• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Rahasia Ciptakan Kreativitas

pinnacullata

IndoForum Activist C
No. Urut
24506
Sejak
24 Okt 2007
Pesan
13.034
Nilai reaksi
224
Poin
63
Jika perusahaan tempat Anda bekerja memiliki daftar inventaris berharga yang tersembunyi, Anda mungkin perlu mengambil langkah besar untuk menemukannya.

Inventaris yang dimaksud dapat berupa ide-ide besar yang terpendam di dalam pikiran para pegawainya. Salah satu cara paling efektif untuk mencapai informasi ini adalah dengan mengatasi masalah-masalah atau meneliti pendekatan khusus dalam melakukan bisnis, dan dengan mengadakan sesi brainstorming yang kreatif secara berkala.

Sesi brainstorming memiliki sasaran ide generasi yang datang dari proses kreatifitas. Kreatifitas merupakan ketrampilan yang dapat dipelajari. Kreativitas merupakan kekuatan berpikir lateral (satu sisi) - dengan menggunakan ide yang muncul di saat sedang mandi, mengamati tempat bermain, atau menghubungkannya dengan iklan yang Anda lihat di halte bis.

Selanjutnya, sorang manajer sumber daya dari suatu perusahaan sebaiknya menempatkan dirinya sebagai humas juga pengelola kreatif dalam usaha membantu mengembangkan pendekatan baru, dan kreatif demi kelancaran dan perkembangan perusahaannya.

Sesi brainstorming ini dilaksanakan terhadap semua pegawai di dalam perusahaan termasuk para klien. Brainstorming digunakan sebagai cara untuk mengembangkan produk-produk baru, menarik pegawai baru yang berbakat, mengatasi masalah-masalah khusus, dan menemukan cara-cara baru dalam melakukan pendekatan terhadap sejumlah tantangan dan tugas.

Pada saat mengadakan brainstorming perlu untuk tetap mempertahankan tipe kepribadian. Ada tipe kepribadian yang dapat mencetuskan ide orisinal, ada yang dapat menggambarkan kesejajaran berbagai ide dengan lebih baik, atau ada yang mengungkapkan idenya melalui tulisan atau gambar dan tak bisa melakukannya pada diskusi kelompok.

Perbedaan-perbedaan ini tampak jelas terlihat pada pegawai yang memiliki karakter introver dan ekstrover. Si ekstrover akan lebih terbuka dalam mengungkapkan pendapatnya sementara si introver akan lebih tertutup. Perlu kepekaan menghadapi kedua tipe karakter yang sangat bertolak belakang ini.

Manfaatkan Beragam Ide
Perusahaan dapat memanfaatkan berbagai tipe orang berbeda untuk mendapatkan perspektif baru. Namun, perlu berhati-hati pada pegawai yang sangat dinamis, karena perusahaan tentu tak ingin pendapat satu orang menguasai rapat.

Perusahaan perlu memberi kesempatan kepada setiap pegawai, dari berbagai bidang keahlian yang berbeda, untuk memberi idenya ke meja rapat demi menciptakan program inovatif bagi kliena. Dan sesi brainstorming sebaiknya disertai sejumlah latihan agar dapat menyocokkan berbagai kepribadian. Latihan dapat menggunakan mainan dan daftar, untuk mendapatkan ide baru yang kreatif dari setiap pesertanya.

Ingat, rasa takut dapat menjadi hambatan terbesar dalam berpikir kreatif. Jika di dalam satu sesi terdapat pegawai resepsionis dan pemimpin perusahaan, pegawai resepsionis tentu takut tampak bodoh di depan pemimpin perusahaan. Maka, harus ada cara untuk menciptakan lingkungan di mana pegawai resepsionis merasa mendapat dukungan dan nyaman saat mengutarakan pendapatnya.

===========
sumber: nova
 
Banyak kepala kan lebih baik dari satu kepala....
 
Wahhh.. artikelnya bagus dan membuat sebuah ispirasi..:)
 
Menarik juga nich artikelnya, sangat menambah wawasan dan menantang kreativitas,hehe...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.