• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[Ask] Yang tidak boleh dilakukan pada mesin motor kita (Kita??)

Lock

IndoForum Junior D
No. Urut
5044
Sejak
17 Agt 2006
Pesan
1.838
Nilai reaksi
45
Poin
48
Tanya dunk para bikers, apa aja yang ga boleh dilakukan pada motor kita??
Trus akibatnya akan bagaimana, Tolong dijelasin ya :D

Yang gw tau tuh engine break, katanya ini bisa bikin mesin rusak.
Cara engine break :
Larikan motor sekitar beberapa KPJ, trus turunin gas lalu Mundurin gigi (dari gigi 4 ke 3, tekniknya sama kayak menaikan gigi tapi ini terbalik) katanya motor akan menderung karena gigi kelebihan beban (Dimana-mana yang namanya berlebih pasti ga bagus kan :D ). Inikah yang disebut Engine break??

Tolong share disini pengalaman kalian "Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Mesin Motor" :D
 
ga boleh pake gigi max waktu tanjakan
HaHaAHa
 
mungkin lebih tepat disebut pantangan kali yah. okeh g bantu kasih info deh, tapi gak bisa sekali post, bis bisa ratusan jam g tulis =)) (cie ileh)
1. jangan campurkan aditif aneh yang tidak direkomendasikan pabrik kedalam bahan bakar motor anda. selain bisa menimpulkan efek2 merusak, malah kadang bisa membuat berkarat tuh tangki
2. jangan sampai bahan bakar motor anda tercampur dengan aer. selain berakibat merusak mesin, air di dalam tangki bisa menyebabkan karat dan bisa membuat tangki anda keropos(terutama tangki motor sport yang sering ke ujanan)
3. jangan memasang peralatan elektrik lain yang bisa mamakan daya listrik motor cukup besar, selain bisa menyebabkan tidak berfungsinya perangkat elektrik motor, bisa mengakibatkan konslet dan mati dah tuh motor =))
4. hati2 dengan banjir, harus tau ketika anda akan melewati daerah yang terendam banjir. pastikan ketika anda melewati banjir, busi tidak sampai terendam(terutama bebek yang businya dibawah). klo aer sampai masuk(entah dari busi atau filter udara) bisa berbahaya, karena bisa menimbulkan water hammer. jadi sejumlah air masuk kedalam ruang pembakaran, dan ketika busi meletik, air tidak terbakar dan karena air tidak bisa dipampatkan(oleh piston) maka piston bisa pecah karena tertekan oleh air tersebut. knalpot tidak begitu masalah, asalkan selama berjalan di banjir gas anda buka, dan mesin tidak mati. karena begitu mati, knalpot akan hilang kompresinya dan air akan terhirup kedalam mesin =))
5. jangan mengganti olie klo udah kering, bisa kecekik tuh mesin, usahakan ganti sesuai anjuran pabrik. semakin jauh jarak tempuh dan waktu tempuh anda, usahakan semakin sering mengganti olie anda.
6. capek, tar lagi lanjut dah ........
 
Yang no.4 bermanfaat banged tuh /ok
pas lagi musim hujan gini lagi /thx
 
engine brake gak selalu identik dengan perubahan gigi...tapi bisa juga dilakukan di gigi atas, asal gerungan mesin sesuai dengan kecepatan motor kita...trus kalo dirasa udah gak bisa nahan laju motor sebagai contoh di jalan menurun..baru pidahin deh tuh gigi ke posisi yang lebih rendah sebagai contoh dari empat ke tiga untuk bebek type bebek pada umumnya sambil direm lho depan dan belakang harus imbang...tapi jangan sekaligus ya...gigi rasio bisa somplak, rumah kopling oblak bisa berakibat cekak.. kudu pelan pelan..ah...uh...ahh..uhh..pesan dari bro kyo bisa diterapin tuh...sebagai tambahan..kalo lewatin banjir jangan digeber yah...jangan salah kaprah tentang pertahanin RPM tinggi ama ngegeber motor...pelan aja asal putaran mesin tetap konstan biar aer gak nyiprat...kasian kan mesin..n orang disekeliling...bisa diteriakin lho...
 
nambahin lagi mumpung lagi senggang
sekarang lebih fokus ke mesin ya
1. jangan mencopot filter udara(box udara) emank sih klo di copot lebih kenceng tarikannya, itu kan sama aja ketika kita berlari trus hidung kita di bekep sesuatu, kita kesulitan menghirup udara segar, nah klo di copot udara segar lebih gampang masuk, tapi tentu saja kerikil, debu, kotoran2 kecil bisa aja masuk. dan akibatnya bisa fatal, masuk ke ruang pembakaran, baret dah tuh piston =))
2. Perhatikan kodisi busi, cek apakah kerenggangan elektrodanya masih ok, apakah sudah kotor(bersihin pake amplas alus), dll. hasil pembakaran busi yang bagus warnanya merah bata. klo hitam brati kebanyakan bensin, klo putih brati kekurangan bensin.
3. apabila anda mengganti knalpot, kmudian ketika anda mengendurkan gas terdengar suara menembak, artinya pembakaran tidak sempurna(biasanya bensin nya kebanyakan) sehingga bensin yang sudah sampai knalpot terbakar dan menimbulkan "back fire". sebaiknya segera lakukan penyesuaian jetting, fokusnya sih biasanya ke pilot jet. klo di setting gak biasa, ya biasanya kudu naekin pilot jetnya. jangan biarkan masalah ini berlarut2, soalnya back fire bisa membengkokkan batang klep, klo dah bengkok macet tuh klep, dan anda bisa terjungkal karena mesin tiba2 mengunci sendiri /swt /swt
4. pastikan debit olie masih berada diatas batas minimal. liat batasnya di batang tutup bak olie(klo thunder ada lobang buat ngintipnya :D). klo sudah kurang sebaiknya ganti aja sekalian, klo lom ada duid ya tambahin aja. tapi inget, pake yang kekentalannya sama..........klo bisa sama merknya(ini mah mendingan ganti aja)
5. jangan geber motor anda di atas batas rev maksimal. biasanya klo di motor sport tuh yang rpmnya tanda merah. disitu merupakan batas friksi terhebat dari motor anda. jika digeber trus2an bukan tidak mungkin piston baret atau pecah =)). makanya g selalu saranin klo motor bebek dipasang takometer, jadi biar kliatan rpmnya berapa :D
*istirahat dolo dah.... break break.......................
 
nambahin lagi mumpung lagi senggang
sekarang lebih fokus ke mesin ya
1. jangan mencopot filter udara(box udara) emank sih klo di copot lebih kenceng tarikannya, itu kan sama aja ketika kita berlari trus hidung kita di bekep sesuatu, kita kesulitan menghirup udara segar, nah klo di copot udara segar lebih gampang masuk, tapi tentu saja kerikil, debu, kotoran2 kecil bisa aja masuk. dan akibatnya bisa fatal, masuk ke ruang pembakaran, baret dah tuh piston =))
2. Perhatikan kodisi busi, cek apakah kerenggangan elektrodanya masih ok, apakah sudah kotor(bersihin pake amplas alus), dll. hasil pembakaran busi yang bagus warnanya merah bata. klo hitam brati kebanyakan bensin, klo putih brati kekurangan bensin.
3. apabila anda mengganti knalpot, kmudian ketika anda mengendurkan gas terdengar suara menembak, artinya pembakaran tidak sempurna(biasanya bensin nya kebanyakan) sehingga bensin yang sudah sampai knalpot terbakar dan menimbulkan "back fire". sebaiknya segera lakukan penyesuaian jetting, fokusnya sih biasanya ke pilot jet. klo di setting gak biasa, ya biasanya kudu naekin pilot jetnya. jangan biarkan masalah ini berlarut2, soalnya back fire bisa membengkokkan batang klep, klo dah bengkok macet tuh klep, dan anda bisa terjungkal karena mesin tiba2 mengunci sendiri /swt /swt
4. pastikan debit olie masih berada diatas batas minimal. liat batasnya di batang tutup bak olie(klo thunder ada lobang buat ngintipnya :D). klo sudah kurang sebaiknya ganti aja sekalian, klo lom ada duid ya tambahin aja. tapi inget, pake yang kekentalannya sama..........klo bisa sama merknya(ini mah mendingan ganti aja)
5. jangan geber motor anda di atas batas rev maksimal. biasanya klo di motor sport tuh yang rpmnya tanda merah. disitu merupakan batas friksi terhebat dari motor anda. jika digeber trus2an bukan tidak mungkin piston baret atau pecah =)). makanya g selalu saranin klo motor bebek dipasang takometer, jadi biar kliatan rpmnya berapa :D
*istirahat dolo dah.... break break.......................

Eh iya nih, gw pernah buka tuh busi. Warna kepala yang bengkoknya putih gitu d. Berarti kekurangan bensin ya??
Soale pernah itu motor kalo ditutup gasnya pasti mati (waktu itu keadaan hujan). Padahal udah dibawa jalan, tapi pas lampu merah gw tutup gasnya malah mati (3X mati) padahal mesin dah panas /wah
Oia, getaran mesinnya agak lama, kalo yang normal agak cepet.

Tanya jg dunk nigh Kyo, kemaren motor gw mau lewatin tanjakan. Ga terlalu tinggi sih, cuma kira2 setinggi polisi tidur (sleeping Police?? -_-a)
Nah, gw kan ber-2 sama cw gw. Berat dia 45 dan gw 50, tapi kenapa motornya ga kuat ya?? padahal cuma di gigi 2. Gasnya udah gw puter stengah tapi tetep ga kuat /wah
Jadi terpaksa turunin giginya ke gigi 1 :(
Ada apa ya??? :-? Kenapa power motor jupi gw jadi ngedrop :(
 
Eh iya nih, gw pernah buka tuh busi. Warna kepala yang bengkoknya putih gitu d. Berarti kekurangan bensin ya??
Soale pernah itu motor kalo ditutup gasnya pasti mati (waktu itu keadaan hujan). Padahal udah dibawa jalan, tapi pas lampu merah gw tutup gasnya malah mati (3X mati) padahal mesin dah panas /wah
Oia, getaran mesinnya agak lama, kalo yang normal agak cepet.

Tanya jg dunk nigh Kyo, kemaren motor gw mau lewatin tanjakan. Ga terlalu tinggi sih, cuma kira2 setinggi polisi tidur (sleeping Police?? -_-a)
Nah, gw kan ber-2 sama cw gw. Berat dia 45 dan gw 50, tapi kenapa motornya ga kuat ya?? padahal cuma di gigi 2. Gasnya udah gw puter stengah tapi tetep ga kuat /wah
Jadi terpaksa turunin giginya ke gigi 1 :(
Ada apa ya??? :-? Kenapa power motor jupi gw jadi ngedrop :(

sorry lock, balesnya lama, abis ke injek truk kaki g nya. huehuheuhe.
ok, sbenernya bukan di bengkokannya yang diliat, tapi di seklilingnya, itu loh drat nya yang mengarah ke piston. klo putih berarti emank kekurangan bensin, coba setting dolo jettingnya, gak musti ganti pilot jet kok. nah kekurangan bensin juga gejala nya seprti yang anda sebutkan. jadi yah........... cek dolo deh :D.
klo masalah gak kuat nanjak, biasanya yang berpengaruh tuh kampas kopling, coba cek, emank udah brapa taun neh motor? :)) klo dah aus ya ganti aja deh :D
 
sorry lock, balesnya lama, abis ke injek truk kaki g nya. huehuheuhe.
ok, sbenernya bukan di bengkokannya yang diliat, tapi di seklilingnya, itu loh drat nya yang mengarah ke piston. klo putih berarti emank kekurangan bensin, coba setting dolo jettingnya, gak musti ganti pilot jet kok. nah kekurangan bensin juga gejala nya seprti yang anda sebutkan. jadi yah........... cek dolo deh :D.
klo masalah gak kuat nanjak, biasanya yang berpengaruh tuh kampas kopling, coba cek, emank udah brapa taun neh motor? :)) klo dah aus ya ganti aja deh :D

BYEKK !!
kalo drat yang disekelilingnya warnanya item gosong :(
Kalo besi bengkoknya yang putih /heh
Kelebihan bensin dunk /hmm

Kampas kopling?? itu motor baru beberapa bulan saja koq, lom ada setengah tahun :(
 
BYEKK !!
kalo drat yang disekelilingnya warnanya item gosong :(
Kalo besi bengkoknya yang putih /heh
Kelebihan bensin dunk /hmm

Kampas kopling?? itu motor baru beberapa bulan saja koq, lom ada setengah tahun :(

sebenernya cara ngetes sih kudu di geber(dibawa jalan) trus mesin langsung matiin, langsung cabut dah tuh busi, trus di pelototin.(awas panas).
heuheuhuhuhe. lo item gosongnya gmana? ada oli gak? takutnya bocor piston lo :D :D
kok baru berapa bulan dah gak kuat nanjak?? coba bawa ke bengkel, kudu di cek. biasanya sih klo masalah gak kuat nanjak tuh dari kampas koplingnya. :))
 
Kalo ada om kyo kenapa akhir2nya pasti selalu konsultasi ya?? huehuehuehue =)) =))
Pokoknya item gosong gitu d, ga perhatiin kering ato basah.
Oke d, coba di geber dulu ya, matiin lalu pelototin =)) =))

Thanks saran & bantuannya.
Oia, baru keluar bengkel nih, keqnya emang ada setingan yang sedikit salah.
Sekarang udah jauh lbh enak motornya /ok /thx
 
Kalo ada om kyo kenapa akhir2nya pasti selalu konsultasi ya?? huehuehuehue =)) =))
Pokoknya item gosong gitu d, ga perhatiin kering ato basah.
Oke d, coba di geber dulu ya, matiin lalu pelototin =)) =))

Thanks saran & bantuannya.
Oia, baru keluar bengkel nih, keqnya emang ada setingan yang sedikit salah.
Sekarang udah jauh lbh enak motornya /ok /thx

heuhuehe, kan cuman ngebantuin selama g bisa aja oom :D
lo klo bisa sih service di satu bengkel terpercaya aja. jadi klo kenapa2 lo bisa curhat ma bengkelers nya. jadi bisa konsultasi dan tuker pikiran. misalkan masalah busi tadi, atau setting klep misalnya. soalnya klo bengkel2 biasa, biasanya pada males, jadi asal service, bersihin karbu, nyalain motor jalan, ya udah. itu loh yang jadi beda :))
 
jangan pernya nyiram mesin loe pake air biarpun sepanas apa pun /gg /gg /gg
 
@kyo
thanks sarannya ttg filter box, dlu dicopot atas usul mekanik bengkel resminya, tp sbaiknya sy pasang lg deh.
 
Oh iya, sekarang jakarta kan lagi musim jalan berlobang, saran singkat aja ya, g dah mo tidur..........
jangan mengerem ketika anda melewati lobang. LOH???? heran ya??? :)) maksudnya gini, ketika motor udah gak bisa ngelak lagi menghajar lobang, jangan lakukan pengereman, kenapa? salah2 bisa ngejungkal, kedua beban paling berat ada di depan, bisa dibayangkan gak apa yang terjadi ketika semua beban terkumpul di ujung velg, dan velg menghantam lobang??? masih mending penyok, klo pecah........... cilaka sodara.
lalu gmana dunk??? usahakan pelankan kendaraan anda, turunin gas kamsudnya, klo udah lewatin aja, gak usah panik atau kaget, klo takut, angkat aja pantat anda buat menghindari impak yang besar. oke oke??
dan yang pasti jangan ngebut2 dijalanan yang lagi kek gini................... kyk gigi aja berlobang =))
 
Oh iya, sekarang jakarta kan lagi musim jalan berlobang, saran singkat aja ya, g dah mo tidur..........
jangan mengerem ketika anda melewati lobang. LOH???? heran ya??? :)) maksudnya gini, ketika motor udah gak bisa ngelak lagi menghajar lobang, jangan lakukan pengereman, kenapa? salah2 bisa ngejungkal, kedua beban paling berat ada di depan, bisa dibayangkan gak apa yang terjadi ketika semua beban terkumpul di ujung velg, dan velg menghantam lobang??? masih mending penyok, klo pecah........... cilaka sodara.
lalu gmana dunk??? usahakan pelankan kendaraan anda, turunin gas kamsudnya, klo udah lewatin aja, gak usah panik atau kaget, klo takut, angkat aja pantat anda buat menghindari impak yang besar. oke oke??
dan yang pasti jangan ngebut2 dijalanan yang lagi kek gini................... kyk gigi aja berlobang =))

Hu uh, hu uh, thanks banged sarannya /ok
lagi banyak lobang mau /wah
 
Klo rem masi nga sempat engine break juga di perlukan kk
wa juga suka gitu cuma nga terlalu sering
maklum gwa di bandung jalan nya bagus2 /gg
 
^
Sapa seh yg mau ngutak ngatik pas mesin nyala?
/gg/gg

Eh,kalo soal menggoyang goyang tangki minyak pas diisi,itu perlu apa gk sih?
 
^
Sapa seh yg mau ngutak ngatik pas mesin nyala?
/gg/gg

Eh,kalo soal menggoyang goyang tangki minyak pas diisi,itu perlu apa gk sih?

ehuheuheuhe, kyknya udah gak perlu tuh. soalnya design tangki sekarang udah bagus2, jadi gak perlu di goyang2 lagi. heuheuheuhe.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.