Cermati Produk Pemutih Kulit

Discussion in 'Forum Kesehatan' started by LoVe_ChiKa, 7 Mar 2007.

  1. LoVe_ChiKa

    LoVe_ChiKa IndoForum Junior A

    No. Urut:
    8777
    Joined:
    17 Nov 2006
    Messages:
    3.571
    Likes Received:
    380
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    aozora.net
    Location:
    semarang
    Cermati Produk Pemutih Kulit

    Jakarta, Kompas

    Iklan pemutih wajah atau pemutih kulit relatif berusaha membentuk opini bahwa kulit indah adalah yang putih. Krem atau losion dengan pemutih seolah menjadi satu-satunya jawaban bagi orang yang ingin memiliki kulit putih.

    Beberapa waktu lalu, kantor berita Reuters dan AFP memberitakan, banyak perempuan di Nairobi, Afrika, menderita kerusakan kulit akibat pemakaian krem pemutih. Ternyata, mereka memakai krem pemutih yang mengandung hidrokuinon dan merkuri dalam konsentrasi tinggi.

    Akibatnya, bukan kulit warna putih yang mereka dapatkan, tetapi kulit yang rusak terbakar. Kulit mereka menjadi lebih hitam dari sebelumnya.

    Belajar dari pengalaman mereka, sebelum menggunakan krim pemutih kulit, sebaiknya konsumen mengetahui inti perawatan kulit dan meneliti kandungan krim yang akan dipakai.

    Pada dasarnya tujuan perawatan kulit adalah mendapatkan kulit yang segar, sehat, dan halus. Kulit yang demikian membuat penampilan seseorang tampak bersih, tidak kusam. Perawatan membuat penampilan kulit lebih sehat, bukan menjadikan kulit berwarna putih.

    Krim pemutih yang dikemas produsen dalam sabun, losion tubuh, pelembab, dan sebagainya hanya berfungsi merawat dan memperindah penampilan. Krim pemutih yang dijual bebas tak bisa berfungsi sebagai terapi seperti obat karena obat hanya bisa digunakan berdasarkan resep dokter.

    Hidrokuinon dan merkuri

    Saat ini hidrokuinon masih digunakan sebagian produsen pemutih karena hidrokuinon mampu mengelupas kulit bagian luar dan menghambat pembentukan melanin yang membuat kulit tampak hitam. Namun, menurut ahli kosmetik di Rumah Sakit Kramat 128, Jakarta Pusat, dr Lili Legiawati SpKK, penggunaan hidrokuinon dalam kosmetika bebas tak boleh lebih dari 2 persen.

    "Hidrokuinon tidak boleh digunakan dalam waktu yang lama, dan jika pemakaiannya lebih dari 2 persen, harus di bawah kontrol dokter. Penggunaan hidrokuinon yang berlebihan bisa menyebabkan oochronosis terhadap orang berkulit gelap," kata Lili.

    Oochronosis adalah kulit berbintil seperti pasir dan berwarna coklat kebiruan. Penderita oochronosis akan merasa kulit seperti terbakar dan gatal.

    Sementara merkuri sudah dilarang Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk digunakan dalam kosmetika meski hanya dioleskan.

    "Walau hanya dioleskan dan tidak diminum, merkuri bisa meresap ke dalam pembuluh darah. Bila terakumulasi dalam ginjal, dapat mengakibatkan kerusakan fungsi ginjal," tutur Lili yang juga pengajar pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

    Namun, yang menjadi masalah, hanya sebagian pemutih yang mencantumkan bahan dasar dan komposisi dalam produknya. Mungkin mereka takut jika mereka mencantumkan bahan baku dan komposisi tersebut, konsumen tidak akan memakai produknya.

    "Sering kali pasien yang datang ke dokter karena kondisinya sudah parah. Dokter kesulitan untuk mencari tahu penyebabnya karena produk yang mereka pakai tidak mencantumkan bahan baku dan komposisi," ujar Lili.

    Produk terdaftar

    Menurut Lili, sebaiknya ketika ingin memakai pemutih, konsumen memilih produk yang terdaftar. Artinya, produk tersebut telah terbukti aman karena melalui serangkaian tes laboratorium yang telah disyaratkan pemerintah. Produk yang telah terdaftar di BPOM mempunyai kode CD untuk kosmetik dalam negeri dan CL untuk kosmetik buatan luar negeri.

    Selain itu, setiap benda yang dijual selalu memiliki masa edar, apalagi obat yang mengandung unsur kimia. Oleh karena itu, ada baiknya konsumen juga memerhatikan tanggal kedaluwarsa produk pemutih atau kosmetik lainnya. Produk yang kedaluwarsa bisa menjadi racun karena sudah terkontaminasi jamur atau bakteri.

    "Ada baiknya produk yang digunakan memiliki petunjuk pemakaian agar tidak ada kesalahan dan efek pemakaian juga menjadi optimal," kata Lili.

    Dia mengingatkan, harga tidak menjadi jaminan kualitas produk dan cocok tidaknya produk tersebut terhadap kulit Anda. Dalam memakai sebuah produk kosmetik, bila terjadi iritasi yang disertai rasa gatal dan kulit Anda berwarna kemerahan, sebaiknya pemakaian dihentikan.

    "Sebaiknya sebelum memakai sebuah produk, konsultasikan dulu kepada dokter. Ini terutama untuk mereka yang memiliki kulit bermasalah atau produksi minyaknya berlebih," kata Lili.

    Untuk mendapatkan kulit yang bersih tidak bergantung pada kosmetika yang Anda gunakan. Gaya hidup seseorang juga menentukan kondisi kulit.

    "Kulit yang bersih merupakan cermin dari gaya hidup seseorang yang sehat. Makan dan tidur yang teratur, selalu berpikir positif, dan mengonsumsi sayur dan buah-buahan berdampak pada kesehatan kulit," kata Lili menegaskan.

    Bagi mereka yang tetap ingin memutihkan warna kulitnya, Lili mengingatkan bahwa kulit gelap telah diciptakan Tuhan bagi orang-orang yang tinggal di daerah khatulistiwa. Ini relatif tak terhindarkan karena mereka lebih sering terpajan sinar matahari. Warna gelap pada kulit dihasilkan oleh melanin yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari pajanan sinar matahari.

    "Sinar ultraviolet matahari bisa membuat sel rusak atau bermutasi. Keberadaan melanin justru menjadi penangkal sinar ultraviolet yang berbahaya bagi tubuh," ujar Lili.

    Tanpa melanin dalam tubuh seseorang, maka pembuluh darah akan melebar, terjadi penuaan dini, dan menghilangkan imun, atau bahkan bisa memicu kanker kulit. Sekarang pilihan ada di tangan Anda, ingin memiliki kulit berwarna putih dengan bahan kimia atau menjaga kesehatan kulit dengan menjalankan gaya hidup sehat.

    Kebersihan Awal Kecantikan

    Kunci agar kulit Anda tampak sehat adalah dengan menjaga kebersihannya. Tanpa kebersihan, segala macam krem atau losion dan perawatan yang Anda gunakan tidak akan menunjukkan hasil optimal.

    Hal itu terjadi sebab semua krem dan perawatan tidak bisa masuk menembus ke dalam kulit karena terhalang oleh kotoran atau kulit mati yang menumpuk.

    Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus rajin membersihkan wajah. Tentu cara pembersihannya juga harus dilakukan dengan benar.

    * Gunakan sabun khusus untuk wajah, jangan menggunakan sabun mandi biasa.
    * Pilihlah sabun wajah yang sesuai dengan tipe kulit Anda, seperti berminyak, kering, atau normal.
    * Cucilah wajah Anda tiga kali sehari, yakni pada pagi, sore, dan malam menjelang tidur. Untuk kulit bermasalah seperti berjerawat, frekuensi membersihkan wajah harus lebih sering. Minimal, cucilah wajah Anda empat kali sehari.
    * Pembersihan wajah harus meliputi daerah wajah yang berbatasan dengan daerah tempat rambut tumbuh, leher, serta telinga dan bagian belakang telinga.
    * Jika Anda merasa masih kurang bersih, pencucian bisa diulang lagi.
    * Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan wajah. Wajah jangan digosok dengan handuk yang kasar karena akan merangsang timbulnya jerawat atau menyebabkan iritasi pada kulit.
    * Jika Anda menggunakan tata rias yang cukup tebal, gunakan susu pembersih wajah untuk menghilangkan tata rias tersebut. Setelah itu baru mencuci wajah seperti biasa. Namun, bagi orang dengan kulit berminyak, sebaiknya tidak terlalu sering membersihkan wajah dengan krem atau losion berbahan dasar susu pembersih. Dikhawatirkan penggunaan susu pembersih untuk mereka yang kulitnya berminyak justru menimbulkan jerawat. (ARN/M CLARA WRESTI)
  2. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    hmmm..... awas sekarag banyak yg mengandung zat kimia lho /no1 /wah
  3. cheyzee

    cheyzee IndoForum Junior D

    No. Urut:
    4749
    Joined:
    13 Aug 2006
    Messages:
    1.931
    Likes Received:
    409
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    -
    Location:
    lupa gw....
    gw pake hazeline yg malaysia punya aman g yach /?
    takut juga neh... ntar kalo muka gw kenapa2 gimana /omg /omg
  4. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    palingan juga kebakar palingan cece chesee /gg /gg /gg

    d liat aja cece kadar zat kimianya tuh /no1
  5. cheyzee

    cheyzee IndoForum Junior D

    No. Urut:
    4749
    Joined:
    13 Aug 2006
    Messages:
    1.931
    Likes Received:
    409
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    -
    Location:
    lupa gw....
    sejauh ini seh ok2 aja.... gw cuma make sebagai pelembab aja... soalnya sabun cuci mukanya jf sulfur cc... kalo g pake pelembab, muka kaya krupuk... kering bgt... pilih hazeline karena cuma itu yang bebas minyak... kalo pake yg berminyak, jerawat ntar nambah... /sob /sob /sob
  6. peney

    peney IndoForum Junior B

    No. Urut:
    170
    Joined:
    30 Mar 2006
    Messages:
    2.421
    Likes Received:
    462
    Trophy Points:
    83
    Gender:
    Male
    Occupation:
    Sleeper
    pake Tje fuk aja !!! tidak menganduk merkuri dan hydrokenon lohh..!!! yg bintangnya orang2 gazebo itu =))
  7. cheyzee

    cheyzee IndoForum Junior D

    No. Urut:
    4749
    Joined:
    13 Aug 2006
    Messages:
    1.931
    Likes Received:
    409
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    -
    Location:
    lupa gw....
    mahal om.... hazeline cuma 30 rebuan... tje fuk 200 rebu lebih kalo paket komplitnya....
  8. Erica

    Erica IndoForum Senior B

    No. Urut:
    8373
    Joined:
    1 Nov 2006
    Messages:
    5.821
    Likes Received:
    381
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Be Aware Nothing For Free
    nggak butuh lagi,gue udah putih kok /e4/e4/e4
    ini aja udah mau itamin dikit ;);));))
  9. bue_mochi

    bue_mochi IndoForum Beginner D

    No. Urut:
    11494
    Joined:
    14 Feb 2007
    Messages:
    576
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    28
    sama kaya pecinta IF hahaha..muka gw malah kl ga pake foundation yg agak coklatan biar ga geto putih, kl terlalu putih jd pucat, sering dikira lagi sakit padahal sehat gene hahahaha /gg /gg
  10. Erica

    Erica IndoForum Senior B

    No. Urut:
    8373
    Joined:
    1 Nov 2006
    Messages:
    5.821
    Likes Received:
    381
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Be Aware Nothing For Free
    ^
    ^
    benar,jadi kita nggak butuh lagi pemutih /gg/gg/gg
  11. ch4oz

    ch4oz IndoForum Junior E

    No. Urut:
    5042
    Joined:
    17 Aug 2006
    Messages:
    1.726
    Likes Received:
    634
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Pengangguran Nih,... SOB. Kalo ada Lowongan jadi I
    Location:
    Berpijak di Bumi, Berjalan diatas Angin, dan Tidur
    lagi kalo make pemutih gt, n ga sesuai bisa bikin kulit merah n pecah2 kek abis terbakar /omg
  12. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    untung gue ga pernah make pemutih tuh /no1
  13. Erica

    Erica IndoForum Senior B

    No. Urut:
    8373
    Joined:
    1 Nov 2006
    Messages:
    5.821
    Likes Received:
    381
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Be Aware Nothing For Free
    untung gue nggak perlu lagi pake pemutih :-":-":-"
  14. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    biarpun kulit gue g aputih tp gue ga pernah make pemutih tuh /no1 so wajah gue masih alami dari bahan bahan kimia /gg
  15. cheyzee

    cheyzee IndoForum Junior D

    No. Urut:
    4749
    Joined:
    13 Aug 2006
    Messages:
    1.931
    Likes Received:
    409
    Trophy Points:
    83
    Occupation:
    -
    Location:
    lupa gw....
    enak nya... kulit gw awal bermasalah waktu klas 2 sma... trus berlanjut ampe skarang, tp jerawat uda g ada yg baru lg, tinggal ngilangin yang lama, tp komedo tuh... g nahan... /sob /sob /sob
  16. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    wew ga usah pek pemutih klo cuma komedo rajin rajin aja bersiin tuh kulit wajah /no1
  17. Erica

    Erica IndoForum Senior B

    No. Urut:
    8373
    Joined:
    1 Nov 2006
    Messages:
    5.821
    Likes Received:
    381
    Trophy Points:
    83
    Location:
    Be Aware Nothing For Free
    rajin facial kalo di muka aja larrrr :-"
  18. gokous

    gokous IndoForum Junior D

    No. Urut:
    8320
    Joined:
    30 Oct 2006
    Messages:
    1.790
    Likes Received:
    442
    Trophy Points:
    83
    Location:
    old trafford
    rajin cuci muka aja kalo abis ngapain gitu/no1
  19. w4rr10r

    w4rr10r IndoForum Beginner C

    No. Urut:
    5879
    Joined:
    31 Aug 2006
    Messages:
    721
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    /heh iya rajin2 aja cuci muka biar panoan /heh
  20. T!T!~ch@/\/

    T!T!~ch@/\/ IndoForum Banned

    No. Urut:
    1035
    Joined:
    11 May 2006
    Messages:
    21.523
    Likes Received:
    1.324
    Trophy Points:
    113
    Occupation:
    Owner LiRoNet and Founder Livindre
    Location:
    Surabaya
    klo cuci muka tapi ati atai jangan langsung dari luar lgsg cuci muka ga baik juga buat wajah tuh /no1

Share This Page

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG