• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Ini Pentingnya Padamkan Lampu Saat Tidur

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
O8fD.jpg

MENGGUNAKAN lampu setiap tidur, tak hanya membantu meningkatkan kualitas tidur. Memadamkan lampu saat tidur juga memengaruhi hormon-hormon dalam tubuh.

"Saat tidur dengan lampu terang, hormon kortisol akan naik. Kortisol ini adalah hormon stres. Jika hormon ini semakin tinggi, memengaruhi hormon-hormon lain dalam tubuh. Salah satu akibatnya menyebabkan resistensi insulin (penyebab diabetes). Baik tidur malam, tidur di siang, atau sore hari," tutur Astri Kurniawati, M.Si, Manager of Nutrition and Health Science Department, Nutrifood Research Centre, dalam diskusi media dan Nutrifood dengan tema Diabetes Attacks Younger People di fX Plaza, Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Astri menjelaskan bahwa dalam tubuh manusia, hormon insulin dan kortisol merupakan hormon utama. Insulin bertanggung jawab untuk mengendalikan gula darah dan kortisol dianggap sebagai hormon pemicu stres.

"Ketidakseimbangan jumlah kedua hormon utama dalam tubuh ini menyebabkan tubuh tidak dapat menyeimbangkan hormon lainnya, seperti estrogen, progesteron, dan testosteron. Sehingga setiap orang dianjurkan untuk memiliki tidur malam berkualitas yang dimulai sebelum pukul 23.00 dapat membantu tubuh menyeimbangkan hormon-hormon di dalamnya," jelas Astri.

Astri juga menginformasikan bahwa orang yang tidur empat jam sehari selama enam hari berturut-turut sudah memberi efek ke insulin.

"Jadi, waspada bagi yang sekarang lagi gemar begadang nonton bola," tutupnya.
 
memang kl lmpu pdam....susana jd nyaman...............banget.
jd tidur pun jd lelap
 
KALO ANE tidur gak matiin lampu sulit tidur tu gan
 
wah...........ternyata ada manfaatnya juga ya.....
ane baru tau gan
 
iya... tidur dengan mati lampu, lebih tenang....
Pikiran jadi ikut adem... kalo terang berasa panas.....
Apalagi kalo semua elektronik dimatikan juga, (Laptop, TV, HP)... bisa tidur berkualitas :D:P
 
klo gw simple aja alasannya matiin lampu waktu tidur.biar hemat listrik:D
 
wah..masalah sepele bisa berakibat di hormon. horor bacanya. :)
 
wah makasih nih infonya... sangat bermanfaat banget.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.