• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Hitung Lemak Tubuh Pakai Lingkar Leher Hasilnya Lebih Akurat

viscomica3

IndoForum Beginner A
No. Urut
42859
Sejak
7 Mei 2008
Pesan
1.157
Nilai reaksi
5
Poin
38
Untuk mengukur kelebihan berat badan biasanya menggunakan indeks massa tubuh (IMT), tapi sebagai indikator kegemukan, IMT punya sejumlah keterbatasan. Pengukuran lingkar leher bisa jadi alternatif yang lebih akurat.

IMT paling banyak digunakan untuk memperkirakan komposisi lemak tubuh, karena metode ini sangat murah dan mudah. Tinggal membandingkan tinggi badan dan berat badan, maka IMT bisa diperoleh dengan rumus tertentu.

Dikutip dari CNN, Rabu (7/7/2010), salah satu keterbatasan IMT adalah tidak akurat pada kondisi tertentu. Misalnya postur tubuh yang atletis berotot sering masuk kategori obesitas, sementara lemak tubuh pada lansia (lanjut usia) justru terabaikan.

Dalam sebuah publikasi di jurnal Paediatrics, para ahli kini menyarankan metode alternatif yang sama mudahnya dengan IMT. Metode yang diklaim lebih akurat tersebut adalah pengukuran lingkar leher.

Menurut para ahli, ukuran lingkar leher yang besar sering dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan yang terkait dengan obesitas. Di antaranya adalah sleep apnea, diabetes dan hipertensi.

Untuk menguji keakuratan metode tersebut, Dr Olubukola Nafiu dari University of Michigan melakukan penelitian terhadap 1.102 anak. Ia mencatat tinggi dan berat badan serta lingkar leher anak-anak tersebut.

Pengukuran dilakukan dengan memakai pita meteran, pada bagian yang menonjol di leher. Pada pria dewasa, letaknya kurang lebih berada di sekitar jakun.

Hasilnya ternyata sesuai dengan perkiraan. Ia menemukan bahwa seorang anak 6 tahun dengan lingkar leher di atas 28,45 cm memiliki risiko kelebihan berat badan dan obesitas sebesar 3,6 kali lipat dibanding usia sebayanya.

Menurut Dr Nafiu, pengukuran lingkar leher cukup murah dan mudah. Selain bisa melengkapi hasil pengukuran IMT dalam mengukur tingkat kegemukan, metode ini juga lebih akurat dalam memperkirakan risiko gangguan kesehatan yang terkait.

CARA TERCEPAT MENURUNKAN BERAT BADAN, KLIK DISINI
 
hmm..

pernah di ajarin yang rumus2 tsb,, tp baru tw klo trnyata rumus trsbut bisa tdak tpat.. /no1
 
^
jgn ngejunk kk...

TS,, ukuran lingkar leher yang normal brapa ?

Terus., ada pengaruh sama ketinggian ?
 
haha..

ya iya,, ga da penjalasan lagi nih dari TS nya.. msih bingung.. /wah
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.