Lafaz dan Bentuk Bacaan Istighfar

Discussion in 'Islam' started by rozensen, 4 Jan 2008.

  1. rozensen

    rozensen IndoForum Senior E

    No. Urut:
    23180
    Joined:
    1 Oct 2007
    Messages:
    4.093
    Likes Received:
    83
    Trophy Points:
    48
    Location:
    Kamar Mandi
    Assalamualaikum wr wb

    saya membuat thread ini dikarenakan ingin membuat muslimin IF mempelajari Lafaz dan Bentuk Bacaan Istighfar. Maaf ya kalau repost...

    Ada beberapa lafaz istighfar yang terdapat dalam hadis-hadis sahih dan disabdakan secara langsung oleh Nabi. Seorang Muslim hendaknya membaca lafaz-lafaz itu sebanyak-banyaknya dengan niat mengikuti Sunnah Nabi. Lafaz-lafaz itu antara lain,


    Rabbigh-firli wa tub'alayya innaka anta-tawwaburrahim

    Ya Tuhanku, ampunilah aku dan terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau zat Yang Maha Menerima taubat dan Maha Penyayang. (HR Bukhari)


    Astaghfirullahal-ladzi la ilaha illa huwal-hayyul qayyumu wa atubu ilahi

    Aku memohon ampunan kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia, Yang Mahahidup lagi Maha Menegakkan dan aku bertaubat kepada-Nya. (HR Abu Dawud, Tirmidzi, Hakim)


    Astaghfirullaha wa atubu ilahi

    Aku memohon ampunan kepada Allah, dan bertaubat kepada-Nya. (Mutafaq 'alaih)



    Ada pula Sayyidul Istighfar (Pemimpin Istighfar), yaitu,


    Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana'abduka wa ana'ala 'ahdika wa wa'dika ma-statha'tu, a'udzu bika min syarri ma shana'tu, abu'u laka bini'matika 'alayya wa abu'u bidzanbi faghfirli fa innahu la yaghfirudz dzunuba illa anta

    Ya Allah, Engkau-lah Tuhanku, tiada tuhan selain engkau yang telah menciptakan aku. Aku adalah hamba-Mu dan aku berada di atas sumpahku dan janjiku pada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku lakukan. Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan aku mengakui dosa (yang aku perbuat). Maka, maafkanlah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau. (HR Muslim)


    Inilah lafaz dan bentuk bacaan istighfar yang diriwayatkan dari Nabi dan termaktub dalam hadis-hadis sahih. Ada pula lafaz dan bentuk bacaan lainnya yang maknanya serupa dan boleh diamalkan. Akan tetapi, mengikuti Sunnah Nabi adalah lebih diutamakan.


    well, hanya itu yg bisa saya sampaikan, semoga berguna untuk para muslimin IF. Semua ini saya kutip dari buku Dahsyatnya Terapi Istighfar (Hasan Hammam) jika ada kesalahan tolong diperbaiki.

    Saya telah mempelajari buku ini, jika ada saudara muslimin yang ingin bertanya tentang Istighfar, PM aj saya, Insya Allah saya jawab... ;)

    Wassalamualaikum wr wb

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG