• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Doa Rosario

Rafa02

IndoForum Newbie D
No. Urut
56529
Sejak
7 Nov 2008
Pesan
72
Nilai reaksi
0
Poin
6
Salam Maria.....
Penuh Rahmat, Tuhan sertamu
Terpujilah engaku di antara wanita,
dan terpujilah buah tubuhmu Yesus,
Santa Maria bunda Allah,
Doakanlah kami yang berdosa ini....
Sekarang dan waktu kami mati....Amin.


Oleh St. Louis Marie Grignion De Montfort (http://xoomer.virgilio.it/ivanaocat/secret.html) - Diterjemahkan oleh -O- Ekaristi.org

--------------------------------------------------------------------------------

Sejarah Doa Rosario

--------------------------------------------------------------------------------

Sejak Doa Rosario ditata, secara prinsip dan substansial, sebagai doa kepada Kristus dan Penghormatan Surgawi, yaitu, Bapa Kita dan Bunda Maria, doa rosario adalah doa pertama dan menjadi devosi prinsip dari orang2 yang percaya dan telah dilakukan selama berabad-abad, dari jaman para rasul dan para murid sampai sekarang. Namun baru pada tahun 1214 lah, Gereja menerima Doa Rosario dalam bentuknya yang seperti sekarang dan menggunakan metode seperti yang kita pakai sekarang. Doa ini diberikan kepaa Gereja oleh St. Dominic, yang telah menerimanya dari Perawan yang Terberkati sebagai hadiah pertobatan orang Albigensian dan para pendosa lainnya.

Saya akan menceritakan pada anda cerita tentang bagaimana kita menerima Doa Rosario, yang ada di dalam buku yang sangat terkenal: De Dignitate Psalterii, yang ditulis oleh Alan de la Roche yang diberkati. St. Dominic, melihat bahwa dosa orang2 Albigensian sudah sangat berat, pergi menyepi ke hutan di dekat Toulouse, dimana ia berdoa tanpa henti selama tiga hari tiga malam. Selama berdoa ia tidak melakukan apapun kecuali meratap dan melakukan pertobatan yang keras untuk meredakan amarah Tuhan. Ia memohon dengan sangat disiplin dan bersungguh-sungguh, dan akhirnya ia jatuh kedalam kondisi koma. Pada saat inilah Bunda kita menampakkan diri padanya, ditemani oleh tiga malaikat, ia berkata, "Wahai Dominic, apakah engkau tahu senjata apakah yang diinginkan oleh Trinitas yang Kudus untuk dipakai untuk memperbaharui dunia?" "Oh, Ratuku," jawab St. Dominic, "engkau mengetahui jauh lebih banyak daripada aku, karena engkau selalu berada di dekat Putramu Yesus Kristus untuk menjadi kepala keselamatan bagi kami." Kemudian Bunda kita menjawab, "Aku ingin kamu tahu bahwa, dalam situasi perang seperti sekarang ini, senjata yang paling utama selalu adalah Doa Surgawi, yang adalah batu fondasi dari Perjanjian Baru. Karenanya, jika engkau ingin menyentuh jiwa-jiwa yang telah mengeras ini dan menyerahkannya kepada Tuhan, ajarkanlah Doa ku." Kemudian St. Dominic bangun, merasa sangat terhibur, dan terbakar oleh semangatnya untuk mentobatkan orang-orang di wilayah tersebut, ia langsung pergi ke katedral. Ketika itu malaikat-malaikay yang tidak kelihatan membunyikan lonceng untuk mengumpulkan orang-orang, dan kemudian St. Dominic mulai mengajar.

Pada awal khotbahnya, datang badai yang hebat, bumi serasa bergetar, matahari meredup, dan terjadi begitu banyak kilat dan cahaya sehingga semua orang merasa begitu tercekam dan takut. Perasaan takut mereka semakin menjadi-jadi ketika mereka melihat pada gambar Bunda kita yang dipasang di suatu tempat yang tinggi, mereka melihat ia menaikkan tangannya ke surga tiga kali untuk memanggil penghakiman Tuhan ke atas mereka kalau mereka tidak mau bertobat, mengubah cara hidup mereka dan mencari perlindungan pada Bunda Suci Tuhan. Melalui fenomena supernatural ini, Tuhan ingin menyampaikan devosi baru kepada Rosario Kudus dan memperkenalkannya kepada semua orang. Paling tidak, ketika St. Dominic berdoa, badai mulai mereda, dan kemudian ia mulai berkhotbah. Begitu gamblang dan kuatnya ia menjelaskan doa Rosario sehingga hampir semua orang Toulouse mempercayainya dan meninggalkan kepercayaan lama mereka yang salah. Dalam waktu yang singkat terlihat kemajuan yang besar di kota tersebut; orang-orang mulai hidup secara Kristen dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama mereka yang buruk.

Terinspirasi oleh Roh Kudus, dan diperintahkan oleh Perawan yang Diberkati dan juga karena pengalaman pribadinya, St. Dominic mengajarkan doa Rosario seumur hidupnya. Ia mengajarkannya dengan memberikan contoh dan juga melalui khotbah-khotbahnya, di kota-kota dan di desa-desa, kepada orang-orang kelas atas maupun kelas bawah, kepada pelajar dan orang2 yang tidak bersekolah, kepada orang-orang Katholik dan Protestant. Doa Rosario, yang ia doakan setiap hari, adalah doa persiapannya untuk setiap khotbah dan merupakan caranya berjumpa dengan Bunda kita setiap selesai khotbah. Satu hari ia harus berkhotbah di Notre Dame di Paris, dan ketika itu adalah pesta St. Yohanes Pembaptis. Ketika ia seperti biasa sedang berdoa rosario di kapel kecil di belakang altar untuk mempersiapkan khotbahnya, Bunda kita muncul di hadapannya dan berkata: "Dominic, meskipun apa yang akan engkau khotbahkan sangat baik, tapi aku membawa kepadamu khotbah yang lebih baik."

St. Dominic mengambil buku yang diulurkan oleh Bunda kita, membacanya dengan cermat dan, setelah ia mengerti dan bermeditasi, ia mengucapkan terima kasih kepada Bunda. Ketika saatnya khotbah tiba, ia naik ke atas mimbar dan, meskipun hari itu adalah pesta St. Yohanes, ia malah berkata bahwa ia telah ditunjuk menjadi pengawal Ratu Surga. Jemaat pada saat itu adalah para theolog dan orang-orang terpandang dan terpelajar, yang sudah biasa mendengar ceramah-ceramah yang manis atau yang tidak lazim; tapi St. Dominic berkata bahwa ia tidak ingin berceramah, sehingga terlihat bijak di mata dunia, tapi ia akan berbicara dalam kesederhanaan Roh Kudus dan keteladanannya yang kuat. Dan setelah itu ia mulai berbicara tentang doa Rosario dan menjelaskan tentang Bunda Suci kata demi kata seperti menjelaskan pada sekelompok anak-anak, dan ia menggunakan ilustrasi sederhana yang ada di dalam buku yang diberikan kepadanya oleh Bunda kita.

Alan yang diberkati, menurut Kartagena, menyebutkan beberapa peristiwa lainnya dimana Tuhan kita dan Bunda kita menampakkan diri kepada St. Dominik untuk meyakinkan dan memberikan semangat kepadanya untuk terus mengajarkan doa Rosario untuk menghapuskan dosa dan mentobatkan pendosa dan orang-orang yang menyeleweng. Dalam pasal yang lain Kartagena mengatakan, "Alan yang diberkati berkata bahwa Bunda kita menampakkan diri kepadanya, setelah ia menampakkan diri kepada St. Dominic, Putranya yang Kudus menampakkan diri kepadanya dan berkata, 'Dominik, Saya senang melihat kamu tidak hanya bergantung pada kebijaksanaanmu sendiri yaitu, daripada mencari doa manusia yang kosong, kamu bekerja dengan sangat rendah hati bagi keselamatan jiwa-jiwa. "Banyak imam mencoba untuk mengajar dengan keras melawan dosa yang terburuk, namun mereka tidak sadar bahwa mula-mula, sebelum seseorang yang sakit diberi obat yang pahit, ia perlu dipersiapkan dengan menempatkan pikirannya pada bingkai yang benar supaya ia bisa benar-benar memperoleh manfaat dari obat tersebut. "Maka dari itu, sebelum melakukan apapun, seorang imam harus membangkitkan semangat berdoa dalam hati manusia dan terutama cinta kepada doa Surgawi. Hanya jika mereka sudah mulai mengucapkan itu dan bertekun didalamnya, Tuhan yang maha pengampun akan sulit untuk menolak memberikan rahmatnya. Maka dari itu aku ingin kamu mengajarkan doa Rosario-ku."

Semua hal, bahkan yang paling suci sekalipun, bisa berubah, terutama jika mereka tergantung pada kehendak bebas manusia. Sehingga tidak heran bahwa, pada saat itu, semangat doa Rosario Suci hanya bertahan 1 abad setelah pertama kali diajarkan oleh St. Dominic. Setelah itu, Rosario seolah-olah terkubur dan terlupakan. Tidak diragukan juga, rencana kotor dan kebencian setan, juga membuat orang-orang mengabaikan doa Rosario, sehingga menghalangi penyaluran rahmat Tuhan yang telah dibawa oleh Rosario keatas bumi. Sehingga, pada tahun 1349 Tuhan menghukum seluruh Eropa dengan wabah yang terparah yang pernah diketahui. Mulai dari timur, menyebar ke seluruh Italia, Jerman, Perancis, Polandia dan Hungaria, membawa kehancuran dimanapun wabah itu lewat, sehingga dari seratus orang jarang ada yang selamat untuk bisa menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Kota-kota besar, desa-desa dan biara-biara hampir benar-benar kosong selama masa tiga tahun penyebaran epidemic wabah tersebut.

Penghukuman dari Tuhan ini langsung diikuti oleh dua hukuman lainnya, penyelewengan (heresy) oleh Flagellant dan perpecahan (skisma) tragis di tahun 1376. Setelah itu, setelah pencobaan-pencobaan ini selesai, syukur kepada Allah yang maha pengampun, Bunda kita berbicara kepada Alan yang diberkata untuk menghidupkan kembali Rosario Suci. Alan yang diberkati adalah satu dari Bapa-bapa Dominican yang tinggal di biara Dinan di Inggris. Ia adalah seorang theolog yang hebat dan pengkhotbah yang terkenal. Bunda kita memilih dia karena, selain doa Rosario dimulai di daerah tersebut, ia juga adalah seorang Dominican yang berasal dari daerah yang sama, sehingga ia memiliki kharisma untuk membangun kembali kebiasaan ini.

Alan yang diberkati memulai pekerjaan besarnya di tahun 1460, setelah menerima peringatan khusus dari Tuhan kita. Beginilah caranya ia menerima pesan penting tersebut, sebagaimana diceritakannya sendiri: Satu hari ketika ia sedang mengadakan Misa, Tuhan kita, yang ingin menggerakkannya untuk mengajarkan Rosario Suci, berbicara padanya dalam Roti Kudus. "Mengapa engkau menyalibkan Aku lagi secepat ini?" kata Yesus kepadanya. "Apa maksudmu, Tuhan?" tanya Alan, ketakutan. "Engkau telah menyalibkan aku sekali dengan dosa-dosamu," jawab Yesus, "dan aku lebih suka disalibkan lagi daripada melihat BapaKu dilukai oleh dosa-dosa yang biasanya engkau lakukan. Engkau menyalibkan aku lagi sekarang karena kamu sebenarnya telah diajarkan dan telah mengerti bahwa kamu harus mengajarkan doa Rosario IbuKu, dan kamu tidak melakukannya. Jika saja engkau melakukannya, engkau bisa menuntun banyak jiwa ke jalan yang benar dan memimpin mereka menjauhi dosa. Tapi kamu tidak melakukannya, sehingga kamu sendiri juga bersalah terhadap dosa-dosa yang mereka perbuat."

Teguran keras ini membuat Alan yang diberkati sungguh-sungguh bertekad untuk mengajarkan doa Rosario dengan tanpa henti. Bunda kita juga berbicara padanya pada suatu ketika untuk memberikan semangat padanya untuk mengajarkan doa Rosario terus dan terus, "Engkau dulu adalah pendosa yang parah di masa mudamu, tapi aku memperoleh buah pertobatanmu dari Anakku. Jika mungkin, aku rela menjalani semua sengsara untuk menyelamatkanmu, karena para pendosa yang bertobat adalah kemenangan bagiku. Dan aku juga akan melakukannya supaya kamu bisa menyebarkan doa Rosarioku kemana-mana." St. Dominic juga menampakkan diri kepada Alan yang diberkati dan bercerita padanya tentang hasil dari pengajarannya: ia telah mengajarkan doa Rosario tanpa henti, khotbah-khotbahnya telah mendatangkan banyak buah yang baik dan banyak orang telah bertobat selama ia mengajar. Ia berkata kepada Alan, "Lihatlah buah yang demikian indah yang telah aku dapatkan melalui pengajaran doa Rosario. Kamu dan yang lainnya yang mencintai Bunda kita harus melakukan yang sama sehingga, dengan melakukan doa Rosario yang kudus, engkau bisa menarik semua orang kepada ilmu pengetahuan tentang kebajikan yang sejati." Secara garis besar, inilah cerita tentang bagaimana St. Dominic memulai doa Rosario kudus dan bagaimana Alan de la Roche yang diberkati mengembalikan ajaran ini.

Dari sejak jaman St. Dominic memulai devosi kepada Rosario kudus, sampai kepada waktu ketika Alan de la Roche yang diberkati memulainya lagi di tahun 1460, doa Rosario disebut dengan Doa kepada Yesus dan Maria. Ini karena doa ini mendoakan Salam Maria dengan jumlah yang sama seperti mazmur-mazmur dalam Kitab Mazmur Raja Daud. Dan karena orang-orang sederhana yang kurang berpendidikan tidak bisa mengucapkan Mazmur Raja Daud, doa Rosario dianggap memiliki manfaat yang sama bagi mereka sama seperti Mazmur Raja Daud bagi orang-orang yang lain.

Sejak Alan de la Roche memulai kembali devosi ini, suara dari orang-orang, yaitu suara dari Tuhan sendiri, memberinya nama doa Rosario, yang berarti "mahkota mawar." Yang bermakna bahwa setiap kali orang mengucapkan doa Rosario dengan bersungguh-sungguh, mereka mengenakan ke kepala Yesus dan Maria 153 mawar putih dan 16 mawar merah. Sebagai bunga surgawi, bunga-bunga ini tidak akan pernah kehilangan atau berkurang keindahannya. Bunda kita telah menyetujui dan mengakui nama Rosary ini; ia telah menampakkan diri kepada beberapa orang bahwa setiap kali mereka mengucapkan doa Salam Maria mereka memberikan pada Bunda Maria sebuah mawar yang indah, dan setiap doa Rosario yang dilakukan dengan penuh memberikan kepadanya sebuah mahkota mawar. Jadi sebuah Rosario yang komplet adalah sebuah mahkota mawar yang besar dan setiap chaplet yang terdiri dari sepuluh doa adalah seperti sebuah booklet bunga mawar atau sebuah mahkota kecil mawar surgawi yang kita letakkan di kepala Yesus dan Maria. Bunga Mawar sendiri adalah ratu dari bunga, dan juga Rosario adalah mawar persembahan kita yang paling berarti dan bermakna.


by Saint Louis Marie Grignion De Montfort
 
Gimana ya cara doa rosario ? ada yang bisa posting disini, kalau bisa ada gambarnya biar jelas /no1
 
Tata Cara Berdoa Rosario

Dalam nama Bapa…
Aku percaya…
Kemuliaan kepada Bapa…
Terpujilah…
Bapa kami…

Salam, Putri Allah Bapa, Salam Maria…
Salam, Bunda Allah Putra, Salam Maria…
Salam, Mempelai Allah Roh Kudus, Salam Maria…

Kemuliaan kepada Bapa…
Terpujilah…

Kemudian renungkan misteri dari kelompok peristiwa-peristiwa (dalam setiap kelompok peristiwa misteri ada 5 peristiwa).
Renungan dimulai dengan membacakan peristiwa pertama dari rangkaian misteri yang dipilih dan dilanjutkan doa Bapa kami, 10 Salam Maria, Kemuliaan, Terpujilan. Lalu menyusul peristiwa kedua dan seterusnya.

(Didakhe 1X : 2-4)

Bapa, Engkau kami puji karena santapan kudus, yang Kau bagikan kepada kami dengan pengantaraan Yesus, Putra-Mu.
Terpujilah Engkau selama-lamanya

Bapa, Engkau kami puji karena kebenaran dan hidup, yang Kausampaikan kepada kami dengan pengantaraan Yesus, Putra-Mu.
Terpujilah Engkau selama-lamanya

Bapa, sebagaimana roti yang kami bagi-bagi ini telah dikumpulkan dari banyak butir gandum yang tersebar di lereng-lereng gunung, sudilah Engkau menghimpun pula umat-Mu dari segala ujung bumi, dan mempersatukan mereka dalam kerajaan-Mu dengan perantaraan penyelamat kami, Yesus Kristus
Terpujilah Engkau selama-lamanya

Dalam Nama Bapa...

GBU

atau kamu bisa mengunjungi situ ekaristi.org (http://ekaristi.org/doa/dokumen.php?subaction=showfull&id=1140105072&archive=&start_from=&ucat=1&)
 
Bukannya yang kalau doa Rosario pakai dihitung pindah -pindah manik2 nya gitu ?
saya pernah lihat, kok manik2 pada kalung nya itu kaya dihitung gitu ?
nah, waktu doa mindah2 manik2 itu, ngucapnya kaya gimana ?
trus di ujung salib seperinya juga ada doa nya ya ?

kalau klik ke ekaristi, sy masih belum paham :(
tapi mungkin susah dijelaskan disini ya...
barangkali kalau merepotkan, ga usah juga gpp /sry
 
Cc Effie,

Ini saya menemukan gambar tentang Rosario semoga bisa di cocokan dgn keterangan manusia lebu

alurdoa2.gif

http://leo.apeaje.info/rosario/alurdoa2.gif

Kalau belum jelas monggo di tanyakan kembali.

reff lengkap plus gambar bisa di lihat di sini
 
@manukdadali
iya benar, ya seperti ini gambar yang saya maksudkan, saya juga punya kalung ini...
waktu di Jerusalem mau kasih oleh-oleh teman Katholik dari pada salah saya beli beberapa
Rosario ada tulisan Jerusalem kan bagus bgt buat kenang2an :)

sekarang saya tanya ya, biar tahu /no1

Urut ya dari no 1 : Aku Percaya ( saya tidak tahu ucapannya )

no 2 kemuliaan ( ga tahu juga )

Bapa kami dan Salam Maria , saya tahu, hafal lagi /heh

Nah peristiwa I, itu kan Salam Maria diucapkan 10 kali saja kan ? ( pada no 6 )

Peristiwa V pada no 9 , apa bedanya dengan yg no 6 ?

Trus yg deket no 10 itu kan ada pertemuan gambar Maria, itu kita mengucap doa yg kaya gimana ya ?

Udah segini dulu pertanyaan nya, terima kasih sebelumnya :)
 
Nah peristiwa I, itu kan Salam Maria diucapkan 10 kali saja kan ? ( pada no 6 )
Iya... setiap renungan peristiwa, Salam Maria didaraskan 10 kali. Semuanya ada 5 peristiwa.
Peristiwa V pada no 9 , apa bedanya dengan yg no 6 ?
Cuma beda pada peristiwa misteri yang direnungkan.

Trus yg deket no 10 itu kan ada pertemuan gambar Maria, itu kita mengucap doa yg kaya gimana ya ?
Pada intinya Doa Rosario sudah selesai, tapi biasanya diteruskan dengan doa lainnya seperti Didakhe IX, Litani Santa Perawan Maria dan doa permohonan kita.

Aku Percaya (Syahadat Para Rasul) :

Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa, Pencipta langit dan bumi;
Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita,
Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria;
Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus,
disalibkan, wafat, dan dimakamkan;
Yang turun ke tempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati;
Yang naik ke surga, duduk disebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa;
Dari situ Ia akan datang mengadili orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya akan Roh Kudus,
Gereja katolik yang kudus,
Persekutuan para kudus,
Pengampunan dosa,
Kebangkitan badan,
Kehidupan kekal,
Amin.

Kemuliaan :

Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus,
seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala abad. Amin.

Terpujilah :

Terpujilah nama Yesus, Maria, dan Yusuf, sekarang dan selama-lamanya. Amin.

Semoga dapat membantu..
 
@manusa lebu
Oh yang Aku percaya itu, saya tahunya Pengakuan Iman Rasuli, ok skrg sdh tahu :)

Bagian Kemuliaan selalu disertai dengan Terpujilah kah ?

btw kalau mau doa Rosario membutuhkan waktu brapa lama ya ?

harus selesaikah doa sekalung itu, apakah boleh di bagi 2 waktu, misal doa siang belum selesai, trus dilanjutkan malam nya sampai ujung salib itu ?
atau harus selesai semua nya dalam 1 kali doa ?

bagian salib, ada doa khusus ga ? saya lihat pakai dicium segala, saya rasa pasti ada artinya ?

Terakhir, sebenarnya Doa Rosario ini untuk doa khusus atau doa sehari-hari ?

Terima kasih buat teman-teman yang sudah ikut membantu menjelaskan, Tuhan berkati :)
 
@manusa lebu
Oh yang Aku percaya itu, saya tahunya Pengakuan Iman Rasuli, ok skrg sdh tahu :)

Bagian Kemuliaan selalu disertai dengan Terpujilah kah ?

Iya betul

btw kalau mau doa Rosario membutuhkan waktu brapa lama ya ?

Kalau aku sih biasanya sekitar se jam an deh, kecuali kalu doanya ngebut, kali bisa setengah jam, he he he ..... ngga tau deh record terakhir di MURI berapa menit ha ha ha .... Joking.

harus selesaikah doa sekalung itu, apakah boleh di bagi 2 waktu, misal doa siang belum selesai, trus dilanjutkan malam nya sampai ujung salib itu ?
atau harus selesai semua nya dalam 1 kali doa ?

Kalu aku sih biasanya sekali jalan selesai, tapi ngga tau ya apa boleh di potong2 kaya gitu, makanya harus pilih waktu yg ngga keburu buru, malam sebelum tidur kalau waktu udah tenang atau pagi hari (yg ini sih ngga pernah aku lakukan soalnya bangun nya selalu siang wkkkk)

bagian salib, ada doa khusus ga ? saya lihat pakai dicium segala, saya rasa pasti ada artinya ?

Biasanya pas yg disalib kita mencium salib setelah selesai melakukan tanda salib tapi ini ngga mesti gitu, kalau mau boleh kalu ngga juga ngga apa apa

Terakhir, sebenarnya Doa Rosario ini untuk doa khusus atau doa sehari-hari ?

Biasanya ini di doakan pada bulan Maria yaitu Mei dan November setiap hari dalam sebulan, atau kalau ada maksud maksud tertentu yg di minta bisa dijadikan doa Novena yg 9 x berturut2 itu, kalau mau sebagai doa harian juga boleh, yg rutin sih biasanya di bulan Maria itu.

Doa Rosario jangan sampai di buat seperti doa jampi jampi kaya gitu, dan musti juga disadari bahwa Doa Rosario bukan merupakan doa kepada Maria, tapi doa bersama sama Maria kepada Allah, kalau aku sih biasanya berdoa Rosario kalau aku lagi kangen sama orang2 yg sudah meninggal, atau sama pacar juga boleh, mohon supaya orang2 yg kita sayangi tetap dilindungi oleh Allah, kita berdoa bersama sama Bunda Maria kepada Allah.


Terima kasih buat teman-teman yang sudah ikut membantu menjelaskan, Tuhan berkati :)

Begitu sorry aku cuma sisip sisipkan aja biar ringkas.

Nambah kalau ngga salah Rosa itu artinya sekuntum mawar, Rosario itu jamaknya, maksudnya adalah bahwa kalau kita berdoa Rosario itu kita seperti memahkotai Yesus dengan sekuntum bunga mawar pada setiap kali kita selesai 10 x doa salam Maria itu, jadi 5 kuntum mawar dalam 5 x 10 salam Maria, barangkali ada yg lebih tau mau menambahkan silahkan CMIIW
 
Bagian Kemuliaan selalu disertai dengan Terpujilah kah ?
Dalam Doa Rosario...iya.
btw kalau mau doa Rosario membutuhkan waktu brapa lama ya ?

harus selesaikah doa sekalung itu, apakah boleh di bagi 2 waktu, misal doa siang belum selesai, trus dilanjutkan malam nya sampai ujung salib itu ?
atau harus selesai semua nya dalam 1 kali doa ?
Ya... semua doa kan harus tuntas. Doa Rosario bisa memakan waktu 1/2 jam atau lebih. Dalam Doa Rosario kita merenungkan setiap peristiwa. Pendarasan Salam Maria dll diharapkan membantu kita dalam perenungan tersebut. Dan dalam perenungan tersebut tentunya harus berlandaskan iman sehingga doa yang kita daraskan tidak menjadi rentetan kata yang sia-sia. Jadi jangan terpaku pada waktu, tapi bagaimana kita bisa fokus dalam setiap renungan peristiwa. Sebaiknya disediakan waktu khusus untuk melaksanakannya, misalnya malam hari sebelum tidur.

bagian salib, ada doa khusus ga ? saya lihat pakai dicium segala, saya rasa pasti ada artinya ?
Pada bagian salib di daraskan Syahadat Para Rasul.
Mencium salib biasanya dilakukan sebagai ungkapan rasa hormat, gak juga gak pa pa...
Terakhir, sebenarnya Doa Rosario ini untuk doa khusus atau doa sehari-hari ?
Ya... berdoa khusus bersama Bunda Maria dan dianjurkan dilakukan setiap hari. Banyak orang yang menyediakan jam khusus yang tetap setiap harinya untuk berdoa Rosario

Salam,
 
terima kasih banyak buat manukdadali dan manusa lebu dimana penjelasannya sudah memberikan kepada saya sesuatu yang dahulunya ga tahu menjadi ngerti sekarang :D

tapi tanya lagi ya /heh
saya ada karyawati yang suka berdoa bawa Rosario saat kerja, dan sepertinya saat doa kok ketika ditanya hal pekerjaan oleh rekannya, dia juga menjawab. nah apakah boleh doa Rosario ini dikerjakan sambil mengerjakan kegiatan lain ? atau salahkah orang ini dalam menjalankan doanya ?

satu lagi, kenapa disebut nya bulan Maria adalah November dan Mey ?

semoga ga bosan jelaskan saya ya, sekalian biar bisa dibaca sama member lain yang mempunyai kebutuhan penjelasan sama seperti saya /no1
 
satu lagi, kenapa disebut nya bulan Maria adalah November dan Mey ?

Sorry mengenai Bulan Maria itu Mei dan Oktober bukan November, saya salah :">

Kenapa Bulan Mei karena ada perayaan yg berturut turut yaitu :

May 1 Queen of Heaven
May 13 Our Lady of Fatima
May 24 Mary Help of Christians
May 31 Mary, Mediatrix of all Graces
May 31 Visitation of the Blessed Virgin Mary

Sedangkan bulan Oktober di canangkan sebagai bulan Maria karena untuk memperingati pada saat peperangan Lepanto pada waktu perang salib, kalau ngga salah di ceritakan di salah satu topik di indoforum.

saya ada karyawati yang suka berdoa bawa Rosario saat kerja, dan sepertinya saat doa kok ketika ditanya hal pekerjaan oleh rekannya, dia juga menjawab. nah apakah boleh doa Rosario ini dikerjakan sambil mengerjakan kegiatan lain ? atau salahkah orang ini dalam menjalankan doanya ?

Waduh saya ngga berani menilai seperti apa, tapi kalau dia melalaikan tugas dengan alasan berdoa rosario sebaiknya di tegur saja.

Kalau saya, saya pasti tidak berdoa dgn cara itu, saya malah takut tidak dapat menghayati doa seperti itu.
 
@manukdadali
salah gpp, namanya sharing kadang ada yg lupa dan lagi sudah anda ralat :)
itu kalender dinegara mana ya, yang ada hari perayaan seperti tsb ?
dan apa diberlakukan juga di gereja Katholik Indonesia ?

iya juga ya, kalau doa Rosario sambil kerja, apa nda lupa tadi dihitungan manik yang mana, sikap yang kurang menghargai juga :(

OOT dikit, pernah ikut teman ke gereja Katholik, buat apa ambil air sebelum masuk ruang gereja lalu buat tanda Atas Nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, saya percaya itu bukan sekedar ritual tapi ada arti penting, he he nanya lagi ya :D
soalnya teman saya juga tidak tahu artinya :(
 
@manukdadali
OOT dikit, pernah ikut teman ke gereja Katholik, buat apa ambil air sebelum masuk ruang gereja lalu buat tanda Atas Nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, saya percaya itu bukan sekedar ritual tapi ada arti penting, he he nanya lagi ya :D
soalnya teman saya juga tidak tahu artinya :(

Ini pertanyaan yg bagus, aku bikin topik baru tentang ini ya, bagus buat menambah kelengkapan Forum Katolik di Indoforum.

Terima kasih
 
Manukdadali berkata:
Sedangkan bulan Oktober di canangkan sebagai bulan Maria karena untuk memperingati pada saat peperangan Lepanto pada waktu perang salib, kalau ngga salah di ceritakan di salah satu topik di indoforum.

Bro Manukdadali,

Perang Lepanto bukan perang Salib, tetapi perang setelah perang Salib. Perang ini terjadi karena Dynasti Muslim terbesar dalam sejarah, yaitu Ottoman, mau menaklukan daratan Eropa.

Berbeda dengan perang Salib, perang Lepanto adalah perang yang betul2 berdampak sangat besar (bahkan dibandingkan perang Salib), karena akibat perang inilah kejayan kerajan Muslim (yang sering disebut Muslim sebagai "Zaman Emas") runtuh, sementara perang Salib tidak meruntuhkan kerajan2 Kristen.

Pada perang ini juga Allah menjawab doa umat Kristiani yang sebelumnya selalu ditindas dan keimanannya selalu dilecehkan akibat kemiskinan dan kekalahan terus menerus dari pihak Kristiani. Bukan hanya kemenangan yang diperoleh umat Kristiani melainkan juga umat Kristiani memperoleh "Harta Rampasan Perang" yang diberikan oleh Allah dari musuh2 Gereja itu, yaitu ilmu pengetahuan Yunani yang telah dikembangkan dengan baik oleh ilmuwan2 Muslim yang menyebabkan dulu kerajan2 Islam pernah mengalami kejayan.

Nah, Peran Bunda Maria melalui Rosario dalam perang ini amatlah penting.

Untuk tahu lebih jelas tentang Perang Lepanto, boleh baca postingan saya di forum lain:

http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic.php?t=6079&start=0

Salam Kasih
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.