jungkiwenas
IndoForum Newbie F
- No. Urut
- 57138
- Sejak
- 15 Nov 2008
- Pesan
- 13
- Nilai reaksi
- 0
- Poin
- 1
kiprok ini dibuat khusus untuk penggunaan listrik besar, mencharge aki supaya tidak tekor klo menggunakan aksesoris bermacam2...
khususnya untuk memuaskan kalangan penguna lampu HID dan projector HID di motor.
http://www.******.us/showthread.php?t=1456079
http://www.******.us/showthread.php?t=1286785
kiprok buat ubah kelistrikan motor menjadi fullwave, sehingga pengisian ke aki menjadi cepet mecegah pemakaian hid menjadi tekor.
siap buat angkat 2 hID seperti dimotor nouvo, vario, dll ato balast tebel watt gede 45watt, 55watt, 65watt*
bisa untuk semua motor, barang ini dijual bebas tidak harus paketan dengan lampu HID yg sy jual di thread http://www.******.us/showthread.php?t=1286785
tersedia 3 step, ini barang rakitan dan hasil karya sendiri..dengan menerapkan ilmu yg didapet dr perkuliahan, chasing kiprok tahan air dan tahan panas jd ga perlu khawatir rusak. seiring dengan berjalan waktu pasti ada perkembangan dr alat ini, dan butuh input dr user2 yg menggunakan kiprok ini, mohon input kekurangan dan kelebihannya
step 1------- plug n play
step 2 ------ kiprok asli diganti dengan regulator/kiprok ini, bisa angkat balast 65watt* ato 2 buah lampu hid. + tambahan aksesoris laennya klakson stebel dll
step 2+ ----- kiprok yg bisa diadjust output tegangannya sesuai keinginan dan kebutuhan.
step 3 ----- switching regulator, kiprok yg dibuat memaanfaatkan switching regulator, (smart regulator)
tegangan kerja tetep 13,8 volt yg diatur adalah curent charging, jadi amper pengisian ke aki variable tergantung kebutuhan.
untuk pemakaian kiprok step 2 sebaiknya aki yg digunakan aki basah supaya charge dan discharge bisa maksimal
klo penggunaan aki kering kurang baik karena, kebanyakan charger aki kering dengan microcontroler system charge berupa pulse, tidak continue.
contoh spul bawah yg dibongkar
lingkaran merah adalah ground spul yg aslinya nempel ke body kumparan (keren), untuk supaya bisa fullwave kabel ground diangkat disambung dengan kable langsung disambung ke ground kiprok. dr kolerasi rangkaian power suply ke spul kelistrikan motor lingkaran merah adalah titik A.
spul satria fu
ground spul harus diangkat dr blok mesin, kemudian disambung kabel untuk langsung masuk ke kiprok.
dr hasil uji coba di mio max spul kawat mio bisa memberikan arus max 6 amper, arus keluaran ini semua bervariasi di tiap2 motor tergantung besarnya kwat spul di motor.
dalam prakteknya output voltage dr regulator 16 volt kalau keluaran ampernya kecil misalnya untuk menyalakan balast 65watt, dari spul hanya sanggup supply 3 amper hasilnya akan tetep tekor. kecuali spul di gulung ulang dengan kawat lebih besar dengan metoda yg bener tanpa menggurangi jumlah lilitan
tes kiprok step 2 di motor yamaha mio.
tegangan output dr kiprok mencapai 16volt dan saat dibebankan lampu hid idle jg bisa 14 volt
arus pengisian ke aki mencapai 6 amper
lampu HID dengan balast tebel bisa nyala tanpa aki jadi supply langsung dr kiprok
thanks
contact call jungkiwenas 081806552190
ym! jungkiwenas
khususnya untuk memuaskan kalangan penguna lampu HID dan projector HID di motor.
http://www.******.us/showthread.php?t=1456079
http://www.******.us/showthread.php?t=1286785
kiprok buat ubah kelistrikan motor menjadi fullwave, sehingga pengisian ke aki menjadi cepet mecegah pemakaian hid menjadi tekor.
siap buat angkat 2 hID seperti dimotor nouvo, vario, dll ato balast tebel watt gede 45watt, 55watt, 65watt*
bisa untuk semua motor, barang ini dijual bebas tidak harus paketan dengan lampu HID yg sy jual di thread http://www.******.us/showthread.php?t=1286785
tersedia 3 step, ini barang rakitan dan hasil karya sendiri..dengan menerapkan ilmu yg didapet dr perkuliahan, chasing kiprok tahan air dan tahan panas jd ga perlu khawatir rusak. seiring dengan berjalan waktu pasti ada perkembangan dr alat ini, dan butuh input dr user2 yg menggunakan kiprok ini, mohon input kekurangan dan kelebihannya
step 1------- plug n play
step 2 ------ kiprok asli diganti dengan regulator/kiprok ini, bisa angkat balast 65watt* ato 2 buah lampu hid. + tambahan aksesoris laennya klakson stebel dll
step 2+ ----- kiprok yg bisa diadjust output tegangannya sesuai keinginan dan kebutuhan.
step 3 ----- switching regulator, kiprok yg dibuat memaanfaatkan switching regulator, (smart regulator)
tegangan kerja tetep 13,8 volt yg diatur adalah curent charging, jadi amper pengisian ke aki variable tergantung kebutuhan.
sedikit logika tentang power suply apa itu half wave dan full wave.
pic 1 rangkaian power supply half wave tanpa regulator
pic 2 rangkaian power supply full wave tanpa regulator, hasil signal blom DC murni masi terdapat riple
pic 3 rangkaian power suply korelasi dengan spul kelistrikan motor tipe halfwave tanpa regulator.
R1 adalah aki motor, R2 adalah lampu. ground titik A, terlihat bahwa ground AC dan ground DC half wave kecampur. dengan kata laen ground aki - dan ground lampu sama. ground DC dan AC sama disebut dengan earth.
untuk pemasangan kiprok step 2, step 2+ dan step 3. ground DC dan ground AC harus dipisah. jadi tidak ada earthing dimotor, hanya ada 1 ground yaitu ground DC
untuk motor2 tipe tertentu harus buka bak magnet/spul bawah untuk memisah kan kabel ground tersebut, tetapi ada jg motor tertentu yg kabel groundnya sugah terpisah berarti untuk memasang kiprok step 2, step 2+ dan step 3 tinggal colok aja.
korelasi lengkap dr power suply ke spul kelistrikan motor step 2/+ dan step3
R1 = aki, R2= lampu.
titik A adalah ground AC, titik A' adalah ground DC murni teregulasi.
jadi terlihat bahwa ground AC dan DC tidak ketemu, ground AC hanya ada di input kiprok, seluruh rangka motor adalah ground DC, lampu motor (R2) jg mendapat ground DC
yg sy design disini adalah regulator sebagai cutoff tegangan output dr spul bawaan motor. terdiri dari step 1, step2/+, step 3.
seandainya tidak memakai regulator output tegangan tidak bisa dikontrol, karena tegangan bisa melonjak mencapai 80volt pada saat di geber, jika aki di charge 80volt namanya bikin bom dipantat sendiri
step 1 plug n play, cut off voltage tetap pake kiprok standart yaitu sekitar 12,8 volt, max 1,8amper charging.
harus memisahkan ground
step 2 cut off voltage max 16 volt, current charging max 10 amper transisiton time 1/4detik.
step 2+ cut off voltage bisa di adjust max 16 volt, max input current 10 amper, seperti kita ketahui hukum ohm tegangan= arus x tahanan.
pada saat proses charging, kita anggap tahanan dalam aki tetap 1ohm, tegangan naek 1 volt maka arus pengisian akan naek 1 amper, dengan bisa diadjust cut off voltage berarti kita bisa nentukan mau brp amper arus yg diisi ke aki.
aplikasi misalnya saya pake balast 35watt idle cuurent sekitar 3,5amper tentu kita adjust arus pengisian ke aki 3-4amper
step 3 pake system switching regulator fix cut off voltage 13,8volt max 14volt transition 1/4detik
charging current variable tergantung beban. bukan seperti step2 yg tergantung RPM mesin. dan step 2+ tergantung adjusting
pic 1 rangkaian power supply half wave tanpa regulator
pic 2 rangkaian power supply full wave tanpa regulator, hasil signal blom DC murni masi terdapat riple
pic 3 rangkaian power suply korelasi dengan spul kelistrikan motor tipe halfwave tanpa regulator.
R1 adalah aki motor, R2 adalah lampu. ground titik A, terlihat bahwa ground AC dan ground DC half wave kecampur. dengan kata laen ground aki - dan ground lampu sama. ground DC dan AC sama disebut dengan earth.
untuk pemasangan kiprok step 2, step 2+ dan step 3. ground DC dan ground AC harus dipisah. jadi tidak ada earthing dimotor, hanya ada 1 ground yaitu ground DC
untuk motor2 tipe tertentu harus buka bak magnet/spul bawah untuk memisah kan kabel ground tersebut, tetapi ada jg motor tertentu yg kabel groundnya sugah terpisah berarti untuk memasang kiprok step 2, step 2+ dan step 3 tinggal colok aja.
korelasi lengkap dr power suply ke spul kelistrikan motor step 2/+ dan step3
R1 = aki, R2= lampu.
titik A adalah ground AC, titik A' adalah ground DC murni teregulasi.
jadi terlihat bahwa ground AC dan DC tidak ketemu, ground AC hanya ada di input kiprok, seluruh rangka motor adalah ground DC, lampu motor (R2) jg mendapat ground DC
yg sy design disini adalah regulator sebagai cutoff tegangan output dr spul bawaan motor. terdiri dari step 1, step2/+, step 3.
seandainya tidak memakai regulator output tegangan tidak bisa dikontrol, karena tegangan bisa melonjak mencapai 80volt pada saat di geber, jika aki di charge 80volt namanya bikin bom dipantat sendiri
step 1 plug n play, cut off voltage tetap pake kiprok standart yaitu sekitar 12,8 volt, max 1,8amper charging.
harus memisahkan ground
step 2 cut off voltage max 16 volt, current charging max 10 amper transisiton time 1/4detik.
step 2+ cut off voltage bisa di adjust max 16 volt, max input current 10 amper, seperti kita ketahui hukum ohm tegangan= arus x tahanan.
pada saat proses charging, kita anggap tahanan dalam aki tetap 1ohm, tegangan naek 1 volt maka arus pengisian akan naek 1 amper, dengan bisa diadjust cut off voltage berarti kita bisa nentukan mau brp amper arus yg diisi ke aki.
aplikasi misalnya saya pake balast 35watt idle cuurent sekitar 3,5amper tentu kita adjust arus pengisian ke aki 3-4amper
step 3 pake system switching regulator fix cut off voltage 13,8volt max 14volt transition 1/4detik
charging current variable tergantung beban. bukan seperti step2 yg tergantung RPM mesin. dan step 2+ tergantung adjusting
kiprok step 3, kiprok step2, kiprok step1
kiprok step 3, 2 input dr spul; massa spul dan kabel kuning dr spul.
kiprok step 2, 3 input dr spul; massa spul, kabel kuning, dan kabel putih.
step 1, 1 input dr spul; kabel warna putih.
untuk harga step 1 dan 2 200rb, step 3 350rb
untuk pemakaian kiprok step 2 sebaiknya aki yg digunakan aki basah supaya charge dan discharge bisa maksimal
klo penggunaan aki kering kurang baik karena, kebanyakan charger aki kering dengan microcontroler system charge berupa pulse, tidak continue.
contoh spul bawah yg dibongkar
lingkaran merah adalah ground spul yg aslinya nempel ke body kumparan (keren), untuk supaya bisa fullwave kabel ground diangkat disambung dengan kable langsung disambung ke ground kiprok. dr kolerasi rangkaian power suply ke spul kelistrikan motor lingkaran merah adalah titik A.
spul satria fu
ground spul harus diangkat dr blok mesin, kemudian disambung kabel untuk langsung masuk ke kiprok.
dr hasil uji coba di mio max spul kawat mio bisa memberikan arus max 6 amper, arus keluaran ini semua bervariasi di tiap2 motor tergantung besarnya kwat spul di motor.
dalam prakteknya output voltage dr regulator 16 volt kalau keluaran ampernya kecil misalnya untuk menyalakan balast 65watt, dari spul hanya sanggup supply 3 amper hasilnya akan tetep tekor. kecuali spul di gulung ulang dengan kawat lebih besar dengan metoda yg bener tanpa menggurangi jumlah lilitan
tes kiprok step 2 di motor yamaha mio.
tegangan output dr kiprok mencapai 16volt dan saat dibebankan lampu hid idle jg bisa 14 volt
arus pengisian ke aki mencapai 6 amper
lampu HID dengan balast tebel bisa nyala tanpa aki jadi supply langsung dr kiprok
thanks
contact call jungkiwenas 081806552190
ym! jungkiwenas