• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Grup Nusantara, Biduk Usaha Andalan Prabowo

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
8R5t.jpg

Secara mengejutkan, Reuters memberitakan Prabowo Subianto "dilamar" oleh Rothschild. Tapi, jangan salah, politikus Gerindra ini memiliki segudang sepak terjang bisnis. Setelah meninggalkan karier militernya, Prabowo memilih untuk mengikuti jejak adiknya Hashim Djojohadikusumo, menjadi pengusaha.

Prabowo mengawali usahanya dengan membeli Kiani Kertas yang kemudian diolah menjadi perusahaan mapan dengan nama Kertas Nusantara.

Lalu, dia mendirikan kelompok perusahaan bernama Nusantara Group. Di bawah bendera Nusantara, bisnis Prabowo mengular hingga menguasai 27 perusahaan di dalam dan luar negeri. Sejumlah usaha tersebut, antara lain bergerak di bidang perkebunan, tambang, kelapa sawit, dan batu bara.

Berikut perkembangan bisnis Nusantara Grup dari waktu ke waktu, seperti dirangkum dari Nusantara Group, Sabtu (3/12/2012):

1975
Nusantara Indah Group memulai usahanya sebagai importir mobil dengan merek Morina, Chevrolet, Citroen, dan Alfra Romeo.

1981
Nusantara Indah Group terpilih sebagai dealer resmi Mazda untuk Kalimantan Selatan dan Tengah dengan nama UD Nusantara Indah.

1982
Nusantara Indah Group terpilih sebagai dealer resmi Isuzu untuk Kalimantan Selatan dan Tengah dengan nama PT Surya Nusantara.

1985
Nusantara Indah Group terpilih sebagai dealer resmi untuk Daihatsu di Kalimantan Selatan.

1996
Nusantara Indah Group memutuskan untuk menjadi dealer utama Mobil Timor untuk kawasan Indonesia Timur di bawah nama PT Putra Borneo Nusantara Indah. Kita juga membentuk perusahaan keuangan untuk mensupport pembelian mobil baru bagi para pemilik kendaraan bermotor.

1997
Nusantara Indah Group membentuk PT Nusantara 99 untuk menangani pembelian dan penjualan mobil bekas.

1999
Nusantara Indah Group terpilih sebagai dealer utama untuk KIA Motor di seluruh provinsi Kalimantan di bawah nama PT Putra Borneo Nusantara Indah.

2001
Nusantara Indah Group memulai memperluas bidang usaha nya dengan menjual brand International yang terkenal seperti BMW & Peugeot. Sebagai agen tunggal di Kalimantan Selatan dan Tengah, merek Peugeot di bawah PT Nusantara Indah sedangkan untuk merek BMW di bawah PT Euro Mobil International.

2002
Pengangkutan barang menggunakan truk adalah salah satu peluang bisnis di kalimantan dimana infrastruktur belum terbangun secara merata. Disaat itulah Nusantara Indah Group memutuskan untuk menjadi dealer Nissan Diesel untuk area Kalimantan Selatan dan Tengah.

Di tahun yang sama, Nusantara Indah Group terpilih sebagai dealer resmi untuk General Motor mencakup area Kalimantan Selatan, Tengah, Barat dan Timur.

2003
Nusantara Indah Group terpilih sebagai dealer resmi Ford di kalimantan dengan nama PT United Mobil International.

2004
Nusantara Indah Co terpilih sebagai dealer resmi Hyundai (Peralatan Berat) untuk area Kalimantan di bawah PT Nusantara Traktor International. Bekerja sama dengan PT CSM-Europpcar Indorent, Nusantara Indah Group membentuk perusahaan penyewaan mobil dan peralatan berat untuk di Kalimantan.

Di tahun yang sama, Nusantara Indah Group terpilih sebagai dealer resmi Mazda untuk area Kalimanta. PT United Mobil Internation menerima penghargaan dealer terbaik untuk 2004 dari Ford Motor Indonesia.

2005
PT United Mobil International menerima penghargaan delaer terbaik di 2005 dari Ford Motor Indonesia.

2006
Nusantara Indah Group mendirikan dealer Mazda 3S pertama kali di Palembang, Sumatera yang merupakan salah satu agenda perluasan usaha diluar area kalimantan. PT United Mobil International menerima penghargaan dealer terbaik untuk 2006 dari Ford Motor Indonesia.

2007
Untuk pertama kalinya Nusantara Indah Group melakukan perluasan usahanya ke Jakarta dengan membuka 3S Ford Jakarta Timur dealer. Di tahun yang sama, Nusantara Indah Group membuka dealer dengan fasilitas lengkap dan 2S dealer disekitar Kalimantan dan Sumatera.

2008
Nusantara Indah Group meresmikan kembali dealer Mazda 3S dan Body Shop di Palembang. Di tahun yang sama Nusantara Indah Group meresmikan kembali dealer Mazda 3S dan Body Shop di Balikpapan.

2009
Nusantara Indah Group meresmikan kembali dealer Chevrolet 3S di Samarinda.

2010
Nusantara Indah Group meresmikan dealer Mazda 3S di Serpong Jakarta. Ditahun yang sama Nusantara Indah Group meresmikan kembali dealer Ford3S dan Body Shop di Palangkaraya.

2011
Nusantara Indah Group meresmikan dealer Mazda 3S dan Body Shop di Suryopranoto Jakarta Pusat. Nusantara Indah Group ditunjuk BMW Indonesia sebagai exclusive partner dalam menjual MINI Cooper di Indonesia. Di tahun yang sama Nusantara Indah Group meresmikan dealer Chevrolet 3S di Pluit Jakarta Utara.​
 
Berdasarkan data dari prabowosubianto.info, berikut ini perincian belasan perusahaan milik Prabowo:

1. PT Kiani Kertas atau PT Kertas Nusantara (kertas dan bubur kertas)
2. PT Kiani Hutan Lestari (kehutanan & perkebunan)
3. PT Belantara Pusaka (kehutanan & perkebunan)
4. PT Tanjung Redeb Hutani (kehutanan & perkebunan)
5. PT Tusam Hutani Lestari (kehutanan & perkebunan)
6. PT Tidar Kerinci Agung (kelapa sawit)
7. PT Erabara Persada Nusantara (pertambangan)
8. PT Nusantara Wahana Coal (pertambangan)
9. PT Nusantara Kaltim Coal (pertambangan)
10. PT Batubara Nusantara Coal (pertambangan)
11. PT Kaltim Nusantara Coal (pertambangan)
12. PT Nusantara Santan Coal (pertambangan)
13. PT Nusantara Berau Coal (pertambangan)
15. PT Jaladri Swadesi Nusantara (perikanan)
16. PT Gardatama Nusantara (jasa)
17. PT Tribuana Antarnusa (jasa)​

Total asetnya sekitar US$ 1 miliar atau Rp 10,5 triliun.
 
wuih banyak juga ya asetnya....
 
Ngelebarin sayap perusahaan untuk PILPRES juga... hehe... :D
 
wih banyak amat perusahannya
 
wah banyak juga ya gan bisa cepet kayak tu gan
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.