• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Hari Ini Sutarman Dilantik Jadi Kapolri Baru

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
CEKBI.jpg
Setelah melalui berbagai proses, Komisaris Jenderal (Pol) Sutarman akhirnya tepilih menjadi Kapolri yang baru. Sesuai jadwal, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melantik Sutarman menjadi Kapolri hari ini, Jumat, 25 Oktober 2013.

Pelantikan Sutarman yang menggantikan Jenderal Timur Pradopo yang telah memasuki masa pensiun akan dilakukan di Istana Negara pada pukul 15.00 WIB. Sekretaris Kabinet Dipo Alam mengatakan, sudah menyebar undangan untuk pelantikan Sutarman hari ini.

Presiden SBY akan mengambil sumpah Sutarman. Hadir juga dalam pelantikan itu Wakil Presiden Boediono dan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta petinggi lembaga negara dan petinggi kepolisian.

Seperti diketahui, seluruh fraksi di Komisi III, menyatakan setuju bahwa Sutarman menjadi Kapolri, setelah menggelar uji kelayakan dan kepatutan, Kamis malam, 17 Oktober 2013. Tanpa ada satupun fraksi yang menolak.

Meski demikian, ada beberapa catatan dari masing-masing fraksi sebagai masukan untuk Sutarman ketika nantinya sudah dilantik menjadi Kapolri. Fraksi Partai Golkar, meminta Sutarman mampu menyelesaikan kasus-kasus yang menonjol, seperti premanisme, dalam 100 hari masa jabatannya.

Dia juga harus menuntaskan agenda reformasi yang dirasakan berjalan lambat dalam menyiapkan postur Polri. Selain itu, Sutarman harus mampu menuntaskan kasus Bank Century dan tidak pandang bulu dalam menegakkan hukum.

Fraksi PDIP berharap Sutarman dapat melakukan reformasi struktural yang masih terdapat kultur korup di tubuh Polri. Masalah netralitas lagi-lagi menjadi sorotan. Apalagi, Sutarman memang dipersiapkan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2014.

Beberapa catatan yang sama juga disampaikan Fraksi PKS, Fraksi PAN dan Fraksi PKB. Sementara beberapa fraksi mempertanyakan alasan Presiden SBY memberhentikan Timur Pradopo yang seharusnya baru pensiun pada Januari 2014.

Fraksi PPP yang meminta Presiden untuk melengkapi suratnya dengan memberikan alasan pemberhentian Timur Pradopo. Hal yang sama juga disampaikan Fraksi Gerindra dan Fraksi Hanura.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.