• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[info] Bahaya Menyalakan Lampu Hazard Kala Hujan Deras

bue_mochi

IndoForum Beginner D
No. Urut
11494
Sejak
14 Feb 2007
Pesan
576
Nilai reaksi
53
Poin
28
Potensi BAHAYA menyalakan LAMPU HAZARD kala hujan deras
Saat mengemudi pada cuaca hujan apalagi kian deras di jalanan tol siapapun
bakal merasa terganggu dengan nyala lampu hazard ke-empat sen berkedip-kedip) mobil lain yang bergerak. Anehnya banyak pemilik mobil yang
bagai prosedur baku , segera menyalakan hazard kala hujan.
Padahal, sebetulnya dia juga bakal terganggu oleh kedipan lampu berwarna
oranye itu. Sekarang, kebiasaan ini semakin menjadi di hampir seluruh ruas
jalan di Tanah Air.
Walaupun amat mengganggu, ternyata kian banyak pengemudi yang mengaktifkan hazard kala mobil melaju. Di bawah guyuran hujan dengan jalanan licin, Jelas kegiatan itu amat membahayakan. Perilaku ini adalah salah besar.
Di Dunia internasional, menurut mantan pembalap nasional AswinBahar,
menyalakan hazard kala mobil bergerak, apalagi ketika hujan, adalah
PELANGGARAN BERAT ATAS ATURAN LALU LINTAS DARAT. "Kalau di negara lain pasti telah ditindak oleh petugas," urai Aswin. Karena itu, pemegang sejumlah sertifikat sekolah mengemudi dari beberapa negara Eropa, Amerika Serikat,dan Jepang ini menyatakan, budaya menghidupkan hazard kala hujan harus segera dihentikan.
Petugas tol, polisi, dan mungkin wartawan harus menyosialisasikan bahwa
hazard hanya boleh dinyalakan kalau mobil berhenti.
Bisa karena rusak atau berhenti akibat keadaan darurat," pintanya.
Namun,bagaimana dengan semangat ingin memberitahukan adanya mobil dengan
menyalakan hazard itu kala hujan deras dan banyak kendaraan sedang
sama-sama melaju dijalanan?
Menurut Aswin Bahar, maksud baik itu cukup dengan menyalakan lampu. Berikut
rekomendasinya atas penggunaan lampu kala berkendara pada cuaca hujan.
Gunakan hazard hanya bila darurat Lampu hazard, nyala berkedip pada keempat sen, merupakan tanda darurat bagi sebuah mobil. Maka, hazard hanya boleh diaktifkan bila mobil mengalami kondisi kedaruratan. Bisa akibat mogok atau harus berhenti karena sesuatu alasan. Pendeknya, hazard hanya diperuntukan memberi tanda peringatan bagi kendaraan lain dan hanya boleh dinyalakan kala mobil berhenti dipingir jalan.
Gunakan lampu kecil bila hujan dengan semangat ingin memberi 'tanda' bahwa
mobil sama-sama melaju di tengah hujan, cukup dengan menyalakan lampu utama kendaraan bersangkutan. Kalau kian deras dan cuaca amat gelap, nyalakan lampu kabut. Di sini perlunya memasang lampu kabut pada setiap mobil yang berpotensi sering melalui cuaca hujan dan gelap. Lampu belakang berwarna merah, merupakan pilihan tepat bagi upaya memberitahukan posisi mobil.
Pilihan warna ini telah melalui serangkaian riset pabrikan otomotif selama bertahun-tahun.
Artinya, hanya warna itu yang dianggap aman dan bisa menembus gelombang
cuaca hujan hingga kabut. Nyala lampu belakang itu telah cukup menerangi
sekitar mobil. Maka untuk memberitahukan posisi mobil saat cuaca hujan atau
kabut sekalipun, tak harus dengan menyalakan hazard.Selalu pakai sen bila berpindah jalur, penggunaan lampu sen wajib bagi pengemudi yang hendak berbelok dan berpindah jalur.
Bagi penguna jalan tol, kegiatan ini mutlak amat penting. Apalagi bila hujan
sedang bertandang amat deras, penggunaan sen (sign) amat membantu pengemudi lain untuk waspada.
Bayangkan, bila Anda menyalakan hazard. Selain akan amat mengganggu
pengemudi lain, lampu sen-pun tak akan berfungsi
 
wah gw aja br tau skrng lampu hazard tuh sebenernya cuma boleh di pake pas berhenti /wah
sayang nya lampu kabut ga semua mobil punya, jd pada pake sen /wah
 
ok, siap & dimengerti....
hahaha dulu wa kalo ujan juga pasti nyalain lampu hazard, wa pikir kan bagus tuh, kedip2 lagi, jadi cukup jelas buat pengguna jalan lainnya. ternyata aturannya ga boleh, ya udah berarti cukup pake lampu kota ;)
 
wow... nice post! /no1

laen kali tulis sumbernya ya... /heh
 
ok cks kl ada sumbernya pasti gw cantumin deh /ok, ini jg dapat dari di milis2 hahahaa....
 
nah kalo diliat lagi banyak yang lbih nyalahin aturan soal lampu hazard. gue liat pada perempatan atw pertigaan kalo tu mobil mau ngmbil jalan lurus ko nyalain lampu hazardnya padahal tu lampu buat keadaan darurat.ko jalan lurus nglampu hazard apa yang nyupir kRIBO kali yaaa
 
ya klo pake hazzard jadi gak ketauan dia mo jalan kemana...
klo mo lebih keliatan pas ujan tu pake yg model2 di F1.. merah..kecil..nyalanya terang...
 
waduh,g juga biasanya pake hazard...tapi mau gimana lagi ya, kalo ujan lebat bgt udah kagak keliatan apa2 lagi di depan,solusi nya gimana dong tuh???pake lampu sirine aja kali ya=))
 
ia tuh menganggu banget. apalagi pas mao pindah jalur!! jadi kagok juga. gw ke kiri eh dia kiri juga!! coba ga make hazzard....
 
gw sring pake hazard kalo pas konvoi bareng tim gw..
gmn tu kk?
 
setau saia sih lampu itu buat pas lagi kabut sama pas nandain orang belajar
eh ga taunya bahaya
nice post kk
thx infonya
 
gimana ya, uda budaya kyknya.. kalo ujan deras banget.. nyalain lampu hazzard itu
btw, fungsi hazard juga bisa buat keadaan darurat(ada keluarga meninggal, kecelakaan)
----------------------------------------------------------------------------------- EDIT

@luq kalo buat konfoi ya ga boleh lah.. kata temen gw, kalo konfoi emang nyalain itu lampu, ketemu polisi ya matiin :P
 
Setau gw lampu hazzard itu buat nandain kalo mau balapan...
(gw sering ama temen malem malem di daerah gw kan lurusan semua isa balepan deh hehehe gak taunya gak boleh...
 
iya kalo hujan deras, ampe lampu kecil nya di belakang gak keliatan
jadi kan kalo ada lampu kelap kelip kuning
lebih mencolok
yah kalo udah hujan deras gitu, udah liat lampu kuning kedip2 kanan kiri
jadi jangan kenceng2 n jgn selap selip
jadi aman :D
 
baru tau aku.....
ga waktu ujan aja,
banyak yg nyalain waktu lampu bangjo di perempatan mati.
 
bedanya lampu kabut sama lampu yg biasa apa sih? gw masih ga ngerti dari dulu
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.