• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Flying Danger : Email SOS dari milis...

micro

IndoForum Junior E
No. Urut
667
Sejak
20 Apr 2006
Pesan
1.648
Nilai reaksi
84
Poin
48
S.O.S. = Save Our Soul, _ Mayday – Mayday – Mayday - …
(Mayday = Panggilan internasional dengan radio minta bantuan dari sebuah kapal atau pesawatterbangyang mengalami bahaya)
Seorang ekspatriat yang tinggal di Jakarta menulis artikel ini.

Mr. X-File.
Fear Factor : Flying in Indonesia _ D A N G E R !

Pada waktu saya kembali dari liburan di Bali , saya menggunakanAdam Air rute Denpasar – Jakarta, saya mendengar maskapai yang relatif baru ini dari beberapa teman, yang menyebutkan bahwa maskapai ini mempunyai pesawat-pesawat yang relatif baru dan diijinkan terbang ke Singapura . Kedengarannya maskapai ini sangatlah bagus, khususnya jika menyangkut masalah tiket sekali jalan yang hanya Rp. 295.00,- yang sedikit lebih mahal dari penerbangan "metro-mini" Lion Air. Penawaran ini sangat bagus, berdasarkan pengalaman saya tinggal beberapa tahun di Indonesia . Tapi kemudian saya mulai berfikir bahwa ini terlalu bagus dan pasti ada yang salah dengan semua ini.
Waktu naik pesawat Adam Air, saya segera melihat bahwa Boeing 737-400 tersebut, engine cover-nya penuh dengan goresan (scratch), sayapnya sangat kotor dan banyak cat-nya yang cacat, pintunya juga terlihat sangat tua dan sangat jauh dari ekpektasi saya akan pesawat baru. Bagaimanapun, saya tetap memutuskan untuk menguji level keberanian saya untuk tetap terbang dan masuk ke pesawat. Sebagai catatan, saya mencatat kode registrasi pesawat PK-KKI (lihat Table Adam Air di bawah).

Sesampainya di Jakarta, saya mencari kode tersebut di database penerbangan dan "Pesawat Baru" tersebut pertama kali terbang pada 10 Desember 1988, yang artinya umurnya sudah 17 tahun, dan kalau dibandingkan dengan umur manusia, berarti usianya menjelang 50 tahun. Dalam catatannya juga disebutkan bahwa pesawat ini mempunyai jam terbang yang tinggi, dimana sebelumnya digunakan oleh SaharaIndia Airlines, Sierra National Airline dan Air Belgium (pemilik pertama). Sungguh merupakan catatan yang menarik untuk sebuah pesawat. Sekarang pertanyaannya adalah apakah saya yang kurang beruntung sehingga mendapatkan satu-satunya pesawat tua di Adam Air, atau apakah semua pesawatnya memang tidak sebaru seperti yang saya harapkan?

Mengikuti rasa keingintahuan saya, coba lihat Tabel Pesawat Adam Air berikut dibawah ini yang menyajikan informasi umur dari masing-masing pesawat :

1. No Registrasi : PK-KKF 737-200 Penerbangan Pertama: 12-02-1980 Umur 26 thn
2. No Registrasi : PK-KKN 737-200 Penerbangan Pertama: 21-03-1980 Umur
25 thn
3. No Registrasi : PK-KKQ 737-200 Penerbangan Pertama: 16-01-1981 Umur
25 thn
4. No Registrasi : PK-KKJ 737-200 Penerbangan Pertama: 03-02-1982 Umur
26 thn
5. No Registrasi : PK-KKL 737-200 Penerbangan Pertama: 12-04-1984 Umur
24 thn
6. No Registrasi : PK-KKE 737-300 Penerbangan Pertama: 31-08-1987 Umur
21 thn
7. No Registrasi : PK-KKP 737-200 Penerbangan Pertama: 31-05-1988 Umur
18 thn
8. No Registrasi : PK-KKH 737-400 Penerbangan Pertama: 11-07-1988 Umur
17 thn
9. No Registrasi : PK-KKU 737-300 Penerbangan Pertama: 04-08-1988 Umur
17 thn
10. No Registrasi : PK-KKI 737-400 Penerbangan Pertama: 10-12-1988 Umur
17 thn
11. No Registrasi : PK-KKD 737-400 Penerbangan Pertama: 22-12-1988 Umur
17 thn
12. No Registrasi : PK-KKR 737-300 Penerbangan Pertama: 09-01-1989 Umur
17 thn
13. No Registrasi : PK-KKS 737-400 Penerbangan Pertama: 28-01-1989 Umur
17 thn
14. No Registrasi : PK-KKT 737-400 Penerbangan Pertama: 05-09-1989 Umur
16 thn
15. No Registrasi : PK-KKG 737-400 Penerbangan Pertama: 07-01-1991 Umur
15 thn
16. No Registrasi : PK-KKC 737-400 Penerbangan Pertama: 09-01-1992 Umur
14 thn
17. No Registrasi : PK-KKA 737-500 Penerbangan Pertama: 10-06-1997 Umur 08
thn


Melihat tabel tersebut, saya benar-benar beruntung, dimana pesawat berumur 17 tahun yang saya tumpangi termasuk yang "baru" dibandingkan dengan pesawat Adam Air lain dengan kode regirtrasi PK-KKN (KKN adalah singkatan paling popular di Indonesia untuk Korupsi-Kolusi-Nepotisme), yang umurnya 25 tahun. Dibandingkan dengan usia manusia,pesawat ini sama dengan manusia berumur hamper 80 tahun dan mungkin sudahmemesantempat dikuburan .

Berdasarkan tabel di atas, kita bisa menghitung umur rata-rata pesawat Adam Air, yaitu 18 tahun. Sebenarnya, hanya ada satu pesawat yang umurnya kurang dari 10 tahun, dan jika saya tidak salah, ini pasti pesawat yang diijinkan mendarat di Singapura.

Jelas, banyak penumpang memilih Adam Air karena berfikir tentang pesawat yang baru, padahal armada sebenarnyadipenuhi oleh pesawat polesan seperti baru (refurbished) dengan hanya satu pesawat yang relatif baru, yang digunakan tim marketing Adam Air untuk menciptakan image, atau lebih tepat khayalan, tentang terbang dengan pesawat baru. Mungkin definisi Adam Air tentang pesawat "baru" adalah definisi untuk penerbangan lokal Indonesia , dan mungkin persepsi saya lah yang salah.


 
Sambungan :

Sambungan :

Untuk memverifikasi hal tersebut, saya membandingkan umur rata-rata pesawat dari beberapa perusahaan penerbangan di
Indonesia , dan inilahStatistik Umur Pesawat Penumpang di Indonesia :

Garuda Indonesia
Umur 10.0 tahun

Lion Air
Umur 17.3 tahun

Adam Air

Umur 18.1 tahun

Awair

Umur 18.8 tahun

Merpati

Umur 21.6 tahun

Batavia

Umur 23.4 tahun

Sriwijaya Air

Umur 23.5 tahun

Mandala Airlines

Umur 23.9 tahun

Bouraq Indonesia Airlines
Umur 25.1 tahun

Mengejutkan ! Dengan armada berumur18 tahun,Adam Air menempati urutan ketiga dari armada dengan pesawat "terbaru" di Indonesia . Garuda Indonesiamemimpin dengan armada berumur 10 tahun.

Hal lain yang sangat mengejutkan adalahLion Air menempati urutan kedua dengan armada sedikit lebih muda, yaitu 17 tahun?? Itu hampir setengah kali lebih tua dari armada Garuda Indonesia .

Urutan terakhir ditempati oleh Bouraq Indonesian Airlines, dengan umur pesawat 25 tahun, yang memberikan saya ide tentang Fear Factor stunt-man "Terbang bersama Bouraq" untuk trial & error penyakit ketakutan terbang (flying phobia).

Mandala Airlines menempati urutan kedua dari terakhir. Melihat hal ini, saya teringat dengan kecelakaan pesawat Mandala Boeing 737-200 pada 5 September 2005 yang menelan korban hampir 150 orang. Pada saat kejadian, pesawat PK-RIM tersebut berumur 24 tahun.

Sebagai pembanding, pesawat Lion Air McDonell-Douglas MD-82 yang mengalami kecelakaan di Airport Solo pada 30 November 2004 dan menelan korban 25 orang, berumur 20 tahun. Pada laporan terakhirnya, jam terbang pesawat tersebut56,674 jam dan telah melakukan pendaratan43,940 kali !

Saya pikir bukanlah suatu kebetulan kalo pesawat-pesawat yang mengalami kecelakaan berumur paling tidak 20 tahun. Sebagai pembanding, saya mengecek umur rata-rata pesawat dari maskapai-maskapai pemilik sebelumnya pesawat Adam Air PK-KKI yang saya tumpangi.

Blue Panorama Airlines Umur 11.6 tahun
SaharaIndia Airlines Umur 10.5 tahun

Sangat menarik ternyata, 11.6 tahun dan 10.5 tahun, yang membuktikan bahwa kedua maskapai di atas merasa bahwa pesawat tersebut terlalu tua untuk beroperasi, sementara manajemen penerbangan Indonesia berpikir bahwa mengoperasikan pesawat berumur 17 tahun keatas adalah benar-benar tidak bermasalah ! SNOBBISH ! But FOOLISH ? (Congkak! Tapi Tolol?).
 
menarik jg oom micro /no1/no1. kenapa para maskapai penerbangan itu ngga merger aja, terus patungan beli armada baru. mungkin rata2 usia pesawatnya bisa turun jadi 5 tahun.
 
Tapi beresiko juga yah? Pesawat udah lama tetep di pake gitu..
Padahal menurut gw kalo udah 10 taun sih sebaiknya pesawat di daur ulang aja gitu, biar jadi baru lagi. Hehehe...
 
weks jd takut deh gue naik pesawat /swt so mendingan naik garuda aja klo gitu /swt /sob
 
Namanya jg Indo... 5 taon lg jg tetep sama aj tu pesawat,mungkin butuh waktu 50 tahun lg utk ganti pesawat
 
T!T!~ch@/\/ berkata:
weks jd takut deh gue naik pesawat /swt so mendingan naik garuda aja klo gitu /swt /sob
Hehehe.. Naek kapal luar negri aja kk.. /heh
Kayak SQ gitu... Hehehe....
 
yah namanya juga indonesia

kereta aja yang bekas dipake orang japan malah jadi kereta express

kalo ada yang pernah ke statiun kota coba liat banyak kereta yang memang gak layak jalan

apalagi pesawat terbang yang harganya lebih mahal dari kereta api
 
Kalo masalah harga sih sebenernya bukan prioritas, tapi prioritas nya keselamatan. /wah
Percuma kan? Bikin penerbangan yang murah meriah, tapi pake mesin udah tua, jadi keselamatan gak terjamanin... Wah serem kalo gitu.. /wah
 
makanya maskapainya pada merger, merger kaya bank mandiri itu lho
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.