• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Garis Hitam Putih di Kulit Zebra, Masih Jadi Misteri

L999

IndoForum Junior E
No. Urut
44983
Sejak
31 Mei 2008
Pesan
1.587
Nilai reaksi
38
Poin
48
qX9hnScgN8.jpg


CALIFORNIA - Keunikan hewan Zebra terletak pada garis hitam putih pada tubuhnya. Tapi tahukah Anda, kalau garis itu tidak muncul begitu saja, namun ada prosesnya.

Sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Dr Tim Caro dari University of California mencoba mengungkapkan mengenai munculnya warna hitam dan putih pada Zebra. Namun, hingga saat ini belum ada kesimpulan pasti tentang bagaimana evolusi tersebut terjadi.

Salah seorang penemu teori evolusi terkenal Charles Darwin pun sebenarnya ragu, kalau hitam putih pada Zebra terbentuk karena proses evolusi, seperti unta yang mempunyai punuk, atau kuda nil dengan kulit tebalnya. Hal senada juga diungkapkan ilmuwan lain, yaitu Alfred Russel Wallace. Namun dia menyebut pola itu membantu binatang untuk berbaur dengan lingkungannya dalam upaya menghindari pemangsa.

Jelas saja teori itu sempat mengundang tanda tanya. Sebab garis-garis itu bisa menjadi tanda yang mengundang makhluk buas semacam singa, atau leopard untuk datang. Termasuk saat malam atau terang bulan, ketika binatang itu minum terlihat sangat jelas di kejauhan. Demikian yang dilaporkan Guardian, Sabtu (24/1/2009).

"Sedangkan di wilayah Afrika Selatan, garis hitam putih Zebra tidak dapat menyediakan perlindungan apapun," terang Dr Tim Caro.

"Misteri masih belum terpecahkan, kami hanya menduga garis itu untuk membantu proses pendinginan tubuh atau untuk mengusir lalat tapi belum ada jawaban pasti," pungkasnya.
 
emang masih sebuah misteri kek malsah "duluan ayam ato telur?" hanya saja masalah zebra ini zebra kulit hitam dengan garis putih ato zebra putih dengan garis hitam?
=))
 
aku punya pertanyaan...

garis" hitam di kulit putih

atau

garis" putih di kulit hitam??

hwahwhahhawa
 
masakah d bahas bukan tentang warna kulitnya,

tp fungsi dari warna itu dan bagaimana cara munculnya
 
munculnya gara2 dulu ada kuda yg ketumpahan tintanya manusia purba kali... trus kan menurut teori Lamarck use and disuse (yg terbukti salah), tintanya diwariskan deh.. /heh
jk2..
 
aneh juga yah.......
emang zebra sendiri juga bikin bingung
 
garis zebra sama seperti sidik jari manusia

berbeda beda

kemungkinan mereka menggunakan tuk saling mengenal
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.