ber apa aja yang positif, tapi dibebankan tanggung jawab, berani berbuat ya harus berani tanggung jawab.
 
wah micro kan jago berarti micro jadi bukti nya dong /heh
 
tapi tergantung juga ibunya kek apa.... temen gw aja yg ibunya galak banget belajarnya dipaksa abis abisan biar masuk ranking 1...
 
tp kalo bapak nya yg ngajarin kayaknya ebda bangget,rasain deh....
 
ayah gw galak & pelit deh...!!!! tapi gw berterimah kasih banget sesudah bisa mikir apa yang dia ajarin ke gw :D

umur 17 tahun dah ga di kasih jajan T_T cukup uang transport ke sekolah doang.. mau??? nyari sendiri.. mau ga mau nyari sendiri..... kadang2 sih dikasih ama nyokap sembunyi2... tapi gw bisa ceept sadar bahwa
DUIT ITU SUSAH DICARI!!!!!!
 
sebenernya kalo di sini lebih parah orang bule,
anak 17 thn di suruh cari kos sendiri,tp banyak anak muda yg kerja di McDonald,toko2 karena gaji nya rata2 sama dan mencukupi,makan banyar sendiri,semuanya sendiri.....
 
masa ch bro??? perasaan tergantung anaknya aja kalau rajin belajar pasti pinter ato setidanya nggerti gt bro
 
Bokap gw dulu ngajarin dgn sifat terbuka dan gak memaksa...
so gw cuman merasa di didik ama pengalaman...
Masa Lalu gw berantakan sebelum kuliah...

tapi gw menarik benang merah sesuatu gw rasakan dari bokap,
"Bijaksana dan Tanggung Jawab, dgn keadaan"
so
"Sang Anak, Lebih Pintar di Bawah Bimbingan Ayah",
gw rasa benar...
soalnya ama Bokap, terasa lebih Survive gitu...
 
klo gw di rumah cenderung lebih individu
gw ga terlalu deket ma bokap ato nyokap gw
krn bokap gw itu org ny bisa di bilang pendiam bgt
klo nyokap gw lumayan bawel
tp waktu kecil bokap emank mendidik gw cukup keras
terutama dlm bahas inggris,skrg gw bisa mrs kan hasil ny deh /kis
 
Ah, nggak juga tuh...
Jujur didikan ibu gw lebih keras daripada ayah gw (soalnya, ayah gw lbih sabaran dan nggak pakai kekerasan. Kalau ibu... jangan ditanya deh...)
 
Oh... Gitu, ya... Baru tau... Tapi kalo dididik dengan keras tanpa kasih sayang akibatnya juga ga baik, kan...?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.