• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Hidup Abadi ??

baehaqi

IndoForum Senior E
No. Urut
13414
Sejak
29 Mar 2007
Pesan
4.073
Nilai reaksi
306
Poin
83
Ilmuwan Rya Kurzweil mengklaim manusia bisa menjadi abadi dalam waktu 20 tahun ke depan dengan menggunakan teknologi nano dan pemahaman tantang kinerja tubuh.

Ray Kurzweil mengatakan manusia dapat menjadi robot cyborg dalam 20 tahun mendatang. Pria Amerika berusia 61 tahun ini memprediksi penemuan akan datang dan mengatakan pemahaman kita tentang gen dan teknologi komputer meningkat begitu cepat.





Secara teoritis ia mengatakan, saat pemahaman kita meningkat, teknologi nano akan mampu menggantikan banyak organ-organ vital manusia dan dapat tersedia dalam 20 tahun ke depan. Kurzweil menambahkan walaupun pernyataannya terdengar sulit dijangkau, pankreas buatan dan implan saraf sudah ada saat ini.

Kurzweil menyebut teorinya sebagai Law of Accelerating Return. Ia juga mengatakan, “saya dan banyak ilmuwan lainnya percaya jika dalam 20 tahun ke depan kita dapat memprogram kembali software tua tubuh kita, dan membalik penuaan. Teknologi nano akan membuat kita hidup selamanya.”

Ia menambahan pada akhirnya nanobot akan menggantikan sel-sel darah dan bekerja lebih efektif. “Dalam kurun waktu 25 tahun, kita dapat melakukan sprint di olimpiade selama 15 menit tanpa mengambil nafas, atau menyelam selama empat jam tanpa oksigen,” katanya.

“Penderita serangan jantung, yang belum memanfaatkan sepenuhnya teknologi jantung bionik yang sudah ada, dengan tenang akan menyetir sendiri ke dokter untuk operasi kecil dibantu oleh bots darah yang membuat mereka tetap hidup,” tambahnya

3982345848_73c83dc3f1_o.jpg

Pernah luka? Pasti pernah dong ya. Berapa lama luka itu sembuh? Misalnya kita jatuh, terus kulit kita luka. Kita obati, kasih obat merah, plester, dan lain-lain. Berapa lama sembuhnya? Mungkin nggak terlalu lama, beberapa hari sembuh. Bagaimana kalau yang luka itu organ vital yang ada ditubuh kita, misalnya jantung? Wah, berat tuh, mungkin susah sembuh. Malah bisa menyebabkan kematian.

Tapi menurut seorang ilmuwan, nggak lama lagi kira-kira 20 tahun lagi, resiko keadaan fatal seperti itu nggak akan terjadi lagi. Kata dia, nantinya dengan kemajuan teknologi nano, kita bisa mengganti berbagai organ tubuh termasuk organ vital dengan mudah.

Wow…

Kutipan dari Telegraph, dia bilang begini:
“Saya dan banyak ilmuwan lainnya percaya bahwa dalam kurun waktu 20 tahun ke depan kita mempu memprogram ulang software kuno pada tubuh kita, dan menghentikan proses penuaan lalu membaliknya. Teknologi nano akan membuat kita hidup selamanya.”

Weleh weleh…

Lebih lanjut, nanti gambaran situasinya menurut dia akan seperti ini:

* Nanobot akan menggantikan sel darah, dan akan bekerja ribuan kali lebih efektif (dari sel darah).
* Di ajang olimpiade kita bisa berlari sprint selama 15 menit tanpa perlu ambil napas, dan kita bisa menyelam selama empat jam tanpa perlu oksigen.
* Orang terkena serangan jantung – ini buat orang yang belum mengganti jantungnya dengan jantung bionik – bisa pergi ke dokter dengan tenang (nggak panik/terburu-buru) untuk menjalani operasi kecil. Dia bisa bertahan hidup (dengan kondisi serangan jantung itu) karena darah buatan.
* Nanotechnology akan meningkatkan kemampuan mental kita sampai pada tingkat di mana kita bisa menulis beberapa buku hanya dalam beberapa menit saja.
* Jika kita ingin beralih ke mode virtual reality, nanobot akan mematikan sinyal otak, lalu kita bisa pergi kemana saja kita mau. Virtual sex akan jadi tempat yang sering dikunjungi. Udah kebaca dah :P
* Di kehidupan sehari-hari, hologram gambar muncul di benak kita untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi.

persis seperti film science fiction ya…?

Ngomong-ngomong siapa sih ilmuwan ajaib ini? Dan dari mana dia bisa memperkirakan jangka waktu 20 tahun itu sebagai era teknologi nano?

Ray Kurzweil dan teori Law of Accelerating Returns
3981584585_4cfcd95452_o.jpg

raymond-kurzweil-fantastic-voyageRay yang nama lengkapnya Raymond Kurzweil itu ilmuwan asal Amerika Serikat berusia 61 tahun (lahir 12 February 1948) yang merupakan penemu dan juga ahli futurist (masa depan). Dia terlibat di berbagai penelitian optical character recognition (OCR), sintesis text-to-speech, teknologi speech recognition, dan juga instrumen elektronika. Dia penulis beberapa buku tentang kesehatan, artificial intelligence (AI), transhumanisme, dan masa depan.

Di kalangan ilmuwan, dia ini ilmuwan besar yang dianggap sebagai penerus dan pewaris Thomas Alva Edison (penemu lampu pijar). Majalah Forbes menjulukinya sebagai “the ultimate thinking machine“.


Si Kurzweil ini punya teori yang dinamakan Law of Accelerating Returns. Di ambil dari situsnya di KurzweilAI.net, begini teorinya:


The Law of Accelerating Returns


An analysis of the history of technology shows that technological change is exponential, contrary to the common-sense “intuitive linear” view. So we won’t experience 100 years of progress in the 21st century — it will be more like 20,000 years of progress (at today’s rate). The “returns,” such as chip speed and costeffectiveness, also increase exponentially. There’s even exponential growth in the rate of exponential growth. Within a few decades, machine intelligence will surpass human intelligence, leading to The Singularity — technological change so rapid and profound it represents a rupture in the fabric of human history. The implications include the merger of biological and nonbiological intelligence, immortal software-based humans, and ultra-high levels of intelligence that expand outward in the universe at the speed of light.


Ya kira-kira intinya bahwa kemajuan teknologi itu meningkat secara eksponensial, bukan linear. Jadi, kemajuan ini begitu pesat sehingga kalau dibandingkan, 100 tahun sekarang ini tingkat kemajuannya kira-kira setara dengan kemajuan 20.000 tahun di masa lalu.

Nah, berdasarkan teorinya dan pengamatannya pada teknologi itulah dia punya hitung-hitungan dan akhirnya meyakini teori bahwa 20 tahun lagi teknologi akan sangat maju ditandai dengan penguasaan teknologi nano. teknologi nano inilah nanti yang akan membuat kemajuan pesat di bidang kedokteran, mesin dan elektronika yang bisa menggantikan organ tubuh manusia dengan apa yang disebutnya nanobot (robot teknologi nano).

“Jadi, kita bisa melihat dunia dimana manusia menjadi cyborg, dengan kaki buatan dan organ buatan” begitu katanya.

3982363972_9b75e78727_o.jpg
Terlepas dari nantinya bisa hidup abadi atau tidak, dengan kemajuan teknologi yang nyatanya memang sangat cepat dan semakin cepat saja tingkat kemajuannya, bisa jadi kondisi tubuh manusia seperti yang digambarkan oleh si ilmuwan ini benar-benar jadi kenyataan. Mungkin perhitungan waktu yang disampaikan si ilmuwan meleset, bukan 20 tahun, tapi 50 tahun, atau lebih. Hanya masalah waktu. Kecuali bila kiamat datang duluan

Akankah kota-kota di dunia nantinya menjadi seperti ini:
3982346644_5494995d8a_o.jpg

3982347006_ca2cf9be0c_o.jpg

3981585675_30487cf9e3_o.jpg




Dan jadilah nantinya manusia berwujud robot. Mungkin kata-katanya akan diperhalus menjadi robot yang berbudaya, atau manusia unggul, atau apalah
 
mantap tuh gambar robot ceweknya, kira-kira mungkin gak ya dimasa depan ada teknologi rpbot seperti di terminator, hehe
 
Sudah banyak ramalan² yang menyatakan bahwa Masa pada film Terminator menjadi nyata. Wallahu'alam, manusia nggak akan ada yang hidup abadi. Hidup abadi yang sebenarnya adalah kehidupan setelah didunia ini. /no1
 
teTep aja gag ada yang abadi di dunia ini, suatu saat paSti akan muSnah >.<
 
Masih jauh, nga mungkin lah 20 tahun ke depan...
itupun kalo bener2 bisa
 
klo jadi cyborg nanti manusia jadi ga natural lagi dong /hmm
 
Di usahakan bagaimanapun,,kalau tuhan tentukan meninggal pasti gak pake 1,2,3 langsunk wafat kan............................/gg/gg/gg
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.