• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Mengenal Penyakit Tradisional 'masuk Angin'

jozz78

IndoForum Newbie A
No. Urut
182671
Sejak
10 Sep 2012
Pesan
337
Nilai reaksi
0
Poin
16
es_2012_08_1343817216757573671-2895411511009751759_jpg.png

Apakah penyakit masuk angin itu hanya ada di Indonesia, dan tak terjadi di luar negeri? Mengapa demikian? Selain itu, mengapa masuk angin juga menyebabkan sakit perut, walau jarang makan yang aneh-aneh?

Menurut Prof.Dr.dr. Purwantyastuti. M.SC.SpFK, masuk angin adalah sebutan bagi sekumpulan gejala yang pemicunya berbeda-beda. Ini memang penyakit tradisional Indonesia dan tidak ditemukan di negara lain. Dengan kata lain, masuk angin adalah bagian dari budaya Indonesia, seperti halnya obat tradisional. Penyakit ini sudah ada di Indonesia lebih dari tiga generasi, dan dapat diobati secara tradisional pula, yakni dengan cara minum jamu atau kerokan. Kedua cara tersebut dianggap bisa memberikan rasa hangat dan nyaman pada tubuh yang kemasukan angin.

Mengenai sakit perut yang terjadi saat masuk angin, bisa jadi disebabkan gangguan pencernaan karena pembentukan gas yang banyak, asam lambung yang berlebihan, atau gangguan gerak usus sehingga susah flatus (buang angin). Bila tubuh dibuat hangat, maka angin akan keluar melalui flatus atau sendawa.


Kode:
[url="http://www.iyaa.com/gayahidup/kesehatan/2537836_2386.html"] Sumbernya gan >> [/url]
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.