• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Malaysia membajak lagu "Rasa Sayange"

666

IndoForum Junior B
No. Urut
19114
Sejak
19 Jul 2007
Pesan
2.522
Nilai reaksi
67
Poin
48
Jadi Lagu Malaysia, Lagu 'Rasa Sayang Sayange' Heboh
Arifin Asydhad - detikcom

Jakarta - Anda pasti hafal atau setidaknya pernah mendengar lagu 'Rasa Sayang Sayange' kan?. Selama ini bangsa Indonesia mengenalnya sebagai lagu daerah dari Sulawesi/Maluku. Namun, saat ini lagu terkenal ini jadi lagu iklan pariwisata Malaysia.

Dengan dijadikannya lagu ini sebagai sound track iklan pariwisata di Malaysia, maka diskusi mengenai lagu ini pun menjadi heboh. Apalagi, sudah banyak orang yang melihat iklan pariwisata ini diiklankan di televisi-televisi Malaysia. Orang Indonesia pun langsung teringat, "Lho.. lagu ini kan lagu Indonesia?"...

Heboh lagu 'Rasang Sayang Sayange' ini juga menjadi bahan diskusi menarik di DetikForum. Banyak juga informasi yang berkembang di arena diskusi secara online tersebut.

Siapa sebenarnya yang menciptakan lagu ini pertama kali? Apakah memang orang Malaysia ataukah orang Maluku? Jiplak-menjiplak lagu seperti ini sudah sering terjadi. Namun, agar masyarakat tidak bingung, tentu pemerintah Indonesia atau lembaga berkompeten sebaiknya menelusurinya.

Anda bisa menyimak iklan pariwisata Malaysia yang menggunakan lagu 'Rasa Sayang Sayange' ini di http://www.youtube.com/watch?v=_J-WPdBSS6c atau di website resmi pariwisata Malaysia: http://www.rasasayang.com.my/index.cfm.

Memang lirik lagu ini tidak sama dengan lagu Rasa Sayang Sayange yang beredar di Indonesia. Bahkan, ada tambahan lirik dalam bahasa Inggris, Mandarin, dan India. Lirik dalam banyak bahasa ini memperlihatkan keragaman suku atau asal di Malaysia. Namun, dana yang digunakan iklan pariwisata Malaysia ini sama.

"Tapi, ini adalah lagu Indonesia. Tidak ada bahasa Melayu pakai akhiran 'e' (Rasa Sayang Sayange)," komentar salah peserta diskusi. Intinya, peserta diskusi di detikForum mempertanyakan mengapa lagu Maluku itu dipakai iklan Malaysia.

Kalau diperhatikan lebih jauh, ternyata lirik lagu yang digunakan Malaysia itu tidak menggunakan kalimat 'Rasa Sayang Sayange'. Tapi, Malaysia menggunakan lirik 'Rasa Sayang Sayang Hey...'.

Anda memiliki informasi penting mengenai lagu ini? Silakan bergabung dengan para peserta lainnya di DetikForum atau kirimkan informasi Anda ke email: [email protected]. (asy/asy)

http://www.detiknews.com/indexfr.php...087/idkanal/10
 
bner nie,gw juga udh denger lagu ny /heh

krn pakai bahasa melayu,kedengeranny jadi lucu gitu /gg /gg
 
lagi lagi malaysia /swt /swt kapan indo ga d injak injak trs ama malaysia ya /swt
 
teryanta bukan indonesia aja tukang jiplak ya.... :)
 
buat info aja, ada kabar batik juga mau dipatenkan mereka padahal itu merupakan warisa nenek moyang indo. Malaysia sekarang disebut Malingsia oleh orang indo :D
 
udahlah gencatan senjata aja...

busuk dah udah paling keki dah kaya gini...

SBY turun lah kalo masih lembek2 gitu

presiden sampah ngapain masih berkuasa?
 
d jalur diplomatik kit akalah d jalur hukum kit akalah d jalur mana aja kt akalah trs lama lama hilang deh semua warisan budaya bangsa ini gar agara d copet ama negara lain semuanya /swt /swt
 
udahlah gencatan senjata aja...

busuk dah udah paling keki dah kaya gini...

SBY turun lah kalo masih lembek2 gitu

presiden sampah ngapain masih berkuasa?

Saya rasa SBY takut sukhoi malaysia yang 1 skuadron itu, 1 sukhoi aja daya hancurnya mirip 10 ribu TNI infantri.
 
well gw sih perlu reaksi konkret dari indonesia.... kalo uda jelas kaya gini trus mo gimana ??

putusin aja lah hubungan diplomatik
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.