ARTI SEBUAH PELAYANAN
David : Tidak! Aku tidak setuju pendapat kamu itu John. Kita harus memikirkan semua ini dengan serius. Jangan asal-asalan... 002. John : Alaaah.. David.. kamu tenang sajalah.. aku sudah berpengalaman dalam soal-soal seperti ini.. 003. David : Aku tahu.. aku tahu.. kamu memang sudah banyak pengalaman dan sudah sering menangani kegiatan-kegiatan seperti ini, tapi bukan berarti kita boleh anggap enteng begitu saja.. tetap kita harus membuat persiapan yang baik dan sungguh-sungguh.. 004. John : Ha.. ha.. ha.. kamu terlalu serius David.. ini kan hal yang biasa-biasa saja.. bukan sesuatu yang istimewa.. tidak usahlah kamu panik seperti itu.. 005. David : Oooo... jadi.. kamu anggap melayani Tuhan itu sesuatu yang sepele dan boleh dikerjakan ala kadarnya saja... 006. John : Bukan begitu.. 007. David : Lantas.. kamu memandang pelayanan itu seperti apa? 008. John : Yaaa.. pelayanan ya pelayanan.. bagiku.. pelayanan itu merupakan pengisi waktu luangku.. kalau aku sedang tidak sibuk.. ya aku terlibat dalam pelayanan.. 009. David : Kalau sedang sibuk.. tidak usah.. begitu maksud kamu? 010. John : Hmm.. kira-kira begitulah.. kau kan tahu.. kadang-kadang aku sangat sibuk dengan pekerjaan kantor.. pada saat-saat seperti itu.. yaaa.. apa boleh buat.. terpaksalah aku absen dalam kegiatan pelayanan... 011. David : O.. jadi.. begitu.. arti sebuah pelayanan bagimu? 012. John : Ya.. begitu kira-kira... 013. David : Sungguh menyedihkan.. pantas di gereja kita.. makin lama makin sedikit orang yang terlibat dalam kegiatan pelayanan.. jangan-jangan.. bukan cuma kamu yang punya pandangan keliru seperti itu.. 014. John : Keliru? Keliru bagaimana sih? Memangnya bagaimana seharusnya kita memandang pelayanan itu...?? JANE MASUK. 015. Jane : Pelayanan itu... harus dipandang dan dipahami sebagai bagian dari ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan... 016. John : Ah.. nyambar aja.. kamu Jane..
1
017. David : Jane betul! Begitulah seharusnya kita memandang pelayanan itu... Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan.. jadi, kita harus mempersiapkan setiap pelayanan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.. 018. John : Ah, itu terserah kalian.. aku kan punya pendapat sendiri.. boleh dong kita berbeda pendapat.. 019. Jane : Boleh.. boleh.. berbeda pendapat itu boleh-boleh saja.. tapi tidak untuk hal-hal yang prinsip! Memangnya bagi kamu, pelayanan itu seperti apa sih, John? 020. David : Tadi dia bilang.. pelayanan baginya hanya sebagai pengisi waktu luang... 021. Jane : Tidak betul itu! Pelayanan.. justru harus menjadi yang utama dalam hidup kita.. lagian, apa kamu pikir pelayanan itu milik kamu, sehingga kamu bebas mengatur waktunya semau kamu... 022. John : Lho, selama ini memang bagitulah kenyataannya.. kalau sempat aku ikutan, kalau nggak.. yaa.. sorry lah.. teman-teman lain juga banyak yang seperti begini kan... 023. David : Nah.. itu yang keliru.. Ingat loh.. kalau kita bisa melayani, itu bukan karena kita mampu.. tapi semata-mata karena anugerah Tuhan saja.. jadi jangan kamu merasa hebat, kalau bisa melayani.. 024. Jane : Iya John.. dan lagi.. tidak seperti kerja di dunia sekuler.. kerja di ladang Tuhan dan melayani Dia.. memiliki nilai kekekalan.. asal kita memahami makna pelayanan itu.. 025. David : Aku mau tanya.. selama ini, apa yang kamu rasakan dalam pelayanan.. 026. John : Biasa-biasa aja tuh.. malah seringkali aku merasa kesal dan bosan.. kalau udah begitu.. ya aku tinggalin aja.. 027. Jane : Tuh kan.. seharusnya, kalau motivasi dan pemahaman kita betul dalam melayani Tuhan.. pastilah pelayanan itu mendatangkan sukacita dalam hati kita dan membuat hidup kita jauuuhhh... lebih baik.. 028. John : Masa sih? 029. David : Betul John.. aku paham sekarang.. kenapa seringkali terlalu sedikit orang yang terlibat dalam suatu kegiatan pelayanan... kalau banyak orang seperti kamu... 030. Jane : Padahal.. betapapun sulitnya tantangan yang dihadapi dalam suatu pelayanan, kalau banyak jemaat yang terlibat dan memiliki motivasi yang benar.. pastilah kesulitan-kesulitan tersebut dapat dengan mudah diatasi.. dan pekerjaan besar dalam pelayanan dapat diselesaikan dengan lebih cepat.. 031. John : Hmm.. iya.. ya.. mengapa selama ini tidak terpikir olehku seperti itu.. 2
032. David : Makanya.. melayani juga jangan asal melayani.. selain kita harus memiliki hati yang bersyukur pada Tuhan atas kasih dan anugerah-Nya.. juga kita harus selalu diisi oleh pengetahuan-pengetahuan yang berasal dari Firman Tuhan.. 033. Jane : Naahhh... kalau begitu.. gimana kalau sekarang kita diisi dulu.. sama Firman Tuhan yang akan disampaikan oleh Bapak Pendeta Paulus Kurnia, mau..?? 034. David & John : Mau.. mau.. mau... 035. Jane : Siiippplahh... yuk! KETIGANYA KELUAR DENGAN GEMBIRA. * S E L E S A I *