• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Penemuan Ular Terkecil Banyak Dicibir

magnum

IndoForum Activist C
No. Urut
1320
Sejak
27 Mei 2006
Pesan
14.143
Nilai reaksi
417
Poin
83

SAN JUAN, SELASA — Berita mengenai penemuan ular terkecil di dunia tidak hanya mendapat tanggapan miring dari pembaca Kompas.com, tapi juga dari sejumlah pembaca di luar negeri. Mereka mencibir temuan spektakuler yang segera menyebar melalui halaman blog dan siaran radio.

Rata-rata pembaca akan berkomentar bahwa ular tersebut bukanlah hal yang luar biasa. Beberapa mengatakan pernah bahkan sering melihatnya di sekitar rumah, terutama saat mereka masih kecil.

"Yang gituan mah ga aneh, kami di Jawa Barat (Tasikmalaya) sering menyebutnya Orang Taneuh (Ular Tanah). Jadi bukan penemuan baru tapi baru pada tau aja tu bule...," tulis komentar dengan nama Denny. Pembaca yang mengaku dari Semarang, Garut, Sumedang, dan Depok juga mengaku pernah melihatnya.

Komentar senada ternyata juga datang dari warga Pulau Barbados sendiri. Bahkan, komentar tersebut lebih pedas lagi.

"Bagaimana nggak gila, orang itu datang ke sini dan menamai ular tersebut dengan nama istrinya?" ujar Margaret Knight, salah satu penulis di blog Barbados Free Press. Ular yang ditemukan S Blair Hedges dari Pennsylvania State University itu memang diberi nama Leptotyphlops carlae yang diambil dari nama istrinya, Carla.

Hedges mengakui bahwa ular yang hanya tumbuh tak lebih dari 10 cm tersebut mungkin memang bukan spesies langka. Ia juga memahami mengapa penduduk Barbados marah karena sudah biasa melihatnya.

Namun, secara ilmiah, ular tersebut belum pernah dideskripsikan dan Hedges adalah orang pertama yang melakukannya sehingga dia memiliki hak untuk menentukan nama ilmiahnya. Hasil analisis genetika yang dipublikasikannya dalam jurnal Zootaxa juga menunjukkan bahwa spesies tersebut belum pernah tercatat.

Ia mengatakan, kebanyakan spesies baru sebelumnya memang sudah diketahui oleh penduduk lokal. Bahkan, ia sendiri menggunakan sampel spesies yang diambil tahun 1889 dan 1963 untuk membandingkan sifat genetik ular tersebut.

Sebagai pakar biologi evolusi, Hedges sangat teratrik pada hewan-hewan berukuran kecil. Sebelumnya, ia dan timnya juga menemukan kadal terkecil di dunia di Republik Dominika dan katak terkecil di dunia di Kuba.

Nah, dengan kejadian ini seharusnya kita sadar bahwa banyak kekayaan alam yang selama ini kita abaikan begitu saja.


Kode:
KCM
 
wakakakkakaka biasalah klo udh kayak gitu mencibir semua emankmereka bisa menemukan /heh
 
hihihih di indo ternyata juga ada toh ...
 
wee.... gw pernah nangkap tuh trus masukin plastik n main" hahaha.
pertama sie kirain cacing n sekarang baru tau itu ular swt dah.
 
ular apa cacing ?? /omg..

kaya nya pernah liat deh yang kaya gitu di deket rumah

di daerah yang banyak lumut ...
 
yah tuh bule sih namanin pke nama istirnya.. coba dinamain nam negra tersebut seperti Leptotyphlops Barbadosinus masi mending
 
yg penting dilihat aja kelengkapannya Administrasinya ..he..he..kalau cacing pingin jadi ular itu khan ada syarat-syaratnya...
 
@atas gw..

ah "uler" gw gak punya lidah...Tapi punya "bisa"...

"bisa" bikin cewe2 ketagihan...
/gg



wah itu ular toh??
gw kira cacing...
di rumah gw banyak....
/heh
 
swt kaya cacing gitu ternyata ular /swt
 
ular ada mulut ny kan yah bisa mangap?lucu jga tuh segede cacing gtu bisa mangap mulut ny
 
Saya nemuin Bu RT di IF... mau saya kasi nama apa yah? ada usul?.... wekekekekeke
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.