• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Belimbing - Hati hati mengkonsumsinya

roughtorer

IndoForum Senior A
No. Urut
44416
Sejak
24 Mei 2008
Pesan
6.755
Nilai reaksi
174
Poin
63
Belimbing=Pembunuh?

Ini bukan lelucon. Tapi sebuah peringatan keras kepada seluruh pembaca. Konsumsi buah-buahan memang sering disarankan oleh tenaga medis dan masyarakat umum. Buah belimbing juga merupakan salah satu buah yang menjadi konsumsi rutin di masyarakat.

Tapi faktanya, di Shenzen, lebih dari 10 orang yang baru memakan buah belimbing akhirnya meninggal. Seorang warga Malaysia berusia 66 tahun yang menderita penyakit ginjal mengalami koma setelah memakan buah belimbing. Hanya butuh satu buah atau 100 ml jus belimbing untuk mengakibatkan keracunan semacam ini pada penderita gangguan ginjal. Tapi, bukan berarti anda yang tidak mengalami gangguan ginjal bisa terbebas dari kasus semacam ini.

Konsultan kesehatan dari Pusat Kesehatan Universitas Malaya menyatakan bahwa buah belimbing mengandung zat neurotoxin yang tidak ditemukan pada buah-buahan lainnya. Zat ini akan mempengaruhi otak dan saraf manusia. Pada tubuh yang sehat, ginjal bisa menyaring zat ini. Tapi, pada mereka yang memiliki gangguan ginjal, racun ini tidak bisa disaring dan malah memperburuk kondisi pemakannya.

Gejala-gejala keracunan belimbing adalah :
  1. Tersedak
  2. Mati rasa (baal) dan lemas
  3. Pusing
  4. Gelisah
  5. Gejala mirip epilepsi

Resiko kematian akan lebih besar pada anda yang menderita penyakit ginjal. Tapi anda yang masih sehat pun harus waspada terhadap racun ini. Bisa saja toksinnya menjadi lebih berpengaruh ketika vitalitas anda sedang berada dalam kondisi yang lemah. Lebih baik mencegah daripada mengobati!
 
Wah, yang bener nih? padahal banyak tuh belimbing berkeliaran di sebelah rumah
 
wele padahal gw suka banget minum juice belimbing >.<
 
Haaa??? Belimbing? :-?
biasanya buah kalau yang mengandung zat dahsyat gini selain bisa ngebunuh bisa juga buat jadi obat :D
 
Saya rasa bukan hoax.... ini info benar.
Memang kadang, kita tidak sadar bahwa sebeanrnya kandungan kimia pada tumbuhan banyak juga yang berbahaya. Saya ambil misal buah mahkota dewa yang ada kadar tertentu dan orang yang tidak terlalu parah memang bisa bermanfaat. Tapi jangan coba-coba pada orang yang mempunyai ginjal lemah. Dalam kadar tertentu justru zat zat kimia ini bisa membunuh.

Kemudian, kembali ke jus belimbing. Bila memang ingin mengkonsumsinya. Disarankan mencampurkan air dengan jumlah paling tidak 50%... ini mengapa? agar konsentrasi zat kimianya bisa gampang larut dalam air dan meringankan kerja ginjal.

Satu lagi yang berbahaya, vit c yang terkandung di sana. Ini bisa menjadi bahan baku pembuatan batu ginjal, bila tidak dikonsumsi dengan air yang cukup.... Oleh Food and Drug Ass Amerika Serikat, Vit C justru sudah masuk dalam obat yang diawasi. karena itu, bijaksana dalam mengkonsumsi sangat dianjurkan.

Pada dasarnya semua buah baik untuk tubuh. Hanya.... kalau kelebihan juga berbahaya. Misal yah belimbing, yang ternyata kandungan kimianya cukup dasyat kan?....
 
wah kalau jus aku emang campur air

gak mungkin buah 100% hehehe

nice info /no1
 
Itu bukan salah belimbingnya kali. Tapi kemungkinan racun yang menempel di buahnya, pupuk kimia kan bahaya buat tubuh...
 
hah? :-O
jadi gitu yah, untung nya gw ga sering makan belimbing, dah lama seh pengen makan
 
@atas
Bagi orang sehat gak berbahaya kok... banyak kandungan dalam belimbing yang juga berguna untuk tubuh... misal vitamin C nya yang tinggi. Kemudian ada juga zat yang dipercai bisa untuk menurunkan kadar darah tinggi... namun, bagi penderita ginjal yah tetap saja harus hati-hati...
 
^
^


jadi cuma buat beberapa penyakit kan yg dilarang ??
slaen ginjal , apa aja?
 
nice post nich...... coz drumah cwo gw ad pohon belimbing...
jd musti hati2 makannya...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.