• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot yang Bisa 'Mikir'

napster

IndoForum Newbie A
No. Urut
153823
Sejak
10 Okt 2011
Pesan
394
Nilai reaksi
7
Poin
18
osamu-hasegawa-dan-robot-ciptaannya-_111011135530-108.jpg

Bertemu jalan buntu untuk satu persoalan dan tak kunjung menemukan jalan keluar? Sebentar lagi, bakal ada robot yang siap jadi teman diskusi sekaligus penemu jalan keluar persoalan.

Ilmuwan Jepang, kini tengah merintisnya. Sang robot akan mampu dengan cepat 'mengajari dirinya sendiri' untuk menelaah hal-hal yang belum pernah ditemui sebelumnya dan memprogram penyelesaiannya.

Adalah Osamu Hasegawa, profesor di Tokyo Insitute of Technology,yang merancangnya. Ia membangun sistem yang memungkinkan robot menelaah sekitarnya dan melakukan riset di internet untuk 'memikirkan' penyelesaian suatu persoalan.

"Robot yang telah ada saat ini umumnya bagus dalam hal pemrosesan dan pengerjaan hal-hal yang telah diprogram sebelumnya, namun mereka miskin pengetahuan soal 'dunia nyata' seperti halnya manusia," katanya. "Jadi yang kami lakukan sekarang adalah menjembatani antara robot dengan dunia nyata."

The Self-Organizing Incremental Neural Network (SOINN) memungkinkan robot untuk menggunakan pengetahuannya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan padanya. SOINN menciptakan lingkungan bagi pengumpulan data dan pengorganisasian informasi untuk menjawab sejumlah instruksi.

Mesin SOINN akan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi, mengimpannya, dan menggunakan di saat diperlukan. Dalam eksperimen terpisah, SOINN mampu mencari sendiri informasi di internet untuk suatu persoalan yang mirip.

Hasegawa berharap SOINN suatu hari bisa melakukan hal-hal pada tataran praktis, seperti mengatur sendiri lampu lalu lintas untuk mengatasi kemacetan. Dia juga akan mampu berfungsi sebagai bagian dari sistem deteksi gempa bumi.

Untuk kasus yang paling sederhana, SOINN menghasilkan kinerja yang memuaskan. "kami perintahkan robot untuk membawa kecap ke meja makan. Dia akan pergi ke dapur setelah menelaah kecap dari informasi di internet, mengidentifikasinya di dapur, dan membawanya ke meja makan," katanya.

waow sangar nyoooooo :-O
 
hati² kebablasan mikirnya tuh robot ... bisa² dia lupa klo dia ciptaan manusia :-O
 
wih bahaya tuh robot kok bisa mikir...yang harus nya mikir kan manusia
 
Wow, tambah canggih aja nich.... lama lama bisa kayak orang beneran tuh
 
robot bisa mikir ? tetep aja manusia yang lebih pinter mikir mah gan :)
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.