• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Astronom Temukan Kumpulan Planet Super-Bumi

goesdun

IndoForum Junior A
No. Urut
32661
Sejak
7 Feb 2008
Pesan
3.022
Nilai reaksi
66
Poin
48
Washington (ANTARA News) - Sejumlah peneliti Eropa menyatakan, Senin, mereka telah menemukan kumpulan tiga planet "super-Bumi" yang mengorbit sebuah bintang, dan dua sistem tata-surya lain dengan planet-planet kecil.

Menurut para ahli itu, hasil temuan yang dipresentasikan pada sebuah konferensi di Perancis itu menunjukkan bahwa planet-planet seperti Bumi mungkin sangat biasa.

"Apakah setiap bintang tunggal memiliki planet-planet dan, jika ya, berapa banyak?" tanya Michel Mayor dari Observatorium Jenewa Swiss.

"Kita tidak mungkin mengetahui jawaban itu namun kita mencapai kemajuan besar ke arah itu," kata Mayor dalam sebuah pernyatan.

Ketiga planet itu mengorbit sebuah bintang yang massanya sedikit lebih kecil daripada matahari kita, sekitar 42 tahun cahaya ke arah konstelasi selatan Doradus dan Pictor. Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu satu tahun pada kecepatan 300.000 kilometer per detik, atau sekitar 9,5 trilyun kilometer.

Ketiga planet yang ditemukan itu berukuran lebih besar daripada Bumi -- 4,2 kali, 6,7 kali dan 9,4 kali massa Bumi.

Planet-planet itu mengorbit bintang mereka pada kecepatan sangat tinggi -- empat hari, 10 hari dan 20 hari (bandingkan dengan Bumi yang mengitari matahari dalam waktu 365 hari).

Mayor dan rekan-rekannya menggunakan teleskop "High Accuracy Radial velocity Planet Searcher" atau HARPS, sebuah teleskop di observatorium La Silla di Chile, untuk menemukan planet-planet itu.

Lebih dari 270 planet ditemukan, sebagian besar memiliki ukuran besar seperti Yupiter dan Saturnus. Planet-planet lebih kecil yang ukurannya seperti Bumi lebih sulit untuk ditemukan.

Tidak ada planet yang bisa digambarkan secara langsung pada jarak seperti itu, namun bisa ditemukan lokasinya secara tidak langsung dengan menggunakan gelombang radio atau, dalam kasus HARPS, pengukuran spektrografis. Ketika sebuah planet mengorbit bintangya, maka akan terjadi getaran sangat kecil pada bintang itu dan getaran tersebut bisa diukur.

Tim astronom itu juga menyatakan telah menemukan sebuah planet yang berukuran 7,5 kali massa Bumi yang mengorbit bintang HD 181433 dalam waktu 9,5 hari. Bintang ini juga memiliki sebuah planet seperti Yupiter yang mengorbit setiap tiga tahun.

Sebuah sistem tata surya lain yang ditemukan memiliki sebuah planet yang berukuran 22 kali massa Bumi, yang mengorbit setiap empat hari, dan sebuah planet seperti Saturnus dengan periode orbit tiga tahun, demikian Reuters.(*)
 
wah
kl periode revlousi na cepet
ber arti k mungkin an besar gk ad k hidup an dunk
soal na pasti byk badai d planet tsbt
wah
sayang dunk /heh
 
itu maksudnya 10 hari ato 20 hari = 1 tahun??

brati cped bgt donk....................puasanya brati gk sebulan hehe............
klo cped cped ntar puyenk.......sory klo OOT

emang kalo periode revolusinya ceped bisa banyak badai ya??
kalo di mars si ?? kan banyak badai juga tuh.......
 
hmm hmm kecil kemungkinan tuh bakalan ad akehidupan apalagi klo sampe kita pindah ke situ gmana ngitung umur kita /sob
 
beradaptasi ke planet laen susah jg yah
 
susah banget blom gas nya yg beda ama d bumi belom makhluk lain yang beda kebiasaan d bumi /swt

d bumi aja susah banget adaptasi klo pindahke benua lain apalagi pindah ke angkasa /swt
 
@TS,
Maaf bro..., bisa tau nama planet super bumi itu ? Di galaksi Bima Sakti or where?
 
@TS,
Maaf bro..., bisa tau nama planet super bumi itu ? Di galaksi Bima Sakti or where?[/QUOTEeB

Belum ada nama, dan masih di Galaksi Bima Sakti (sekitar 42 tahun cahaya ke arah konstelasi selatan Doradus dan Pictor).
 
Siapa tau ad makhluk yg berteknologi dan peradaban yg lebeih tinggi dri kita dpt mengatur masalah revolusi itu???
ngomng2 ntuh planet ad bulanny gx?
klo gx ad waduh lbh binggung lge dagh~
 
klo ga ada bulan ntar muncul lagi sistem perhitungan waktu dunk /omg
 
gila cepet bangget masa revolusi nya,
cuma beberapa hari,
padahal massa nya lebih gede
 
Bigger but faster eh?

Kok bisa yah.. Alam emank suatu misteri yg tak terpecahkan..
 
/gg/gg/gg/gg/gg/gg/gg

aq mau jadi kayak clark kent
 
klo revolusinya cepat berarti jaraknya thd pusat orbitnya pasti dekat. Kemungkinan yang sering jadi pusat orbit itu adalah sejenis matahari jadi klo sampai kehidupannya bisa normal spt bumi maka atmosfernya pasti tebal abis tuh
 
Kalau matahari dekat orbit...Maka suhu akan tinggi dan kemungkinan adanya kehidupan kecil pula kecuali planet yang memiliki atmosfer tebal dan berlapis-lapis atau bertingkat-tingkat gitu!
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.