• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berita Eks Dosen Otaki Bisnis Ijazah Palsu

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
KPBON.jpg
SURABAYA– Sindikat pemalsuan ijazah di Jawa Timur dibongkar Polda Jatim. Sindikat yang beroperasi sejak 2007 telah membuat ratusan ijazah palsu jenjang S1, S2, dan S3 dari sejumlah perguruan tinggi ternama.

Ijazah palsu buatan sindikat yang dipimpin Sucipto,warga Jalan Hasanudin, Malang ini diduga telah beredar luas di berbagai kalangan di Jawa Timur. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Hilman Thayib menjelaskan, sindikat pembuat ijazah palsu tersebut terungkap dari hasil penyelidikan berbagai kasus pemalsuan ijazah yang melibatkan politisi. Dalam pemeriksaan,kasuskasus ini bermuara pada satu sindikat pemalsuan di Malang.

Setelah ditelusuri,muncul nama Sucipto yang ternyata adalah bos sindikat tersebut. “Selanjutnya tersangka kami intai dan berhasil kami tangkap saat bertransaksi untuk membuat ijazah palsu di Malang,” ujar Hilman di Mapolda Jatim,kemarin. Sucipto lalu digelandang di rumahnya, Jalan Hasanudin, Malang.

Di tempat itu polisi menemukan ratusan lembar ijazah palsu dari berbagai universitas ternama di Jawa Timur, seperti Universitas Dr Soetomo (Unitomo), Universitas Merdeka (Unmer) Malang, dan Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang. Selain lembar ijazah palsu yang masih kosong, polisi juga menyita hologram logo beberapa kampus, seperangkat komputer, stempel, delapan bendel skripsi, toga, ijazah palsu yang telah jadi dan uang Rp7 juta. Sekilas, ijazah buatan Sucipto ini memang sempurna dan nyaris tak terlihat kejanggalannya.

Hologram,huruf timbul ciri khas universitas juga ada. Nilai yang diberikan Sucipto pun tak menyolok.“Ratarata nilainya sangat memuaskan alias di atas tiga koma.Jika ijazah ini dilaminating, orang yang membacanya langsung berkesimpulan bahwa ijazah ini asli,”imbuh Hilman. Polisi menduga, dari bisnis ilegal yang berlangsung sejak 2007 lalu itu,komplotan Sucipto telah mengeruk keuntungan ratusan bahkan miliaran rupiah.

Menurut Hilman, tarif yang dipatok Sucipto relatif mahal yaitu yaitu Rp12 juta untuk ijazah S1, Rp30 juta ijazah untuk S2, dan Rp70 juta untuk ijazah S3.“Ya memang bergantung negosiasi atau tawar menawar juga,”tutur Hilman. Sucipto dijerat Pasal 67 ayat (1) dan Pasal 68 ayat (1) Undang-Undang (UU) No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dengan ancaman pidana penjara maskimal 10 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar. Kasubid Ekonomi AKBP Jousep Gunawan menjelaskan, Hilman merupakan mantan dosen di Universitas Dr Soetomo, Jalan Semolowaru Surabaya. Namun sudah lama yang bersangkutan tidak aktif.

“Kasus ini masih kami kembangkan untuk mencari keterlibatan pihak-pihak lain,”kata dia. Rektor Unitomo Ulul Albab yang dikonfirmasi membenarkan bahwa Sucipto adalah bekas dosen pengajar di kampusnya. “Iya beliau memang pernah mengajar di Unitomo pada 1988, tetapi pindah ke Universitas 17 Agustus sekitar 1990- an. Saya belum mengerti juga alasan keluarnya karena kejadiannya kan sudah lama,” katanya. Ulul Albab mengatakan sedang mengumpulkan data tentang alasan keluarnya Sucipto saat itu. Kemungkinan besok (hari ini) alasan itu baru akan diketahui.

“ Saya akan kumpulkan data aja. Dia keluar sebelum saya jadi rektor,”ungkap dia. Ulul mengakui, sebelumnya tim penyidik Polda Jatim memang pernah mendatangi kampusnya, untuk meminta keterangan terkait kasus ini. Kepada polisi, Ulul mengaku sangat dirugikan atas banyaknya ijazah palsu Unitomo yang beredar. Karena itu, terungkapnya sindikat Sucipto sangat membantu memulihkan nama baik Unitomo. ”Polda sudah pernah datang untuk klarifikasi, kita jelaskan semua posisinya,”bebernya.

Selain itu,beber dia,banyak orang yang mendatangi Unitomo meminta klarifikasi keaslian ijazah.Namun Unitomo belum bisa memberikan keputusan karena menunggu hasil pemeriksaan Polda Jatim. “Kalau memang mau klarifilasi,kami tetap akan melayani,”tegas Ulul.
 
walah...mau dibaw akemana negeri ini ko Dosennya aja udah kaya gt kelakuannya...ckckckckc...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.