• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Roy: Rekaman Itu Perlu Dibuktikan Keasliannya

Nemesis

IndoForum Activist E
No. Urut
55724
Sejak
26 Okt 2008
Pesan
9.732
Nilai reaksi
503
Poin
113
204015p.jpg


Pakar telematika Roy Suryo mengatakan, rekaman dugaan kriminalisasi Komisi Pemberantasan Korupsi yang diputar pada sidang uji materi UU No 30/2002 tentang KPK di Mahkamah Konstitusi, Selasa (3/11), perlu diuji oleh ahli akustik dan ahli bahasa.

"Ahli akustik akan menguji apakah ada inserting atau tambahan suara lain dalam rekaman tersebut. Ahli akustik juga akan menguji apakah ada proses editing parsial ataupun menghilangkan suara yang seharusnya ada," ujar Roy kepada para wartawan.

"Sementara itu, ahli bahasa akan menganalisis arah pembicaraan dalam rekaman tersebut. Misalnya, nama Ritonga, Susno, dan Wisnu disebut-sebut dalam rekaman itu. Apakah benar nama-nama yang dimaksud itu pejabat publik. Ahli bahasa akan menganalisis makna kalimat dan arahnya mau ke mana," tambah Roy.

Roy sendiri memuji pemutaran rekaman tersebut. "MK tidak hanya sekadar memutarkan audionya, tapi juga datanya, seperti tanggal, kronologis, dan penjelasan kontekstualnya. Ini menunjukkan transparansi," kata Roy.

Roy mengatakan, waktu pengujian ini tidak memakan waktu lama. Saat ini, lanjutnya, universitas-universitas negeri telah memiliki laboratorium yang memadai dan ahli-ahli di bidang akustik dan bahasa.


Sumber

----------------------------------------------------------------------------
:-@:-@
2qiwah3.gif
 
^
Komennya kocak ini, wkwkwk

ini Roy suryo jadi agak pendiam setelah di banyak di caci di internet...
 
iya nich biasanya ga adem2 gini..............
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.