• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Meteor Jatuh di Bali

Ajido-Marujido

IndoForum VIP: The Special One
No. Urut
10016
Sejak
31 Des 2006
Pesan
4.809
Nilai reaksi
144
Poin
63
sm1meteor3epswq8.jpg


METEOR JATUH: Seorang warga di dekat lubang yang diduga bekas jatuhnya meteor di areal persawahanBanjar Gelumpang, Sukawati, Gianyar, Bali, Rabu (2/1).

DENPASAR - Sebuah benda yang diperkirakan meteor jatuh di persawahan di Banjar (dusun) Kelumpang, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Kejadian itu menghebohkan warga setempat. Di tempat tersebut ditemukan kubangan sedalam sekitar 30 centimeter dan diameter satu meter, yang diduga sebagai tempat jatuhnya meteor.

Kejadian berawal Rabu (2/1) sekitar pukul 01.00 Wita. Sejumlah warga melihat kilatan cahaya dari langit menghunjam ke bumi, disertai bunyi ledakan. Petugas Polsek Sukawati pada pagi harinya hanya menemukan tiga butir batu seukuran biji kacang di kubangan itu. Benda itu kini diamankan di Mapolsek untuk keperluan penelitian lebih lanjut.

Pengamat astronomi Bosscha Lembang, Hendro Setyanto mengatakan, benda yang jatuh itu kemungkinan besar adalah meteor. Benda langit tersebut lolos dari gesekan atmosfer. "Dari gambaran warga, kemungkinan besar batu itu adalah meteor yang jatuh ke bumi. Meski sebesar kelereng, akan menimbulkan getaran dan bunyi ledakan," ujar dia.

Menurut Hendro, batu meteor yang berhasil masuk ke bumi, pada umumnya dari unsur logam atau batu yang sangat keras. Sebab, rata-rata habis di atmosfer karena gesekan. "Bumi kita dilindungi oleh atmosfer. Semua benda langit yang masuk ke bumi, akan melewati lapisan atmosfer."

Dia mengatakan, setiap malam puluhan batu meteor masuk ke bumi, namun ukurannya kecil-kecil dan jarang sekali sampai ke bumi. Bila batu meteor berhasil masuk ke bumi, kata dia, itu luar biasa. Hendro menegaskan, jatuhnya meteor ke bumi bukan pertanda apa-apa. Itu hanya peristiwa rutin. "Tapi sebagian masyarakat menganggap ini berkah, tapi itu sih terserah," ujarnya.

Dr Thomas Djamaluddin, peneliti utama astronomi-astrofisika LAPAN Bandung juga menduga benda yang jatuh di Gianyar, Bali, adalah meteor. "Kemungkian benar meteor yang jatuh. Tetapi hubungan antara lubang besar, suara ledakan, dan 3 batu hitam kecil belum bisa saya simpulkan. Saya perlu informasi kondisi tanahnya," ujar dia.

Thomas juga menduga ada batu meteorit yang lebih besar yang masuk ke dalam tanah (kalau tanahnya agak lunak) atau ada lebih banyak pecahan batu meteorit di sekitar lokasi. "Kasus serupa pernah terjadi di Pontianak April 2003 dan ada staf LAPAN Pontianak yang ikut menyaksikan lokasi jatuhnya meteor sebesar kelapa yang bisa diambil dari dalam tanah yang lembek," kata Thomas.

sumber: http://suaramerdeka.com/harian/0801/03/nas05.htm
 
masa kalo cuma segede kacang kok diameternya bisa sampe 1 meter???
 
mungkin efek dari batu2 meteor itu, lagian itu batu2 gak jatuh dari ketinggial sepuluh ribuan meter, mungkin berjuta meter ato bahkan bisa sampe ratusan juta..
 
koq d bawa k Mapolsek sih/?
gk k badan yg ngurus in fenomena alam luar angkasa...
 
uda tanda2 tuh..

akhir2 ini indonesia banyak dilanda bencana

kenapa yahhhhhhhhhhhhhhhhhh

tuhan uda ga sayang ma bangsa ini kale yak?

^_^
 
kali aja batu akik
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.