• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Bahaya Penggunaan AC Terus-menerus

Devil May Cry

IndoForum Newbie A
No. Urut
66913
Sejak
22 Mar 2009
Pesan
367
Nilai reaksi
36
Poin
28
Jakarta, Hidup di kota besar pasti tidak bisa lepas dari pendingin ruangan (AC) yang membuat orang merasa sedikit nyaman karena udara di luar yang sangat panas. Tapi penggunaan pendingin ruangan secara terus menerus ternyata bisa berbahaya.

Bekerja seharian di ruang yang menggunakan pendingin ruangan saat ini sudah seperti kewajiban sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan semakin panasnya suhu udara yang diakibatkan oleh pemanasan global. Padahal penggunaan pendingin ruangan juga salah satu penyebab terjadinya pemanasan global karena menipisnya lapisa ozon.

Para pekerja yang bekerja di dalam ruangan tertutup lebih terpapar oleh polutan yang berada di dalam ruangan. Polutan tersebut berasal dari penggunaan bahan bangunan sintetis yang terus meningkat serta bisa juga berasal dari perawatan pribadi orang tersebut dan produk-produk rumah tangga lainnya yang mengandung berbagai macam zat kimia.

Pada gedung tertutup yang menggunakan pendingin udara, maka sirkulasi udaranya hanya berputar disekitar tempat yang itu-itu saja dan ditambah adanya polutan pada udara yang sama. Hal ini bisa memicu timbulnya Sick Building Syndrome. Sindrom ini bisa mengakibatkan infeksi saluran pernafasan serta dapat memperburuk penderita penyakit asma dan alergi akibat udara yang kotor.

Gejala yang ditimbulkan dari sindrom ini adalah sakit kepala, pusing, sinus dengan hidung tersumbat, gatal-gatal, mata mudah merah dan berair, gatal tenggorokan, mual, lesu dan sulit untuk berkonsentrasi. Jika tidak segera ditangani maka bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius. Selain itu penggunaan pendingin ruangan yang terus menerus bisa membuat kulit menjadi kering dan tubuh kehilangan cairan.

Beberapa hal yang harus diingat jika menggunakan pendingin ruangan yang terus menerus, seperti dikutip dari Health24, Selasa (8/9/2009):

1. Rajin memeriksakan kebersihan dari pendingin ruangan seperti mengecek kadar freon secara teratur.
2. Gunakan sistem filtrasi yang bisa menghilangkan beberapa polutan, sehingga mengurangi efek yang tidak bagus bagi pemakainya.
3. Konsumsi cairan yang cukup sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi.
4. Jika memiliki masalah kesehatan serius yang berhubungan dengan pendingin ruangan, segera diobati dan cari tahu apa penyebabnya.
5. Untuk itu rawatlah pendingin ruangan dengan baik, supaya tidak menimbulkan masalah bagi pemakainya. Serta berhematlah dalam penggunaanya agar lapisan ozon tidak semakin menipis sehingga memperlambat terjadinya pemanasan global.


Sumber : Ini
----------------------
AC bisa berbahaya buat tubuh kita biarpun adem..

yuq ramai2 jaga kesehatan di ruangan ber-AC..
buat yang kerja, minta ama bos bersihin tuh AC..
 
Gw gak selalu berada di ruank ber-AC jadi gak apa-apa tuh.....................................:D:D:D
 
sesuatu yg berlebihan memang tidak baik tuh...:D
 
Kalau mau sehat kerja jadi petani aja, udah di desa, di tanah lapang, trus kerjanya keringatan lagi...
 
ya paling tepat fifty-fifty kali ya, soalnya tanpa AC sekarang ini panasnya luar biasa, kecuali dipagi hari masih mendingan :(
 
kalo di indo gak pake AC spt di dalem oven..
yah tapi kalau malem doang sih paling perlu
 
panas donk kalw gak pakai AC , gua aja yang jarang di AC pengennya di Ac terus
 
Wah gawat nih...gw pagi Di ruang AC sampe Sore...bahkan sampe malam...
trus di rumah tidur nyalain AC sampe pagi...!!!
harus di kurangin nih......
 
mungkin emang yang lebih enak jaga keseimbangan...
sekali2 mungkin menghirup udara dini hari bisa nyegerin badan,
sekitar jam 4-5 pagi gitu, kan belum banyak polusi....
:D
 
memang kalau terlalu lama didalam ruangan ber-AC, badan menjadi kering (terutama kulit).
lebih baik sih, sesekali terkena sinar matahari. /ok
 
btw, nyokap gw pedagang ac nieh... ahli bgt dia soal AC...
tapi ga pernah periksa berkala ac2 di rmahna hehe
 
emang ngap juga sich k'lo pake AC terus-terusan..

dan paling bikin problem tuch kulit ma bibir nech jadi cepet kering.
jadi mesti dah harus siap-siap lotiom ma lip balm..

Nice inpo nech...
 
Gue malah jarang berada diruangan ber-AC. Tapi kalau soal mengeluarkan keringat, itu sudah menjadi hal yang lumrah bagi gue. /heh
 
memang ac masih diperlukan buat kita /heh
 
kalau sering diruangan AC, sebaiknya kita rajin menggunakan handbody moisturizing agar kulit tidak kering. karena AC menyerap cairan apa saja yang ada didalam ruangan itu termasuk kulit kita.
 
benar, buktinya pakaian basah aja kita pasang di ruangan ber-AC, nanti kan cepat kering :D
 
kalo aku ish pas wakut kerja aja di ruangan ber AC..selebihnya sih enggak,, gimana tuh? gak apa-apa kali ya?????:)
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.