• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

ASI Lebih Baik Daripada Susu Formula

askom

IndoForum Beginner B
No. Urut
180915
Sejak
29 Agt 2012
Pesan
956
Nilai reaksi
0
Poin
16
_Bayi_Diare_Karena_ASI_Normal1-2600004809242588392_jpg.png


Tubuh manusia memiliki ratusan jenis bakteri hidup yang sangat penting untuk kesehatan. Melalui Air Susu Ibu (ASI), bayi mendapatkan kontak pertamanya dengan organisme bermanfaat itu yang kemudian membantuk koloni dalam tubuhnya.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa ASI mengandung 700 jenis bakteri, lebih banyak dari yang semula diperkirakan.

Peran pasti bakteri tersebut memang belum jelas, tetapi keragaman mikroba berdampak positif karena akan membantu bayi mencerna susu hingga meningkatkan kekebalan tubuhnya. Penelitian lebih lanjut akan dilakukan untuk menemukan strategi nutrisi bagi bayi yang tidak bisa mendapat ASI karena sampai saat ini memang belum ada susu formula yang bisa menyamai ASI.

Mikroba dalam ASI telah dipetakan oleh para peneliti menggunakan teknik peruntunan DNA yang dikenal dengan pyrosequencing. Lewat teknik ini para ilmuwan bisa mengenali berbagai jenis bakteri dengan melihat variasi DNA-nya.

Untuk riset tersebut, para peneliti menguji contoh kolostrum (ASI pertama yang keluar setelah melahirkan), dan contoh ASI pada bulan pertama hingga keenam pasca persalinan. Pada beberapa sampel dikenali bakteri yang biasa terdapat di mulut seperti Veillonella, Leptortrichia, dan Prevotella.

"Kami belum bisa menentukan apakah bakteri ini berkoloni di mulut bayi atau bakteri oral dari bayi masuk ke ASI sehingga mengubah komposisinya," kata Maria Carmen Collado, peneliti dari Spanyol yang melakukan riset ini


 
Setuju sama TS, cuma terkadang ada ibu yg tidak bisa memberikan ASI nya secara sempurna karena berbagai alasan,
 
pasti gan..soalnya lebih alami dan mengadung zat yang dibutuhkan oleh bayi
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.