• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Ditemukan Fosil Makhluk Berkaki Empat Paling Primitif

magnum

IndoForum Activist C
No. Urut
1320
Sejak
27 Mei 2006
Pesan
14.143
Nilai reaksi
417
Poin
83
Ditemukan Fosil Makhluk Berkaki Empat Paling Primitif

44ss4sbi8.jpg

Ilustrasi Ventastega curonica makhluk berkaki empat paling primitif yang hidup di Latvia 365 juta tahun lalu.

WASHINGTON, KAMIS - Para ilmuwan menemukan fosil hewan berkaki empat paling primitif di Latvia. Fosil makhluk yang hidup 365 juta tahun lalu itu mungkin dapat menambah informasi untuk mengungkap hubungan kekerabatan antara ikan dan hewan yang hidup di daratan.

Tulang kaki dan jari-jarinya tidak ditemukan, tapi dari struktur tulangnya dapat dipastikan sebagai hewan berkaki empat. Sebab, selain tengkorak, ditemukan pula tulang bahu dan tulang panggul. Hewan yang diberi nama Ventastega curonica itu diperkirakan hidup di air dangkal. Ia mungkin lebih banyak menggunakan keempat kakinya untuk berjalan di dasar perairan daripada berenang.

"Jika Anda melihatnya dari jauh, ia mirip aligator kecil, namun jika Anda melihat dari dekat akan melihat sirip di bagian ekornya," ujar Per Ahlberg, profesor biologi evolusi di Universitas Uppsala, Swedia, yang melaporkannya dalam jurnal Nature edisi terbaru.

Meski hidup di air, ia lebih mirip tetrapoda daripada ikan. Hewan tersebut mungkin hidup di perairan dangkal dan lebih suka merayap di dasar. Tetrapoda selama ini diyakini sebagai saudara tua amfibi, burung, dan mamalia. Namun, para ilmuwan tidak yakin hewan tersebut merupakan transisi antara ikan dan hewan darat. Meski struktur tubuhnya paling primitif, ada hewan lain yang lebih tua namun dengan struktur yang lebih mendekati hewan darat. Ventastega diperkirakan hanya salah satu tetrapoda yang tidak melanjutkan cabang kekerabatannya.

Sampai saat ini, para ilmuwan yakin sejumlah makhluk darat memiliki nenek moyang yang hidup di air. Namun, masih sedikit informasi bagaimana makhluk air mulai berkembang di darat. Perubahan lingkungan, seperti perairan yang mendangkal atau menurunnya pasokan makanan mungkin salah satu faktor yang mendorong kelompok makhluk air beradaptasi dengan lingkungan daratan.



Kode:
KCM
 
waduh modelnay nyereminkayak d film film aja /swt

lebih tua mana tuh ama dinosaurus /hmm /hmm
 
ga tau jg yah,, ini 365 juta tahun yg lalu
 
itu transisi dari ikan ke reptil kali ya seperti coelancanth yang legendaris itu, julukannya "fosil hidup"
 
klo 365 jut atahun yang lalu berarti setara dengan dinosaurus dunk num /hmm
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.