• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Mengapa "Mama" Kata Pertama Pilihan Bayi

Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.

roughtorer

IndoForum Senior A
No. Urut
44416
Sejak
24 Mei 2008
Pesan
6.755
Nilai reaksi
174
Poin
63
JAKARTA, KAMIS - Sebagian besar bayi umumnya mengucapkan "mama" atau sejenisnya sebagai kata pertama yang dikenalnya. Kata tersebut ternyata memang struktur kata yang paling sederhana dan paling mudah dikenali bayi.

Kuncinya pada pengulangan suku kata. Otak bayi merespon pengulangan tersebut dengan sangat baik. Itulah kesimpulan Judit Gervain, peneliti dari University British-Columbia, yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences edisi terbaru.

Kesimpulan tersebut diambil setelah Gervain melakukan pemindaian terhadap 22 bayi yang baru berusia 2-3 hari. Kepada bayi-bayi tersebut diperdengarkan sejumlah kata yang mengandung perulangan, seperti mubaba dan penana dan yang tidak seperti mibage dan penaku.

Saat kata yang mengandung bentuk perulangan diperdengarkan, otak bayi di bagian temporal dan frontal kiri bereaksi. Sebaliknya, saat kata yang tidak mengandung perulangan diberikan, tidak ada bagian otak yang memberikan respon dominan.

"Hal tersebut mungkin yang membuat banyak penutur berbagai bahasa tanpa sengaja memiliki daftar kata berulang untuk anak-anaknya," ujar Gervain. Hasil penelitiannya juga sesuai dengan fakta bahwa pusat bahasa pada orang dewasa yang tidak kidal berada di otak kiri.

Jadi, sudah jelas mengapa kata "mama" atau "papa", "tata", "dada", dan sejenisnya paling mudah untuk melatih vokal bayi. Temuan ini juga mengindikasikan bahwa kemampuan untuk mengenali kata yang mengandung perulangan merupakan sifat dasar otak manusia. Sifat inilah yang membuat dapat belajar bahasa ibu secara sistematis dan efisien.
 
gw pertama kali bisa ngomong papa kok bukan mama hwhwhwhw
 
karena kata mama merupakan kata yg gampang diucapkan. Tinggal buka mulut, ga perlu pake tenaga utk mengucapkannya....


tp kalo aq waktu pertama kali bisa ngomong, langsung ngomong METAL...!!\m/\m/


=))=))
 
betul kata nemensis kata mama mudah di ucapkan, tetapi adik saya yang kecil tidak bilang mama, dia bilang Aa, Aa, manggil saya itu
 
Kalo secara logika karena yang melahirkan dan menyusui adalah MAMA nya

Tapi di jaman sekarang yang dikenal pertama kali adalah BIBI nya bukan mama nya lagi, karena sang mama sibuk bekerja di kantor ;)) papa apa lagi ngurus bini baru :))
 
Pada intinya itu baik apa ga?

Kalo tar anak gw,gw ajarin IndoForum aja kata pertamanya =))
 
Gw waktu lahir udah lupa ngomongin apa....
 
waduh... ternyata eh ternyata... >,<
 
papa juga kalau malam suka panggil-pangil mama
 
gw baru bisa ngomong dah bilang
"pipis"

=))

jd inget komik sinchan

=))=))
 
mama, papa, dada, wawa itu adalah kata kata lazim yang bisa diucapkan oleh bayi yang belajar bicara :D
 
mama kan biasanya ada di rumah, jadi paling sering di panggil jadi cepet bisa hehe
 
mungkin karena paling gampang ma ma ya
 
Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.