• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Benarkah Anda memiliki jiwa Entrepreneurship? Chekdizaoutz...

Constantine

IndoForum Senior A
No. Urut
64676
Sejak
19 Feb 2009
Pesan
6.946
Nilai reaksi
320
Poin
83
Kuis 15 Entrepreneur Unggulan
Penulis : Tim AndrieWongso.com


Menjadi pengusaha atau entrepreneur mulai dianggap sebagai "jalan cepat" menjadi kaya. Tapi, apakah semudah itu? Tentu saja tidak! Coba perhatikan... dari sekian banyak yang mencoba jadi pengusaha, berapa persenkah yang kemudian sukses menjadi seperti yang didamba? Sepuluh, dua puluh, atau berapa persen? Nah, mereka yang sukses jadi pengusaha, pasti memiliki sejumlah kelebihan / kriteria unggulan dibandingan dengan yang kurang berhasil. Lantas, apa sajakah kriteria tersebut?

Kuis berikut ini barangkali bisa menjadi pertimbangan yang paling dasar, sudah masukkah kita dalam kriteria entrepreneur dengan kualitas unggulan? Atau, sudah tepatkah keputusan kita untuk masuk dalam kuadran wirausaha ini? Jawablah dengan jujur. Masing-masing pertanyaan, silakan isi sesuai pendapat dalam diri dengan skala nilai 0-10. Di akhir pertanyaan, jumlahkan angka yang Anda peroleh dan cocokkan dengan total kategori angka yang ada di bagian bawah. Dari hitungan itu, Anda akan tahu seberapa kuatkah kualitas entrepreneur dalam diri.

Tapi, apa pun hasilnya, sikapilah dengan bijaksana. Sebab, ini hanyalah ukuran kuantitatif yang bisa saja sangat relatif dalam pelaksanaannya. Dan harap diingat, bahwa pada dasarnya apa pun profesi kita, sepanjang kita mampu berjuang dan memberikan yang terbaik, sukses sejati telah berada dalam genggaman tangan kita.



1.Apakah Anda memiliki jiwa kepemimpinan yang baik? (0-10)
Seorang yang memiliki jiwa wirausaha bukan sekadar bisa memimpin tapi juga punya sense yang kuat terhadap berbagai hal. Dengan jiwa ini, ia mampu melewati berbagai tantangan dan ujian yang menghadang. Nah, seberapa kuatkah jiwa kepemimpinan Anda? Andalah yang mampu menilainya sendiri.

2. Apakah Anda memiliki energi dan antusiasme yang luar biasa? (0-10)
Untuk menghadapi berbagai halangan dan rintangan dalam menjalankan usaha, seseorang membutuhkan energi dan antusiasme yang luar biasa. Sebab, kita perlu fokus pada apa yang kita lakukan. Coba cari tahu kapan saat-saat kita merasa terbaik dalam keseharian. Dengan mengetahui kapan Anda bisa maksimal, maka kita bisa memaksimalkan pula energi yang bisa kita manfaatkan untuk kepentingan usaha kita.

3. Apakah Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi? (0-10)
Sangat penting untuk memiliki kepercayaan terhadap apa yang kita lakukan. Karena itu, jika melakukan apa pun, tingkat kepercayaan terhadap apa yang dilakukan haruslah kuat. Untuk meningkatkan kekuatan ini, libatkanlah diri pada apa yang kita sukai dan kuasai. Biasanya, dengan bekal kemampuan menguasai bidang tersebut, kita akan memiliki kepercayaan diri yang jauh lebih tinggi.Jadi, seberapa besarkan rasa percaya diri Anda pada bidang usaha yang dijalani?

4. Apakah Anda seorang yang sangat terorganisir? (0-10)

Seorang pengusaha harus mampu mengorganisir semua potensi yang ada.Untuk membantu mengetahui berapa skor Anda untuk masalah kemampuan mengorganisir, beberapa pertanyaan berikut barangkali bisa dijadikan referensi: Apakah Anda mampu melakukan segala sesuatu tepat pada waktunya; Apakah Anda dengan cepat mampu menemukan barang yang Anda butuhkan; Apakah Anda sering membuat daftar apa yang harus Anda kerjakan; Apakah Anda selalu menepati janji.

5. Apakah Anda memiliki jiwa kompetisi yang kuat? (0-10)
Dalam dunia bisnis, persaingan tak bisa dihindari. Karena itu, untuk jadi pengusaha unggulan, kita harus tahu persis seberapa kuat kita dalam menghadapi kompetisi. Untuk menilainya, Anda bisa melihat dari keseharian. Misalnya, saat mengikuti lomba atau olahraga. Dari kebiasaan untuk selalu ingin menang dalam perlombaan itu biasanya menunjukkan juga seberapa kuat jiwa kompetisi Anda.

6. Apakah Anda dapat menikmati jam kerja yang panjang? (0-10)

Banyak orang yang mengatakan bahwa menjadi pengusaha dapat lebih santai dari segi waktu. Sementara, dengan menjadi karyawan, waktunya lebih pasti. Tapi, pada kenyataannya, menjadi pengusaha sebenarnya membutuhkan waktu keterlibatan yang jauh lebih panjang dari menjadi karyawan, bahkan bisa 24 jam dalam sehari. Nah, bagaimanakah Anda menyikapi hal ini? Seberapa workaholic-kah Anda?

7. Apakah Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk berwirausaha? (0-10)

Menjadi pengusaha membutuhkan banyak modal. Tentunya, hal ini harus jadi perhatian utama. Baik modal berupa uang, relasi, kepercayaan, dan berbagai macam modal lain yang harus kita persiapkan. Tapi, harus diakui, bahwa salah satu faktor utama yang paling penting adalah modalberupa uang. Nah, seberapa kuatkah anggaran yang Anda miliki? Bisakah Anda meminjam dengan mudah saat butuh modal lebih banyak? Siapa saja daftar orang yang bisa Anda pinjami untuk mencari sumber tambahan usaha?

8. Apakah Anda merasa sangat sehat? (0-10)

Kesehatan adalah hal utama jika Anda ingin jadi pengusaha yang sukses. Dalam hal ini, sehat secara finansial dan sehat secara mental juga harus jadi perhatian utama. Kesehatan jasmani dan rohani adalah modal utama yang perlu dimaksimalkan karena menjadi pengusaha pastilah menghadapi banyak rintangan dan ujian.

9. Apakah Anda memiliki keunikan atau keunggulan produk yang bisa dibanggakan? (0-10)
Salah satu hal yang bisa menjadi nilai tambah dalam berwirausaha adalah keunikan dan keunggulan sebuah produk yang kita tawarkan. Dalam hal ini, jika kita bisa menjadi yang pertama, menjadi yang terbaik, menjadi yang terunik, sudah pasti akan memberinilai lebih yang akan membuat kita lebih mudah menjalankan usaha. Selain itu, tentunya keunggulan ini bisa juga dikombinasikan dengan layanan yang prima,unik, dan menarik. Dengan kelebihan-kelebihan inilah, sebuah usaha akan bisa berkembang. Nah, apakah Anda sudah memiliki sejumlah keunggulan tersebut?

10. Apakah Anda didukung oleh keluarga dekat? (0-10)
Untuk menjalankan usaha, dukungan orang terdekat mutlak diperlukan. Sebab, banyak hal yang saat usaha berjalan pasti memerlukan kompromi-kompromi, terutama dengan orang di dekat kita. Selain itu, dukungan moril tentunya juga akan jadi penguat langkah kita dalam menghadapi setiap tantangan. Karena itu, tanyakanlah pada diri Anda, seberapa besarkah dukungan keluarga?

11. Apakah Anda memiliki keberanian berkorban untuk mendapat hasil yang jauh lebih baik? (0-10)

Keberanian berkorban untuk mencapai hasil lebih mutlak diperlukan saat menjalani usaha. Misalnya, kemauan untuk menunda bersenang-senang karena harus mengerjakan order pesanan. Atau, menunda membeli barang kebutuhan seperti ganti mobil untuk mendapat modal lebih banyak. Contoh lain misalnya kemauan mengorbankan waktu berlibur dan bermain bersama keluarga untuk menyelesaikan deal bisnis. Nah, pengorbanan-pengorbanan kecil seperti ini kadang dibutuhkan pada saat-saat genting.

12. Apakah Anda seorang pengambil risiko? (0-10)

Risiko adalah satu paket usaha yang juga harus kita lewati. Karena, tak ada bisnis yang tak kan melewati rintangan. Karena itu, keberanian menghadapi risiko menjadi faktor mutlak yang juga harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Tentunya, keberanian mengambil risiko yang mungkin untuk memperoleh hasil lebih banyak tentu juga perlu perhitungan matang.

13. Apakah Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik? (0-10)
Seorang pengusaha biasanya juga mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik. Sebab, ia pasti akan berurusan dengan orang banyak. Karena itu, faktor seperti kedekatan dengan teman hingga berapa banyak relasi yang Anda miliki dalam daftar memori di ponsel bisa jadi rujukan, seberapa baikkah kemampuan berkomunikasi kita. Sebab, orang yang punya banyak teman biasanya cenderung lebih punya kemampuan berkomunikasi yang baik.

14. Apakah Anda telah memiliki pengalaman yang cukup? (0-10)
Libatkan diri dalam hal yang paling banyak Anda kuasai dan ketahui. Karena, inilah modal yang akan sangat membantu kita dalam berwirausaha. Banyak pengusaha sukses yang mengawali usahanya dari apa yang disukai. Dengan sering mengerjakan apa yang kita sukai, maka pengalaman yang kita miliki pun akan selalu bertambah. Nah, biasanya pengalaman inilah yang akan mematangkan kita saat terjun jadi seorang entrepreneur.

15. Apakah Anda termasuk sosok yang gemar belajar? (0-10)
Kemauan untuk belajar menjadi faktor penting maju dan berkembangnya sebuah usaha. Sebab, hal ini penting untuk pengembangan usaha ataupun untuk mempelajari hal-hal di luar usaha kita. Sebagai contoh, Anda bisa belajar tentang merek dagang, akuntansi, keuangan, dan lainnya. Nah, jadi, apakah kemauan untuk belajar telah menjadi bagian dari keseharian Anda?

SKOR KUALITAS ENTREPRENEUR UNGGULAN DALAM DIRI


101-150 Selamat, pilihan Anda menekuni dunia entrepreneurship sudah tepat. Tapi, bukan berarti dunia entrepreneurship dengan mudah bisa Anda taklukkan. Sebagai pengusaha, sikap kaya mental seperti ulet, disiplin, jujur, tepat waktu, rajin, tanggung jawab, percaya diri, dan berbagai sikap positif lain harus terus dipelihara dan dikembangkan. Jadi, teruskan langkah Anda dan selamat datang di dunia entrepreneurship!

51-100 Jiwa kewirausahaan Anda masih perlu dikembangkan. Tentunya, mengasah kemampuan, mulai dari bidang manajerial, kepemimpinan, hingga persoalan spiritual akan menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bakat entrepreneur Anda. Kuncinya adalah mau terus berjuang dan menekuni bidang usaha yang sedang Anda rintis atau sudah Anda jalani dengan penuh keuletan dan tanggung jawab.

0-50
Saat ini, pilihan untuk tidak menjadi seorang entrepreneur adalah pilihan yang paling bijak. Bukan berarti Anda tidak memiliki bakat sama sekali, tetapi akan jauh lebih maksimal jika Anda menerjuni bidang selain kewirausahaan. Anda masih punya banyak peluang sukses yang sama dengan menjadi pengusaha jika Anda mampu memaksimalkan bidang yang Anda tekuni saat ini.

=======================

Hayo.... sudah siapkah kita jadi entrepreneur?
 
0-50 Saat ini, pilihan untuk tidak menjadi seorang entrepreneur adalah pilihan yang paling bijak. Bukan berarti Anda tidak memiliki bakat sama sekali, tetapi akan jauh lebih maksimal jika Anda menerjuni bidang selain kewirausahaan. Anda masih punya banyak peluang sukses yang sama dengan menjadi pengusaha jika Anda mampu memaksimalkan bidang yang Anda tekuni saat ini.

Ndak punya jiwa dagang saya... /e4
 
51-100 Jiwa kewirausahaan Anda masih perlu dikembangkan. Tentunya, mengasah kemampuan, mulai dari bidang manajerial, kepemimpinan, hingga persoalan spiritual akan menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bakat entrepreneur Anda. Kuncinya adalah mau terus berjuang dan menekuni bidang usaha yang sedang Anda rintis atau sudah Anda jalani dengan penuh keuletan dan tanggung jawab.

hehe.. lumayan:D
 
wkwk dapet yang 101-150 :D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.